Mengelola File Menggunakan Program WinRar

Ilustrasi program winrarSebagai pengguna komputer, tentunya Anda mengenal program WinRar. WinRar adalah program pengarsipan yang mendukung pengguna untuk memadatkan atau mengekstrak data menjadi file .zip atau .rar.

Program WinRar memadatkan file-file untuk menghemat ruang atau menghemat waktu ketika mengirimkan berbagai file dokumen dengan cara meringkasnya menjadi satu file. Pengguna dapat membuat sistem file dengan format .zip atau .rar untuk mengelola data.

Membuat File WinRar

  • Buat folder baru lalu letakkan file-file yang akan dipadatkan di dalam satu folder. Anda dapat memberi nama folder atau membiarkan apa adanya dahulu. Anda dapat mengeditnya nanti.
  • Klik kanan pada folder yang akan dijadikan arsip. Dari menu pop up pilih “Add to Archive”. Pada jendela akan tampil beberapa tab. Tab “Advance” menyediakan parameter keamanan dan kompresi. Tab “Files” menyediakan pilihan untuk penyertaan atau pengecualian file. Tab “Backup” menampilkan opsi back up file asli. Tab “Time” memungkinkan Anda memilah file berdasar waktu. Tab “Comment” memudahkan Anda menambahkan teks seperti password, daftar isi, atau petunjuk.
  • Setelah menambahkan parameter yang diperlukan, pilih tab “General”. Pilih format .rar atau .zip lalu klik “OK”. Untuk enkripsi yang lebih terjamin, banyak pengguna lebih memilih format .rar. Setelah proses kompresi selesai, file .zip atau .rar Anda akan muncul di folder tujuan.

Mengekstrak File RAR

  • Klik kanan pada file. Untuk mengekstrak file di folder tersebut klik “Extract Here” dari menu. Untuk memilih lokasi folder yang lain, klik “Extract Files”. Pilih lokasi tujuan Anda di sebelah kanan menu menggunakan file explorer.
  • Setelah menentukan lokasi tujuan, klik “OK”. File-file Anda akan diekstrak ke lokasi tersebut.

Menyatukan Beberapa File RAR

Kadangkala kita mengunduh sesuatu dan mendapatkan file dalam bentuk .001 .002 .003 atau .r01 .r02 .r03. File-file ini adalah bagian dari arsip rar yang dipisah menjadi beberapa bagian. Untuk mendapatkan bagian yang utuh, Anda harus mengekstraknya dengan cara berikut ini.

  • Buka folder Anda yang penuh dengan file-file bernomer. Periksa file Anda, jika menemukan file .rar di situlah letak kuncinya. Jika tidak ada file rar, cari file dengan ekstensi seluruhnya nol. Jika tidak ada juga, maka cari file dengan nomer 01 atau 001.
  • Klik kanan pada file kunci lalu pilih “Open With”.
  • Dari daftar program yang direkomendasikan komputer, pilih WinRar archiever. Klik “OK”.
  • Dari jendela yang muncul, klik “Extract to”.
  • Dari jendela Extraction Path dan Options, pilih lokasi tujuan file Anda.
  • Proses ekstraksi berjalan dan setelah selesai hasil akan muncul di folder tujuan. Setelah selesai, Anda dapat menghapus file .000 atau .r00 yang tersisa.

Lebih Jauh dari Winrar

‘RAR’ merupakan penyimpanan file data dalam format terkompresi. File-file ini juga dikenal sebagai arsip terkompresi yang berisi folder untuk menyimpan file. Teknik matematika yang berbeda digunakan untuk mengurangi atau menekan ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan file-file ini.

Format file RAR dinamai seorang programmer Rusia, Eugene Roshal. RAR adalah singkatan berasal dari dua kata, Roshal ARsip. Format file RAR telah dikembangkan dari metode kompresi zip. File-file dapat dikompresi hingga tingkat yang lebih besar dibandingkan dengan file zip karena algoritma canggih yang digunakan oleh tim pengembangnya. Persentase kompresi file yang dicapai di sini adalah sekitar 8-30% lebih besar dari file zip.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari kompresi rar:. –

  • Itu membuat ukuran file yang lebih kecil, yang dapat membantu pada organisasi yang lebih baik dari desktop.
  • File yang dikompresi lebih mudah untuk mengirim dan menerima melalui email atau bahkan chatting utusan.
  • File yang dikompresi mudah untuk men-download dari Internet dan meng-upload untuk itu. Karena ukuran yang lebih kecil, banyak waktu disimpan.

Mengapa kemudian Rar.? Mengapa tidak. Zip? Untuk beberapa alasan: –

  • Alasan utama adalah bahwa sebagian archivers zip. Tidak bebas. Anda harus membayar. Bahkan WinZip, pengarsip zipping utama memiliki masa percobaan setelah itu Anda harus membeli dan mendaftarkan produk. Di sisi lain, WinRar, yang merupakan versi Windows dari RAR extractor adalah shareware. Ada juga extractors RAR freeware yang tersedia, seperti 7z populer.
  • Beberapa orang menemukan extractors zip agak sulit untuk digunakan dibandingkan dengan. Rar. yang  sangat mudah untuk mengemas file ke dalam format terkompresi, karena hanya masalah satu klik, tetapi prosedur membongkar berbeda. Bahkan antarmuka extractors zip dapat menekan beberapanya. Juga Extractors RAR yang minimalis dalam antarmuka mereka.

Bagaimana kita menggunakan extractors RAR? Sekali lagi ini adalah prosedur yang sangat sederhana. Ada dua hal yang harus Anda ketahui – kemasan (kompresi) dan membongkar (dekompresi) dokumen.

Packing dokumen dalam format rar -. Anda hanya harus membuka dokumen yang ingin Anda kompres sebagai rar dalam folder dokumen.. Kemudian klik kanan pada nama file. Ini akan memiliki pilihan untuk ‘Tambahkan ke filename.rar’. Cukup pilih opsi ini. Setelah selesai, dokumen Anda akan dikompresi ke dalam format rar., Mendapatkan perpanjangan itu dan akan disimpan dalam folder yang sama.

Pada Windows

Membuka RAR Files membutuhkan Petunjuk pada membuka file RAR di kedua ‘Windows’ dan sistem operasi ‘Mac’ dapat ditemukan mudah menggunakan extractor yang bisa didownload gratis. Pada Sistem Operasi Windows misalnya Alat-alat seperti BitZipper, WinRAR, 7 Zip dan Zip Alpha dapat digunakan untuk membuka file RAR pada platform OS Windows.

1. BitZipper: Salah satu manajer arsip terbaik Windows yang tersedia di pasar, BitZipper berguna dalam membuka RAR serta file Zip. User interface-ramah BitZipper memungkinkan bahkan pertama kali pengguna komputer untuk mengakses file RAR dengan mudah. Antarmuka Classic alat ini memungkinkan pengguna berpengalaman untuk mengakses fungsi yang berbeda dari produk melalui menu dan pilihan toolbar.

2. Progam WinRAR: Manajer arsip disebut WinRAR dapat didownload secara gratis atau satu hanya dapat menggunakan 40-hari versi trial-nya. Alat WinRAR memiliki kemampuan untuk membuka file RAR serta dekompresi mereka. Utilitas ini mendukung banyak format selain RAR, seperti ACE, ARJ, CAB, bzip2, ISO, GZIP, TAR, LZH, dll

3. 7 Zip: Ini adalah sebuah utilitas open source yang bekerja pada platform OS Windows. Alat 7 Zip memiliki beberapa fitur berikut.

  • Ini extractor RAR dapat digunakan dengan format yang berbeda seperti TAR, GZIP, bzip2, 7z dan ZIP.
  • Rasio kompresi adalah 2-10% lebih besar daripada WinZip dan PKZip.
  • Utilitas Zip 7 menyediakan plug-in untuk Manajer FAR.
  • Hal ini dapat diintegrasikan dengan Windows Shell.

4. Alpha Zip: Ini adalah plug-in yang digunakan untuk bekerja dengan RAR, Zip dan file Cab. Dengan bantuan AlphaZip, file RAR bisa diakses seperti file lain.

Sistem Operasi Mac

Utilitas seperti Stuffit dan iArchiver digunakan untuk membuka file RAR pada antarmuka sistem operasi Mac.

1. iArchiver: Ini adalah salah satu alat yang paling umum digunakan untuk membuka file RAR di lingkungan OS Mac. Seiring dengan file RAR, juga dapat membuka Stuffit dan file Zip. Hal ini mudah digunakan dan menyediakan pengguna dengan fungsi seperti konversi dari satu format yang lain dan penciptaan arsip.

2. Stuffit: Stuffit ini juga salah satu utilitas yang berbeda yang memungkinkan pengguna untuk membuka file RAR. Ini berisi satu set alat yang membantu dalam menciptakan dan membuka berbagai jenis file yang dikompresi arsip yang ditemukan di Internet. Fitur ‘Quick Look’ dari Stuffit memberikan ‘mengintip’ pandangan arsip tanpa perlu untuk membukanya.

Artikel di atas memberikan laporan singkat dari utilitas yang berbeda dan alat-alat yang tersedia di pasar untuk membuka file RAR. Ini memecahkan sebagian besar pertanyaan kami tentang cara untuk membuka file RAR dan tugas yang berkaitan dengan kompresi dan dekompresi.

Speak Your Mind

*