Mencari Penginapan Murah di Bandung

Ilustrasi penginapan murah di bandungBandung adalah surga wisata kuliner dan belanja. Setiap weekend atau libur panjang, sudah dipastikan kota ini dipadati oleh para pelancong. Bisa jadi, Anda adalah salah satu pengunjung setia Bandung. Banyaknya pelancong yang akan berlibur ke Bandung otomatis banyak yang mencari penginapan murah di Bandung. Terutama jika berlibur sampai beberapa hari, penginapan murah di Bandung sudah tentu dicari.

Berita membilang ada sekitar 30.000 lebih mobil dari Jakarta memasuki Kota Bandung lewat Tol Pasteur setiap long weekend. Normalnya, hanya 2000-an saja kendaraan roda empat keluar dari Pasteur. Namun, faktanya angka itu bisa meninggi 2 sampai 3 kali lipatnya. Begitu antusiasnya mereka yang ingin berlibur ke Bandung. Melihat antusias pengunjung, dimanfaatkan oleh para pemilik penginapan untuk menjajakan penginapannya. Salah satu strategi yang digunakan adalah penginapan murah di Bandung.

Lalu, apa sih tujuan orang-orang itu “menyerbu” Kota Kembang? Ada tiga tujuan: Nomor satu, belanja! Nomor dua, belanja! Nomor tiga, belanja! Alasan ini masuk akal karena Bandung, sejak empat tahun terakhir ini, telah menjadi “kota wisata belanja”. Dari mulai pakaian, makanan, hingga panorama. Rasanya ada yang kurang jika tidak berbelanja di Bandung, demikian juga ada yang kurang jika tidak mencicipi kuliner khas Bandung.

Penginapan Murah di Bandung – Liburan Ke Kota Kembang

Apakah Bandung akan menjadi tempat tujuan liburan Anda kali ini? Jika ya ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum berlibur ke Bandung. Hal yang paling penting adalah dana liburan, jika tidak punya uang bagaimana mungkin bisa berlibur ke Bandung yang surganya belanja. Setelah itu, yang harus Anda siapkan adalah transportasi, apakah menggunakan transportasi umum, ataukah akan membawa mobil sendiri. Nah, hal yang juga sangat penting adalah penginapan, atau di manakah nanti Anda akan menginap.

Penginapan murah di Bandung bisa Anda masukkan dalam daftar persiapan penginapan selama Anda berlibur di Bandung. Jika Anda dari Jakarta, meskipun jarak antara Bandung-Jakarta sangat dekat, rasanya waktu satu hari masih kurang untuk berlibur di Bandung. Ada banyak tempat wisata menarik dan asri bisa Anda kunjungi di Bandung, jadi sayang jika dilewatkan. Itu artinya Anda perlu mencari penginapan murah di Bandung. Penginapan murah di Bandung bukan berarti penginapan seadanya, tetapi penginapan yang memiliki fasilitas menarik tetap terjangkau.

Penginapan murah di Bandung masih bisa Anda temui. Jadi tidak selamanya penginapan di Bandung yang sekarang sudah padat wisatawan ini sulit dicari, terutama penginapan murah di Bandung. Asalkan Anda tahu informasinya, penginapan murah di Bandung bisa dengan mudah Anda temui. Hampir disetiap lokasi yang ramai pengunjung tersedia penginapan murah di Bandung. Jadi, jika akan berlibur ke Bandung, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah penginapan, karena ada penginapan murah di Bandung.

Memilih penginapan murah di Bandung bisa menghemat pengeluaran Anda selama berlibur. Bukankah banyak yang mau Anda beli di Bandung? Jika uang Anda lebih banyak habis di penginapan atau hotel berbintang, untuk apa? Lebih baik Anda putar otak untuk mencari penginapan murah di Bandung untuk menghemat pengeluaran Anda. Penginapan murah di Bandung juga sangat nyaman, karena murah bukan berarti murahan.

Kiat Memilih Penginapan Murah di Bandung

Meskipun penginapan yang akan Anda pilih terbilang murah, bukan berarti Anda tidak mempersiapkannya jauh-jauh hari. Terkadang penginapan itu ada yang memang murah harganya per malam, tetapi juga ada penginapan yang mahal namun jika Anda sudah memesannya jauh-jauh hari bisa mendapatkan harga yang murah. Jadi Anda harus memeperhatikan ini sebelum berlibur ke Bandung. Penginapan murah di Bandung juga cukup banyak, namun jika tidak cepat-cepat memilih akan kehabisan.

Anda tentu tidak mau bukan acara liburan ke Bandung menjadi berantakan gara-gara persiapan yang tidak matang? Terutama memilih penginapan murah di Bandung, tentu Anda tidak ingin sampai kehabisan stok bukan? Nah, supaya bisa berlibur dengan nyaman di Bandung tanpa harus dipusingkan tidak dapat penginapan murah di bandung, bisa mengikuti kiat sebagai berikut:

    • Anda cari informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai penginapan murah di Bandung. Anda bisa mencari informasi dari teman yang sudah menggunakan penginapan murah di Bandung, atau melalui internet. Informasi penginapan murah di bandung juga bisa Anda dapatkan dari buku saku wisata Bandung.
    • Jika Anda sudah menemukan penginapan murah di Bandung yang cocok untuk Anda, catat alamat dan kontak lengkapnya, lalu hubungi penginapan tersebut. Jika sudah cocok Anda bisa langsung memesannya sesuai jadwal berlibur Anda di Bandung. Hal ini dilakukan untuk menghindari padatnya pengunjung di penginapan yang bersangkutan.
    • Biasanya disekitar lokasi wisata menyediakan penginapan murah ini. Jadi penginapan murah di Bandung tidak hanya ada di sekitar kota Bandungnya saja, tetapi juga menyebar di lokasi lainnya. Anda bisa memanfaatkan penginapan murah di Bandung yang ada di sekitar lokasi wisata.
    • Jika beruntung Anda bisa memilih penginapan murah di Bandung yang ada di kota, sehingga jika ingin mengunjungi kota bisa lebih dekat. Terutama bagi Anda yang berlibur ala backpaker, penginapan murah di Bandung dekat kota bisa menghemat transportasi karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau cukup satu kali naik angkutan umum.
  • Pilihlah penginapan murah di Bandung yang dekat dengan tempat makan, sehingga Anda tidak perlu jauh mencari makan jika sedang lapar dan bosan dengan menu yang ada di penginapan.

Teliti sebelum Memilih Penginapan Murah di Bandung

Jika Anda memiliki uang banyak, tentu tidak jadi masalah membelanjakan uang di setiap tempat. Akan tetapi, prinsip hemat saat berwisata tetap harus dipakai. Jika Anda pergi ke Bandung dan memfokuskan belanja sebagai pos pengeluaran terbesar, tentu harus ada yang dihemat. Mencari penginapan murah di Bandung adalah solusinya.

Tarif Ramah di Kantong

Memang, di Bandung saat ini banyak bermunculan hotel berbintang bertaraf internasional. Akan tetapi, kota ini juga memiliki banyak penginapan atau hotel yang tarifnya ramah di kantong. Cara mencari penginapan murah ini tentu butuh strategi. Salah satunya, jangan melulu berpikir untuk mencari penginapan di pusat kota dengan alasan dekat ke spot-spot belanja.

Hotel atau penginapan di daerah Jalan Riau, Dago, Pasteur, atau Setiabudi tentu saja mahal, terlebih di akhir minggu. Di daerah Selatan terdapat banyak penginapan yang memasang tarif tidak setinggi langit. Misalnya di Jalan Pelajar Pejuang atau Laswi, Talaga Bodas, dan Buah Batu. Jika di tengah kota tarif berkisar 1 juta ke atas, di daerah tersebut berkisar dari 300 ribu hingga 700 ribu.

Akses Tetap Mudah

Tak perlu khawatir dengan akses. Daerah tersebut bisa dijangkau lewat pintu Tol Buah Batu. Banyak pula tempat belanja busana dan kuliner di sana. Untuk ke pusat kota pun bisa ditempuh dengan waktu yang relatif singkat. Di kawasan Bandung Tengah, tepatnya di seputaran Jalan Pahlawan, juga bisa ditemukan penginapan dengan harga yang relatif sama. Kondisinya hampir sama dengan penginapan di kawasan Selatan. Kawasan ini bisa diakses lewat Pintu Tol Pasteur.

Di daerah Lembang masih banyak penginapan yang tarifnya tidak mahal. Penginapan-penginapan di daerah tersebut cukup nyaman meski dari segi fasilitas tentu tidak bisa dibandingkan dengan hotel berbintang. Faktor terpenting menginap di penginapan murah tentu soal keamanan. Jika Anda membawa barang-barang berharga, alangkah elok ketika tengah berbelanja, tidak meninggalkannya di kamar hotel.

Strategis

Lokasi penginapan murah di Bandung yang strategis bisa memudahkan pergerakan Anda. Lokasi yang strategis juga bisa memberikan banyak lokasi pilihan yang akan Anda kunjungi. Meskipun penginapan murah di Bandung yang Anda pilih memang murah tetapi jauh dari mana-mana, akan merepotkan Anda apalagi jika Anda tidak tahu jalan.

Lokasi penginapan murah di Bandung yang strategis bisa memungkinkan Anda untuk mengunjungi lokasi wisata menarik yang mudah dijangkau dari mana-mana. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan waktu berlibur Anda selama di Bandung. Ada banyak tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi di Bandung, jika Anda memilih penginapan murah di Bandung yang strategis, ada banyak tempat yang bisa Anda lihat.

Fasilitas Penginapan

Meskipun penginapan murah di Bandung yang akan Anda pilih itu harganya murah, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan fasilitas yang memadai. Anda juga harus melihat fasilitas yang diberikan oleh penginapan tersebut, minimal kamar tidur yang ditawarkan nyaman dan dilengkapi dengan kamar mandi dan sirkulasi udara yang baik.

Nikmatnya Penginapan Murah di Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan para wisatawan untuk menikmati masa liburan mereka. Pesona alam serta nuansa yang ada di kota ini, merupakan sebuah daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk datang dan berkunjung ke kota kembang tersebut. Inilah mengapa, banyak bermunculan penginapan murah di Bandung yang tersebar di berbagai tempat.

Keberadaan penginapan murah di Bandung ini merupakan salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang hendak menginap di kota tersebut. Selain hotel yang menawarkan fasilitas mewah, penginapan murah ini juga banyak dicari oleh para wisatawan yang memiliki dana terbatas atau memang menginginkan sebuah nuansa lain dalam perjalanan wisata mereka ke kota Bandung tersebut.

Harga yang ditawarkan oleh pemilik peninapan murah di Bandung tersebut tidaklah sama antara satu penginapan dan penginapan lain. Semua itu didasarkan pada kondisi penginapan, fasilitas yang diberikan serta keberadaan penginapan itu sendiri. Biasanya, para pengelola penginapan murah di Bandung itu memasang tarif mulai dari Rp.150 ribu per malam.

Meski demikian, bagi wisatawan yang menghendaki kamar dengan fasilitas yang lebih lengkap pengelola penginapan biasanya membagi penginapan tersebut ke dalam beberapa kelas. Seperti untuk kelas standar, kelas superior dan kelas executive. Semakin tinggi kelas sebuah kamar, maka fasilitas yang didapatkan pun semakin lengkap. Tentu saja hal ini diimbangi dengan semakin mahalnya harga sewa kamar tersebut.

Beberapa kawasan yang terdapat banyak penginapan antara lain di kawasan Lembang, Dago atau juga di daerah Tangkuban Perahu. Di kawasan tersebut, keberadaan penginapan ini sangat memudahkan wisatawan yang hendak menikmati Bandung dengan panorama yang khas. Seperti menikmati terbitnya matahari dari kawasan Tangkuban Perahu, atau jika hendak berbelanja di kawasan Dago.

Di sekitar kampus pun kini sangat mudah menemukan beberapa penginapan murah. Biasanya, penginapan-penginapan tersebut didirikan untuk memudahkan kerabat dari para mahasiswa yang datang berkunjung ke Bandung. Biasanya, pada saat masa wisuda, penginapan di sekitar kampus ini akan banyak dicari oleh para calon wisudawan guna tempat menginap keluarga mereka.

Profil Kota Bandung

Kota Bandung dikenal selain sebagai ibu kota Propinsi Jawa Barat, juga menjadi sebuah kota metropolitan terbesar di propinsi tersebut. Jaraknya sekitar 140 km dari ibu kota negara, Jakarta dan posisinya berada di bagian Tenggara Jakarta. Dengan adanya jalan tol, kedua kota ini bisa ditempuh dalam jangka waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Salah satu keistimewaan kota Bandung adalah karena di kota ini memiliki beberapa catatan sejarah Indonesia. Di kota inilah, perguruan teknik pertama di Indonesia didirikan. Nama perguruan tinggi tersebut dulunya adalah Technische Hoogeschool yang kemudian dikenal dengan nama ITB.

Selain itu, Bandung juga dikenal sebagai arena pertempuran di jaman penjajahan, dimana peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api. Pada tahun 1955, kota Bandung dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika, yang merupakan sebuah pertemuan untuk menumbuhkan semangat anti penjajahan. Dalam pertemuan tersebut, Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru menyatakan, bahwa Bandung merupakan ibu kota dari Asia Afrika.

Bandung juga sempat memiliki prestasi yang cukup mengagumkan di tingkat internasional. Hal ini terkait dengan adanya pengakuan bahwa Bandung merupakan salah satu kota teraman di dunia. Pengakuan ini didasarkan hasil survey yang dilakukan oleh majalah internasional, Time pada tahun 1990.

Sebutan Kota Kembang merupakan nama lain bagi ibu kota Jawa Barat ini. Sebutan ini muncul karena pada masa lalu, berbagai pohon dan bunga tumbuh di setiap sudut kota sehingga menambah eksotika kota yang memiliki luas wilayah 167,67 km persegi. Dan karena keindahan inilah, Bandung juga dikenal dengan nama Paris van Java.

Di era modern sekarang ini, Bandung lebih dikenal sebagia kota mode. Hal ini karena banyaknya mall serta factory outlett yang bermunculan dengan cepat di kota tersebut. Itulah mengapa, tren busana yang ada di tengah masyarakat seringkali berawal dari tren yang ada di kota tersebut.

Dengan kondisinya yang strategis, menjadikan perkembangan pariwisata Bandung berlangsung sangat cepat. Dilihat dari sisi geografisnya, Bandung merupakan kawasan yang berudara sejuk karena posisinya yang terletak pada ketinggian 768 meter di atas permukaan laut.

Bagian tertinggi kota Bandung berada di kawasan utara yang memiliki ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Sementara bagian terendah berada di kawasan selatan dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut. Kota Bandung sendiri berada di kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan. Hal inilah yang menjadikan cuaca di Bandung cenderung sejuk setiap harinya. Suhu rata-rata di kota ini adalah 23.5o C, dengan curah hujan rata-rata 200.4 mm.

Sarana Pendukung

Perkembangan kota Bandung sendiri tidak terlepas dari banyaknya sarana pendukung yang memungkinkan terjadinya percepatan pembangunan di kota ini. Kebutuhan di sektor transportasi, yang merupakan media utama pembangunan hampir semua bisa dijumpai di kawasan Bandung.

Mulai dari terminal bis, stasiun kereta hingga bandar udara, tersedia di kota Bandung yang memudahkan semua orang untuk berkunjung ke kota ini. Hal ini masih ditambah dengan pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Bandung-Jakarta melalui tol Cipularang, menjadikan kedua kota ini semakin mudah aksesnya.

Hampir setiap akhir pekan dan masa liburan, banyak penduduk Jakarta yang menghabiskan waktunya di Bandung. Mereka memadati semua akses jalan yang ada di kota Bandung baik sekedar untuk berbelanja maupun untuk mengunjungi beberapa kawasan wisata yang ada di sini.

Bandar Udara Husein Sastranegara, merupakan salah satu pintu masuk utama bagi para wisatawan yang menempuh jalur udara. Di bandara tersebut, tersedia berbagai rute penerbangan seperti menuju Jakarta, Denpasar, Surabaya Manado, Batam, Makasar, Palembang Pangkalpinang, Semarang dan Medan. Sementara, untuk penerbangan ke luar negeri tersedia rute ke Malaysia, Singapura, Thailand serta Brunei Darussalam.

Untuk jalur kereta api, di Bandung terdapat dua stasiun kereta yaitu stasiun Bandung untuk kereta kelas bisnis serta eksekutif. Dan Stasiu Kiaracondong untuk kereta kelas ekonomi. Rute yang terdapat pada kedua stasiun tersebut adalah Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Untuk angkutan petikemas, ada 5 stasiun yang digunakan sebagai tempat pemberhentian. Yaitu stasiun Gedebage, Cimindi, Andir, Ciroyom serta Cukudapateuh.

Selain kawasan wisata alamnya, Bandung juga dikenal sebagai sentra kerajinan tangan. Diantaranya yang terkenal adalah produksi sepatu kulit dari Cibaduyut. Kualitas sepatu ini sudah diakui hingga tingkat internasional dan menjadi salah satu tempat tujuan para wisatawan saat berkunjung ke Bandung. Selain sepatu kulit, Bandung juga dikenal sebagai salah satu pusat industri tekstil, khususnya celana jeans yang terdapat di kawasan Cigodewah.

Bagi yang menggemari wisata kuliner, tentu tidak akan melewatkan beberapa sajian khas dari Bandung. Misalnya tutug oncom, surabi bandung, pepes atau juga colenak merupakan hidangan khas yang jarang dijumpai selain di Bandung. Selain itu, masih ada pula makanan yang disebut Cireng yang juga sudah menjadi salah satu makanan khas dari Bandung. Sementara peuyeum, yaitu makanan sejenis tapai, kini sudah banyak dijumpai di berbagai tempat bukan hanya di Bandung.

Speak Your Mind

*