Memperkaya Ilmu dengan Artikel Software Komputer

Saat ini, sangat banyak software yang beredar di masyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan software mana yang akan kita pakai, ada baiknya membaca artikel software komputer terkait agar tidak salah memilih software komputer.

Software Komputer

Software komputer menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis membantu kita mengerjakan pekerjaan-pekerjaan olah gambar, ataupun software multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan olah multimedia.

Pada dasarnya, sistem operasi merupakan software yang terdapat pada lapisan pertama yang disimpan pada memori komputer saat komputer dinyalakan. Sementara itu, softwaresoftware lain dipakai setelah sistem operasi siap digunakan dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk softwaresoftware itu.

Layanan inti tersebut, misalnya akses ke disk, manajemen memori, schedulling task, dan antarmuka user. Jadi, setiap software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas umum tersebut karena bisa dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian yang menjalankan tugas-tugas inti dan umum ini disebut dengan kernel suatu sistem operasi.

Jika sistem komputer terbagi dalam beberapa lapisan, sistem operasi merupakan penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Jika dilihat lebih jauh lagi, sistem operasi melakukan semua tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda bisa dioperasikan secara bersamaan dengan lancar.

Sistem operasi menjamin software lainnya bisa menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses pada sistem file. Jika beberapa aplikasi beroperasi secara bersamaan, sistem operasi mengatur porsi waktu yang tepat sehingga sebisa mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem operasi hanya membolehkan satu aplikasi yang beroperasi pada satu waktu, misalnya sistem operasi DOS. Akan tetapi, sebagian besar sistem operasi yang baru memperbolehkan beberapa aplikasi beroperasi secara simultan pada waktu bersamaan. Sistem operasi seperti ini dinamakan sebagai Multi-tasking Operating System, misalnya sistem operasi UNIX.

Beberapa sistem operasi berukuran sangat besar dan kompleks dan input-nya bergantung pada input pengguna. Sementara itu, sistem operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali.

Tipe yang pertama disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS. Perangkat sistem operasi di antaranya Windows, linux, free BSD, Solaris, Palm, Symbian, dan sebagainya.

Saat ini, Microsoft menjadi salah satu perusahaan informasi terbesar di dunia. Hal ini menandakan berkuasanya perusahaan-perusahaan teknologi informasi di era informasi. Jumlah cabangnya terus meningkat di lebih dari 100 negara, dengan jumlah karyawan lebih dari 50 ribu orang. Softwarenya menyebar ke seantero bumi dan nyaris tanpa pesaing.

Produk paling terkenalnya, yaitu Windows, hampir dipastikan menjadi software wajib dalam setiap komputer. Sejumlah produsen lain sempat mencoba bersaing tapi gagal, termasuk software terbuka (gratis) linux, yang perkembangannya tetap tak mampu menyaingi Microsoft.

Bukti kebesaran Microsoft terlihat dari kiprah pendirinya, Bill Gates. Ialah manusia paling kaya di dunia dengan harta kekayaan di atas US $50 miliar, sejak 1996 sampai sekarang. Gates menjadi simbol keberhasilan manusia yang menjadikan informasi sebagai komoditas utama. Cerdas, terampil, kreatif, inovatif, dan kaya raya.

Pada tahun 2008 Bill Gates muncul di dunia periklanan, Bill Gates mulai mempromosikan Microsoft dan ini merupakan iklan yang pertama. Dan, iklan ini dibintangi oleh Jerry Seinfeld.

Sejak Microsoft berdiri dari 1975 hingga 2006, tanggung jawab Gates sangatlah besar sekali terhadap strategi produk perusahaan. Bill Gates menyebarkan atau meluaskan produknya bisa dibilang agresif dan beliau mempertahankan sekuat tenaganya ketika produknya berhasil mendominasi pasar.

Bill Gates juga pernah dicap oleh warga sekitarnya sebagai orang yang tidak mau berinteraksi, orang yang menjauhkan diri dengan lingkungan. Telah banyak oang yang protes dengan Bill Gates bahwa Bill Gates akan susah dihubungi lewat telepon, bahkan tidak pernah terhubung jika dihubungi lewat telepon.

Sebagian besar peran Bill Gates di Microsoft hanya menangani manajemen dan tugas eksekutif. Walaupun begitu, Bill Gateslah yang mengembangkan produk Microsoft di awal-awal tahun khususnya pada bahasa pemrograman Microsoft.

Pada tahun 2003, muncullah sofware atau perangkat lunak yang bernama Microsoft Office 2003 yang berguna untuk membantu pekerjaan kantor. Microsoft ini terdiri beberapa bagian seperti Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point, Ms. Publisher, Ms. Access, Ms. One Note, Ms. Outlook, Ms. Share Point, dan lain-lain.

Di Indonesia, khususnya para mahasiswa sangat membutuhkan sekali software ini guna membantu mengerjakan tugas dari dosen, membuat skripsi, tesis, dan disertasi, mempresentasikan tugasnya, dan lain sebagainya.

Khusus untuk fakultas ekonomi, Ms. Excellah yang sangat dibutuhkan. Karena software ini khusus untuk menghitung angka dari tingkat yang mudah sampai sulit. Kemudian pada tahun 2007, Microsoft mengeluarkan update-annya dengan fitur yang lebih lengkap dari tahun 2003.

Pada tahun 2010, lagi-lagi Microsoft mengupdatenya lagi dengan fitur yang lebih lengkap, lebih keren, lebih lebih dari 2007. Seperti pada Ms. Power Point, banyak pilihan pada slidenya, animenya juga banyak. Pada Ms. Word, background warnanya bisa diubah menjadi warna biru, abu-abu, dan hitam. Yang terbaru, Microsoft lagi-lagi mengupdate Microsoft 2013.

Jenis Software

Berbagai jenis software dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata, seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, dan Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis.

Atau juga Photoshop, Coreldraw, Adobe Freehand, dan Adobe Ilustrator untuk desain gambar. Juga bisa menggunakan Autocad, SAP, dan Autodesk Revit Architecture untuk desain rumah atau bangunan.

Selain itu, banyak lagi jenis software lain yang bisa kita temukan di artikel software komputer, seperti software untuk memutar atau membuat file multimedia, software untuk menghitung, software pengenal wajah, dan software-software lainnya. Berdasarkan lisensi yang diberikan, software ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Freeware

Software dengan lisensi freeware ini bisa kita dapatkan dengan gratis. Biasanya pembuat software sudah membuat beberapa ketentuan terlebih dahulu untuk penggunaan software yang harus kita patuhi.

2. Shareware

Software dengan lisensi shareware ini dapat kita gunakan secara gratis dalam jangka waktu tertentu. Biasanya software dengan lisensi shareware ini merupakan bagian dari promosi oleh pembuat software.

3. Propietary Software

Untuk mendapatkan software jenis ini kita harus membeli atau membayar lisensi penggunaan. Biasanya software dengan lisensi ini diperuntukkan untuk kalangan professional.

4. Open Source

Software dengan lisensi Open Source bisa kita dapatkan secara gratis. Selain itu, kita juga bisa mengubah fasilitas-fasilitas yang ada di software tersebut sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, kita juga bisa menyebarluaskan software yang telah kita ubah tersebut dengan bebas.

Instalasi Software

Setelah kita membaca artikel software komputer tentang software yang kita butuhkan, kita bisa mendapatkan software tersebut sesuai dengan lisensi software. Untuk dapat menggunakan software tersebut, biasanya terlebih dahulu kita diharuskan menginstal software ke komputer.

Proses instalasi ini secara garis besar mempunyai kesamaan antara semua jenis software. Jika kita belum pernah melakukan proses instalasi, tidak usah khawatir karena kita bisa mengikuti petunjuk yang ada di proses instalasi tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menginstal software adalah dengan memilih software yang benar-benar kita butuhkan. Karena dengan terlalu banyak menginstal software ke dalam komputer akan menyebabkan komputer kita menjadi lambat. Hal ini disebabkan karena semakin banyak software yang kita instal, maka akan semakin banyak memori yang digunakan.

Dunia komputer tidak akan lepas dari software atau perangkat lunak karena hal tersebut adalah isi dari sistem komputer. Begitu juga dengan hardware atau perangkat keras.

Sebagai ilmu modern, pengetahuan mengenai ilmu komputer sangat penting. Ilmu komputer sudah mulai dipelajari oleh masyarakat Indonesia sejak di bangku sekolah dasar. Hal tersebut diharapkan agar anak bangsa tidak ketinggalan informasi mengenai dunia teknologi informasi komputer.

Artikel software komputer adalah salah satu sarana untuk menambah pengetahuan tentang software komputer. Karena itu, semakin banyak artikel software komputer yang kit baca, maka akan semakin banyak pula pengetahuan kita tentang software komputer. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*