Mengenal Situs Wikipedia

Ilustrasi situs wikipediaSiapa di antara kita yang belum pernah masuk ke situs wikipedia? Mungkin ada saja yang menjawab belum, tapi biasanya jumlahnya sedikit sekali. Ya, Wikipedia sudah dikenal luas mulai dari anak SMP hingga para profesional. Setiap harinya orang-orang sibuk mencari informasi, atau men-copy berbagai artikel di sana untuk keperluan masing-masing. Secara tidak langsung pun wikipedia menjelma menjadi situs rujukan nomor satu di dunia.

Wikipedia, sebenarnya adalah situs yang terbuka, yang diprakarsai oleh sebuah lembaga sosial bernama Wikimedia Foundation. Situs ini dirilis tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger dengan tujuan awal untuk mengumpulkan semua cabang ilmu pengetahuan di dunia. Nama Wikipedia sendiri terpilih dari hasil penggabungan kata Wiki dan Encyclopedia.

Perkembangan Wikipedia

Meski situs Wikipedia awalnya hanya merupakan proyek sampingan dari Nupedia (sebuah situs sejenis wikipedia hanya isinya ditulis oleh para ahli, situs ini juga didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger), namun perkembangan Wikipedia ternyata sangat pesat.

Sejak bulan Januari 2001, Wikipedia berbahasa Inggris terus mengalami penambahan artikel, hingga pada tahun 2003 sudah berjumlah seratus ribu artikel, pada tahun 2006 sudah mencapai angka satu juta artikel, tahun 2007 sudah mencapai dua juta dan pada tahun 2009 mencapai tiga juta artikel.

Perkembangan selanjutnya, pada tahun 2010 ada tiga proyek Wikipedia yang sudah memiliki satu juta artikel yaitu Wikipedia berbahasa  Inggris, Jerman, dan Perancis.

Untuk Wikipedia bahasa Indonesia yang pertama kali muncul pada tanggal 30 Mei 2003, perkembangannya juga lumayan pesat. Tercatat pada tahun 2004 proyek ini berhasil mengumpulkan seribu artikel, lalu tahun 2005 berhasil menembus angka sepuluh ribu, dan pada tahun 2010 ini proyek Wikipedia bahasa Indonesia sudah mencapai angka lebih dari seratus tiga puluh ribu artikel

Selain itu, sampai saat ini tercatat beberapa situs seperti Wikinfo, Wordiq, Thefreedictionary, 4reference, dan nationmaster telah membuat mirroring dan data turunan’dari isi Wikipedia. Artinya setiap kali Wikipedia mengupdate artikelnya, otomatis isi situs mereka-mereka itu pun akan terupdate dengan sendirinya.

Server Wikipedia

Seperti halnya situs-situs mediashare lain seperi Youtube, Rapidshare, atau Devianart. Wikipedia pun memiliki server yang tersebar di berbagai tempat, semua server ini dimiliki oleh Wikimedia Foundation. Sampai saat ini Wikipedia dijalankan ole 175 server yang terletak di Florida, Paris, Amsterdam, dan lokasi Yahoo! Dengan pembagian sebagai berikut

  • Florida: 93 server Apache, 18 server Squid, 14 server data MySQL, dan 12 server lain-lain
  • Paris: 3 buar server Squid
  • Amsterdam: 12 buah server.
  • Yahoo!: 23 buah server.

Cara Registrasi ke Wikipedia

Langkah yang paling utama agar Anda bisa menulis dan mengedit artikel di Wikipedia adalah dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Langkah-langkah yang diperlukan untu melakukan registrasi ke Wikipedia adalah:

  1. Bukalah browser Anda, seperti mozilla, chrome dan sebagainya.
  2. Ketiklah www.wikipedia.org pada Address Bar, lalu tekan Enter. Di layar akan tampak halaman depan Wikipedia. Kemudian pilih bahasa yang diinginkan, misalnya English.
  3. Klik link sign in/ create account, maka akan tampillah halaman sign in/ create account.
  4. Kliklah link create one. Tampillah halaman create account yang berisi formulis registrasi.
  5. Isilah formulis registrasi tersebut dengan data-data yang diminta kemudian klik tombol create account. Tampil halaman konfirmasi yang menginformasikan bahwa Anda telah berhasil melakukan registrasi.

Cara Mencari Artikel di Wikipedia

Wikipedia menyediakan sebuah mesin pencari untuk memudahkan Anda mencari artikel yang diinginkan. Langkah-langkah yang diperlukan untuk mencari artikel dengan mesin pencari tersebut adalah:

  1. Aktifkan halaman utama Wikipedia.
  2. Ketik kata kunci dari artikel yang ingin dicari pada kotak search, misalnya blackberry
  3. Klik tombol search. Tampil halaman berisi daftar link mengenai artikel yang dicari tersebut.
  4. Klik salah satu link judul yang diinginkan. Di layar akan ditampilkan halaman berisikan artikel yang dicari tersebut.
  5. Apabila Anda ingin mengedit halaman berisi artikel yang dicari tersebut, Anda dapat mengklik tab edit this page. Tampil halaman yang siap diedit.
  6. Editlah halaman tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Setelah selesiai klik tombol Save page untuk menyimpan hasil editing.

Mengenal Wikibooks di Wikipedia

Wikibooks adalah proyek yang dikembangkan Wikipedia bagi pengguna Internet untuk mencari informasi mengenai buku-buku dengan topik tertentu yang diinginkan di Wikipedia. Langkah-langkah yang diperlukan untuk menelusuri Wikibooks dan mencari buku di Wikibooks adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan halaman utama Wikipedia
  2. Klik link Wikibooks, maka akan tampil halaman utama Wikibooks.
  3. Ketik kata kunci dari buku yang ingin dicari pada area pengetikan kata kunci, misalnya: Instructional kemudian klik tombol search. Tampil halaman berisi daftar link mengenai buku yang ingin dicari tersebut.
  4. Klik satu link yang diinginkan dari pilihan link yang ditampilkan. Di layar akan ditampilkan isi dari buku yang dicari tersebut.

Mengenal Wikinews di Wikipedia

Wikinews adalah proyek yang dikembangkan Wikipedia bagi pengguna Internet untuk mencari berita dengan topik tertentu yang diinginkan di Wikipedia. Langkah-langkah yang diperlukan untuk menulusuri Wikinews dan mencari berita di Wikinews adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan halaman utama Wikipedia.
  2. Klik link Wikinews, maka akan tampak tampil halaman utama wikinews. Di halam Wikinews terdapat beberapa kolom. Yaitu,
  1. Klik salah satu link untuk memilih salah satu kategori berita yang diinginkan.
  2. Klik salah satu link untuk memilih negara asal dari berita yang diinginkan.
  3. Link Audio Edition. Bila di klik link ini bisa untuk mendengarkan berita  dalam bentuk suara.
  4. Link Print Edition. Bila di klik link ini untuk membaca berita dalam bentuk cetakan.
  5. Kotak atau area untuk mengetikkan kata kunci dari berita yang ingin dicari.
  6. Tombol yang berfungsi untuk memulai pencarian berita yang ingin dicari, sesuai dengn kata kunci yang telah diketikkan ke area pengetikan kata kunci.
  7. Bagian in other languages. Bagian ini berfungsi untuk memilih Wikinews dalam bahasa lain yang diinginkan.
  8. Featured Story. Bagian ini dapat dibaca untuk tulisan pilihan yang ditampilkan pada hari ini.
  9. Link yang berisi berita-berita yang tersusun berdasarkan tanggal kejadian.
  10. Wikinews Exclusives. Pada bagian ini Anda dapat membaca berita-berita ekslusif dari Wikinews.
  11. Recent Interviews. Pada bagian ini Anda dapat membaca kumpulan wawancara yang telah dilakukan oleh Wikinews.
  12. This day in history adalah bagian yang dapat Anda baca berita-berita lama atau bersejarah yang telah terjadi pada tanggal hari ini.
  13. Portals adalah bagian yang dapat Anda pilih untuk satu topik tertentu dari berita yang diinginkan.
  14. Ketik kata kunci dari berita yang ingin dicari pada area pengetikan kata kunci. Misalnya, nokia, kemudian klik tombol search. Tampil halaman berisi daftar link mengenai berita yang dicari tersebut.
  15. Klik satu link yang diinginkan dari pilihan link yang ditampilkan. Di layar akan ditampilkan tampilan dari berita tersebut.

Sungguh, banyak hal yang bisa didapat dengan memanfaat Wikipedia. Anda bisa menggunakannya untuk belajar, baik belajar bahasa maupun  ilmu pengetahuan yang lain. Bisa juga digunakan untuk bahan menulis.

Bahkan, di wikipedia juga terdapat wikimapia yang difungsikan untuk menjelajah seluruh daerah di dunia. Jika Anda ingin tahu lokasi suatu daerah, maka bisa memanfaatkan wikimapia. Wikimapia sangat berfungsi bagi para cerpenis maupun novelis yang ingin menceritakan kondisi daerah.

Sungguh situs Wikipedia sangat bermanfaat untuk sobat Ahira. Semoga artikel ini bisa menjembatani Anda untuk menjelajah dan mencari informasi.

Speak Your Mind

*