Mencegah Dengkuran dengan Kunyit Madu

Ilustrasi kuyit maduKunyit dan madu merupakan dua bahan herbal yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan kunyit madu sebagai campuran yang pas untuk dinikmati rasa dan khasiatnya.

Khasiat Kunyit bagi Kecantikan dan Kesehatan

Selain sebagai bumbu penyedap masakan dan pewarna makanan, kunyit juga memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kecantikan dan kesehatan tubuh Anda. Kunyit memiliki kandungan antiseptik yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel yang rusak atau mati sehingga memudahkan proses penyembuhan dan proses peradangan atau infeksi pada luka.

Oleh sebab itu, mengonsumsi kunyit merupakan salah satu cara yang aman dan enak untuk mengobati penyakit gatal, eksim, bahkan penyakit kanker rahim sekali pun.

Selain itu, kunyit juga sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Bila dicampur dengan gula atau madi, kunyit juga bisa sangat membantu para wanita saat emnjelang atau sedang menstruasi.

Kunyit juga berkhasiat untuk menghentikan perdarahan sehingga pada zaman dahulu, banyak orang yang mengonsumsi kunyit dengan campuran herbal lainnya agar perdarahan bisa terhenti.

Pengobatan dengan menggunakan kunyit ini bisa dilakukan melalui berbagai cara. Bisa dengan dibuat jamu, yakni dihaluskan dan dicampur dengan beberapa obat herbal lainnya dan diambil sarinya setelah diseduh dengan air mendidih. Bisa juga dengan cara ditumbuk untuk kemudian dijadikan obat luar.

Rempah-rempah yang mengandung minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, mineral, dan kandungan bermanfaat lainnya ini juga bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak dengan berkumur air rebusan kunyit dan gambir.

Beberapa penyakit lain yang juga bisa diobati dengan menggunakan ramuan kunyit adalah penyakit tifus, diabetes melitus, usu buntu, kusta, demam berdarah, dan lain-lain. Namun, jika Anda adalah seorang yang tidak mengidap penyakit apapun, kunyit juga bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit dan tubuh Anda.

Dengan meminum ramuan kunyit secara rutin, Anda bisa menjadikan kulit lebih cerah dan bening, menghilangkan keputihan, menjadikan Anda terlihat awet muda, dan menghilangkan bau badan serta bau mulut.

Untuk pemakaian optimal, Anda juga bisa mencampurkan kunyit dengan madu sehingga rasanya akan lebih enak dan khasiatnya pun lebih bermanfaat bagi tubuh Anda.

Jika Anda belum tahu mengenai khasiat dari madu, simak uraian berikut ini mengenai khasiat madu bagi kecantikan dan kesehatan tubuh Anda.

Menjadi Cantik dan Sehat dengan Madu

Madu merupakan bahan alam yang didapatkan dari alam. Minuman yang berasa unik ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mampu menambah stamina tubuh sehingga tetap bugar.

Namun, selain menjadikan tubuh sehat, madu juga bisa digunakan sebagai bahan tradisional untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Minuman yang mengandung gula, mineral, besi, kalsium, fosfor, magnesium, asam amino, dan berbagai vitamin lainnya ini memiliki berbagai khasiat bagi kulit dan tubuh sebagai berikut.

  1. Melembabkan KulitSebagai humektan, madu juga berkhasiat untuk melembabkan kulit karena zat tersebut bisa mengikat air sehingga mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit dari dalam. Kulit akan menjadi elastis dan terhindar dari kekeringan dan keriput.
  2. Sebagai Zat AntiseptikSifat antibakteri dan antimikroba yang terdapat dalam madu membuatnya sangat bermanfaat pada saat proses penyembuhan. Dengan memproduksi enzim hidrogen peroksida sehingga mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat mempercepat penyembuhan luka.
  3. Menyembuhkan Eksim dan Mencegah InfeksiBeberapa jenis madu dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti eksim. Hal tersebut disebabkan oleh percepatan regenerasi sel-sel kulit sehingga mempercepat penyembuhan penyakit eksim.
  4. Membuat Awet MudaDengan sifat antioksidan yang terdapat dalam kandungan madu, kita bisa terhindar dari proses penuaan dini dan kerusakan kulit akibat terkena sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari jerawat yang menyumbat pori-pori kulit dengan mengonsumsi madu atau menjadikannya sebagai lulur.
  5. Menyejukkan KulitMadu yang dicampur dengan minyak sayur dan jus lemon akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan lembab apabila digosokkan dan dibiarkan selama sepuluh menit pada kulit tubuh Anda.

Khasiat Kunyit Madu untuk Tidur Mendengkur

Dengkuran saat tidur seringkali menjadi masalah dalam membina hubungan dengan orang lain. Terutama bagi orang-orang yang merasa ilfeel ketika orang mendengkur. Mendengkur dianggap sebagai kebiasan buruk karena mengganggu kenyamanan orang lain meskipun dilakukan dalam keadaan tidak sadar.

Padahal, mendengkur adalah kebiasaan normal yang lazim terjadi pada orang dewasa. Semakin bertambahnya usia semakin besar potensi untuk mendengkur.  Atau berat badan bertambah semakin besar potensi untuk mendengkur. Sebetulnya 25% orang dewasa dan orang gemuk berpotensi tidur dengan dengkuran.

Mendengkur diakibatkan oleh tersumbatnya pernafasan ketika melewati tenggorokan. Biasanya mendengkur dialami oleh orang-orang yang mengalami gangguan di pernafasan, misalnya asma. mendengkur juga bisa terjadi karena salah posisi saat tidur, misalnya posisi leher yang tidak simetris dengan punggung seperti bantal terlalu rendah saat tidur.

Dengkuran juga bisa terjadi saat tidur terlentang atau mendengkur bisa terjadi saat orang kelelahan dan ingin istirahat dengan total. Jadi, orang-orang yang tidur mendengkur biasanya adalah orang-orang yang bekerja keras dan kurang istirahat, terutama orang-orang yang bekerja kasar.

Mendengkur bisa menimbulkan krisis kepercayaan diri bagi pelakunya meskipun pelakunya sendiri tidak tahu apakah dia mendengkur atau tidak saat tidur. Dia hanya memperoleh informasi dari orang lain yang memperhatikannya saat dia tidur bahwa dirinya mendengkur dan mengganggu kenyaman orang yang di dekatnya.

Salah satu tips untuk mengurangi dengkuran adalah dengan meminum dua sendok makan air kunyit yang di campur madu yang diminum sehari 3 kali dan dilakukan secara rutin dan berkala selama sebulan penuh. Jamu kunyit madu ini dipercaya bisa mengurangi dengkuran saat tidur.

Air kunyit dan madu mengandung zat yang dapat melancarkan pernapasan dan membuat rileks tubuh terutama saat kita sedang tertidur.

Cara penyajiannya sangat mudah. Parut dua ruas kunyit lalu peras airnya campurkan sesendok madu ke dalamnya lalu minum secara teratur.

Tips lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah posisi tidur anda. Posisi tidur miring dapat menguragi dengkuran keras anda karena udara yang keluar masuk lewat hidung dapat terkontrol dengan baik.

Atau anda bisa mengatur posisi bantal anda. Bantal yang lebih tinggi dapat mengurangi dengkuran karena udara yang dihirup dapat keluar masuk dengan baik.

Cara praktis lain yang dapat mengurangi dengkuran adalah dengan menghirup uap air sebelum tidur. Hiruplah uap air panas dalam gelas atau baskom sehingga hidung terasa longgar atau tempelkan handuk basah yang hangat di wajah sebelum tidur dan hirup dalam-dalam uapnya. Hal ini dapat melancarkan saluran pernapasan anda.

Hal-hal yang pelu dihindari jika Anda seorang pendengkur adalah :

  • Jangan suka mengkonsumsi minuman beralkohol atau bersoda yang menyebabkan perut Anda banyak mengandung udara.
  • Hindari obat tidur atau obat penenang lainya, yang menyebakan Anda tidur seperti orang mati.
  • Hindari minum susu atau minuman yang mengandung glukosa karena hal ini dapat membuat anda tidur dengan dengkuran meskipun susu itu baik diminum menjelang tidur terutama bagi penderita insomnia
  • Jaga berat badan Anda agar tetap ideal karena orang yang gemuk mempunyai potensi yang besar untuk mendengkur.

Selamat mencoba!

Speak Your Mind

*