Mengenal Lebih Jauh Pengertian Film

Ilustrasi pengertian filmAnda tertarik dengan dunia film? Entah suka sebagai penikmat saja atau memang ingin berkecimpung di dalam dunia perfilman? Banyak orang yang mengartikan film adalah movie.

Sebuah tontonan yang kita nikmati di layar kaca atau bioskop. Nah, bila Anda serius ingin terjun dalam produksi film, simak terlebih dahulu ulasan ringkas tentang pengertian film berikut ini.

Apa pengertian Film menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)?

Bila kita mau membuka kamus KBBI Edisi Ketiga yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa, kita akan menemukan bahwa pengertian film adalah:

  • Selaput tipis yang dibuat dari seluloid untuk tempat gambar negatif yang kemudian akan menjadi sebuah potret atau untuk gambar positif yang akan dimainkan di bioskop.
  • Film adalah lakon (cerita) gambar hidup.

Awalnya film berupa pita film memang digunakan untuk memproduksi sebuah gambar hidup. Namun dengan semakin majunya teknologi, era digital pun melibas seluloid/pita film. Film dapat diproduksi dengan format digital, disebarluaskan juga dalam bentuk digital. Maka pengertian film pun bergeser.

Sebut saja dalam kata ‘memfilmkan’ artinya bukan berarti membuat seluloid atau pita film, tetapi membuat alur cerita atau novel menjadi sebuah gambar bergerak yang di dalam gambar bergerak itu terdapat konflik, artis, pemain, view dan lain sebagainya.

Pengertian film dalam kata ‘memfilmkan’ pun menjadi arti dalam kalimat sebagai berikut : “Sutradara XXX akan segera memfilmkan novel ZZ.” Perfilman pun kini memiliki arti sebagai semua hal yang bersangkutan tentang film.

Pengertian Film Adalah Seni

Pengertian film kini juga diartikan sebagai sebuah genre dalam kesenian. Seni tari, seni musik, dan juga seni film. Karena didalam sebuah film atau rekaman gambar bergerak, kita dapat menemukan berbagai jenis seni yang direkam. Contoh dalam film ada seni artistik, dimana pengambilan gambarnya harus indah, bagus dan enak dipandang.

Seni musik juga menjadi hal yang erat dalam film. Sebuah film tanpa seni musik hanya akan menjadi film yang hambar. Seni peran atau akting juga sangat dituntut dalam sebuah film.

Dan berbagai jenis seni lainnya yang juga menjadi bagian dari sebuah film yang utuh. Dalam KBBI sendiri, seni diartikan sebagai:

  • Keahlian membuat karya yang bermutu (indah, halus, dsb).
  • Karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa. Film adalah sebuah karya mengandung unsur keindahan dan membuat film juga dibutuhkan keahlian. Jadi, wajar saja bila pengertian film sudah dikaitkan dengan seni.

Ragam Skenario Format Tayangan

Akan lebih baik lagi jika pengertian film di atas juga dikemukakan dengan skenario. Skenario ini sebenarnya tidak hanya dibuat untuk fim saja, tetapi juga untuk pembuatan video klip. Sekanario dibuat dengan teknik penulisan tersendiri, dan pada dasarnya sama untuk setiap formatnya. Namun tetap yang paling populer adalah skenario film.

Skenario pun ternyata memiliki bermacam-macam bentuk. Sebenarnya, hal ini disebabkan karena penggunaan skenario itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa teknik penulisan skenario akan sama, terkecuali skenario untuk membuatan iklan dan video klip, itu akan berbeda. Macam-macam skenario meliputi diantaranya:

1. Skenario untuk Membuat Film

Skenario ini jenis yang umum dikenal orang. Gunanya tentu saja untuk membuat film layar lebar. Pembuatannya lebih dipusatkan pada deskripsi ekspresi pemain dan alur ceritanya lebih cepat.

Biasanya, untuk skenario film durasi yang dibuat adalah 90 menit, dan cerita harus selesai. Skenario ala barat biasanya dibuat tiga tingkat klimaks. Yang dibuat diakhir film. Inilah skenario tiga babak yang paling terkenal dan juga diadaptasi di Indonesia.

Untuk membuat skenario film tidak bisa langsung jadi. Biasanya akan ada rapat untuk mendiskusikan apakah skenario ini bisa dieksekusi dilapangan atau tidak. Itulah sebabnya skenario untuk film biasanya akan dibuat sampai satu, dua bahkan sepuluh revisi untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Skenario untuk Membut Sinetron

Skenario yang satu ini di khususkan untuk membuat sinetron, atau bisa juga disebut cerita bersambung. Biasanya, karena kebanyakan skenario ini kejar tayang tidak mengalami revisi dan uji kelayakan layaknya skenario film.

Yup, maklum saja belakangan marak sekali pembuatan skenario kejar tayang, itu yang menjadikan skenario dibuat cepat. Lucunya lagi, belakangan skenario yang biasanya lebih mengedepankan ekspresi tokoh sekarang sudah sama seperti drama radio. Bahkan suara isi hatipun diceritakan, sesuatu yang tabu dalam membuat skenario yang lebih mengedepankan acting, dan bukan seperti novel ataupun siaran radio.

3. Skenario untuk Membuat Sitkom

Skenario yang satu ini tehniknya tidak jauh berbeda dengan tehnik membuat skenario biasa. Namun, seorang sutradara sekaligus penulis skenario sitkom terkenal, bernama Aris Nugraha (penulis dan sutradara film Bajai Bajuri, Camera Cafe, Radio Repot dll ) mengembangkan caranya sendiri untuk membuat skenario sitkom. Dia membuat sitkom tersebut di buat menjadi tiga sampai empat babak.

Tiap satu babak berakhir terputus oleh iklan dan akan berlanjut dengan kisah yang baru dan berjalan lagi. setiap pemutusan adegan dibuat akhir yang lucu dan dramatis, namun tidak membuat penonton berhenti menontonnya.

Belakangan adegan dari skenario yang dia tulis banyak ditiru, kebanyakan berawal dari anak didiknya dan kemudian ditiru oleh banyak orang-orang baru yang pemula dalam membuat skenario komedi.

4. Skenario untuk Membuat Animasi

Suka film animasi? Bahkan terkagum-kagum bagaimana membuat sebuah media gambar bergerak dengan kisah yang apik. Yang satu ini bisa dikategorikan sebagai film, namun namanya film animasi.

Yang mungkin jadi pertanyaan adalah, mana yang lebih dulu di buat, gambar atau animasinya dahulu, atau skenarionya dahulu. Yang benar adalah skenarionya dahulu.

Setelah itu berlanjut pada dubing suara, baru setelahnya gambar. Gambar menyesuaikan dengan pengisi suara. Kebayangkan, berarti ketika skenario di buat, para dubber harus benar-benar memahami karakter suara yang dibawakan dan bisa membawakannya dengan baik.

5. Skenario untuk Membuat Film Pendek

Setelah membahas sekian bentuk skenario, tibalah kita membahas tentang skenario film pendek. Sebenarnya, pembuatan skenario film pendek hampir sama dengan pembuatan skenario film biasa. Perbedaannya adalah dari durasi. Film pendek dibuat dengan durasi 10 sampai 20 menit. Umumnya hanya 15 menit.

Dalam waktu pendek itu kisah harus terjalin dengan kuat. Bayangkan, bagaimana membuat sebuah cerita yang padu dan memiliki jalinan kuat dalam waktu lima belas menit? Seringkali di internet diiklankan lomba membuat film pendek. Banyak orang yang berpartisipasi.

Macam-macam kisah yang bergulir. Yang sering sekali mengadakan lomba skenario film pendek adalah LA Light. Merek rokok yang satu ini memang tengah gencar-gencarnya menghidupkan kreativitas, baik dalam berfilm maupun dalam bermusik.

Waspada dengan Pembajakan Film

Pengertia film sangat penting untuk dipahami, terutama oleh orang awam atau masyarakat luas. Hal ini dilakukan untuk menjauhi kita dari dampak fenomena film bajakan. Jika pengertian film secara menyeluruh sudah diketahui, fenomena pembajakan film ini bisa diminimalisir.

Masalah pembajakan seperti ini, seperti sudah bukan menjadi hal yang aneh dalam dunia perindustrian perfilman. Karena para pembajak dapat tumbuh subur dimana pun mereka mau.

Begitu pula dengan situs download film Indonesia gratis, jika kita berpikir secara realistis tentunya hal seperti ini adalah hal yang tidak mungkin apabila film layar lebar bisa dapat kita dapatkan dengan mudah hanya dengan mengunjungi situs download film indonesia gratis. Karena, hal tersebut bukan tidak mungkin akan merugikan juga bagi pembuat film seperti halnya yang dilakukan para pembajak VCD dan DVD.

Melakukan download film Indonesia gratis yang didapatkan dengan mudah dan tanpa biaya pula akan menuai kerugian bagi pembuatnya. Seperti pemberitaan yang sempat diberitakan saat-saat ini bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo akan menutup situs-situs download film gratis karena dianggap merugikan para pembuat lagu, dan para pembuat film pun melakukan audiensi ke DPR RI terkait pengaduan kerugian yang mereka terima karena pendownloadan film yang masyarakat lakukan secara bebas.

Dan, tak mungkin pula apabila situs download film indonesia gratis akan mengalami pengaduan yang sama. Ini terjadi karena memang hal tersebut bisa jadi merugikan bagi pembuat film yang ada. Perlu suatu kebijakan dalam menyikapi hal seperti ini.

Karena, memang hal seperti ini tidak mudah untuk dituntaskan sampai selesai. Sangat tidak mudah memang menyelesaikan persoalan pembajakan yang terjadi saat ini  karena pergeraka pembajakan yang sangat cepat dan agresif, kerugian pun ditambah dari adanya situs-situs download gratis.

Kita pun harus dapat menghargai bagaimana pekerjaan seseorang, karena itu semua dilakuan dengan penuh kerja keras, maka perlu sebuah kepedulian dari kita sebagai masyarakat yang baik dalam memberikan apresiasi terhadap para pembuat suatu karya.

Tidak mungkin tanpa adanya dukungan dari masyarakat pengapresiasian ini bisa terbangun dengan baik.  Karena sebagai masyarakat yang bijak kita jangan hanya ingin sekadar menikmati untuk kepentingan kesenangan sesaat, tanpa adanya rasa empati terhadap hal seperti ini.

Speak Your Mind

*