Mengetahui Pentingnya Kaidah Olahraga

Ilustrasi kaidah olahragaKebanyakan pelaku olahraga tercenung ketika ditanya apa kaidah olahraga ? Olahraga tidak dipungkiri sangat bermanfaat, tetapi bila dilakukan tanpa mengindahkan kaidah yang benar akan berkurang kemanfaatannya, bahkan sia-sia. Rumus mudah untuk mengingat kaidah dalam melakukan olahraga adalah singkatan D.I.F, yaitu durasi, intensitas dan frekuensi.

Durasi

Lamanya waktu latihan harus diperhatikan ketika melakukan olahraga. Melakukan olahraga sekaligus berat dalam durasi pendek, misalnya sprint, tidak berdampak baik pada kebugaran tubuh dan juga tidak menghabiskan tumpukan lemak. Olahraga yang baik dimulai dengan pemanasan, agar otot menjadi lebih lentur dan siap untuk melakukan aktivitas yang lebih berat.

Pemanasan dilakukan antara 5 – 10 menit. Setelah dilakukan pemanasan, maka akan dilanjutkan dengan masa latihan yang merupakan inti dari olahraga yang dilakukan. Bagi pelaku olahraga yang bertujuan untuk membakar lemak, maka pelaku harus berada pada masa latihan ini antara 20-45 menit. Bila kurang dari 20 menit energi yang digunakan untuk berolahraga bukan berasal dari cadangan lemak, melainkan energi siap pakai yang berada di sekitar otot.

Intensitas Latihan

Intensitas latihan adalah seberapa berat aktivitas fisik dilakukan. Misalnya ketika melakukan treadmill, berapa beban latihan yang ingin dilakukan, 5km/jam atau 20 km/jam. Semakin berat intensitas latihan agak berdampak pada denyut nadi yang semakin meningkat.

Patokan latihan dengan intensitas yang cukup adalah jika nadi latihan berada pada kisaran 70-85% dari denyut nadi maksimal. Denyut nadi maksimal dihitung berdasarkan rumus 220 dikurangi usia dalam tahun. Misalkan seorang wanita berumur 20 tahun, maka denyut nadi maksimalnya adalah 200.

Denyut nadi latihan berada pada rentang 140-170 denyut per menit. Jika kurang dari 140 berarti intensitas latihan kurang, sedangkan jika lebih dari 170 berarti intensitas latihan terlalu berat yang dapat membahayakan kerja jantung. Contoh perhitungan adalah sebagai berikut :

Denyut Nadi Maksimal = 220 -20 = 200

Denyut Nadi Latihan = 70% x 200 sampai dengan 85% x 200

= 140-170
Frekuensi

Olahraga yang dilakukan dengan durasi lama dan intensitas berat tetapi hanya sebulan sekali atau bahkan tidak teratur tidak maksimal memberikan manfaat. Keteraturan dalam melakukan olahraga merupakan salah satu kunci keberhasilan. Tubuh akan menyesuaikan irama tubuh dengan frekuensi olahraga yang diterapkan secara teratur.

Tetapkan frekuensi olahraga misalnya 2 hari sekali dalam satu minggu. Perlu dipertimbangkan otot tubuh memerlukan waktu pemulihan minimal 24 jam setelah pembebanan fisik. Pembebanan pada otot yang berlebihan justru akan menurunkan fungsi otot.

Dengan mengetahui kaidah olahraga yang benar, Anda memasuki zona akhir tercapainya kualitas hidup yang lebih baik.

Kaidah Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan

Memperkenalkan anak-anak untuk olahraga sangat penting. Olahraga sangat penting tidak hanya untuk kebugaran fisik dan pertumbuhan anak, tetapi juga untuk pertumbuhan mentalnya. Pentingnya olahraga dalam pendidikan dapat diukur dengan cara membantu dalam menanamkan nilai-nilai seperti dedikasi, disiplin dan tanggung jawab pada anak-anak.

Dan pada saat yang sama mengajar mereka banyak pelajaran hidup yang relevan. Bahkan untuk orang dewasa, bermain olahraga seperti tenis atau golf atau olahraga ekstrim berbagai telah menetapkan sendiri keuntungan.

1. Untuk kebugaran Olahraga seperti sepakbola atau bisbol melibatkan banyak aktivitas fisik. Olahraga dan latihan membantu dalam memperkuat dan mengencangkan otot-otot dan tulang dalam tubuh. Singkatnya, pentingnya dan manfaat olahraga untuk anak-anak adalah bahwa hal itu membuat tulang dalam bentuk yang sangat baik.

2. Tim Spirit Ketika anak-anak atau orang dewasa memainkan olahraga tim, baik itu kriket atau hoki, mereka belajar untuk bekerja dalam kelompok. Mereka belajar bahwa jika tim menang, mereka menang dan jika tim kalah, mereka kalah. Ini cara mereka belajar bagaimana bekerja dalam kelompok.

Dengan demikian, pentingnya olahraga untuk anak-anak adalah bahwa mereka memahami apa yang bisa membentuk semangat tim dan dengan demikian, ketika mereka tumbuh dan benar-benar mulai bekerjasama dengan baik.

Hal ini akan membantu mereka sangat dalam membangun hubungan dengan rekan kerja, dan juga untuk bekerja secara harmonis dengan orang lain.

3. Mental Kekuatan Olahraga membuat orang mental yang kuat. Keberhasilan dan kegagalan keduanya bagian dari olahraga serta kehidupan. Olahragawan tahu bahwa akan ada saat-saat ketika ia akan memenangkan pertandingan, juga akan ada saat-saat ia akan kehilangan kemenangan. Seorang olahragawan tahu bagaimana menangani kekalahan dan dengan demikian, memperlakukan keberhasilan dan kegagalan dengan semangat yang sama.

Ini merupakan pelajaran hidup yang penting juga, di mana olahraga dapat mengajarkan etika pada seseorang. Selain ini, lain pentingnya olahraga untuk anak-anak atau untuk orang dewasa adalah bahwa olahraga mengajarkan mereka bagaimana untuk menangani kompetisi, dan tidak takut ketika menghadapi lawan tanding.

4. Penggunaan Waktu Konstruktif Anak-anak dan remaja tumbuh berkembang secara alami dengan curahan energi fisik ketika mereka terlibat dalam olahraga, energi fisik mereka digunakan dalam cara yang konstruktif. Remaja ada dalam usia yang dipengaruhi aktivitas libido tinggi, jika remaja diberi waktu luang mereka mungkin terlibat dalam kegiatan yang salah atau mungkin jatuh di tindakan buruk atau mungkin juga menampilkan perilaku anti-sosial.

Dengan demikian, pentingnya olahraga dalam masyarakat adalah bahwa hal itu membuat remaja dari menjadi anti-sosial unsur, yang dinyatakan mungkin mengganggu kain halus masyarakat.

5. Kesehatan Secara teratur terlibat dalam olahraga membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan karenanya, mencegah segala jenis penyakit dari terjadi. Hal ini juga meningkatkan selera makan orang tersebut. Dengan demikian, olahraga mempromosikan kesehatan yang baik. Seseorang dalam olahraga tertentu, ia menjadi sangat percaya diri. Olahraga menanamkan disiplin, dedikasi dan tanggung jawab pada orang, yang ia mampu untuk diterapkan dalam bidang kehidupan lainnya juga. Hal ini membuat dia mencapai keberhasilan dalam setiap bidang kehidupan, dengan demikian, membuatnya lebih percaya diri.

6. Pengambilan Keputusan Dalam olahraga, seseorang harus membuat keputusan yang cepat tergantung pada situasi yang dia masuk Jadi, orang yang terlibat dalam olahraga mampu membuat keputusan yang bijaksana dan cepat dalam bidang kehidupan lainnya juga.

Selain penting bagi anak-anak, mengambil karir olahraga dalam kehidupan dewasa, memiliki keuntungan tersendiri. Seorang atlet sering melakukan perjalanan ke negara lain untuk memainkan pertandingan dan dalam proses, belajar banyak tentang budaya dari negara-negara tersebut. Bahkan penonton atau pemirsa TV yang benar-benar menghibur saat menonton olahraga profesional, sehingga menjadi kegiatan rekreasi yang sangat baik.

Kaidah Olahraga Ringkasnya

Apa yang bisa kita ringkas dari kaidah olahraga, antara lain :

Manfaat Fisik

  • Peningkatan kekuatan dan stamina
  • Bentuk tubuh yang lebih baik meningkatkan kelincahan
  • Olahraga membantu membakar kalori dan menumpahkan ekstra kilogram
  • Olahraga memberikan tubuh latihan yang baik

Manfaat Psikologis

  • Olahraga mendorong Anda untuk memberikan yang terbaik setiap kali
  • Olahraga membantu membangun perencanaan dan kemampuan analisis dan meningkatkan konsentrasi
  • Olahraga meningkatkan kepercayaan diri
  • Olahraga membangun keterampilan kepemimpinan dan tim

The Bigger Picture

  • Mencapai integrasi sosial
  • Menyebabkan perkembangan infrastruktur
  • Menciptakan kesempatan kerja
  • Meningkatkan industri pariwisata

Speak Your Mind

*