Mengenal Kunci Dasar Gitar Pemula

Untuk bisa menjadi salah satu pemain gitar yang keren, kita harus memiliki dasar terlebih dahulu. Banyak guide yang bisa mengarahkan anda sekalian untuk bisa menjadi gitaris yang baik, tapi kunci dasar gitar pemula adalah langkah awal yang harus dilewati untuk memainkan alat musik ini.

Sebelum kita bahas tentang judul diatas, kita harus mengenal sedikit sejarah asal muasal dan jenis musik terlebih dahulu. Menurut bahasa musik itu berasal dari Yunani, dengan bahasa musike techneMuskie ialah muse yang berarti seni dan techne artinya kemahiran atau bisa di sebut dengan keterampilan alat musik. Pembulatan arti dari musike techne itu merupakan ungkapan artistik di dalam kehidupan manusia.

Jika kita telusuri secara mitologi Yunani, pembahasannya akan panjang sekali. Jadi kita skip untuk bahasan yang satu ini. Lalu jenis apa saja yang ada di dunia musik sekarang ini? Jenis-jenis musik ini wajib sekali pemula mengenalinya karena ini merupakan salah satu kunci dasar gitar pemula. Mengapa? Karena saat pemula sudah bisa mahir dengan alat musiknya yaitu gitar, pemula bisa memilih jenis musik apa yang disukainya agar bisa bermain dengan hati yang riang dan puas.

Berikut jenis musik yang dikenali di dunia:

1. Rock

Rock dalam Bahasa Indonesia artinya adalah batu, akan tetapi pengertian universalnya dalam bahasa musik itu adalah musik bervolume keras. Hal ini terjadi sudah ada sejak tahun 1940-an. Dari tahun ke tahun, para musisi terkenal dijamannya itu menggabungkan unsur-unsur musik lainnya menjadi rock and roll, darisanalah kemunculan subgenre yang mencirikan unsur musiknya dengan beat dan ritme blues.

2. Jazz

Jazz adalah salah satu musik yang cukup tua keberadaannya. Dari jazz sendiri memiliki segudang unsur musik lain atau bisa disebut subgenre yang menarik seperti swing, cool jazz, jazz fusion, dixieland, bebop dan smoth jazz.

3. Rythm and Blues

Aliran musik ini berasal dari Afro Amerika, musik ini di perkenalkan oleh masyarakat Afro Amerika di tahun 1940-an lebih dan di kenal dengan aliran pop masyarakat berkulit hitam pada saat itu. Seiring dengan waktu, aliran musik ini begitu baik diterima oleh semua ras. Maka dari itu musik adalah salah satu media pengenalan dan penghubung satu dari yang lain.

4. Pop

Aliran ini seringkali di padu dengan rock, hip hop dan country style sehingga membuat irama lebih bervariatif namun pop sendiri menjadi terbelakang dengan adanya subgenre yang ada.

5. Metal Hardcore

Aliran musik yang satu ini sangat keras dibanding dengan aliran Rock. Meskipun seperti itu ada juga musik dari aliran metal yang slow dan berkesan jauh dari kekerasan. Ini adalah memberikan gambaran bahwa aliran bisa saja berubah dramatis sesuai pengungkapan sang pemain alat musik.

6. Rap/ R&B

Jenis musik yang satu ini sudah di kenal sejak 1980-an akan tetapi jenis musik ini berkembang pesat sampai pada akhirnya tahun 1992. Musik ini mulai di sukai dari kalangan-kalangan remaja sedunia. Dengan memakai arasement musik techno dan beat menjadikan lagu ini lebih menarik untuk berdansa bebas. Sayangnya untuk satu ini jarang sekali memakai arasement gitar untuk sebuah lagu Rap maupun R&B.

Jenis-jenis musik yang telah disebutkan tadi mewakili aliran-aliran musik dari semua manca negara. Adapun musik tradisional yang dimiliki di tanah air di kategorikan dengan musik seni (Art Music). Kalau pemula berminat untuk mendalami musik tradisional akan lebih baik lagi, tapi anda harus bertanya ke paman google untuk mencari dimana tempat untuk mempelajarinya.

Kunci dasar gitar pemula mengharuskan kita untuk tahu juga apa itu cord? Banyak yang mengartikan bahasa ini dengan kunci gitar, namun jangan salah, arti sebenarnya cord ialah kesatuan bunyi dari beberapa not sehingga menghasilkan nada yang di inginkan. Seperti kita tahu gitar memiliki 6 senar, dimulai dari senar pertama yang memiliki nada tinggi sampai akhirnya ke senar terakhir yaitu enam memiliki nada rendah.

Setelah itu kita bisa melihat garis-garis pada fingerboard dinamai fret atau grip. Apa itu  fret?  Fret adalah garis kawat tipis yang berjarak interval yang sangat tepat pada sepanjang fingerboard. Lalu apa itu fingerboard? Fingerboard adalah pembentukan cord yang dihasilkan dari 6 senar pada sepanjang leher (neck) gitar. Jadi istilah gampangnya adalah papan untuk jari memainkan atau membentuk sebuah cord sepert nada C, Am (Minor pada m), B, G dan seterusnya.

Pertama yang harus kita pelajari adalah nada C dari gitar yang sudah anda siapkan. Pada ujung leher gitar, tekan jari telunjuk kiri anda ke senar nomor 5, di kolom fret pertama, lalu tekan jari tengah anda ke senar nomor 3, di kolom fret kedua dan terakhir tekan jari manis anda ke senar nomor 2,di kolom fret ketiga. Lalu petikan senar tersebut secara bersamaan. Caranya dengan menggunakan alat pemetik ( pick) atau dikenali dengan sebutan plectrum.

Cara menggunakan pick tersebut adalah hempitkan jari telunjuk dan ibu jari pada tangan kanan anda lalu petikkan pada senar gitar tepat di lubang gitar, lakukanlah berulang-ulang dengan perlahan sehingga bisa terdengar merdu.

Kedua kita pelajari nada A. Caranya tekan jari telunjuk anda pada senar nomor 3 di kolom fret kedua, tekan jari tengah pada senar nomor 4 di kolom fret kedua dan terakhir tekan jari manis pada senar nomor 3 di kolom fret kedua. Jadi kunci nada A ini memiliki kesamaan kolom fret, petiklah maka akan terdengar nada A.

Ketiga kita pelajari nada Am (A minor), caranya tekan jari telunjuk pada senar nomor 5 di kolom fret pertama, tekan jari tengah pada senar nomor 3 di kolom fret kedua, tekan jari manis pada senar nomor 4 di kolom fret kedua. Petiklah maka akan terdengar nda Am.

Ke empat kita pelajari nada G, caranya tekan jari telunjuk pada senar nomor 2 di kolom fret kedua, tekan jari tengah pada senar nomor 1 di kolom fret ketiga dan terakhir tekan jari manis pada senar nomor 6 di kolom fret ketiga. Hasilnya akan terdengar nada G.

Kelima kita pelajari nada E, caranya tekan jari telunjuk pada senar nomor 2 di lolom fret kedua, tekan jari tengah pada senar nomor 3 di kolom fret kedua. Ini adalah salah satu kunci yang mudah untuk di ingat, petiklah maka akan terdengar nada E.

Keenam kita pelajari nada Em (E minor), caranya tekan jari telunjuk pada senar nomor 4 di kolom pertama, tekan jari tengah pada senar nomor 2 di kolom fret kedua dan tekan jari manis pada senar nomor 3 di kolom kedua. Inilah E minor.

Ketujuh kita pelajari nada D, caranya tekan jari telunjuk pada senar nomor 4 di kolom fret kedua, tekan jari tengah pada senar nomor 6 di kolom fret kedua dan terakhir tekan jari manis pada senar nomor 5 di kolom fret ketiga. Hasilnya nada D yang kita dapat.

Kedelapan kita pelajari nada Dm (D minor), caranya tekan jari telunjuk pada senar nomor 6 di kolom fret pertama, tekan jari tengah pada senar nomor 4 di kolom fret kedua dan terakhir tekan jari manis pada senar nomor 5 di kolom fret ketiga. Itulah D minor.

Terakhir kita pelajari adalah nada F, nada ini sedikit sulit dilakukan bagi pemula. Dimulai dari jari telunjuk menghempit dua senar sekaligus yaitu pada senar nomor 6 dan 5 di kolom fret pertama, tekan jari tengah pada senar nomor 4 di kolom fret kedua dan terakhir tekan jari manis pada senar nomor 3 di kolom fret ketiga.

Itulah kunci dasar gitar pemula yang harus di pelajari terlebih dahulu. Jika sudah mahir dengan semua nada ini, maka akan berlanjut pada tingkat kesulitan yang lain dan bervariatif dan tentunya anda akan mencarinya di google untuk mendapatkan ilmu praktek selanjutnya. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*