Mempergunakan Keuntungan Facebook Secara Bijak

Facebook telah menjadi fenomena tersendiri bagi perkembangan teknologi internet di seluruh dunia. Hampir sepertiga pengguna internet yang aktif pasti mempunyai account facebook atau minimal menjadi anggota dari situs jejaring sosial yang lain.

Sisi Positif Penggunaan Facebook

Meski pada awalnya facebook diciptakan untuk membuat jaringan sosial dengan komunitas yang terbatas (hanya di lingkungan akademik atau universitas), tapi pada perkembangannya makin meluas ketika banyak orang menyadari akan kelebihan dan keuntungan facebook yang antara lain adalah:

  • o    Bisa terus melakukan silaturahim dengan banyak teman meski mereka berada ditempat yang saling berjauhan. Anda tetap bisa melakukan komunikasi dengan mereka.
  • o    Bisa dijadikan alat untuk mendapatkan teman baru, terutama yang mempunyai kesukaan atau hobi dan pandangan terhadap segala sesuatu yang sama.
  • o    Keuntungan facebook yang lain adalah bisa dijadikan alat promosi ketika Anda ingin menjual suatu produk bahkan bisa sampai ke luar negeri (ekspor).
  • o    Bagi yang masih belum mendapatkan kerja bisa memanfaatkan facebook untuk mencari informasi tentang lowongan kerja sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
  • o    Untuk pelajar dan mahasiswa juga bisa mengambil keuntungan facebook. Diantaranya saling bertukar pikiran atau mengadakan diskusi dengan anak sekolah atau mahasiswa dari berbagai wilayah di dunia tentang segala hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
  • o    Anda bisa menjalin kerjasama di bidang apa saja dengan pihak lain dengan melakukan komunikasi melalui fasilitas yang disediakan oleh pengelola situs facebook.
  • •    Membuat dunia seolah-olah makin sempit namun tetap dinamis dan berkembang terus menuju kemajuan yang lebih baik. Inilah keuntungan facebook yang mungkin sama sekali tidak terpikirkan oleh orang lain.

Di luar tujuh keuntungan facebook yang disebut diatas tentu masih ada hal-hal lain yang juga punya nilai positif bila Anda bisa menggunakan fasilitas pada facebook secara benar.

Bijak Mengambil Keuntungan Facebook

Agar keuntungan facebook tersebut bisa Anda gunakan secara bijak, bisa menggunakan strategi seperti dibawah ini:

  • Jangan membuat atau menulis status yang merugikan pihak lain. Ini namanya pencermaran nama baik. Apalagi bila yang Anda tulis hanya sekedar isu yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Bisa-bisa malah Anda kena masalah hukum.
  • Fasilitas yang disediakan oleh situs facebook bagi penggunanya banyak sekali. Namun Anda tidak perlu menggunakan fasilitas tersebut semuanya. Selain tidak berguna juga akan terjadi pemborosan waktu. Gunakan saja fasilitas yang sekiranya bisa mendatangkan manfaat bagi Anda.
  • Jangan sampai menjadi budak facebook. Anda tidak perlu membuka account facebook setiap waktu tanpa tujuan yang pasti. Kecuali bila Anda melakukan promosi dagang lewat facebook, sudah barang tentu Anda harus rajin melakukan cek konsumen yang ingin melakukan pemesanan atau menanyakan sesuatu terhadap produk yang Anda tawarkan.
  • Dunia internet adalah dunia tanpa batas. Namun, Anda sebagai orang Timur tetap harus berusaha menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan. Jangan menyalahgunakan keuntungan facebook untuk sesuatu yang sangat bertentangan dengan kepribadian kita. Misalnya menyebarkan faham pergaulan bebas dan lain-lain.

Mungkin masih banyak lagi cara mengambil keuntungan facebook dengan lebih pintar. Manfaatkan teknologi internet dengan baik dan benar agar Anda menjadi subyek dari teknologi ini. Bukan malah menjadi obyek belaka.

Sisi Negatif dari Penggunaan Facebook

Setiap orang di Indonesia hampir semuanya memiliki akun facebook, baik anak kecil maupun orang dewasa. Semuanya memiih akun facebook sebagai sebuah cara untuk berkomunikasi secara visual lewat jarak yang jauh. Namun, tidak semuanya menggunakan facebook dengan cara dan sesuai fungsinya.

Jejaring sosial yang sudah beredar sejak tahun 2004 ini menempati urutan tertinggi sebagai situs jejaring sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan situs jejaring sosial lainnya yang beredar di Indonesia. Sayangnya, masih banyak orang yang menyalahgunakan akun tersebut demi kepentingan individu semata.

Ada yang menggunakannya sebagai cara untuk menggaet jodoh dengan cara yang tidak lazim, bahkan dengan memajang foto yang bukan dirinya sendiri agar terlihat lebih menarik dan bisa menipu orang banyak dengan penampilan tipuannya itu, ada juga yang mempergunakannya untuk menipu orang lain dan mengambil keuntungan lewat jual beli online, dan banyak lagi cara negatif lainnya yang digunakan dengan modus penipuan berkedok jejaring sosial.

Memperbaharui status dan memajang foto terbaik Anda bukanlah hal yang salah jika Anda mengenal semua orang yang ada di akun facebook. Namun, jika Anda tidak mengenal mereka, maka akan muncul kemungkinan bahwa salah seorang teman facebook Anda merasa tertarik karena foto atau status yang Anda pajang tersebut. hal ini tentu akan membuat kesalahpahaman sehingga Anda akan dinilai telah menipu seseorang di dunia maya.

Yang lebih parah dari itu adalah ketika ada seseorang yang mencoba menipu banyak orang dengan menggunakan akunnya sebagai situs online shop berharga murah. Orang-orang pun menjadi tertarik dan berbondong-bondong untuk membeli barang yang dipajangkan tersebut sehingga si penipu memperoleh penghasilan besar tanpa diketahui oleh siapa pun.

Modus penipuan seperti ini sudah tidak asing lagi di mata masyarakat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang terkena jebakan dari modus penipuan tersebut sehingga mengirimkan sejumlah uang untuk mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan penjualan di tempat lain.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu waspada dengan hal-hal semacam itu. Lebih baik hindari pembelian barang apabila akun facebook si penjual tidak jelas alamat dan nomor teleponnya. Jika sudah jelas dan memiliki lisensi yang juga mudah untuk dihubungi, maka Anda bisa melakukan transaksi dengan pihak tersebut.

Sisi negatif selanjutnya dalah banyaknya orang-orang tidak bertanggung jawab yang memasang berbagai foto dan video mesum sehingga banyak juga anak-anak atau remaja yang terjerat hal itu dan kemudian memilih untuk membuka alamat situs yang dituju. Hal ini tentu akan sangat meresahkan, apalagi jika terjadi pada kalangan yang masih di bawah umur. Orang tua juga menjadi semakin waswas jika anaknya terjerumus kepada hal yang demikian itu.

Sejarah facebook di Indonesia sendiri mulai booming pada saat memasuki tahun 2008. Pada saat itu, kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan friendster dan belum bisa menggunakan akun facebook. Akan tetapi, dengan berbagai macam fitur dan aplikasi yang ditawarkan, semakin banyaklah orang yang mengenal situs jejaring sosial tersebut.

Dalam facebook, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus chatting seperti dalam aplikasi yahoo messanger atau e-buddy. Anda juga bisa mengupdate status sehingga semua teman di dalam facebook bisa mengetahui hal apa saja yang sedang Anda alami atau Anda rasakan. Hal ini menjadi sesuatu yang mempermudah Anda mengetahui orang terdekat di sekitar Anda.

Namun, hal itu juga bisa menjadi hal yang mengganggu apabila dilihat oleh orang yang tidak berteman baik dengan Anda. Bisa saja Anda merasa terganggu dengan ulah yang sama dari teman facebook yang tidak kenal baik dengan Anda.

Kemudian berbagai aplikasi game juga banyak ditawarkan di facebook sehingga tanpa membuka situs permainan pun Anda bisa melakukan permainan yang Anda sukai dari facebook Anda.

Dengan demikian, Anda juga perlu berhati-hati dalam mempergunakan facebook dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai Anda tertipu, terganggu, atau sebaliknya menipu dan mengganggu pengguna facebook lainnya.

Speak Your Mind

*