Mengenal Penundaan Waktu

Ilustrasi penundaan waktu

Penundaan Waktu, Apakah itu?

Penundaan waktu dalam Bahasa Inggris disebut dengan procrastination. Penundaan ini adalah upaya untuk menghindari atau menunda kegiatan hingga tenggat waktunya datang. Secara khusus, penundaan waktu sering dilakukan dengan mengerjakan kegiatan atau aktivitas berprioritas rendah dan malah menghndari kegiatan yang seharusnya menjadi prioritas utama.

Misalnya, Anda akan mengerjakan laporan kepada bos Anda, tetapi malah Anda sibuk membereskan tumpukan kertas-kertas di meja Anda. Atau Anda akan merapkan rak buku Anda yang berantakan, tetapi malahan kemudian asyik melihat-lihat foto dalam album yang Anda temukan dalam rak tersebut.

Alasan Penundaan Waktu

Menunda adalah sebuah kecenderungan yang sangat manusiawi. Ada beberapa alasan yang bisa dikemukakan, yaitu:

1. Manusia cenderung menghindari hal-hal yang tidak disukainya dan memilih untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan hatinya.

2. Kebanyakan orang berpikir bahwa pekerjaan adalah suatu beban yang berat. Dengan cara pandang ini, maka orang akan semakin sering menunda pekerjaan.

3. Seringkali orang tidak merumuskan dengan jelas, atau bahkan tidak mengerti, visi dan misi hidupnya sehingga ia tidak mengerti hal-hal apakah yang menjadi prioritas utama dan mana yang bisa dikesampingkan.

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat membagi-bagi pekerjaan besar ini menjadi tugas-tugas kecil terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menyusun prioritas penyelesaiannya dan menanganinya satu per satu. Dengan cara ini suatu pekerjaan akan lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.

Menetapkan Deadline

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan tenggat waktu penyelesaian. Tenggat waktu (deadline) ini penting karena akan memberikan ketegasan waktu penyelesaian, mendorong Anda bertindak, dan membuat Anda dapat lebih menghargai waktu. Kadang-kadang adanya adrenalin rush dalam diri Anda, maka kreativitas akan muncul. Namun karena adrenalin rush ini bersifat candu, maka penggunaan adrenalin rush ini harus dibatasi. Karena kita tidak selalu dapat memperhitungkan bahwa waktu kita masih banya

Speak Your Mind

*