Mengenal Apple dan Beragam Produknya

Ilustrasi apple
Anda tahu Apple? Atau malah pemakai salah satu produk yang dikeluarkannya? Ingin tahu lebih lanjut tentang produk gadget yang menjadi kebanggaan banyak orang karena eksklusif dan cukup canggih ini dan seluk beluk produknya? Banyak yang ingin tahu dan baru bisa bermimpi mempunyai salah satu produknya. Jangan ditanya bagaimana orang yang telah memilih produk dari perusahaan ini menjaga gadget mereka dan memberikan perhatian lebih kepada barangnya yang sangat bagus itu.

Lokasi dan Inovasi

Apple Inc. adalah sebuah perusahaan Sillicon Valley yang berbasis di Cupertino, California. Perusahaan ini bergerak dalam bidang teknologi komputer. Inilah salah satu perusahaan yang begitu disenangi oleh banyak orang dan menjadi salah satu acuan ketika akan membuat suatu inovasi dibidang gadget apapun. Inovasi yang dilakukan oleh salah satu pendirinya yang cukup kontroversial, Steve Jobs, telah menjadikan perusahaan dengan lambang buah apel yang telah dimakan ini, memang luar biasa.

Banyak orang yang tercengang-cengang ketika Steve Jobs memperkenalkan produk perusahaannya satu per satu. Mungkin di dunia bagian lain, orang masih mengkhayalkannya, namun, Steve Jobs dan timnya telah mewujudkannya. Dahulu mungkin tidak terbayangkan bahwa dalam satu gadget, orang bisa menyimpan ribuan lagu yang disukainya. Tetapi produk yang digawangi oleh Steve Jobs ini membuktikan bahwa apa yang masih dipikirkan itu memang ada dan nyata.

Itulah yang membuat orang kagum dan tidak mau ketinggalan dengan apa yang telah dilakukan oleh perusahaan satu ini. Bila inovasi dan bahkan penemuan demi penemuan dilakukan dan diberikan kepada dunia, orang akan mengakui kekuatan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Walaupun misalnya ada yang mengekor atau menjiplak sekali pun, pelopor itu tetap berbeda dan tetap menjadi yang  nomor satu. Bahkan ketika ada perusahaan yang bisa memberikan sesuatu yang lebih bagus, hal ini tidak akan menguburkan sang pelopor itu.

Apple terkenal karena perangkat keras ciptaannya seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam, iPhone. Sejumlah perangkat lunak ciptaannya seperti penyunting video final cut pro, penyunting suara logic pro, pemutar lagu iTunes mampu bersaing di bidang kreatif.

Berikut ini adalah produk-produk Apple

1. Perangkat Keras
a. Mac
Mac atau Machintose diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984. Ini adalah salah satu jenis komputer personal berbasis power PC yang diproduksi oleh Apple.

b. iPod
iPod adalah merk serangkaian perangkat pemutar media digital yang dirancang dan dijual oleh Apple Inc. iPod menggunakan desain dalam bentuk roda putar sederhana yang diperkenalkan oleh Tony Fadell.

c. iPhone
iPhone adalah ponsel revolusioner buatan Apple Inc. yang memiliki pemutar multimedia, fungsi kamera, SMS, dan Voice mail. iPhone terus dikembangkan sejak generasi pertama pada tahun 2007 sampai sekarang generasi keempat, iPhone 4.

d. Mac Book
Mac Book adalah laptop yang diproduksi oleh Apple Inc. Mac Book pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2006 lalu untuk menggantikan iBook G4 dan seri pwerbook 12.

e. iPad
iPad adalah produk komputer tablet yang diproduksi oleh Apple Inc. Bentuknya hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan keduanya. Dia juga memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada dalam sistem Mac OSX.
Produk ini diperkenalkan pada tanggal 27 Januari 2010 lalu dan dipasarkan di Amerika Serikat mulai 3 April 2010 dengan kisaran harga US $ 399 sampai US $ 829.

f. iMac
iMac adalah komputer machintose yang dikembangkan dengan tujuan untuk meraih pengguna rumah tangga dan pendidikan. Komputer ini berkonsep all in one dan dikembangkan oleh Apple Inc.

2. Perangkat Lunak
a. Final Cut Pro
Final Cut Pro adalah software profesional untuk menyunting video yang diperkenalkan oleh Macromedia Inc. Final Cut Pro hanya bisa dioperasikan pada Mac OS X versi 10.5.6 dan sesudahnya.  Software ini sejak tahun 2000-an telah digunakan secara luas oleh para pembuat film indie. Sofware ini memasukkan video ke dalam drive internal dan eksternal yang bisa diedit dan diposes.

b. Logic Pro
Logic pro adalah sebuah stasiun audio digital yang diaplikasikan untuk Mac OS X. Awalnya Logic Pro diciptakan oleh perusahaan software Emagic dari Jerman. Logic Pro menjadi bagian dari Apple setelah Emagic dibeli Apple Inc. pada tahun 2002 lalu.

c. iTunes
iTunes adalah sebuah software buatan Apple Inc. yang bisa memutar, mengorganisasi, dan membeli lagu lewat iTunes Store.  Piranti ini tersedia dalam berbagai versi yang bisa dijalankan dalam sistem operasi Mac OX S, windows 2000, XP, dan Vista. Reputasi piranti lunak ini bagus karena mudah digunakan dan organisasi lagunya tidak mengecewakan.

d. Mac O S X
Mac OS X adalah versi terbaru dari piranti lunak sistem operasi Mac OS untuk komputer Machintose. Piranti ini sangat populer di kalangan pengguna dan mulai dikembangkan pada tahun 2001 lalu.

e. iWork
iWork adalah sebuah software yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi mirip dengan Microsoft Office. Software ini terdiri dari pages untuk membuat dokumen surat dan sejenisnya dan keynote untuk membuat presentasi.

f. iLife
iLife adalah sofware yang dikembangkan Apple Inc untuk menciptakan, mengorganisasi, menampilkan, dan memanipulasi dokumen multimedia yang bisa disimpan dalam sebuah komputer pribadi. Banyak, bukan? Nah, silakan Anda memilih sendiri produk-produk Apple yang ingin Anda miliki.

Perusahaan yang Dicinta dan Dibenci

Siapa tidak mengenal iPod? iPod mendominasi pangsa pemutar musik digital hingga saat ini. iPod hanyalah satu di antara produk Apple yang digemari di pasaran. Ya. Produk Apple termasuk favorit di kalangan pecinta gadget dan komputer di negeri ini.

Apa Itu Apple?

Apple adalah perusahaan Amerika yang memproduksi dan mendesain software dan hardware komputer serta produk elektronik lainnya. Perusahaan Apple terkenal dengan produk komputer personalnya, yaitu Macintosh, Mac OS X, pengguna yang loyal, aplikasi iTunes serta pemutar musik iPod.
Perusahaan Apple berpusat di Cupertino, California. CEO perusahaan ini adalah Steve Jobs dengan 284 retail yang tersebar di 10 negara.

Awal Pendirian
Apple didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Saat itu, mereka bertujuan menjual komputer personal yang disebut Apple I. Wayne yang memiliki saham terkecil, pada akhirnya, menjualnya pada Jobs dan Wozniak. Masa terpenting Apple adalah pada 1984 saat mereka memproduksi dan merilis iklan komersial. Komersial ini disutradarai oleh Ridley Scott yang disiarkan pada pertandingan Super Bowl XVIII. Idenya dibuat berdasarkan novel George Orwell pada 1984.

Iklan ini menggambarkan keadaan utopia ketika “Big Brother” menyuruh manusia berpikir dan hasilnya manusia mengatakan sedikit sekali memiliki kebebasan memilih. Banyak yang menafsirkan “Big Brother” adalah IBM, sedangkan pahlawan wanita dalam iklan tersebut adalah Apple. Saat ini, banyak diandaikan bahwa “Big Brother” adalah Microsoft dan pahlawan wanitanya tetap Apple. Apapun intepretasi orang, iklan ini merupakan titik awal kebangkitan Apple.

iMac
Kehadiran iMac pada 15 Agustus 1998, mampu mengobati kekecewaan kegagalan produk Apple sebelumnya. Produk Apple yang kurang sukses adalah komputer Apple portabel pertama yang besar dan berat serta Newton, yaitu PDA Apple yang pertama kali.

Setelah beberapa tahun penelitian dan pengembangan, pada 2001, Apple merilis Mac OS X, sebuah sistem operasi yang menyasar kalangan profesional. Mac OS X adalah pengembangan Mac OS 9 yang mampu memadukan kecanggihan UNIX dan efektivitas serta kesederhanaan GUI (Graphical User Interface). Jajaran produk komputer personal iMac yang dibekali Mac OS X mengembalikan kejayaan Apple. Setelah itu, kepopuleran iPod yang mendunia semakin mengukuhkan keberadaan Apple.

Kesuksesan fenomenal iPod merupakan langkah awal produk selanjutnya, termasuk telepon seluler dengan penjualan terbaik. Yaitu, Apple iPhone, jajaran produk laptop Macbook, dan Apple iPad yang diluncurkan 27 Januari 2010.

Reputasi Apple
Apple memiliki reputasi unik di kalangan konsumen produk elektronik. Para pengguna produknya terkenal setia dan antusias pada produk perusahaan ini. Sementara mereka yang belum pernah menggunakan produk ini, sering mengkritik harga produknya yang dinilai terlalu mahal. Harga yang mahal itu memang setara dengan teknologi yang digunakan.Selain adanya fasilitas penunjang yang memang bagus, produk ini terkenal dengan keeksklusifannya.

 

Speak Your Mind

*