Mengenalkan Mainan Bayi 2 Bulan

Ilustrasi mainan bayi 2 bulanBayi yang baru lahir diumpamakan sebagai selembar kertas putih atau kanvas yang masih kosong. Tentu sebagai orang tua kita ingin agar lembaran-lembaran itu diisi oleh hal-hal yang bermanfaat.

Salah satunya adalah dengan memberikan stimulasi yang tepat untuk perkembangan kecerdasan buah hati Anda. Bayi yang masih berumur 2 bulan, belum bisa memberikan respon secara cepat. Anda bisa merangsang bayi Anda dengan mainan bayi 2 bulan.

Jenis Mainan yang Cocok untuk Bayi Anda

Bayi berumur 2 bulan sudah akan merespon bila mendengar suara. Bayi sudah dapat melihat pola warna putih hitam. Bayi Anda juga sangat peka terhadap sentuhan dan tatapan. Mainan bayi 2 bulan yang bisa Anda berikan adalah mainan gantung yang mempunyai bunyi-bunyian gemerincing untuk respon bayi Anda. Mainan gantung juga dilengkapi dengan boneka warna-warni cerah.

Selain mainan gantung, mainan bayi 2 bulan juga bisa berupa boneka karet yang ringan dan mengandung unsur bunyi-bunyian juga. Yang penting bisa diraba, ditekan, digencet dan digoyang oleh si bayi. Selain itu, Anda bisa menstimulasi bayi Anda dengan bermain cilukba. Anda menutup wajah dengan tangan, lalu membukanya lagi sambil memberikan ekspresi yang berbeda-beda dan lucu.

Bersihkan Mainannya

Selagi bayi mulai bermain dengan mainan, Anda senang bukan kepalang berseri-seri dengan sukacita ketika mereka memegang tangan-tangan kecil nya memainkan mainan pertamanya. Tapi tiba-tiba senyum Anda diganti dengan kecemasan ketika malaikat kecil Anda menempatkan mainan favoritnya di mulutnya.

Anda takut apakah mainan itu bersih dan cukup aman untuk si bayi saat dimasukkan ke dalam mulutnya. Tentu saja sebagai orang tua saya pun selalu khawatir tentang kebersihan mainan yang walau tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Untuk alasan Itu sebabnya saya lebih suka produk pembersih herbal yang tidak berbahaya sebagai bahan kimia yang digunakan dalam bahan pembersih banyak.

Juga saya khawatir tentang bagian desinfektan setelah membersihkan mainan. Bahkan untuk beberapa mainan elektronik dan mainan lembut wol seseorang tidak bisa membersihkannya dalam air. Itulah alasan saya lebih memilih produk ramah tidak beracun dan lingkungan.

Alasan lain adalah bayi akan mengeksplorasi lingkungannya dengan menyentuh, merasakan dan praktis mengunyah mainan yang kita tidak ingin mereka lakukan. Sedikit anak saya masih mencoba untuk mengunyah hal-hal yang ia menemukan menarik dan menjatuhkan mainannya di tempat-tempat yang saya tidak ingin dia.

Caranya adalah untuk menjaga karpet minimal di rumah Anda sehingga untuk menghindari adanya debu dan tungau. Berikut adalah tips tertentu yang saya mengikuti yang membantu saya memecahkan ketegangan saya.

1. Mainan Elektronik Mainan elektronik perlu dilap dengan lap bayi yang lembut sehingga dan biarkan kering atau menggunakan handuk kering. Juga membaca label produsen tentang bagaimana cara untuk membersihkan. Jangan keluarkan baterai dan tidak menenggelamkan mainan dalam air atau direndam dengan menggunakan air apabila batreai masih di dalamnya.

Setelah menggunakan pembersih, bersihkan mainan dengan handuk kering.

2. Mainan Non Elektronik Mainan ini perlu perawatan khusus seperti deterjen yang sifatnya ringan. Anda bisa mencucinya di mesin cuci atau membersihkannya dengan tangan Anda. Jika mainan mewah memiliki sendi plastik maka itu lebih baik untuk tidak mencuci di mesin cuci.

Mainan lunak yang datang dengan suara harus dibersihkan dengan kain kering atau vacuumed sebagai air dapat merusak produk. Mainan yang memiliki wol juga dapat dicuci dalam mesin tetapi selalu membaca petunjuk sebelum dicuci.

Karena beberapa mainan harus kering saat dibersihkan dan dicuci atau mainan tersebut dapat rusak permukaannya. Selalu mencuci mainan boneka pada siklus halus dan mengeringkannya pada suhu rendah atau di jemur. Jangan menyemprotkan baking soda atau pemutih pada boneka karena bahan kimia tersebut bisa sulit untuk terhapus dan dapat membahayakan bayi juga jika dia memainkan mainan di mulutnya.

3. Mainan Mandi Mainan Mandi mudah rentan terhadap kontaminasi jamur, air dan virus. Solusi terbaik adalah dengan mengeringkan mainan mandi di bawah sinar matahari setelah bayi Anda menggunakannya. Itu terbaik untuk tidak menggunakan pemutih apapun karena mengandung bahan kimia yang dapat mempengaruhi kulit halus bayi Anda.

Sekali seminggu Anda dapat mencuci mainan dalam larutan cuka dan air dicampur sama yang aman untuk bayi. Anda dapat merendam mainan dalam larutan untuk sepanjang malam dan bilas di pagi hari. Juga, jika ada noda jamur tertentu yang sulit untuk dihapus maka lebih baik untuk membuang mainan nya.

4. Mainan plastik Meskipun mainan plastik tidak aman karena mengandung BPA (Bisphenol), mereka dijual dan digunakan secara luas. Pilihan terbaik untuk membersihkan mainan ini adalah mencuci nya secara biasa di mesin cuci piring. Tapi jika Anda tidak nyaman dengan ide ini bisa saja membersihkannya dengan sabun bayi atau sabun lembut air dapat menjadi pilihan yang ideal.

Anda dapat menggosok mainan plastik atau menempatkan nya dalam air mendidih untuk membunuh semua kuman. Lakukan pemeriksaan label produsen mengenai instruksi mengenai membersihkan mainan.

Jangan merebus mainan untuk waktu yang lama karena dapat rusak. Anda juga dapat membersihkan mainan dengan tisu bayi dan disinfeksi dengan larutan disinfektan ringan.

Temani Bayi Anda Bermain

Jika Anda sudah membelikan banyak sekali mainan bayi 2 bulan, jangan biarkan anak Anda main sendiri. Sebagai seorang Ibu, Anda harus bermain bersama bayi Anda. Selain berguna sebagai sarana mendekatkan emosional ibu dan bayi, Anda juga bisa mengetahui secara langsung perkembangan bayi Anda. Apakah bayi Anda merespon bila diberi mainan atau tidak.

Anda juga bisa membuat sendiri mainan bayi 2 bulan dengan cara menggambar di kertas gambar, pola-pola warna hitam dan putih. Entah itu pola berbentuk segi empat, segitiga, atau pola lingkaran. Lalu, goyang-goyangkan kertas pola hitam putih itu ke kanan dan kiri secara perlahan-lahan di depan bayi Anda.

Bacakan Buku!

Bila Anda bosan memberikan mainan bayi 2 bulan dan ingin mengajarkan Anak Anda membaca buku, Anda bisa mengajarkannya sejak bayi. Kini, sudah ada yang namanya baby book yaitu buku untuk bayi yang terbuat dari kain. Buku ini hanya terdiri dari 4 lembar, berbentuk seperti bantalan kecil yang tipis, dan di setiap ujungnya ada pembatas buku yang terdiri dari karet yang aman untuk jadi mainan gigit-gigit si kecil.

Selain aneka mainan bayi 2 bulan dan baby book, Anda juga bisa menstimulasi kecerdasan bayi Anda dengan VCD edukatif untuk bayi. Pilihlah VCD yang original karena tentu mempunyai kualitas gambar yang lebih jernih dan kualitas suara yang baik. Pilih juga VCD yang sesuai dengan umur anak Anda. Putar minimal sehari sekali. Gendong dan ajak bayi Anda menonton bersama.

Nah, bila Anda bingung dimana Anda bisa mendapatkan mainan bayi 2 bulan yang berkualitas bagus, Anda bisa pergi ke toko-toko mainan yang dipercaya atau belanja secara online. Hati-hati jangan sembarangan memilih karena produk yang murah biasanya terbuat dari plastik yang berbahaya. Dan ingat, belikan mainan untuk bayi Anda sesuai dengan umurnya. Selamat bermain!

 

Speak Your Mind

*