Mengenal Macam-Macam Alat Musik Tiup

Ilustrasi macam macam alat musik tiupSeberapa banyak macam-macam alat musik tiup yang Anda ketahui? Satu, dua, atau lebih? Noleh jadi Anda mengetahui lebih dari satu macam alat musik tiup yang ada di dunia. namun, tahukah Anda kapan macam-macam alat musik tiup tersebut ditemukan?

Sampai saat ini, belum ada keterangan pasti mengenai kemunculan musik. Namun, yang pasti musik sudah ada sejak zaman purbakala. Munculnya musik pada setiap bagian dunia memunculkan pula alat musik yang beragam jenisnya, sebagai contoh sebut saja macam-macam alat musik tiup. Sejak zaman dulu, musik digunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. Di samping itu, musik juga memiliki fungsi sosial dan agama, bahkan hingga masa kini.

Dalam sejarah musik, Yunani adalah salah satu negara yang memiliki perkembangan musik paling maju. Sejarah musik Yunani sangat mempengaruhi perkembangan musik di dunia. Menurut mitologi Yunani Kuno, musik dianggap sebagai ciptaan para dewa, seperti Apollo, Amphion, dan Orpheus. Musik dianggap memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi jiwa, pikiran, dan perilaku manusia.

Perkembang musik tentu tidak terlepas dari instrumen pengiringnya. Alat-alat musik yang diciptakan sebagai pengiring tembang muncul bersamaan dengan lagu atau lebih dahulu. Perkembangan instrumen musik di setiap daerah memiliki ciri yang khas. Dapat juga instrumen yang muncul adalah instrumen dari daerah lain atau sejenis dalam hal bentuk dan cara memainkannya.

Macam-macam Alat Musik Tiup

Alat musik tiup adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Macam-macam alat musik tiup termasuk kelompok alat musik aerofoni. Artinya, alat musik yang menggunakan aliran udara untuk menghasilkan bunyi. Macam-macam alat musik tiup termasuk jenis alat musik yang paling klasik. Menurut sejarah, macam-macam alat musik tiup ini lebih dahulu muncul dan sering dimainkan orang.

Macam-Macam Alat Musik Tiup Tradisional di Indonesia

Alat musik tiup tradisional adalah alat musik yang digunakan pada zaman dahulu. Macam-macam alat musik tiup tradisional biasanya terbuat dari bahan alam, seperti bambu, kayu, akar pohon, atau kulit binatang. Hampir setiap negara mempunyai macam-macam alat musik tiup, tak terkecuali Indonesia. Yuk, sekarang kita mengenal macam-macam alat musik tiup yang terdapat di Indonesia dan negara-negara lain di dunia.

1. Macam-macam Alat Musik Tiup – Suling Bambu

Indonesia memiliki macam-macam alat musik tiup. Suling bambu merupakan satu di antara sekian banyak macam-macam alat musik tiup Indonesia. Menurut sejarah, suling asli Nusantara ini telah berusia 14 abad berdasarkan cerita pada relief candi di Jawa. Bahan yang digunakan suling ini sesuai dengan namanya, yaitu dari bambu.

Dilihat dari material bahannya, suling bambu memang tidak sekuat alat musik tiup modern negara lain. Namun, nada-nada khas yang dihasilkan dari suling bambu dapat memanjakan telinga. Selain digunakan dalam kelengkapan musik dangdut, suling bambu juga digunakan dalam gamelan sunda atau tembang cianjuran.

2. Macam-macam Alat Musik Tiup – Saluang

Saluang merupakan contoh lain dari macam-macam alat musik tiup yang berasal dari Indonesia. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu. Alat musik ini berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Saluang termasuk alat musik tiup sejenis suling. Ukuran panjangnya sekitar 40-60 cm dan berdiameter 3-4 cm. Orang yang memainkan saluang harus memiliki kekuatan pernapasan yang baik karena nada-nada yang dimainkan terus menerus tanpa jeda.

3. Macam-macam Alat Musik Tiup – Pareret

Pereret adalah satu dari sekian banyak macam-macam alat musik tiup yang ada di Indonesia. Alat musik tiup yang satu ini tergolong alat musik kuno sejenis terompet yang terbuat dari kayu. Kayu tersebut dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi terompet. Alat musik ini banyak dibuat di daerah Jembrana, Bali. Biasanya, alat musik ini digunakan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati.

4. Macam-macam Alat Musik Tiup – Sarune Kalee

Macam-macam alat musik tiup tradisional lain yang terdapat di Indonesia adalah Sarune Kalee. Instrumen tiup ini berasal dari Aceh. Sarune Kalee termasuk alat musik tiup sejenis klarinet. Alat musik tiup ini terbuat dari kayu, bagian pangkal kecil serta di bagian ujungnya besar menyerupai corong.

Di bagian pangkal terdapat piringan penahan bibir peniup yang terbuat dari kuningan yang disebut perise. Alat ini dimainkan bersama genderang dan rapai dalam upacara-upacara maupun dalam mengiringi tarian-tarian tradisional.

Selain Sarune Kalee, Aceh juga memiliki macam-macam alat0musik tiup lainnya, yakni Bereguh. Alat musik ini selalu dibawa oleh para pencari kayu dan pemburu di hutan untuk mengetahui posisi masing-masing. Alat musik tiup ini juga digunakan pemburu untuk meminta bantuan kepada rekannya saat terjadi sesuatu di dalam hutan.

Macam-macam Alat Musik Tiup Modern

Alat musik tiup modern adalah macam-macam alat musik tiup yang bahan pembuatnya sudah menggunakan teknologi modern. Macam-macam Alat musik tiup modern di antaranya sebagai berikut.

1. Macam-macam Alat Musik Tiup – Flute

Flute adalah alat musik tiup yang berumur cukup tua. Terbuat dari bahan tulang atau sejenis batang pohon yang berlubang. Kini, flute telah mengalami sentuhan modern. Flute dibuat dengan campuran bahan logam dan plastik. Alat musik tiup ini menjadi pelengkap dalam sebuah orkestra.

2. Macam-macam Alat Musik Tiup – Harmonika

Harmonika Terbuat dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis. Namun, pada perjalanannya, harmonika mengalami perkembangan dengan desain yang lebih modern dan nada diatonis sebagai standar harmonika modern.

3. Macam-macam Alat Musik Tiup – Terompet

Alat ini berbentuk kerucut dan memiliki beberapa lubang nada pada bagian batang yang melengkung. Terompet sangat populer dan menjadi bagian dalam permainan musik seperti orkestra dan pengiring musik lainnya. Terompet terbuat dari bahan kuningan. Pada zaman dahulu, terompet terbuat dari kerang dan digunakan dalam kegiatan ritual keagamaan.

Macam-macam Alat Musik Tiup dari Berbagai Negaradi Dunia

1. Macam-macam Alat Musik Tiup – Eufonium

Eufonium termasuk ke dalam macam-macam alat musik tiup yang terbuat dari logam dan menggunakan model katup sebagai sumber bunyinya. Eufonium ini merupakan alat musik tiup yang menghasilkan nada dalam rentang titinada tenor.

Alat musik yang satu ini banyak digunakan di negara-negara Eropa, seperti Inggris dan negara-negara Amerika, seperti Amerika utara. Di inggris, alat musik tiup ini sering digunakan oleh pasukan kerajaan ketika menyambut tamu kehormatan raja Inggris.

2. Macam-macam Alat Musik Tiup – French Horn

Meskipun hampir semua negara di dunia memiliki alat musik tiup yang satu ini, namun Prancis dianggap sebagai negara tempat alat ini ditemukan. Alat musik tiup yang satu ini banyak digunakan dalam pertunjukkan marching band. Alat musik ini termasuk jenis alat musik dari logam yang menggunakan sistem katup sebagai sumber bunyinya.

3. Macam-macam Alat Musik Tiup – Daegeum

Bagi masyarakat korea, alat musik tiup yang satu ini mungkin tidaklah asing. Namun, tidak demikian bagi sebagian besar warga dunia. Alat musik yang satu ini termasuk ke dalam alat musik tiup tradisional yang terbuat dari bambu dan sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan tari tradisiomal di Korea.

4. Macam-macam Alat Musik Tiup – Vuvuzela

Alat musik tiup yang satu ini menjadi terkenal selepas Afrika Selatan menggelar even Piala Dunia 2010 yang lalu. dalam turnamen sepak bola terbesar itu, masyarakat dunia bisa mengenal alat musik vuvuzela yang selalu ditiup oleh hampir seluruh penonton di sepanjang pertandingan berlangsung. Ya, vuvuzela merupakan alat musik tiup asli dari Afrika.

Speak Your Mind

*