Mendaki Gunung Indah Saat Libur Sekolah

Ilustrasi gunung indahPemandangan alam yang menawan di gunung indah. Pasti akan sangat menyenangkan dan akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Apalagi buat Anda yang lebih sering menghabiskan waktu di tengah hiruk pikuknya kehidupan kota besar. Para orangtua yang bekerja di kantor mau pun anak-anak yang bersekolah.

Semua rutinitas dan kesibukan itu akan menimbulkan rasa stress bila tidak diselingi dengan refreshing. Dan kegiatan refreshing bisa dilakukan saat masa liburan telah tiba. Refreshing tidak harus berkonotasi mahal. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih  untuk bisa tetap bersantai tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Mendaki Gunung Indah

Misalnya kegiatan mendaki gunung. Pemandangan gunung  indah akan sangat menyenangkan hati bila didaki saat liburan sekolah. Bagi sejumlah orang mendaki gunung  merupakan salah satu hobi yang sangat menarik. Mendaki gunung indah adalah salah satu  pilihan di antara berbagai alternatif pilihan untuk liburan.

Gunung indah yang dipenuhi oleh aneka jenis tumbuhan dan pepohonan yang menghijau. Telaga di puncak gunung. Kawah bekas letusan gunung dan pemandangan yang terhampar menyejukkan pandangan mata. Sungguh akan menjadi liburan yang tak terlupakan.

Persiapan Mendaki

Namun mendaki gunung indah juga butuh kesiapan. Baik dari segi jasmani maupun rohani. Bila mendaki gunung dalam keadaan tidak fit, alih-alih bisa  menikmati berlibur malah bisa mendapat masalah bila Anda celaka. Nah, berikut ini ada beberapa persyaratan buat Anda yang hendak naik gunung indah:

  1. Harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Ini adalah persyaratan nomor satu yang harus Anda penuhi pastinya.
  2. Sediakan jaket anti air, senter plus baterai cadangannya, sepatu boot, tenda, sleeping bag dan matras.
  3. Anda harus menjaga stok pakaian untuk berkemah jangan sampai jadi basah terkena air atau hujan sewaktu melakukan pendakian.
  4. Peta, Anda jangan lupa bawa peta lokasi daerah tujuan pendakian.
  5. Bawalah juga kompas dan atau altimeter yaitu alat pengukur ketinggian.
  6. Cukupi kebutuhan logistik seperti, beras, lauk-pauk, piring, gelas, bahan bakar, dan tempat air minum .
  7. Siapkan juga peralatan P3K.
  8. Anda harus mendaki gunung indah hanya berserta rombongan yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung tersebut.
  9. Jangan memaksakan diri, bila Anda merasa tak mampu untuk meneruskan pendakian. Bila hal ini terjadi maka sebaiknya Anda mundur saja.
  10. Jangan lupa untuk melapor dulu kepada petugas yang berwenang sebelum memulai pendakian

Demikianlah tips yang harus Anda perhatikan sebagai persiapan dalam mendaki gunung. Selamat mendaki gunung indah.

Speak Your Mind

*