Mengelola Event Organizer di Jakarta

Ilustrasi event organizer jakartaEvent organizer, kini menjadi sebuah bisnis yang menarik. Banyak kalangan terjun untuk menekuni bisnis ini, khususnya mereka dari kalangan muda. Memang, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang tak menentu ini, Anda mesti memutar ide untuk berbisnis. Entah mendirikan perusahaan sendiri, berjualan, atau menjadi profesional yang mendapatkan upah atau penghasilan dengan mengandalkan keahliannya masing-masing.

Khusus untuk bisnis event organizer, bidang ini hanya salah satu contoh saja sebagai jalan keluar Anda untuk mendapatkan penghasilan. Tak perlu tergesa-gesa atau gegabah untuk bisa mendapatkan penghasilan lewat bisnis event organizer ini.

Event organizer Jakarta, memang telah banyak mendirikan perusahaan-perusahaan serupa. Tetapi, tak ada salahnya jika Anda punya keinginan untuk terjun ke dalam bisnis ini. Sebagai langkah awal, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan.

Membuat usaha di bidang event organizer merupakan sebuah bisnis yang terbilang besar dan susah dijalankan menurut sebagian besar orang. Namun bila Anda telah mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis maka tidak seperti kesimpulan yang diambil tadi. Mengadakan sebuah acara atau event untuk mendatangkan banyak pengunjung atau peserta memang membutuhkan kinerja yang keras dan juga cerdas.

Sebuah acara atau festival besar sukses mendatangkan pengunjung dikarenakan beberapa faktor penunjang yang tidak boleh dilupakan. Sebut saja rencana dan ide yang cemerlang, kerja tim yang kompak, tata ruang dan lokasi yang tepat sesuai dengan tema yang diambil dan lain sebagainya.

Modal Awal

  1. Perijinan

    Hal ini berkenaan dengan status perusahaan yang ingin kita dirikan. Bisa berbentuk PT maupun CV. Untuk mengurusnya, tentu kita perlu mendatangi kantor notaris terdekat. Perijinan ini sangat penting sebab berkenaan dengan status hukum dan keabsahan lembaga.Begitu juga akan memudahkan dan diakui roda bisnisnya oleh klien atau pihak-pihak baik perusahaan, komunitas maupun personal yang membutuhkan jasa Anda.

Saat perijinan telah didapatkan maka tim Anda dapat melangkah ke tahapan selanjutnya. Namun pastikan sebelumnya semua persyaratan dalam perijinan tersebut telah dipenuhi dengan sempurna. Karena akan sangat menyulitkan jika permasalahan ini muncul ketika sedang mengadakan sebuah event yang cukup besar.

  1. Tempat

    Tempat ini sebagai kantor atau markas. Tak perlu harus besar. Kantor kecil satu ruanganpun tak masalah. Dengan ada kantor tersebut minimal perusahaan Anda ada domisili yang jelas. Benar-benar memang ada kantornya. Kantor ini memang kadang menjadi penilaian atas reputasi perusahaan.Namun toh seperti hal yang wajar dalam sebuah bisnis semuanya dimulai dari yang kecil. Nah, untuk keperluaan rapat atau metting yang kadang dihadiri oleh banyak orang, Anda bisa menggunakan tempat lain seperti di cafe, mall atau meeting room yang saat ini, khususnya di Jakarta sudah banyak dibuka.

    Di situlah mungkin Anda sebagai pemilik perusahaan event organizer beserta staf merancang dan melakukan rapat untuk kerja-kerja yang nantinya akan dilakukan.

  2. TimBisnis event organizer adalah bisnis tim. Artinya, dalam bisnis ini Anda tidak akan pernah bisa bekerja secara sendirian. Untuk itulah perlu dibentuk tim yang masing-masing punya skill (keterampilan) yang bisa diandalkan.

    Tim inilah yang nantinya akan bersinergi, bekerja sama untuk sebuah kesuksesan event atau acara yang digelar.  Adanya tim yang solid mutlak diperlukan dalam sebuah bisnis organizer. Boleh dibilang tim inilah nyawa perusahaan.

Strategi Bisnis

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan  dalam bisnis event organizer. Sebut saja yang demikian dengan strategi bisnis. Beberapa strategi bisnis berikut dapat Anda coba dan praktekkan:

  1. Mulai dari yang kecil

Anda melalui bisnis event organizer yang dikelola bisa memulai dari event yang kecil terlebih dahulu. Hal ini katakanlah sebagai ajang uji coba. Walaupun penggarapannya tetap mesti serius. Tapi, karena eventnya kecil, Anda bisa meminimalisir ketidaksuksesan acara lebih kecil.

Dengan demikian  tingkat kerugian yang mungkin ditimbulkan ketika acara tidak sukses atau malah gagal sama sekali tak terlalu memakan biaya yang besar. Jika memang benar-benar telah siap dan berpengalaman di event kecil, baru kemudian melangkah ke event menengah baru ke event besar.

Dengan tahapan begitu semoga saja bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan semula. Yaitu bisa untung besar. Sering dijumpai para pemain di bidang ini yang tergesa-gesa dalam mengejar keuntungan, sehingga memaksakan diri mereka untuk membuat event besar dan diharapkan mendatangkan laba yang banyak. Namun kebanyakan dari mereka lupa bahwa kegiatan besar membutuhkan dana yang tidak sedikit, terlebih lagi bila memaksa tim untuk berhutang ke bank. Ya intinya perhitungkan resiko yang tinggi bila akan membuat acara besar untuk pertama kali. Perhitungkan segala yang berkenaan dengan biaya sedetail-detailnya, agar dapat memperkirakan resiko keuntungan sekaligus kerugian bila dialami nantinya.

  1. Andalkan jaringanHal ini berkaitan dengan klien Anda. Memang, dalam bisnis event organizer ini Anda bisa mengadakan acara sendiri maupun mencari klien yang ingin diajak kerjasama. Baik itu personal, institusi pemerintah maupun perusahaan tertentu.

    Disinilah fungsi jaringan. Anda bisa memulainya dengan menawarkan kerjasama kepada teman-teman dekat Anda yang kebetulan misalnya bekerja dalam perusahaan atau institusi tertentu.

Dalam bisnis, strategi jaringan mengandalkan teman dekat untuk menggaet klien ini terbukti manjur. Cobalah untuk memperluas pertemanan dengan siapa pun yang ditemui. Jaringan teman yang cukup luas akan memperlebar saya bisnis dengan sangat cepat. Seringkali dijumpai keberhasilan bisnis disebabkan oleh marketing lewat teman-teman terdekat, bukan melalui media ataupun periklanan.

Kelebihan lain marketing memanfaatkan hubungan pertemanan ialah berjalan secara perlahan tetapi pasti. Setiap teman yang puas atau salut atas prestasi tim kita, kemungkinan akan merekomendasikan event ke pada teman atau kerabatnya.

  1. Gunakan sarana promosi digitalTerakhir, ini yang tak boleh Anda tinggalkan. Cobalah manfaatkan sarana promosi digital. Alias berpromosi melalui media digital. Terutama lewat media sosial yang saat ini sedang ramai digunakan yaitu facebook dan twitter. Lewat media tersebut Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada orang-orang yang membutuhkan.  Tentu saja promosi lewat facebook tidak boleh terlalu rutin karena akan terkesan mengganggu ketenangan orang lain, lakukan dengan bahasa yang ramah tetapi tetap provokatif.

    Memang berpromosi lewat media ini perlu kecakapan khusus. Jangan gunakan promosi yang satu arah atau mengirim pesan kesembarang orang. Gunakan pendekatan yang lebih manusiawi agar tujuan Anda tercapai.

Khusus untuk mendatangkan pengunjung ke acara yang telah direncanakan, Anda dapat menggunakan segala media promosi yang dikuasai. Dapat langsung mengundang masyarakat di tempat-tempat ramai seperti pusat kota, alun-alun, mall, supermarket, dan lain sebagainya.

Baik, itu saja sedikit hal-hal yang bisa anda perhatikan dan praktekkan dalam usaha mengelola bisnis event organizer di Jakarta. Semua usaha pasti ada halangan maupun rintangannya. Setidaknya beberapa hal di atas bisa membantu Anda mengelola bisnis event organizer dengan profesional. Sekian semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Speak Your Mind

*