Mengenal eBuddy dalam Instant Massaging

Ilustrasi ebuddyPesan instan (Instant Messaging) sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang saat ini. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, pesan instan adalah sebuah teknologi Internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama.

Menggunakan Instant Messaging

Untuk menggunakan instant messenger (IM), pengguna harus men-download file setup dari halaman resmi perangkat lunak. Kemudian pengguna harus menginstal perangkat lunak dan menjalankan aplikasi, yang disebut klien.

Pengguna perlu mendaftar dengan memilih username dan password, dan kemudian log in dengan memasukkan mereka. Server IM kemudian memeriksa apakah ada pengguna ‘teman’ sedang online. Server IM menerima alamat IP dan nomor port dari klien.

Dalam sebuah aplikasi IM, setiap pengguna memiliki daftar teman atau daftar kontak, yang merupakan daftar orang-orang yang teman-teman pengguna atau kolega. Pesan instan adalah catatan yang dikirim oleh salah satu pengguna dan diterima oleh orang lain.

Pesan dapat menyertakan link web, gambar (termasuk foto) atau file lainnya yang bisa dibagi. Instant messenger juga memungkinkan chatting simultan video dan audio, dimana pengguna dapat melihat dan mendengar satu sama lain melalui media video conference.

Pengguna dapat memasukkan teks dalam jendela dan mengirim pesan ke temannya. Klien pengirim mengirimkan pesan langsung ke klien penerima tanpa melalui server. Penerima pesan kemudian dapat membalas ke pengirim. Jendela obrolan menunjukkan semua pesan yang kedua pengguna telah mengirim satu sama lain.

Pengguna dapat jalan offline, menutup jendela dan keluar dari aplikasi ketika obrolan sudah berakhir. Klien berkomunikasi dengan server dan status pengguna diubah menjadi offline dalam daftar teman dari semua teman-temannya.

Aplikasi seperti ‘Trillian’ dan ‘Pidgin’ menggabungkan daftar teman dari aplikasi IM yang berbeda, menunjukkan kontak AIM, Yahoo Messenger, Windows Live Messenger dan IRC dalam berbagai warna. Jika teman pengguna menggunakan aplikasi yang berbeda, hanya ada satu entri untuk dia.

Biasanya, aplikasi IM tidak dapat berkomunikasi satu sama lain, sehingga pengguna dari satu aplikasi tidak dapat mengirim pesan ke pengguna aplikasi lain. Namun, hanya AOL yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan ke pengguna aplikasi IM lainnya.

Aplikasi IM yang tidak aman sehingga mereka harus digunakan dengan hati-hati. Percakapan akan dienkripsi namun pengguna masih harus tidak mengirimkan nomor kartu kredit dalam pesan mereka. Hacker bisa mendapatkan log pengguna, dan bahkan dapat mengirim virus terinfeksi file ke pengguna lain. Voice over IP (VoIP) kurang aman dari IM.

Layanan eBuddy

Beberapa penyedia layanan pengiriman pesan instan yang sering digunakan oleh sebagian masyarakat misalnya Yahoo, Google, ICQ, Facebook dan MSN. Beberapa penyedia layanan tersebut bahkan memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan melalui penyedia layanan lain yang berbeda.

Supaya lebih mudah untuk digunakan, banyak perusahaan pengembang perangkat lunak melakukan riset untuk menciptakan berbagai aplikasi pendukungnya. Mereka berusaha menciptakan aplikasi dengan tampilan dan cara penggunaan yang mudah (user friendly). Dengan demikian, diharapkan fasilitas pengiriman pesan singkat yang ada dapat digunakan oleh siapa saja.

Banyak aplikasi pendukung pengirim pesan instan yang dapat kita temukan di internet dengan beragam harga beserta fasilitas yang ditawarkan. Bagi pengguna yang bersifat perorangan dan sekedar untuk hiburan, eBuddy bisa menjadi alternatif pilihan yang cukup baik. eBuddy mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan, diantaranya Google Talk, Windows Live Messenger, AIM, ICQ, Facebook, Yahoo! Messenger, dan Myspace IM.

Sejarah eBuddy

eBuddy adalah aplikasi pendukung pengirim pesan instan yang kaya akan fitur dan tentunya gratis. Awal terciptanya eBuddy berawal dari gagasan Paulo Taylor untuk membuat agar aplikasi pengirim pesan yang saat itu hanya dapat dilakukan melalui komputer, dapat juga dilakukan melalui telpon selular. Hingga saat ini, pengembangan eBuddy terus dilakukan sebagai aplikasi pendukung pengirim pesan instan yang berbasis pada telpon seluler dan web.

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi eBuddy melalui telpon selular, Anda dapat mengunduh versi aplikasi yang sesuai dengan tipe telpon selular Anda setelah masuk ke dalam situs resmi eBuddy. Sedangkan pengguna aplikasi eBuddy yang berbasis web, Anda cukup masuk ke dalam jaringan eBuddy melalui situs tanpa harus melakukan instalasi apapun.

Cara Menggunakan eBuddy

Untuk dapat menggunakan eBuddy, Anda harus mendaftar dulu di website eBuddy. Pendaftaran gratis ini dapat Anda lakukan di alamat eBuddy, www.ebuddy.com. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan ID dan password untuk bisa masuk ke dalam jaringan eBuddy. Buka aplikasi eBuddy, atau jika via website masuk ke halaman website eBuddy dan login menggunakan ID dan password tersebut.

Setelah masuk ke dalam jaringan eBuddy, anda dapat menyimpan beberapa konfigurasi akun dari layanan pengiriman pesan instan yang anda miliki. Misalnya Anda memiliki akun Yahoo messenger dan Gtalk. Saat Anda login ke eBuddy, kedua akun tersebut akan otomatis aktif. Dengan menggunakan eBuddy, kedua akun tersebut bisa digunakan secara bersama-sama.

Bahkan bagi Anda yang ingin bervideo chat, aplikasi eBuddy berbasis web juga telah mendukung fasilitas ini. Nah, kini berkirim pesan instan jadi lebih asyik dengan eBuddy. Selamat mencoba.

Ilustrasi ebuddy 

Salah satu komunikasi yang murah dan mengasyikkan adalah chatting. Fasilitas ini tentu sudah dimiliki oleh hampir semua ponsel yang ada sekarang ini.

Namun jika Anda tidak menemukan aplikasi chatting di ponsel Anda, mungkin Anda bisa menengok Ebuddy sebagai aplikasichatting yang bisa dipasang di ponsel. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Ebuddy dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Mulai Menggunakan Ebuddy

Untuk mulai menggunakan Ebuddy, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan download aplikasi ke dalam ponsel dan memasangnya.

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan download langsung dari ponsel dan download melalui komputer. Kedua cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk download aplikasi Ebuddy langsung melalui ponsel, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuka internet yang mengarah ke aplikasi Ebuddy. Anda bisa melakukannya dengan membuka browser di ponsel dan mengisi alamat situs dengan http://get.ebuddy.com. Setelah itu, ikutilah petunjuk selanjutnya untuk download dan pasang aplikasi Ebuddy di ponsel secara langsung. Tentu cara ini lebih mudah, tetapi membutuhkan pulsa untuk biaya download.

Cara kedua adalah download dengan menggunakan komputer, kemudian menyalin file aplikasi ke ponsel dengan kabel data. Cara ini memang lebih sulit, karena Anda harus menentukan merek dan tipe ponsel saat melakukan download. Namun cara ini menghemat pulsa Anda karenadownload tidak dilakukan secara langsung dari ponsel.

Menggunakan Ebuddy

Setelah aplikasi Ebuddy terpasang, Anda bisa mulai menggunakannya dengan membuka aplikasi tersebut. Saat aplikasi terbuka, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di server Ebuddy. Anda akan diminta memasukkkan ID pengguna dan password yang akan digunakan.

Setelah proses pembuatan akun selesai, Anda bisa login ke server Ebuddy dengan menggunakan ID dan password yang sudah ditentukan saat mendaftar. Tentu ID dan password ini tidak boleh Anda lupakan, karena menjadi syarat mutlak untuk masuk ke dalam server Ebuddy. Setelah berhasil masuk ke dalam Ebuddy, Anda bisa mulai menambahkan berbagai akun chatting yang Anda miliki.

Anda bisa mendaftarkan berbagai akun chatting sekaligus ke dalam Ebuddy. Akun ini akan aktif secara bersamaan dan bisa Anda pakai secara paralel.

Beberapa akun chatting yang didukung oleh Ebuddy adalah Yahoo Messenger, MSN, Gtalk, AIM, dan lain sebagainya. Dengan mendaftarkan berbagai akun chatting ini, daftar teman-teman chatting Anda juga akan ditampilkan dalam aplikasi chatting ini.

Chatting dengan teman dan kerabat bisa menjalin hubungan dan komunikasi yang baik. Chatting juga memerlukan biaya yang relatif murah dibandingkan dengan SMS. Menggunakan Ebuddy akan mempermudah Anda dalam melakukan chatting dengan siapapun juga yang terhubung dengan Anda.

 

Speak Your Mind

*