Mengenal Lebih Jauh TFT Monitor

Ilustrasi tft monitorPerkembangan teknologi senantiasa mewarrnai kehidupan kita. Berbagai inovasi dilakukan untuk menunjang kehidupan dan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Salah satu inovasi yang dilakukan, yaitu terhadap barang-barang elektronik, terutama komputer. Berikut ini akan di bahas mengenai TFT Monitor.

Komputer

Secara bahasa, kata komputer berasal dari bahasa Latin, computare, yang artinya menghitung. Seiring dengan perkembangan zaman, definisi komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan mengolah data dengan cepat sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori.

Seperangkat benda ajaib yang sistemik ini pertama kali dibuat oleh Howard H. Aiken pada 1937. Aiken yang tertarik dengan ide pemprograman komputer seorang matematikawan dari Inggris bernama Charles Babbage ini bekerja sama dengan IBM membuat Mark I, komputer untuk segala keperluan.

Dua tahun kemudian, para insinyur dan penemu lain menciptakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yaitu sebuah mesin hitung elektronik pertama. Kemudian, dunia komputer menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

Pada 1646, orang banyak mengartikan kata komputer dalam bahasa Inggris merujuk pada orang yang yang menghitung. Kemudian, pada 1897, kata tersebut mengarah pada pengertian alat hitung mekanis. Komputer terdiri dari dua perangkat utama, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Hardware (perangkat keras) pada komputer adalah semua bagian fisik komputer yang bisa disentuh. Bagian komputer ada bagian CPU atau Central Prosessing Unit, merupakan bagian yang mengolah data.

Software (perangkat lunak) atau OS adalah program atau perangkat lunak (software) yang bertugas untuk mengatur kerja perangkat keras komputer (hardware) dan juga mengatur operasi-operasi dasar sistem komputer, termasuk menjalankan program-program aplikasi tertentu, seperti program pengolah kata, pengolah angka, pengolah gambar, dan lain-lain.

Sistem Operasi (OS atau Operating System), merupakan program dasar komputer yang berfungsi sebagai penghubung hardware. Selain itu, sistem operasi memungkinkan beberapa program aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang pertama kali disimpan pada memori komputer ketika komputer diaktifkan.

Komputer adalah sebuah titik cerah yang menjadi awal masuknya sistem pengoperasian dan pengaturan informasi yang mencakup skala besar di seluruh dunia. Pada zaman permulaan munculnya radio atau televisi sebagai media elektronik, informasi yang ada di seluruh dunia bisa ditampilkan langsung di depan mata atau dekat kita tanpa harus ada di tempat itu.

Kemudian, dengan kemunculan komputer di tengah-tengah kita, derasnya informasi dapat diatur sedemikian rupa, sehingga data yang tersimpan sebagai materi berita terkini dari televisi atau radio dapat disebarluaskan secara menyeluruh dan serentak di beberapa titik di seluruh dunia.

Jaringan internet yang dibenamkan dalam komputer semakin melambungkan nama komputer menjadi primadonanya teknologi yang terbarukan. Bayangkan saja, perkembangan komputer dan teknologinya mampu memberikan ruang tersendiri bagi orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer dan berpenghasilan dari sana.

Awalnya, komputer digunakan sebagai seperangkat alat untuk mengolah data. Berdasarkan jenis data yang diolah, komputer dibagi atas beberapa jenis sebagai berikut.

  • Komputer analog, yaitu komputer yang mengolah data secara kualitatif berdasarkan keadaan sesungguhnya. Contohnya, komputer pengontrol yang ada di pabrik-pabrik. Data yang ditampilkan karena jumlahnya tidak terlalu banyak, dapat dilihat sebagaimana kenyataannya, tanpa diwakili simbol apapun.
  • Komputer digital, yaitu komputer yang mengolah data kuantitatif. Oleh karena itu, data yang ditampilkan diwakili simbol-simbol agar dapat mencakup semua data dengan jumlah yang sangat banyak. Komputer jenis ini biasa dipakai di perusahaan-perusahaan skala menengah hingga besar juga para pengguna komputer pada umumnya.
  • Komputer hybrid, merupakan penggabungan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer ini mampu mengolah data secara kuantitatif dan kualitatif. Komputer hybrid adalah jaringan yang biasa terdapat pada perusahan skala besar dengan teknologi tinggi.

Berdasarkan bentuk fisik dan kemampuan pengolahan data yang berhubungan dengan memori data, macam komputer terbagi atas berikut ini.

  • Mainframe computer, ini adalah multitasking computer dengan ratusan atau ribuan unit processor yang memorinya dapat dibagi ke beberapa pemakai dengan program yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan.
  • Minicomputer, bentuknya lebih kecil dan merupakan komputer dengan kemampuan mengolah data di bawah komputer mainframe. Unit procesornya hanya berjumlah puluhan dan dapat dipakai untuk kebutuhan multiuser.
  • Personal computer atau PC, komputer yang diperuntukkan bagi single user, misalnya desktop.

Di era teknologi yang semakin cepat berkembang saat ini, processor yang sudah lama tersebut sangat sulit sekali ditemukan. Sebagai gantinya, beberapa processor yang ada sekarang di antaranya adalah Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz, Intel Core 2 Quad Q6600, Intel Core Duo, Intel Core Duo i3, Intel Core Duo i5, dan Intel Core Duo i7.

Untuk lebih detailnya, mari kita sederhanakan jenis-jenis processor yang cocok untuk sistem operasi Windows. Karena ada beberapa komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Mac dan tidak menggunakan processor ini.

Merek processor tersebut adalah dari Intel dan Amd. Jenis-jenis procesor Intel yang saat ini sering sekali dipakai dalam perangkat komputer atau laptop adalah Intel Core Duo. Sementara itu, untuk procesor dengan Amd, yang paling sering digunakan adalah Athlon AM2 X2 dan Phenom.

Seiring dengan perkembangan sistem operasi, semakin banyak layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah sistem operasi perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet yang dulu tidak menjadi layanan inti umum. Sistem operasi sangat penting untuk menjaga sistem komputer dari kerusakan akibat gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus.

Apalagi, sekarang ini, layanan internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam mengoperasikan sebuah komputer atau sejenisnya. Jadi, orang akan membeli sebuah komputer yang di dalamnya sudah ada sistem jaringan internet.

Komputer dengan segala perangkat kerasnya terus dikembangkan menjadi sebuah teknologi yang canggih dan mengagumkan. Kecanggihannya terlihat dari kemampuannya mendukung berbagai jenis profesi dan gaya hidup. Keindahannya terlihat dari berbagai jenis monitor dan aksesoris lainnya dengan segala keunggulannya.

Monitor komputer adalah bagian yang penting dari sebuah perangkat komputer. Oleh karena itu, para peneliti komputer terus mengembangkannya agar dihasilkan monitor yang berkapasitas optimal.

Apa Itu TFT Monitor?

Pernahkah Anda mendengar istilah TFT monitor? TFT monitor adalah monitor komputer yang menggunakan teknologi thin-film transistor untuk layar LCD utama. Monitor LCD atau disebut juga panel layar datar menggantikan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT) sebagi pilihan tampilan pada komputer.

Saat ini hampir seluruh monitor LCD menggunakan teknologi TFT. Sebelum menggunakan teknologi TFT, monitor LCD pasif matriks tidak bisa menampilkan gambar yang bergerak cepat. Jika mouse di-drag dari titik A ke titik B, mouse akan menghilang di antara kedua titik tersebut.

Dengan menggunakan teknologi TFT, mouse dapat dideteksi. Hal ini memungkinkan monitor untuk menghasilkan tampilan yang dapat digunakan untuk game, video, atau bentuk multimedia lainnya.

Setiap TFT monitor memiliki sebuah transistor yang kecil dan terpisah untuk setiap piksel pada tampilan. Karena transistornya kecil, jumlah energi listrik yang digunakan untuk mengendalikannya pun kecil. Hal ini memungkinkan menggambar ulang tampilan dengan sangat cepat karena gambar kembali di-paint atau di-refresh beberapa kali per detik.

TFT monitor yang berukuran 17 inci memiliki sekitar 1,3 juta piksel dan 1,3 juta transistor. Dengan jumlah sebanyak ini, kemungkinan besar terdapat satu atau dua transistor yang tidak berfungsi dalam satu panel.

Sebuah TFT bisa saja memiliki “piksel mati”. Piksel mati adalah sebuah piksel yang transistornya tidak berfungsi, sehingga tidak menghasilkan tampilan apa pun. Di latar belakang warna hitam pekat, piksel mati dapat berupa titik-titik kecil berwarna merah, biru, atau putih.

Para produsen TFT monitor kebanyakan tidak akan mengganti monitor yang memiliki kurang dari 11 piksel mati. Para pembeli TFT monitor tentunya sangat berharap tidak ada pikesl mati di TFT monitor yang dibelinya. Piksel mati ini hanya tampak pada posisi kritis di layar.

Jika Anda berniat membeli TFT monitor, bijak kiranya jika Anda mencari info terlebih dahulu tentang produk yang akan Anda beli. Info dapat diperoleh dari situs ritel online populer lengkap dengan ulasan mengenai produk yang bersangkutan.

Speak Your Mind

*