Mempersiapkan Ibadah Umrah Anda

Ilustrasi Persiapan UmrahJika seorang Muslim memperoleh kesempatan untuk menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci, tentunya dia akan sangat bersyukur dan berbahagia.

Anugerah tersebut harus dimanfaatkan dan dinikmati dengan sebaik-baiknya demi meraih pahala dan keutamaan-keutamaan ibadah. Dengan demikian, Anda harus melakukan persiapan umrah dengan sebaik mungkin.

Ibadah umrah adalah aktivitas jiwa dan raga yang melelahkan karena melibatkan banyak kegiatan fisik, seperti thawaf dan sa’i.

Jamaah juga harus banyak berjalan kaki dari penginapan ke masjid dan sebaliknya. Juga, harus berpindah-pindah kota dari Jeddah, Mekkah, dan Madinah.

Mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi tidak terlalu sulit, jika sudah terbiasa mengikuti beberapa tips di artikel maupun tabloid.

Ibadah umrah disebut juga haji kecil. Hal ini disebabkan oleh beberapa kegiatannya hampir sama dengan haji. Akan tetapi, pelaksanaan umrah cenderung lebih sederhana dibandingkan haji. Waktu pelaksanaannya pun tidak ada ketentuannya. Jadi, Anda bisa melakukan ibadah umrah kapan saja, bahkan diperbolehkan beberapa kali dalam setahun.

Persiapan utama yang dilakukan adalah mempersiapkan kesehatan, baik fisik, mental maupun spiritual. Ketiga hal tersebut sangat mempengaruhi pelaksanaan ibadah umrah Anda di tanah suci.

Ada beberapa faktor penting yang harus Anda pikirkan dan perhatikan sebelum berangkat umrah ke Tanah Suci, di antaranya adalah cuaca, perbedaan waktu, cara berpakaian, asupan makanan, komunikasi, dan obat-obatan pribadi. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

1. Cuaca

Di Arab Saudi Cuacanya panas, terutama saat siang hari. Secara umum, suhu di Arab bisa mencapai lebih dari 40oC. Bahkan,  di Arafah panasnya bisa mencapai 50oC. Bagi Anda yang hendak berumrah, sebaiknya siapkan handuk kecil yang selalu basah. Handuk tersebut digunakan diatas kepala untuk melindungi diri Anda dari cuaca panas.

Jangan lupa perbanyaklah minum air putih, supaya tidak dehidrasi. Apabila sering berpergian, gunakanlah payung atau topi untuk melindungi Anda dari sengatan matahari langsung.

Selain itu, manfaatkanlah masker dan semprotan air (spray gun) yang telah diberikan oleh pihak penerbangan. Masker disini mempunyai fungsi ganda. Pertama, menyaring debu yang masuk ke pernapasan. Kedua, memberikan kelembaban pada batang tenggorokan, rongga hidung, dan paru-paru.

Alat penyemprot air (spray gun) bisa Anda gunakan sebagai tempat minum. Hal ini bertujuan, apabila jemaah merasa kekeringan, bisa langsung membasahi mulut dan menelan air tersebut. Oleh karena itu, isilah semprotan tersebut dengan air zamzam, karena terjamin kebersihannya.

Pada musim dingin cuaca Arab Saudi sejuk, sedangkan musim semi dan gugur cuaca sering diselingi dengan badai gurun yang membawa pasir dan debu. Sementara itu, pada musim panas suhunya sekitar 51oC, dan musim dingin 2oC. Cuaca Arab Saudi yang ekstrem seperti itu, membuat cairan dalam tubuh Anda mudah menguap oleh sengatan panas udaranya.

Mental Anda pun perlu dimantapkan supaya tidak mudah menyerah karena kepanasan. Teguhkan niat untuk meraih ridha Allah Swt.

2. Asupan Makanan

Dalam rangka menyiapkan fisik prima di Tanah Suci, salah satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara menyeleksi asupan makanan ke tubuh Anda. Seperti kita ketahui, asupan makanan yang bergizi sangat disarankan, hal ini dikarenakan dapat menambah vitalitas tubuh Anda. Persiapan dengan latihan fisik akan percuma, apabila Anda tidak menyeleksi dengan benar asupan makanannya.

Selama Anda bisa mengatur pola makan yang benar dan sehat, jangan lupa istirahat secukupnya. Jangan sampai terlalu semangat berolahraga sampai lupa beristirahat. Untuk itu, usahakan untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan waktu tidur yang cukup.

Bukan hanya berolahraga dan menyeleksi asupan makanan, melainkan juga mengkonsumsi vitamin. Vitamin bisa membantu menjaga kondisi tubuh Anda supaya tetap prima.

Ibadah umrah merupakan salah satu ibadah paling agung. Umrah adalah salah satu upaya umat muslim dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, para jamaah perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk makanan.

Indonesia terkenal dengan makanan pokoknya, yaitu nasi. Tidak heran, apabila sebagian besar orang Indonesia sangat bergantung dengan makanan pokok tersebut. Meskipun di Arab Saudi, Anda tidak perlu khawatir mencari makanan pokok tersebut. Hal ini dikarenakan, banyak rumah makan yang menyediakan nasi sebagai makanan pokoknya.

Katering yang disediakan KBIH atau agen perjalanan juga biasanya menyajikan nasi beserta lauk-pauk khas Indonesia.

Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mempertahankan stamina melalui asupan makanan dan minuman. Untuk menghindari dehidrasi, konsumsi banyak jus buah atau susu yang banyak dijual dengan harga relatif murah.

3. Perbedaan Waktu

Perbedaan waktu antara Arab Saudi dan Indonesia tidak terlalu jauh. Arab Saudi hanya sekitar 4 jam lebih lambat dari Waktu Indonesia Barat.

Namun, tetap saja Anda harus pandai memanfaatkan waktu supaya tubuh lekas menyesuaikan diri dengan waktu tersebut.

Perjalanan Jakarta-Jeddah selama 9 jam sebaiknya digunakan untuk tidur karena sesampainya di Bandara King Abdul Azis, Anda harus mengeluarkan energi untuk mengantre di loket imigrasi. Kemudian mencari koper, dan menempuh perjalanan ke hotel untuk beristirahat atau langsung menuju Kota Mekah dan melaksanakan umrah begitu tiba di sana.

4. Cara Berpakaian

Khusus untuk perempuan, busana Muslimah yang biasa Anda gunakan di Indonesia mungkin dirasa sudah cukup rapat menutup aurat, tetapi barangkali tidak demikian menurut kebiasaan di sana.

Muslimah di sana biasa menggunakan pakaian yang lebih longgar yang berupa gamis (abayya) berwarna hitam  hingga menutupi kaki, dilengkapi jilbab dan cadar berwarna sama.

Anda tidak perlu berpakaian serupa persis dengan mereka, akan tetapi sebaiknya mengenakan pakaian-pakaian yang lebih longgar dan memakai jilbab lebih lebar dan panjang.

Ini berguna untuk meredam panas matahari yang menyengat dan melindungi diri dari pandangan para lelaki Arab yang cenderung “tajam” dan mengganggu. Bawa pakaian-pakaian yang tidak mudah kusut ketika dilipat di koper dan bisa dipadu-padankan supaya Anda tidak sering mencuci.Membeli pakaian baru di sana juga merupakan pilihan yang baik, karena modelnya menarik serta bisa menutup tubuh dengan sempurna.

5. Komunikasi

Demi menjaga komunikasi dengan sesama jamaah atau keluarga dan rekan di Tanah Air, Anda bisa mendaftarkan nomor telepon seluler untuk perjalanan luar negeri kepada penyedia layanan di Indonesia atau membeli nomor telepon baru di Saudi. Harga kartu SIM dan pulsa di sana tidak terlalu mahal.

Terlepas dari persiapan kenyamanan berkomunikasi selama umrah, tentu yang terpenting adalah kesiapan Anda mengoptimalkan diri untuk beribadah. Jangan sampai, kenyamanan komunikasi tersebut membuat ibadah Anda terganggu, karena terlalu sering berinteraksi dengan handphone.

6. Obat-obatan Pribadi

Untuk menjaga kesehatan, bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin, melainkan dengan membawa obat-obatan pribadi. Bagi Anda yang mempunyai penyakit serius, obat-obatan pribadi merupakan hal terpenting dalam persiapan ibadah umrah.

Semua orang pastinya menginginkan ibadah umrahnya berjalan dengan lancar. Namun, apabila sewaktu-waktu penyakit tersebut kambuh, akan mengganggu ibadah umrah tersebut. Untuk itu, siapkanlah obat-obatan pribadi Anda, agar kesehatan tetap terjaga dan ibadah berjalan lancar.

Umat muslim menjalankan ibadah umrah semata-mata karena Allah SWT.Umrah merupakan ibadah yang dilakukan para umat muslim sebagai wujud rasa cinta kepada Allah SWT. Selain itu, ibadah umrah dilakukan untuk mendapatkan pengampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang telah diperbuat selama ini.

Hikmah paling utama dalam melakukan ibadah umrah adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam menjalankan ibadah umrah, bukan hanya perlu persiapan mental, melainkan fisik juga. Ibadah umrah Anda insya allah akan berjalan dengan lancar, apabila semua persiapannya sudah Anda penuhi.

Sekian artikel mengenai beberapa tips mempersiapkan ibadah umrah. Semoga dengan tips tersebut membuat ibadah umrah Anda berjalan dengan lancar.

Speak Your Mind

*