Mengenal Beragam Pussy

Ilustrasi pussyTahu Felis silvestris catus? Anda tentu asing ketika mendengar nama ini. Bagaimana kalau pussy alias kucing? Anda tentu mengenalnya, bukan? Hampir semua orang tahu tentang karnivora yang telah berbaur dengan manusia, setidaknya sejak 6000 tahun SM lalu. Bahkan, dari 3500 SM orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan lumbung padi dari tikus dan hewan pengerat lainnya.

Kucing saat ini telah menjadi salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Tapi, kucing yang mempunyai garis keturunan murni hanya 1 % saja dari jumlah kucing secara keseluruhan. Kucing seperti Persia, manx, siam dan spinx yang bergalur murni biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi.

Karakteristik Pussy/Kucing

Pussy atau kucing adalah salah satu predator paling hebat di dunia. Tapi, karena tubuhnya yang kecil, paling hanya cakarnya saja yang berbahaya.

Kucing juga memiliki gigi dan saluran pencernaan khusus. Karena ini, kucing dianggap sebagai karnivora yang sempurna. Kucing juga dikenal memiliki reputasi sebagai hewan penyendiri yang juga bisa hidup dalam koloni. Masa kehamilan kucing adalah 63 hari.

Pussy juga termasuk hewan yang bersih. Mereka sering ditemukan menjilati tubuhnya dengan air liur. Untuk menyimpan energinya, kucing tidur lebih sering dibanding dengan binatang lain.

Keistimewaan lain pussy adalah dapat melihat dalam cahaya yang amat terang karena memiliki selaput pelangi atau iris yang membentuk celah pada mata yang akan menyempit. Sedangkan pada saat ada sedikit cahaya, kucing akan menggunakan kumis atau misainya untuk membantu menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan.

Ras Kucing

Jumlah jenis ras pussy sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Chinchilla long hair.
    Tak semua orang familiar dengan nama ini. Tapi, begitu menyebut nama kucing Persia, dapat dipastikan kebanyakan orang mengenalnya. Pussy nan anggun ini mempunyai nenek moyang dari Inggris.
  2. Maine Coon
    Pussy ini berasal dari AS. Kucing lucu, pemalu, dan mudah akrab ini juga mempunyai bulu yang tipis, lembut, dan warna yang beragam. Dia adalah perpaduan antara angora dan American Shorthair.
  3. Manx
    Pussy yang berekor pendek dengan warna bulu coklat dan lavender ini dikenal juga dengan nama Rumpy. Kucing ini sangat setia, ramah, dan pintar.
  4. British Shorthair
    Sesuai dengan namanya, pussy yang kalem, lembut, dan pintar ini dikembangkan di Inggris.
  5. Burmese (Burma)
    Dr. Thompson (A.S.) membiakkan pussy dari kucing ratu wong mau (Burma) dan Siam. Pussy periang dan lucu ini mempunyai warna coklat musang, biru, dan champagne.

 

Aspek Budaya

Pada zaman Mesir Kuno, pussy dipercaya sebagai penjelmaan Dewi Bast. Akibatnya, jika seseorang membunuhnya, maka akan mendapat hukuman mati.

Pada abad pertengahan pussy diasosiasikan dengan penyihir. Mereka sering dibunuh dengan cara dibakar atau dilempar dari tempat yang tinggi. Tapi, kucing dianggap baik oleh para penganut wicca atau neopaganisme. Kucing dipercaya mampu berhubungan dengan dunia lain. Dia juga dipercaya mampu merasakan adanya roh jahat.

Sedangkan pada masa sekarang kucing hitam masih dipercaya sebagai pembawa sial. Dia juga sering dihubungkan dengan Halloween. Namun, pussy atau kucing di Vietnam malah menduduki salah satu tempat yang tinggi seperti halnya di Mesir. Dia menjadi salah satu zodiak.

Dalam syariat islam seorang muslim dilarang menyakiti dan membunuh kucing. Bahkan, melakukan jual beli kucing pun haram hukumnya dalam Islam.

Speak Your Mind

*