Mengatasi Masalah Komputer Tanpa Masalah

Ilustrasi masalah komputerSaat Anda sedang menggunakan komputer, sungguh menyebalkan jika tiba-tiba komputer mengalami masalah. Apalagi jika Anda sedang dikejar-kejar deadline dalam menyelesaikan tugas.

Sungguh merupakan masalah yang menjengkelkan. Kalau masalah komputer yang Anda hadapi sederhana, tentu akan mudah menyelesaikannya.

Namun, kalau masalah yang kompleks, tentu Anda akan bingung akan memulai darimana. Cara termudah adalah memahami masalah tersebut secara jelas, barulah masalah komputer  itu dapat Anda selesaikan dengan baik.

Sesuai dengan bagian utama komputer, sebenarnya masalah komputer juga terbagi dua yaitu masalah hardware dan software. Masalah yang agak sulit diselesaikan adalah masalah hardware.

Ketika Komputer Rusak

Komputer membuat hidup kita lebih baik dalam banyak hal, tetapi ketika mereka gagal mereka dapat terlukiskan frustasi. Semakin, banyak dari kita memiliki porsi yang baik dari kehidupan kita pada komputer. Dari dokumen-dokumen penting kami, gambar, dan file musik dan film ke permainan dan kegiatan lain yang kita memilih untuk menghabiskan waktu pada, komputer adalah lokasi persentase yang besar dari kehidupan kontemporer. Ketika breakup / rusak komputer Anda, dapat merasa banyak seperti terjebak di tempat di mana Anda tidak ingin menjadi. Tanpa komputer, begitu banyak dari apa yang Anda lakukan pada sehari-hari tiba-tiba tidak tersedia. Kabar baiknya adalah, dengan mengikuti beberapa langkah mudah Anda harus dapat menghindari panik dan kepala di jalan untuk memperbaiki mesin Anda.

Namun, jika dapat meneliti sumber terjadinya masalah komputer ini, Anda dapat dengan mudah menyelesaikannya. Untuk itulah Anda perlu meneliti lebih jauh ciri-ciri dari setiap masalah komputer yang terjadi.

Matikan Internet

Langkah pertama ketika Anda mengalami kesulitan serius komputer adalah untuk menghindari membuat masalah lebih buruk. Ini bisa sulit jika Anda tidak tahu apa masalahnya, tetapi ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan pastikan Anda tidak melakukan kerusakan lebih lanjut. Pertama, jika Anda masih memiliki akses ke internet, menonaktifkannya sampai Anda yakin masalahnya tidak disebabkan oleh virus.

Jika Anda memiliki virus, sangat penting bahwa Anda tidak memungkinkan untuk menghubungi komputer lain atau pertukaran informasi melalui internet. Setelah Anda telah menonaktifkan internet, Anda dapat menjalankan scan sistem lengkap untuk virus dan malware. Jika Anda tidak memiliki antivirus gratis dan anti-malware program yang telah diinstal, melakukannya sesegera mungkin, sehingga Anda siap jika terjadi masalah komputer.

Restart di Safe Mode

Jika masalah komputer mencegah Anda membuka program atau mengakses internet, mempertimbangkan menjalankan sistem operasi Anda dalam Safe Mode. Dalam Safe Mode, Anda akan mampu melakukan banyak hal yang biasanya Anda lakukan di komputer Anda, tetapi Anda mungkin mendapatkan kembali kemampuan untuk meng-uninstall program atau membalik setiap perubahan yang dapat menyebabkan masalah.

Jika masalah Anda disebabkan oleh masalah di registri Windows, Anda mungkin dapat memperbaiki registry menggunakan utilitas atau program gratis di Safe Mode.

Menelusuri kembali langkah langkahnya

Setelah Anda telah mengesampingkan virus dan malware sebagai penyebab masalah komputer, biasanya aman untuk menghidupkan internet kembali. Ini akan memungkinkan Anda untuk mencari papan pesan dan forum dukungan teknis untuk nasihat tentang bagaimana untuk menangani masalah khusus.

Sebelum Anda melakukan itu, bagaimanapun, mempertimbangkan apa yang Anda lakukan ketika masalah dimulai, dan apa yang di lakukan dalam beberapa menit, jam, atau hari sebelum dimulainya masalah. Melacak langkah dengan cara ini akan membantu Anda mempersempit masalah. Anda mungkin dapat mengidentifikasi apa yang menyebabkan masalah hanya dengan berpikir tentang apa yang terjadi sebelumnya.

Mendiagnosis RAM rusak

Dalam hal komputer Anda tidak menyala sama sekali, masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendiagnosa masalah sebelum Anda resor untuk membawanya ke teknisi perbaikan. Salah satu penyebab umum dari komputer tidak menyalakan adalah RAM rusak, atau memori.

Jika Anda percaya diri membuka komputer dan menghapus RAM,  mencoba untuk menyalakan komputer dengan satu chip pada satu waktu dan membalik yang mana slot RAM yang hendak ditempatkan mereka masuk Jika komputer menyala, salah satu chip RAM Anda adalah rusak dan Anda bisa menggantinya sendiri. Jika hal ini tidak masalah, ada kemungkinan bahwa Anda memiliki masalah hardware.

Jangan Lupakan untuk Back Up Data!

Jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat keras komputer, yang terbaik adalah untuk mengambil komputer ke teknisi perbaikan pada saat ini. Namun, jika Anda merasa nyaman memperbaiki komputer sendiri, terhubung ke internet dengan menggunakan komputer lain dan mencari petunjuk dan saran. Internet adalah sumber daya yang baik untuk memperbaiki komputer, dan Anda dapat menemukan solusi untuk hampir semua masalah secara online.

Satu kata terakhir: ingat untuk membuat data back up alias cadangan dari data penting! Bahkan jika komputer Anda berjalan dengan baik sekarang, Anda bisa mengalami kesulitan setiap saat.

Masalah pada Hardware

Hardware komputer terdiri dari beberapa bagian. Masalah-masalah yang sering terjadi pada hardware di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Komputer tidak menyala. Ini merupakan masalah klasik dan umum terjadi. Komputer tidak dapat menyala bisa disebabkan karena masalah aliran listrik. Pastikan bahwa kabel-kabel listrik terhubung ke layar dan processing unit. Pastikan juga bahwa sumber listrik memang dalam kondisi aktif.
  • Layar gelap. Layar gelap bisa disebabkan dua hal. Pertama pasokan listrik ke monitor yang terhambat. Solusinya, lihat pada poin pertama. Hal lain adalah kabel monitor yang tidak terhubung dengan baik ke processing unit. Untuk itu Anda harus cek kabel ini dan pastikan terpasang dengan tepat.
  • Mouse atau keyboard tidak berfungsi. Masalah ini bisa disebabkan karena kabel yang tidak terpasang dengan benar. Cek kembali kabel yang terpasang antara mouse dan keyboard dengan processing unit.
  • Kabel sudah terpasang dengan benar, tetapi komputer tetap gelap. Kalau hal ini terjadi, maka Anda harus sedikit membongkar processing unit. Setelah bongkar, bersihkan beberapa bagian yang biasanya sensitif yaitu memori dan kartu grafis.
    Copot memori dan atau kartu grafis dari tempatnya, kemudian usap-usap dengan tisu. Setelah itu pasang kembali dan nyalakan komputer. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi komputer yang tetap gelap walaupun sudah dalam kondisi menyala.

Solusi Masalah Komputer

Masalah komputer lain yang juga sering terjadi adalah pada software. Masalah software ini bisa terjadi pada sistem operasi maupun aplikasi. Cara termudah dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan install ulang. Hal ini sangat efektif untuk software aplikasi karena proses instalasi berjalan dengan cepat.

Namun jika masalah terjadi pada sistem operasi, maka install ulang hendaknya menjadi jalan terakhir. Hal ini karena saat install ulang sistem operasi, Anda juga harus melakukan install ulang terhadap semua aplikasi dan pengaturan yang sudah dilakukan.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, fasilitas restore mungkin bisa menjadi cara ampuh yang efektif. Coba lakukan boot komputer pada posisi safe mode. Setelah itu jalankan sistem restore. Pilih tanggal restore dimana komputer masih dalam kondisi baik. Sistem operasi akan kembali ke tanggal saat komputer masih dapat berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa masalah komputer yang cukup sering terjadi. Semoga cara-cara yang dipaparkan bisa menyelesaikan masalah komputer yang Anda alami tanpa masalah.

 

Speak Your Mind

*