Menanti Celana Batik Untuk Pria

Ilustrasi celana batikSiapakah yang mengira sejarah telah mengantarkan batik hingga sejauh ini. Berawal dari daun lontar yang digambar dengan motif-motif binatang atau pohon. Terus berkembang dengan motif yang lebih abstrak seperti awan, candi, dan motif lainnya yang indah hingga hari ini. Hingga dikenalah metode batik tulis, batik cap dan batik printing.

Dahulu produksi hanya jarik (kain) sekarang berkembang menjadi pakaian yang beranekaragam design dan untuk segala keperluan formal dan non formal.


1. Semua Kalangan Mengenakan Batik

Diakui oleh UNESCO sebagai budaya asli Indonesia dan diakui seluruh dunia. Batik telah mengular dan merebak seperti virus-virus penyakit di seluruh dunia. Mulai dari Kepala negara di dunia yang datang di Indonesia mengenakan pakaian ini dan membawanya serta ke kampung halaman di luar negeri.

Orang terkaya di dunia Bill Gates dalam kesempatannya mengenalkan produknya Microsoft juga mengenakan batik sebagai busananya, batik menemaninya untuk melakukan presentasi. Batik memang telah menyihir banyak kalangan di dunia ini.

2. Batik Di Indonesia

Bangga? Tentunya sudah patut dan wajib dilakukan. Melestarikannya! Rasanya di setiap momen tertentu atau di hari Jumat kita rakyat Indonesia sudah terbiasa mengenakan batik. Daerah-daerah penghasil batik yang sudah merata di Indonesia menjadikan batik mudah di beli.

Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Lasem dan lainnya sudah menyebar perajinnya ke seluruh Indonesia. Baju-baju batik dengan berbagai design sudah sangat bervariasi. Dikenakan pada saat pagi hari, siang hari dan malam hari semakin membuat percaya diri.

Untuk Wanita biasa menggunakan gaun dan terusan rok panjang. Memakainya dengan casual dan formal. Namun sangat jarang kita melihat celana batik yang dipadukan dengan gaun blazer batik dan digunakan untuk keperluan formal. Mungkin hanya dapat kita lihat di tempat-tempat tertentu seperti hotel atau pekerja seni yang mengenakannya dalam momentum tertentu.

3. Celana Batik

Celana batik saat ini mulai berkembang pesat dengan berbagai ke –khasan daerah perajin batik yang memproduksinya. Celana batik telah menyusul saudara kandungnya yaitu baju batik yang sudah banyak digemari masyarakat.

Namun celana batik masih terbatas fungsi kegunaannya. Untuk acara-acara yang bersifat non-formal. Seperti dijadikan piyama tidur, untuk sekedar bersantai.

Untuk wanita celana batik dapat di design sebagai terusan gaun atau rok teman kemeja. Batik bagi wanita dapat digunakan untuk kegiatan formal ataupun non formal. Lalu untuk pria? Bisakah celana batik dikenakan untuk acara-acara formal. Disetarakan dengan celana panjang dari bahan yang banyak digunakan untuk kegiatan formal.

Pada kenyataannya celana panjang batik untuk pria saat ini masih sebatas untuk acara non-formal. Walaupun ada beberapa segmen pekerjaan menjadikannya sebagai busana formal seperti pakaian pegawai hotel atau tempat-tempat seni.

Nampaknya para pria Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya yang mencintai batik sangat menunggu inovasi-inovasi dari desainer-desainer busana di Indonesia untuk menjadikan celana panjang batik untuk pria yang dapat digunakan sebagai busana formal sehari-hari.

Atau Anda punya ide untuk mulai menggagas ide ini? Nampaknya ini menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia. Dimana batik lahir dari tanah air tercinta ini. Tempat kita berdiri saat ini. Selamat berkarya putra-putri terbaik Indonesia.

Speak Your Mind

*