Mengenal Bagian-Bagian CPU, Motherboard, dan Fungsinya

Ilustrasi bagian cpuCentral processing unit atau disingkat dengan CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Karena di bagian inilah semua aktivitas kerja komputer dikendalikan. Apa yang disebut dengan kecerdasan komputer sebenarnya ada di bagian ini. Inilah otaknya komputer.

CPU adalah perangkat komputer yang menerima berbagai input dan kemudian menghasilkan output tertentu. Mayoritas komputer mampu melaksanakan beberapa perintah dalam satu waktu. Perlu diketahui bahwa kebanyakan komputer sekarang ini mampu melakukan perintah dalam kecepatan cahaya. CPU bisa melakukan perintah satu milyar per detik!

Setiap bagian-bagian CPU bekerja bersama-sama atau kolektif. Kecepatan dan keakuratan kerja CPU merupakan salah satu keunggulan dari sebuah komputer. Kecepatan kerja CPU dilambangkan dengan satuan hertz.

Chip CPU terdiri dari beberapa bagian atau fungsi. Bagian-bagian CPU antara lain adalah sebagai berikut.

Control Unit (CU)

Unit kontrol mengarahkan aliran data dan instruksi di dalam komputer. Unit kontrol ini dapat digambarkan sebagai manajernya CPU. Ia mengawasi atau memantau seluruh fungsi atau sistem komputer yang diatur oleh program-program. Program ini terdiri dari sirkuit elektronik yang mengirimkan sinyal ke komponen lain dalam komputer.

Arithmetic Logical Unit (ALU)

Bagian CPU ini merupakan salah satu bagian yang terpenting. Unit aritmetik logika (ALU) terdiri dari sirkuit elektronik yang membuatnya mampu melaksanakan operasi aritmatika dan logika. Ia mengeksekusi instruksi dan melakukan perhitungan (tambah, kali, kurang, dan bagi) dan perbandingan.

ALU bekerja dengan register yang berbeda untuk menyimpan data atau informasi tentang tindakan terakhir yang dilakukan oleh unit logika. ALU mampu membandingkan huruf, angka, atau karakter khusus.

Register

Bagian CPU berikutnya adalah register. Register merupakan perangkat memori sementara yang menyimpan data. Register membantu CPU dalam melaksanakan instruksi. Mereka dikelola oleh unit kontrol.

Register berfungsi untuk tempat penyimpanan yang berisi data dan informasi lainnya yang sering dibutuhkan ketika sebuah program sedang berjalan. Register dimaksudkan untuk dapat diakses dengan sangat cepat.

Yang termasuk register di antaranya adalah register uji dan instruksi. Register instruksi berisi instruksi CPU sedangkan register uji dimaksudkan untuk menyimpan hasil kerja yang dilakukan oleh CPU.

Clock

Bagian CPU yang lain adalah sistem waktu. Sistem terbuat dari sirkuit waktu untuk mengukur tugas yang dilakukan oleh CPU. Kinerja prosesor umumnya diukur dalam “hertz.”

Bagian dalam Motherboard CPU

Pada komputer modern, motherboard atau papan sirkuit primer (PCB), adalah jantung dari mesin. Dan ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua perangkat dan komponen mesin yang terhubung ke mikroprosesor.

Perangkat yang mengatur motherboard adalah perangkat penyimpanan, hard disk, kartu grafis, dan kartu suara, antara lain. Semua perangkat ini, tanpa mana mesin tidak dapat berfungsi, yang baik inbuilt atau terhubung melalui slot atau soket.

Sederhananya, motherboard memastikan bahwa masing-masing komponen yang didukung dengan baik dan berkomunikasi satu sama lain secara efektif. Model pertama yang diciptakan memiliki komponen sangat sedikit.

Dan satu-satunya hal yang ada pada motherboard tersebut adalah prosesor dan beberapa slot dasar untuk menghubungkan perangkat lain. Tapi mesin saat ini memiliki model yang mengandung berbagai macam fitur dan potensi yang luar biasa untuk upgrade di masa mendatang.

Apa Saja Bagian dari Motherboard

Mengetahui dasar-dasar dari bagian-bagian ini akan membantu Anda memecahkan banyak masalah yang mungkin timbul dari waktu ke waktu. Tata letak dan cara di mana berbagai bagian ditempatkan dikenal sebagai faktor bentuk. Bentuk kasus komputer juga ditentukan oleh faktor bentuk.

Untuk standarisasi cara di mana komputer yang dirakit di seluruh dunia, ada model tetap tertentu untuk memutuskan ini faktor bentuk dan produsen yang paling mematuhi standar tersebut.

  1. Peripheral Component Interconnect (PCI) Slot Biasanya, jumlah slot PCI pada motherboard bisa di mana saja antara 1 dan 6. Para berbagai periferal seperti kartu grafis, kartu suara, kartu ethernet, modem, dan perekam DVD terpasang di sini, dan slot 32 slot bit.  PCI adalah standar yang telah ada selama hampir dua dekade sekarang, dan versi lebih cepat dari itu dikenal sebagai PCI-E juga cukup umum hari ini, dan ini memungkinkan komponen komputer yang berbeda harus terpasang ke komputer dengan mudah.
  2. Central Processing Unit (CPU) Socket Soket ini adalah rumah bagi prosesor komputer Anda. Ada 2 jenis soket yang biasa digunakan oleh prosesor utama (Intel dan AMD), ini adalah Pin Grid Array (PGA) dan Grid Array Tanah (LGA). Keuntungan terbesar dari soket adalah bahwa mereka memungkinkan sederhana swapping prosesor dalam mesin, dan ini memungkinkan pengguna komputer untuk benar-benar meningkatkan fleksibilitas dari komputer mereka.
  3. Baterai Motherboard Ketika Anda menutup sistem down, data Anda disimpan dengan menggunakan baterai pada motherboard. Hal ini ditempatkan di dalam kompartemen baterai yang hadir pada permukaan papan.
  4. RAM slot (DIMM dan SIMM) Ini adalah slot yang memegang chip RAM komputer Anda. Mereka biasanya dari dua jenis, DIMM (Modul Memori ganda Inline) dan SIMM (Inline Memory Module Single). Memori chip dari ukuran yang berbeda dapat terpasang di sini sehingga untuk meningkatkan efisiensi mesin, dan membuatnya lebih nyaman untuk bekerja pada beberapa program pada satu waktu.
  5. Konektor Daya Motherboard ini membutuhkan daya untuk berfungsi dengan baik dan ini catu daya berasal dari konektor daya utama. Biasanya ada dua jenis utama dari konektor, 20 + 4 pin (ketika ada dua konektor pada motherboard yang sama), dan 24 pin. Selain komponen ini, berikut ini adalah beberapa peripheral yang secara khusus digunakan untuk membuat koneksi dengan perangkat keras. Konektor ini muncul pada panel belakang komputer, setelah seluruh mesin telah dirakit dan dipasang.
  6. Konektor PS / 2 Setiap motherboard berisi dua PS / 2 konektor, satu untuk keyboard dan satu untuk mouse. Ini adalah warna port kode (ungu untuk keyboard dan hijau adalah untuk mouse) dan telah ada sejak komputer muncul di 80-an. Hari ini pelabuhan sedang bermata oleh port USB, tetapi mereka masih lazim.
  7. USB (Universal Serial Bus) Port Ada banyak dari port di panel belakang. Mereka digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti USB flash drive, hard disk eksternal, iPod, MP3 player dan kamera. Setiap komputer memiliki setidaknya 2 port tersebut, dan bisa jadi lebih jumlahnya pun selalu diterima. Fleksibilitas yang port USB tawarkan benar-benar tak tertandingi dalam bidang komputer.
  8. Game Port Port ini banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat yang digunakan untuk tujuan game. Gamepads, joystick dan aksesoris game lainnya dapat dilampirkan ke mesin melalui port ini dan fleksibilitas ini adalah sesuatu yang banyak pengguna dan gamer temukan sangat berguna.
  9. Display Connector Port ini digunakan untuk menghubungkan monitor komputer dari mesin ke panel belakang. Ini adalah hubungan utama antara monitor dan CPU itu sendiri, sehingga tidak ada pertanyaan ini menjadi bagian yang tidak boleh absen di setiap komputer desktop.
  10. Sound Card Konektor Perangkat suara anda seperti headphone dan mikrofon yang terhubung di sini. Kebanyakan komputer telah dibangun di kartu suara, tetapi beberapa orang juga memilih untuk melampirkan kartu suara tambahan sehingga dapat meningkatkan fungsionalitas dari mesin. Penggunaan yang paling umum dari konektor ini adalah untuk tujuan multimedia.

Semua bagian ini sekarang merupakan persyaratan standar untuk setiap komputer untuk berfungsi dengan baik, dan popularitas mereka telah perlahan-lahan berubah menjadi suatu keharusan bagi setiap motherboard komputer..

Nah, itulah antara lain bagian CPU dan fungsi dari CPU komputer. Semoga bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi Anda semua..

 

Speak Your Mind

*