Mengenali Macam dan Harga Velg Bekas

Siapa yang berkepentingan membaca dan menyimpan artikel tentang macam dan harga velg bekas? Selain yang punya kendaraan, atau punya pacar yang memiliki kendaraan, atau Anda sedang mempertimbangkan bisnis velg ini?

Mengenal Jenis Velg

Velg bekas murah sendiri bisa Anda cari di ragam tempat baik ditelusuri di pasar loak, ke bengkel bongkar muat besi bekas, dan atau mencarinya di internet lewat situs beli. Berikut ini beberapa jenis Velg yang lazin digunakan oleh kendaraan.

1. Velg Baja

Velg baja, atau steelies, adalah velg mobil yang dibangun dari logam. Menjadi velg pasaran karena berdesain murah dan sederhana, cukup ada di mana-mana, dan sering dimasukkan sebagai velg terjangkau dalam basis penjualan termurah dari banyak model mobil. Dan inilah yang menjadi velg cadangan setiap kendaraan pabrikan.

Velg baja dengan demikian telah menjadi pokok dari industri otomotif hampir sejak awal kelahirannya. Velg untuk mobil pertama sebenarnya di desain dari kayu yang pada dasarnya dimodifikasi dari velg gerobak :D. Dengan kecepatan yang lebih tinggi dan ketegangan yang lebih besar oleh kehadiran motor baru, velg kayu itu lambat laun rontok, sehingga dicari cara untuk menggantikan dunia serba kayu. Bukan besi yang berat, tentunya baja yang ringan.

Maka sekitar tahun 1900, velg baja berjari-jari diperkenalkan. Ini merupakan desain velg modern awal yang terdiri dari hub baja, dan berbagai kawat baja menghubungkan hub ke tepi roda. Pengenalan velg baja kasar bertepatan dengan proliferasi ban yang berisi udara, memberikan ketahanan yang lebih besar untuk keseluruhan ditraksi jalan, dan kenyamanan lebih bagi penumpang.

Desain velg baja tidak berubah sejatinya dari abad yang lalu, dan meskipun ada kecanggihan dalam proses manufaktur yang telah disempurnakan, inovasi velg sebagian besar telah terjadi dan menjadikan velg baja ini sebagai vel termurah, dan bila dikaitkan dengan harga velg bekas, malah bisa dicari di toko loak.

2. Velg Mag

Velg Mag adalah jenis velg otomotif dibuat dari logam paduan magnesium. Dan sangat populer diaplikasikan pada mobil balap karena berat nya yang ringan, dan kualitas serta estetika yang ada membuat velg ini diinginkan sebagai peralatan aftermarket di kalangan penggemar mobil. Dan umumnya bisa dikenali karena adanya jari-jari simetris yang mengkilat.

Satu ciri khas velg mag adalah secara signifikan lebih mengurangi asupan aluminium atau baja. Namun tetap kuat, ringan dan ini sangat penting dalam balap karena adanya keuntungan yang ditawarkan dengan memiliki berat unsprung rendah. Berat Unsprung adalah ukuran dari velg mobil, ditambah suspensi, rem, dan bagian yang terkait pada segala sesuatu yang tidak didukung oleh suspensi sendiri.

Pada berat unsprung yang rendah akan ditawarkan hasil akselerasi yang lebih baik, pengereman, penanganan, dan karakteristik mengemudi lainnya. Selain itu, velg lebih ringan umumnya akan memiliki traksi yang lebih baik dari velg yang lebih berat karena dapat merespon lebih cepat terhadap gundukan dan bekas velg di permukaan jalan.

Velg ini dibuat menggunakan proses penempaan satu langkah, paling sering dengan paduan dikenal sebagai AZ91. Ungkapan “A” dan “Z” dalam kode ini adalah untuk aluminium dan seng, yang merupakan logam utama dalam paduan, selain dari magnesium. Logam lain yang umum digunakan dalam paduan magnesium termasuk silikon, tembaga, dan zirkonium

Velg Mag pertama digunakan dan lantas terkenal adalah pada era mobil produksi amerika serikat tahun 1960-an. Banyak pula penggemar nya waktu itu karena punya kesan dan lebih unik dan membuat kendaraan tampang menonjol. Mag juga punya penampilan menari bersinar tinggi dan kinclong diintasan balap, ini sangat berharga dalam penampilan dan kinerja. Karena popularitasnya ini, banyak pula bengkel yang membuat imitasi dan pemalsuan. Velg mag ini dipaslukan dengan cara membuat velg baja yang dilapisi krom hingga bisa ditiru tampilannya, tapi jelas tidak kekuatan dan keringanan dari paduan magnesium.

Untuk semua keuntungan , kelemahan utama dari velg mag adalah biaya mahal. Satu set yang berkualitas dapat membongkar celengan Anda sebanyak dua kali lipat harga satu set yang lebih konvensional misalkan velg baja. Akibatnya, velg ini tidak umum digunakan untuk berkendara sehari-hari, dan tidak selalu ditawarkan sebagai perlengkapan pada mobil pasaran, meskipun itu opsional karena ada juga fans mobil yang mau menabung untuk tampil mahal.

Selain itu, magnesium memiliki reputasi sebagai logam yang sangat mudah terbakar. Dengan temperatur pengapian 1107 ° F (597 ° C), dan titik leleh 1202 ° F (650 ° Celcius), namun, velg magnesium tidak menimbulkan bahaya tambahan, baik dalam mengemudi normal atau penggunaan balap mobil. Magnesium yang terbakar jarang menjadi berita, artinya produk ini sejauh yang diperkirakan adalah aman.

3. Velg Forge

Velg Forge termasuk velg padat, namun sangat ringan yang menjadi pilihan dari penggemar mobil berperforma tinggi dan digunakan untuk mobil eksklusif. Istilah “palsu” mengacu pada membuat alloy wheel dengan memaksa blok baku logam menjadi bentuk dengan tekanan yang ekstrim. Forge adalah, proses terbaru dari modifikasi Velg di bengkel pilihan Anda. Artinya jenis velg ini adalah velg modifan bengkel tertentu.

Karena, sebagian besar velg di pasar adalah velg cast / cor one-piece, bukan velg yang ditempa. Perbedaan antara dua proses adalah bahwa pengecoran melibatkan menempatkan aluminium cair ke dalam cetakan. Saat aluminium mendingin, lalu dibentuk menjadi velg. Ada beberapa cara yang berbeda untuk mencapai hal ini, termasuk pengecoran gravitasi dan rendah pengecoran tekanan rendah.

Velg Forge juga memiliki manfaat lain. Forge velg bisa digunakan dalam mobil balap karena kepadatan yang lebih tinggi daripada struktur butir velg cor. Cast velg yang dibentuk pabrikan cenderung lebih berpori dari pada velg ditempa. Ini berarti bahwa velg Forge akan menghasilkan performa yang dipoles lebih lama dari cast wheel yang sama sama dipoles. juga sampai 300 kali lebih kuat dari velg cast / cor dan dapat mengambil lebih banyak kerusakan dalam suatu kurun waktu lebih cepat.

Forge velg adalah favorit penggemar kendaraan kinerja tinggi. Para ahli dan penggemar yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari kendaraan . Sebagian besar penggemar ini percaya bahwa tidak ada harga yang terlalu tinggi untuk peralatan yang sepadan. Di Indonesia sendiri, jenis Forge ini di buat di bengkel bengkel tertentu.

Harga Velg Bekas

Berapa harganya, atau ambil contoh harga velg bekas? Well.. dalam beberapa penelusuran terhadap situs jual beli rata rata harga velg bisa sebesar ongkos usaha Anda dalam berfranchise baru batagor atau Mie ayam, atau setara dengan 5 – 20 juta rupiah tergantung kendaraan dan tipe velg bekas nya. Misalkan dalam jenis jenis ini :

  • Velg Yaris Ori sekond ukuran 5.5 x 15 4 x 100 merk DUNLOP 185/60 – 15 harga Rp.4,000,000
  • AR719 Toyo 225 / 40 R19 harga Rp.11,000,000
  • Velg second r16 lenso racing dengan merk ban dunlop 265/70 r16 harga Rp.5,000,000
  • Velg 3058 R22 merk Yokohama harga Rp.13,000,000
  • Velg second EGO merk Ban Couragia 265/35 R22 Rp.12,000,000
  • Velg second merk EMPRESS 8.5/9.5×20 5×114.3 et30 harga Rp.4,000,000
  • Velg GRAND LIVINA ORI second 5.5 x 15 4 x 114.3 45 merk BAN DUNLOP 185/65 15 SP300 Rp.4,000,000
  • Velg HUNTER 168 Second 8.5 x 20 5 x 114.3 merk BAN ACCELERA 255/45 20 Rp.8,000,000
  • RACING WHEEL XR14 (second) 8.5 x 20 5 x 114.3 40 merk BAN YOKOHAMA 245/40 20 Rp.10,000,000
  • Velg YARIS ORI (second) 5.5 x 15 4 x 100 merk BAN GOODYEAR 175/65 15 GT3 Rp.3,000,000
  • Velg MP108 (second) 8.5 x 20 10 x 100/114.3 40 merk BAN ACCELERA 245/40 20 Rp.10,000,000

Speak Your Mind

*