Mengenal Rambut Dan Permasalahannya

Ilustrasi Masalah RambutRambut adalah mahkota wanita. Masalah Rambut selalu diperhatikan karena rambut adalah bagian terpenting dari penampilan wanita. Semua wanita tentu ingin memiliki rambut indah terpelihara, dengan penataan yang tepat.

Melalui berbagai trik penataan rambut profesional, anda dapat mengetahui rahasia tersembunyi pemeliharaan maupun penataan rambut. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita pelajari terlebih dahulu pengertian rambut dan faktor-faktor yang mempengaruhi jenis-jenis rambut.

Secara biologis, rambut manusia berasal dari protein mati yang keras yang dinamakan keratin. Lapisan luar tiap rambut terbentuk dari sisik sel keratin yang saling bertumpuk yang dinamakan kutikula. Jika rambut anda bersih dan anda tidak menyiksanya dengan bahan kimia, tiap sisik itu berbaring datar dan memantulkan cahaya sehingga rambut menjadi bercahaya.

Debu, polusi dan kerusakan akibat bahan kimia akan merusak sisik rambut tersebut. Saat itulah rambut menjadi tampak kusam dan tidak bercahaya. Sedangkan rambut yang sehat akan tampak hidup dan bergairah sehingga anda ingin menyentuhnya.

Menurut ahli kecantikan rambut, kesehatan rambut dan kulit kepala dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Diet yang kaya protein memegang peranan penting untuk rambut anda agar menjadi sehat karena makanan yang berprotein tinggi mampu mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Bagaimanapun jika anda makan dan melakukan diet seimbang dengan selalu memilih bahan-bahan segar sebagai makanan, tentu vitamin dan suplemen tidak diperlukan lagi untuk merangsang rambut tumbuh dengan sehat. Daging, ikan, keju dan telur serta kacang-kacangan sayuran dan rumput laut adalah sumber nutrisi yang akan membuat rambut menjadi kuat dan bercahaya.

Seluruh makanan tersebut akan merangsang tumbuhnya keratin yang merupakan komponen penting rambut. Sebaliknya, minuman yangmengandung kafein dan alkohol justru dapat menghambat penyerapan mineral yang penting bagi rambut.

Ironinya, banyak orang mencuci rambut setiap hari tanpa mengetahui terlebih dahulu jenis rambutnya. Jenis dan tekstur rambut ditentukan secara genetik, akan tetapi pengaruh eksternal berperan penting dalam penampilan rambut seseorang. Mengetahui jenis rambut akan mempermudah anda menentukan produk yang cocok sehingga kesalahan akibat penggunaan produk yang tidak tepat dapat dihindari.

Jenis rambut ditentukan oleh jumlah sebum yang diproduksi oleh tubuh. Janganlah anda terlalu sering melakukan perming, pewarnaan, dan penataan rambut yang tidak tepat karena dapat memberikan efek negatif pada rambut anda. Efek negatif tersebut dapat saja membuat jenis rambut anda menjadi kering misalnya.

Jadi berhati-hatilah karena rambut dapat menjadi indikator yang baik dari status kesehatan anda pada umumnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jenis rambut seseorang, yaitu :

  1. Kondisi Kulit Kepala : apakah kering, berminyak, atau flaky (mudah lepas).
  2. Karakteristik Rambut : halus, keriting, bergelombang, lurus atau diberi warna?
  3. Lingkungan : apakah anda tinggal di desa atau kota? Atau kantor anda berada di ruangan tertutup ber-AC? Atau di ruangan yang lembab, panas atau kering? Semua ini turut mempengaruhi tipe rambut yang ada.

Jika rambut anda sudah terlanjur rusak, ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain :

    1. CuacaSeperti anda ketahui bahwa sinar ultraviolet (UV) yang memancar dari sinarmatahari saat musim panas dapat merusak rambut. Rambut akan kehilangan kelembabannya dan dapat juga menyebabkan warna rambut memudar.

      Oleh karena itu, sebaiknya anda lindungi rambut pada siang hari agar rambut terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari dengan penutup kepala berupa topi atau payung. Anda gunakan juga perawatan rambut yang mengandung pelindung UV.

      Lakukan pemijatan dengan krim tabir surya atau jika kulit kepala sudah terlanjur merah akibat terkena sinar matahari yang berlebihan gunakan gel yang mengandung lidah buaya. Selain panas, hawa dingin pun dapat merusak rambut. Angin badai yang kuat dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kering.

    1. PolusiInilah resiko jika anda hidup di kota besar seperti Jakarta. Banyak polusi di mana-mana. Asap, debu dan kotoran udara termasuk asap rokok dan asap dari dapur dapat menumpuk di rambut yang mengakibatkan rambut menjadi pudar dan tak bernyawa.

      Untuk membuang kotoran tersebut, cuci rambut secara teratur dan perhatikan agar sikat dan sisir dalam keadaanselalu bersih. Jika rambut anda belum sempat dicuci, sikatlah secara menyeluruh, kemudian berilah parfum pada sisir sehingga memberikan keharuman pada rambut.

    1. StresStres juga dapat mengakibatkan kulit kepala anda kering dan terkadang menimbulkan serpihan-serpihan ketika disisir. Selain itu stres dapat pula menyebabkan kebotakan pada rambut.

      Jika anda hidup di lingkungan yang sering kali memicu timbulnya stres, anda coba untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B karena vitamin B bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Selain itu, yoga juga dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang menuju kulit kepala.

    1. Produk Kosmetik RambutPakailah produk perawatan rambut yang cocok dengan jenis rambut anda. Perawatan rambut yang terlalu keras dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit kepala sehingga dapat menyebabkan rambut anda menjadi kering dan tampak mati.

      Jadi jika anda tidak terlalu pasti mengenai jenis rambut anda, cobalah berkonsultasi dengan ahli penata rambut anda. Dan, gunakan produk-produk perawatansecara tepatagar tidak menimbulkan efek negatif pada rambut anda.

Tips Kecantikan Rambut

Kemuliaan seorang wanita dam tentu saja merupakan mahkta mereka, rambut tidak hanya melindungi kepala dari kehilangan panas yang berlebihan, tetapi membantu menciptakan penampilan yang berbeda. Gaya rambut membuat seseorang menonjol dan sangat penting untuk di jaga dalam keseharian, inilah caranya.

    1. Pilih produk rambut yang akan membuat rambut lebih sehat dan bersinar. Gunakan shampoo ringan sesuai dengan jenis rambut Anda.
    1. Gunakan shampoo dengan seng pyrithione, selenium sulfida, asam salisilat atau ketoconazole sebagai bahan aktif untuk menyingkirkan ketombe.
    1. Obat buatan sendiri terbaik untuk ketombe adalah mencuci rambut dengan cuka. Campur enam sendok teh air dengan dua sendok teh cuka dan gosok solusi pada kulit kepala Anda. Biarkan semalam dan lagi menerapkan solusi di pagi hari dan bilas rambut Anda.
    1. Gunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut ketika basah.
    1. Bersihkan rambut Anda setiap hari dengan sampo dan kondisioner. Terapkan kondisioner di tengah atau di ujung rambut.
    1. Hindari makanan berminyak, alcohol dan rokok untuk menjaga kesehatan rambut.
    1. Jangan gunakan two-in-one shampoo, conditioner dan serum fizz karena keduanya merusak rambut bergelombang.
    1. Kondisikan rambut Anda dengan mayones. Terapkan mayones pada rambut Anda dan bilas setelah 2 sampai 3 menit. Hal ini akan memberikan percikan cahaya akan menyinari dan memantul dari rambut Anda.

Setelah anda mengenal masalah rambut dan karakteristik rambut anda, sekarang anda tentunya sudah mampu memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut anda bukan? Jika masih belum paham, anda dapat berkonsultasi dengan ahli kesehatan/kecantikan rambut.

Di sana anda dapat bebas menanyakan kondisi rambut anda maupun cara merawatnya. Sebagian besar di salon kecantikan juga terdapat ahli dalam tata rias rambut. Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini. Ayo jangan tunda sekarang untuk memiliki rambut indahmu.

Speak Your Mind

*