Mengenali Penyebab dan Tips Merawat Kulit Berjerawat

Ilustrasi tips merawat kulit berjerawatMemang paling menyebalkan jika bangun tidur di pagi hari, Anda menemukan banyak jerawat yang muncul di permukaan kulit wajah. Masih bagus jika hanya ada satu, namun tak jarang jerawat malah meninggalkan bekas hingga bertahun-tahun lamanya. Hal ini jelas jadi mengganggu penampilan dan membuat si empunya menjadi kehilangan kepercayaan diri.

Nah, jerawat memang biasanya menyerang seseorang yang memiliki kulit wajah berminyak. Mengapa? Hal ini dikarenakan jumlah minyak alami (sebum) yang ada di permukaan kulit terlalu berlebihan dan takmuncul ke permukaan kulit dengan sempurna. Alhasil, penumpukan inilah yang kemudian mengundang bakteri hingga terjadi peradangan dan berakhir dengan timbulnya jerawat.

Agar terhindar dari si pengganggu penampilan ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak beberapa Tips Merawat Kulit Berjerawat, namun sebelumnya apa saja penyebab dari jerawat.

Bukan Hanya Remaja, Dewasa pun Terkena

Jerawat terlihat mempengaruhi siapapun wanita maupun laki-laki, muda atau setelah dewasa. Jerawat terjadi pada dada, wajah dan bahkan di belakang. Hal ini sangat umum untuk melihat letusan jerawat selama masa pubertas. Walau demikian, ada beberapa penyebab jerawat pada orang dewasa, di antaranya:

  • KomedoSalah satu penyebab paling umum dari jerawat pada orang dewasa adalah komedo. Ini adalah sel-sel mati jahat dan minyak berlebih terjebak di antara pori-pori kulit Anda. Mereka memblokir saluran Anda dan bakteri perangkap mereka. Bila terkena udara, busi tersebut berubah menjadi hitam. Ketika komedo meradang karena pertumbuhan bakteri di dalamnya, itu mengarah ke merah jerawat.
  • HormonYa, bahkan orang dewasa menderita ketidakseimbangan hormon. Ovarium melepaskan hormon yang disebut estrogen dan testis melepaskan hormon androgen. Hormon ini membantu merangsang kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Peningkatan produksi minyak membuat kulit berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat.
  • HaidPerempuan menderita kenaikan tajam dan penurunan hormon selama siklus menstruasi mereka. Ovulasi, menstruasi, kehamilan, perimenopause dan menopause adalah proses biologis yang berbeda terjadi dalam tubuh wanita, pada berbagai tahap hidupnya. Ini proses biologis dikendalikan oleh hormon, dan setiap kenaikan atau penurunan hormon menyebabkan jerawat. Wanita yang menggunakan pil KB juga ditemukan menderita jerawat.
  • TestosteronHormon pria, testosteron, adalah penyebab di balik jerawat pada pria dewasa. Tingginya kadar testosteron dalam tubuh menyebabkan jerawat pada pria.
  • Make UpPenggunaan berlebihan make up cenderung menyumbat pori-pori kulit Anda. Pelembab, produk perawatan rambut dan banyak membuat cenderung membentuk lapisan pada kulit Anda. Ini mencegah kulit dari pernapasan dan blok pori-pori. Hal ini menyebabkan peradangan dan jerawat. Anda perlu mengurangi penggunaan make up dan pastikan wajah bersih Anda dengan pembersih yang baik setiap malam untuk menghindari jerawat.
  • Salah NutrisiSalah satu penyebab jerawat pada orang dewasa adalah obesitas. Kenaikan berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat, terutama jika Anda salah jenis nutrisi. Makan lebih banyak makanan berminyak seperti burger dan kentang goreng dan minum lebih banyak cola dapat menyebabkan jerawat. Selama konsumsi karbohidrat seperti roti olahan, pasta, permen, dll dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Hal ini membuat keadaan menjadi lebih buruk dan menyebabkan lebih banyak jerawat.
  • StressBicara orang dewasa dan Anda ingat rakasa disebut stres, mengganggu mereka. Stres, baik psikologis, fisik atau emosi, akan menyebabkan jerawat. Stres melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuatnya sangat mudah bagi bakteri untuk menyerang kulit Anda. Juga, hal itu mempengaruhi kelenjar adrenal yang mengeluarkan hormon lebih mengarah ke lebih banyak jerawat.
  • Obat-obatanSeperti disebutkan sebelumnya, penggunaan pil KB pada wanita dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, penggunaan steroid, obat terapi hormon dan obat-obatan yang mengandung lithium, iodine, rifampisin, dapat menyebabkan jerawat dewasa.
  • GenGen memiliki peran utama dalam jerawat. Anda tidak dapat menghindarinya, tapi jerawat berjalan di dalam gen keluarga Anda. Jenis kulit Anda akan memiliki tergantung pada gen Anda. Dalam beberapa kasus, kulit Anda secara genetik diprogram untuk menjadi jerawat rawan.
  • Jerawat CysticJerawat ini adalah bentuk serius jerawat yang menyebabkan kista yang sangat besar pada kulit. Mereka sangat menyakitkan dan memerlukan perhatian medis. Penyebab jerawat kistik pada orang dewasa mirip dengan penyebab jerawat umum. Berlebihan penggunaan makeup yang menghalangi pori-pori dan kelenjar sebaceous, bawaan genetika, penggunaan pembersih yang keras, makan nutrisi yang salah dan kondisi lingkungan dapat menyebabkan jerawat kistik pada orang dewasa.

Mencegahnya

Pengobatan jerawat yang efektif melibatkan penggunaan salep dan krim yang membantu menyingkirkan jerawat. Anda harus mengikuti nutrisi sehat yang terdiri dari buah-buahan segar dan sayuran. Berolahraga secara teratur untuk melancarkan sirkulasi darah sehat untuk pori-pori kulit Anda. Cuci wajah Anda dengan pembersih ringan untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Jika tidak ada yang tampaknya untuk membantu Anda menyingkirkan jerawat, berbicara dengan dermatologists untuk bantuan lebih lanjut.

1. Jagalah kebersihan kulit

Biasakanlah untuk membersihkan wajah Anda dengan baik dan rutin, terutama setelah bepergian atau setelah beraktivitas. Mulailah dengan menggunakan pembersih wajah (cleansing lotion). Setelah diaplikasikan pada wajah secara merata, gunakan kapas untuk menghapus pembersih tadi dengan gerakan melingkar, khususnya di daerah yang rentan dengan jerawat seperti kening, pipi, dan hidung.

Setelah bersih, gunakan penyegar (toner) yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengangkat kotoran yang masih menempel pada wajah. Lakukan ritual ini sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Yang tidak boleh dilupakan adalah, pastikan bahwa tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh kulit wajah.

2. Perlindungan lebih dengan pelembap

Tips merawat kulit berjerawat berikutnya adalah menjaga PH balance kulit dengan menggunakan pelembap. Jangan memilih pelembap dengan sembarangan. Pilihlah pelembap yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Apabila usia Anda sudah di atas 30 tahun, ada baiknya untuk mulai menggunakan krim malam wajah sebelum tidur.

Aplikasikan pelembap dengan dipijat secara perlahan agar sirkulasi darah di sekitar wajah kembali lancar. Hindari polusi udara atau stres karena kedua faktor ini juga dapat memicu tumbuhnya jerawat pada seseorang. Gunakan masker setidaknya seminggu sekali demi menjaga keseimbangan sebum pada wajah.

3. Istirahatkan kulit Anda sejenak

Jika Anda termasuk yang rutin menggunakan makeup, ada baiknya kulit wajah Anda diberi waktu untuk beristirahat barang sejenak. Hal ini sangat diperlukan agar pori-pori kulit wajah Anda dapat bernapas. Pada saat di rumah atau pergi ke daerah di sekitar rumah, tidak usah memaksakan diri memakai makeup yang tebal. Akan tetapi, cukuplah Anda menggunakan pelembap dan bedak saja.

4. Jaga asupan tubuh

Salah satu Tips Merawat Kulit Berjerawat yang kerap dilupakan adalah pola makan. Beberapa jenis makanan seperti hidangan laut atau makanan dengan kadar gula dan karbohidrat tinggi, termasuk yang mampu meningkatkan kadar minyak di permukaan kulit. Jika kadar minyak pada kulit sudah bertambah, tidak usah heran kalau pada akhirnya jerawat pun tumbuh dengan subur.

Pola makan yang teratur dan terjaga, tentu akan membuat kulit Anda lebih bersih dan terawat. Jangan lupa pula untuk meminum air putih delapan gelas tiap hari agar kulit Anda lebih terlihat segar. Begitu pula dengan mengonsumsi buah-buahan segar yang dapat merawat kulit dari dalam.

Speak Your Mind

*