Mengenalkan Musik Kepada Bayi Anda

Ilustrasi musik bayiMusik terbukti mampu memacu perkembangan janin semasa di dalam kandungan. Tidak hanya itu, setelah bayi lahir, musik ternyata tetap memiliki peran yang penting dalam perkembangan otak si kecil.

Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa musik bayi, terutama musik klasik memiliki pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan tingkat kecerdasan serta tingkat emosional si kecil. Anak yang sedari bayi terbiasa mendengarkan musik klasik akan memiliki IQ dan EQ yang lebih dibanding anak yang tidak mendengarkan musik klasik.

Musik dapat menjadi stimulan yang sangat kuat. Ini benar-benar dapat mempengaruhi emosi kita. Sebuah lagu, lembut lembut dapat membuat Anda bersenandung dengan gembira, sebuah lagu tentang kesulitan mengatasi dapat membuat Anda optimis dan memberi Anda kekuatan untuk melakukan banyak hal.

Suara menenangkan dapat membantu Anda tidur, dan orkestra energik dapat membuat Anda merasa kegembiraan. Ada beberapa studi yang dilakukan pada efek bahwa musik dapat memiliki di pikiran kami.

Beberapa penelitian telah terutama difokuskan pada bagaimana musik dapat mempengaruhi pikiran bayi. Hal ini diyakini bahwa musik benar-benar dapat mempengaruhi cara fungsi pikiran kita, terutama dalam beberapa tahun perkembangan kami.

Pada dasarnya, musik yang berpengaruh adalah musik yang memiliki keteraturan dan bukan pola nada yang acak atau tidak teratur. Karena itulah, musik klasik lebih berpengaruh pada perkembangan IQ dan EQ bayi. Metode mengenalkan dan memperdengarkan musik klasik ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kedisiplinan anak.

Mengapa musik klasik mampu memberi pengaruh dalam perkembangan IQ dan EQ? Musik klasik memiliki keteraturan, dimana yang dimaksud keteraturan disini adalah dasar – dasar musik klasik ini sejalan dengan irama denyut nadi manusia karena memang irama denyut nadi ini yang digunakan sebagai dasar pembuatan nada.

Karena itulah, musik klasik mampu mempengaruhi perkembangan jiwa, otak, karakter bahkan juga raga. Bagi Anda yang memiliki bayi yang mungil atau bayi prematur yang lahir sebelum waktunya, musik klasik akan membantu perkembangan tubuh bayi jika diperdengarkan pada saat – saat tertentu.

Namun Anda harus mengamati kapan saat bayi atau anak Anda merasa nyaman mendengarkan musik klasik tersebut. Beberapa bayi juga bisa terganggu jika terdengar suara pada saat mereka tidur. Jadi Anda memang harus mengamati dan memahami kapan bayi Anda ingin dan nyaman mendengarkan musik klasik.

Perkembangan otak pada bayi dan anak – anak akan mencapai 80% sampai usia empat tahun jika rutin mendengarkan musik klasik. Musik klasik ini merupakan perpaduan dari komposisi nada tinggi dan juga nada rendah yang akan merangsang perkembangan kuadran C pada otak.

Karena besarnya pengaruh musik pada perkembangan anak dan manusia pada umumnya, maka sebaiknya dipahami apa musik itu sebenarnya. Musik mempunyai tiga bagian utama yaitu beat, harmoni dan ritme. Masing – masing memiliki peran tersendiri bagi perkembangan anak. Beat akan mempengaruhi tubuh, sementara harmoni mempengaruhi roh dalam diri, dan ritme akan mempengaruhi jiwa.

Sebagai contoh, bisa diamati dari penggemar musik rock yang pada saat menikmati alunan musik rock akan bergoyang lepas kendali dan memutar – mutarkan kepala sesuai irama musik seakan tanpa rasa lelah. Atau saat hati Anda terluka atau sensitif, coba dengarkan lagu – lagu yang ringan dan indah.

Beberapa rumah sakit juga telah menggunakan terapi ini sebagai salah satu metode penyembuhan pasien. Jika bayi Anda sedang kurang sehat coba selain memberikan obat dan multivitamin, putarkan musik – musik yang menenangkan dan teratur untuk membantu proses penyembuhannya.

Musik harmoni yang menyentuh akan membawa ketenangan jiwa dan spiritual, music harmoni yang menyayat seperti dalam film horror juga akan mempengaruhi jiwa. Karena itu, sebelum memutarkan musik klasik ke bayi Anda, dengarkan terlebih dahulu lagu tersebut untuk memastikan bahwa musik atau lagu tersebut seimbang antara ritme, harmoni dan beatnya.

Hal ini juga telah diteliti oleh para ahli biofisika dengan menggunakan tanaman. Tanaman yang diletakkan di depan speaker musik berisi lagu slow rock dan rock dalam beberapa hari, tanaman tersebut layu dan kering. Sementara tanaman lain yang diletakkan di dekat lagu yang indah dalam beberapa hari justru semakin tumbuh subur dan sehat.

Nah, Anda tidak perlu ragu lagi. Segera perdengarkan bayi Anda pada musik klasik yang indah agar semakin hari bayi Anda semakin sehat dan tumbuh dengan tingkat intelegensia dan kecerdasan emosional yang tinggi.

Musik Klasik dan Pengaruhnya Terhadap Bayi

Apakah ada atau tidak musik klasik memiliki efek pada bayi adalah masalah yang banyak diperdebatkan tetapi efek ini telah banyak dibaptis efek Mozart. Sementara itu mungkin atau tidak banyak yang setuju bahwa hal itu membuat seseorang lebih cerdas, diyakini bahwa musik dapat memiliki pengaruh pada suasana hati seseorang dan kemampuan bahasa.

Pentingnya musik adalah suatu hal yang telah dipelajari secara luas, dan pengaruhnya terhadap suasana hati seseorang dan pikiran telah diterima secara luas. Efek ini tidak terbatas pada bayi saja, tetapi juga dapat terlihat pada orang dewasa.

Menurut para ilmuwan, mendengarkan musik klasik selama masa bayi tidak akan membuat lebih pintar tetapi tidak memiliki efek pada bagian-bagian yang dibangun di otak untuk memfasilitasi fungsi neuron. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa dengan perkembangan usia jumlah neuron bertambah dan bayi mengekspos rangsangan seperti musik klasik yang dianggap dapat meningkatkan fungsi neuron yang siap menghasilkan penerimaan pengetahuan dan bakat.

Pernahkah Anda terkejut laporan berita keajaiban anak yang bisa bermain simfoni karya Mozart dan Beethoven pada usia tiga tahun? Nah, kemungkinan bahwa anak-anak yang terkena terpa musik klasik pada saat bayi. Tidak hanya mereka ingat potongan-potongan musik, tetapi mereka juga mempertahankan kemampuan untuk memproses dan mengingat informasi lain yang mereka hafal sebelumnya sambil mendengarkan musik klasik.

Studi juga menunjukkan bahwa musik klasik dapat benar-benar meningkatkan kemampuan spasial dan membantu kemampuan bahasa pembelajaran. Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang terkena musik klasik cenderung memiliki IQ spasial jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak terbiasa untuk mendengarkan musik klasik.

Juga kemampuan mereka untuk memahami bahasa dan belajar itu jauh lebih baik, seperti mendengarkan musik klasik membantu mereka memahami dan membedakan antara suara yang kompleks. Seperti dengan orang dewasa, suasana bayi juga dapat sangat dipengaruhi oleh musik yang diputar di latar belakang.

Musik klasik juga dapat memiliki efek besar pada kesehatan bayi. Telah diamati bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu menenangkan pikiran bayi dan juga mengurangi rasa sakit, terutama pada bayi yang lahir prematur.

Jika Anda adalah orangtua baru yang ingin memastikan bahwa bayi belajar banyak manfaat, maka Anda harus dapat memperkenalkan si jabang bayi pada musik klasik pada usia dini dengan memainkan musik untuk mereka. Pastikan, mereka kena terpa bahwa meskipun Anda mengontrol tingkat volume musik bayi.

Beberapa orang tua juga harus bernyanyi pada anak-anak mereka yang sering dapat membantu tidak hanya memahami dan mengenali suara Anda, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan bahasa.

Efek Mozart sebagai musik bayi yang telah dibahas dalam artikel ini adalah pengamatan yang masih sangat diperdebatkan. Yang jelas pasti tidak berbahaya bagi anak Anda, itu harus dilihat sebagai alat bantu belajar dan tidak lebih dari itu.

Speak Your Mind

*