Mengenal Berbagai Perlengkapan Dapur

Sebuah dapur akan menjadi dapur yang ideal apabila memenuhi syarat-syarat tertentu. Salah satu kriteria dapur ideal adalah memiliki perlengkapan dapur yang baik dan berkualitas. Kelengkapan peralatan dapur tentu akan membuat Anda lebih lancar dan nyaman dalam melakukan kegiatan masak-memasak.

Di dalam dapur, ada dua jenis peralatan yang biasa dimiliki, yaitu perlengkapan dapur yang menggunakan listrik dan ada juga yang tidak. Semua peralatan tersebut tentu saja digunakan sesuai kebutuhan dan kenyamanan penggunanya.

Perlengkapan Dapur Elektronik

Salah satu macam perlengkapan dapur adalah alat-alat dapur yang membutuhkan listrik agar bisa bekerja. Dengan kemajuan teknologi yang ada, saat ini banyak sekali peralatan dapur yang dibuat sepraktis mungkin untuk memanjakan Anda yang hobi memasak.

Perlengkapan dapur yang praktis identik dengan segala peralatan yang bekerja berdasarkan listrik. Apa saja peralatan-peralatan tersebut?

• Microwave: ini adalah salah satu alat dapur untuk memasak makanan. Sangat praktis dan mudah digunakan. Anda tinggal memasukkan bahan makanan yang sudah diolah, mengatur suhunya, dan Anda tinggal menunggu masakan tersebut matang dengan sempurna.

• Blender: perlengkapan dapur yang satu ini cukup banyak diminati. Blender digunakan untuk membuat minuman jus atau bahkan menghancurkan bumbu-bumbu masakan. Peralatan dapur ini menggeser peran cobek yang merupakan alat dapur tradisional.

• Rice cooker: memasak nasi mungkin salah satu kegiatan yang cukup merepotkan, namun tidak lagi apabila dapur Anda memiliki rice cooker. Alat pemasak nasi ini hanya membutuhkan listrik untuk mengubah beras menjadi nasi dan sangat mudah digunakan.

• Lemari es: digunakan sebagai tempat penyimpanan, mulai dari sayur, buah, telur, daging, atau bumbu-bumbu masak. Sangat berguna agar bahan-bahan masakan Anda tidak cepat rusak/busuk.
Itu adalah beberapa contoh perlengkapan dapur elektronik yang diminati oleh banyak orang. Semuanya sangat praktis dan dinilai sangat memudahkan kegiatan memasak.

Hal yang harus diperhatikan adalah selalu berhati-hati dalam menggunakannya. Jauhkan dari jangkaun anak-anak kecil, dan lepaskan dari hubungan listrik apabila sudah selesai digunakan.

Perlengkapan Dapur Non-Elektronik

Walau saat ini perlengkapan dapur yang menggunakan listrik sudah banyak di pasaran, bukan berarti dapur Anda tidak membutuhkan perlengkapan yang non-listrik. Berikut ini contoh alat-alat dapur tanpa listrik.

• Kompor: perlengkapan dapur yang satu ini adalah alat wajib dalam dapur Anda. Walau saat ini sudah banyak bermunculan kompor listrik, tapi kompor non listrik seperti kompor gas tetap menjadi pilihan utama.

• Alat masak: contoh alat masak yang tentunya sama sekali tidak menggunakan listrik adalah alat pennggorengan (wajan), panci, pisau, dan juga peralatan lain. Salah satu alat dapur tradisional yang masih tetap digunakan adalah cobek. Walau saat ini sudah alat dapur elektronik untuk menghancurkan bumbu, ada banyak orang yang lebih memilih cobek sebagai alat masak.

• Alat makan: di dapur, tak hanya harus disiapkan perlengkapan khusus untuk memasak. Dapur juga harus memiliki peralatan makan yang lengkap. Mulai dari piring, gelas, tempat nasi, mangkuk, sendok, dan lain-lain.

Pemilihan Kitchen Set

Kitchen set merupakan salah satu peralatan dapur yang bisa menunjang kebersihan dan kerapihan dapur di rumah Anda. Peralatan ini bisa dibilang sebagai atribut penting yang wajib ada di dapur, baik itu kitchen set yang sederhana maupun yang mewah sekali pun.

Membeli kitchen set pada saat pertama kali berumah tangga biasanya menjadi salah satu tujuan para istri agar dapur idaman tampak lebih cantik sehingga istri pun akan semangat untuk melakukan pekerjaan rumah dalam hal memasak.

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki keinginan untuk membeli kitchen set yang sederhana, baik dari bentuknya maupun dari ukurannya. Beberapa toko furnitur biasanya juga menyediakan kitchen set minimalis untuk pasangan yang baru hidup berumah tangga.

Namun, pemilihan kitchen set yang baik, berkualitas, dan sesuai dengan selera juga kadang-kadang tidak mudah dilakukan. Ada lalanya model kitchen set yang ditawarkan oleh toko peralatan dapur atau furnitur bentuknya itu-itu saja sehingga Anda yang suka dengan model unik akan kesulitan mencarinya.

Oleh karena itulah maka banyak pula orang yang lebih memilih menggunakan lemari makan biasa dan meja kompor biasa karena belum menemukan model dan kualitas yang cocok dengan selera mereka. Selain itu, ada juga yang lebih memilih untuk mendesain dan membuat sendiri kitchen set supaya harga lebih mudah dijangkau, kualitas pun tidak diragukan, dan model lemarinya pun sesuai dengan selera.

Jika Anda termasuk orang yang tidak mau susah untuk menentukan pilihan, maka Anda bisa mendatangi berbagai tempat furnitur yang biasanya menjual peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, meja belajar, meja rias, meja televisi, dan lain sebagainya.

Meskipun ada juga beberapa toko yang secara khusus memproduksi peralatan dapur, mulai dari furnitur bergaya mewah, elegan, klasik, sampai minimalis ada di toko tersebut. Anda bisa memilih berbagai model juga sesuai dengan ketentuan budget yang Anda miliki.

Untuk mendapatkan peralatan furnitur kitchen set yang terjangkau, Anda juga bisa mencoba untuk berbelanja furnitur di supermarket yang berada dekat rumah Anda, seperti Hypermart, Crrefour, dan supermarket yang menyediakan aneka furniture.

Selain Anda bisa menghemat bensin, Anda juga bisa memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk memilih jenis furnitur yang memang sesuai dengan konsep dapur Anda.

Harga kitchen set yang biasanya dijual di pasaran berkisar antara 2 juta sampai 5 juta rupiah, namun ada juga yang menjual di atas harga tersebut dengan konsep dan bahan baku furnitur yang memang tidak diragukan lagi, seperti penggunaan kayu jati yang relatif mahal harganya.

Kitchen set sederhana biasanya berbentuk dua meja kecil, dengan dua pintu di bawah dan dua pintu di atasnya. Sementara untuk kitchen set yang lebih besarnya lagi bisa sampai 3 atau 5 pintu di bagian bawah dan atasnya.

Pemilihan Barang-barang Elektronik

Jenis peralatan dapur yang tentu saja dibutuhkan adalah barang-barang elektronik seperti yang tadi telah disebutkan. Namun, untuk membeli perlengkapan dapur elektronik dibutuhkan juga pengetahuan tentang hal-hal tersebut. jangan sampai Anda membeli barang yang mahal namun tidak berkualitas.

Untuk barang elektronik, sebaiknya pilihlah barang dengan merk yang sudah dikenal karena kualitasnya. Misalnya saja, Philips, LG, Panasonic, Maspion, dan beberapa merk terkenal lainnya. Meskipun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan merk lain, namun kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, barang elektronik dengan kualitas baik akan memberikan garansi yang lebih lama dibandingkan dengan barang dengan kualitas yang lebih rendah. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pengecekan atau bahkan servis lagi di kemudian hari.

Bahkan beberapa pengalaman membuktikan merk-merk yang disebutkan di atas dapat bertahan sampai sembilan tahun lamanya dibandingkan dengan barang bermerk tidak pasaran atau tidak terkenal karena kualitasnya.

Untuk membeli peralatan elektronik seperti ini, Anda bisa membeli di swalayan atau juga di toko khusus elektronik. Namun, jika Anda tidak tahu harga pasarannya berapa, lebih baik belilah produk tersebut di swalayan karena harganya tidak akan terlalu jauh jika dibandingkan dengan toko elektronik yang belum Anda ketahui kualitasnya.

Berdasarkan pemaparan di atas, tentu Anda akan sangat bersemangat untuk mempercantik suasana dapur Anda bukan? Kalau begitu, segeralah berbelanja bersama pasangan Anda!

Speak Your Mind

*