Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata Anda.

Ilustrasi lingkaran hitam pada mataSalah satu krisis kepercayaan diri adalah mempunyai lingkaran hitam pada mata. Hal ini bisa menimbulkan efek negatif bagi si empunya mata. Dia tidak percaya diri saat bertatap muka dengan orang lain.

Karena mata adalah jendela untuk melihat seseorang, tidak hanya melihat isi hatinya tapi juga mata bisa menunjukkan kondisi kesehatannya. Jadi, mata adalah hal utama di wajah anda. Lingkaran hitam pada mata menyebabkan penampilan anda menjadi sedikit buruk.

Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Ada lingkaran melengkung di bawah mata dan berwarna hitam atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya, memang tidak sedap dipandang. Selain tidak sedap dipandang, lingkaran hitam di bawah mata juga menjadi wajah seseorang secara umum terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Secara tradisional, orang mengaitkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata ini dengan aktivitas kurang tidur atau sedang banyak pikiran. Tapi, benarkah seperti itu?

Secara medis, munculnya lingkaran hitam di bawah mata memang salah satu faktornya karena kurang tidur, tapi itu bukan satu-satunya penyebab. Lingkaran hitam di bawah mata juga bisa disebabkan karena perubahan hormon secara drastis, alergi, hidung terumbat, bahkan tak sedikit munculnya lingkaran hitam di bawah mata ini karena faktor keturunan.

Apa pun yang menjadi sebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata ini menjadi tidak penting karena yang lebih penting adalah bagaimana menghilangkan atau setidak-tidaknya menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata ini bagi anda yang telah dibuat jengkel karenanya.

Dan tentu saja, bagi yang belum memiliki lingkaran hitam di bawah mata, mengetahui bagaimana cara menanggulanginya akan lebih baik setidaknya agar bisa menghindari kebiasaan yang tidak tepat yang bisa menjadi salah satu faktor pencetus.

Salah satu faktor yang ditengarai sebagai pencetus munculnya lingkaran hitam di bawah mata adalah karena sering mengonsumsi kopi, soda, dan minuman yang mengandung kafein.

Minuman yang mengandung soda atau bahkan yang secara bersama-sama mengandung pemanis buatan, akan memicu kulit di sekitar mata menjadi membengkak dan berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bagian kulit lainnya.

Sementara itu, minuman yang mengandung kafein akan membuat tubuh kesulitan menyerap cairan yang berasal dari makanan. Dalam kadar tertentu sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein bisa mengakibatkan tubuh dehidrasi.

Dengan demikian, hal ini akan pula menyebabkan racun tidak terbuang dengan sempurna sehingga membuat warna kulit menjadi lebih gelap, termasuk di lingkaran bawah mata anda.

Hal yang sama ketika Anda banyak mengonsumsi makanan siap saji. Bahan pengawet yang terkandung di dalamnya akan semakin membuat racun bertumbuk yang menjadi pencetus kulit lebih gelap.

Dengan demikian, mengatasi munculnya lingkaran hitam di bawah mata, selain tidur dengan teratur dan dalam jumlah yang cukup, memperbanyak makan sayur dan buah-buahan segar bisa mengurangi kulit lebih gelap, terutama yang ada pada lingkaran di bawah mata Anda.

Namun, bila terlanjur ada lingkaran hitam pada mata Anda, rajin-rajinlah mengompresnya. Bisa dengan menggungkan bekas teh celup yang telah disimpan di dalam lemari es atau bisa juga dengan memakai irisan mentimun.

Penyebab Lingkaran Hitam pada Mata

Lingkaran hitam pada mata bisa disebabkan oleh kurang tidur atau kelelahan, mata yang terlalu bekerja lama, misalnya banyak membaca atau berhadapan dengan layar komputer, kondisi kesehatan yang kurang fit, stress atau faktor genetika (keturunan), faktor ini yang paling sulit dihilangkan.

Lingkaran hitam pada mata juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang atau diet yang tidak dengan aturan. Kurangnya asupan gizi pada tubuh pun bisa menjadikan lingkaran hitam pada mata.

Salah satu tips untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan mata panda ini adalah dengan istirahat yang cukup, yaitu biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu fit.

Obat tradisional untuk mencegah atau menghilangkan lingkaran hitam pada mata adalah dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, terutama buah-buah segar yang banyak mengandung vitamin.

Tips lain yang bisa anda lakukan agar mata Anda tetap terlihat segar adalah dengan mengompresnya dengan buah tomat atau mentimun atau dengan teh celup.

Cara penyajiannya adalah dengan memotong-motong mentimun atau tomat dengan  horizontal sehingga mentimun tersaji dalam bentuk lingkaran dengan ketebalan kira-kira 2 cm. Kemudian, kompreskan pada mata hitam anda selama lima belas menit. Lakukan dua kali sehari saat menjelang tidur dan saat bangun pagi sebelum mandi.

Demikian juga dengan menggunakan teh celup bekas. Letakkan teh celup bekat itu pada mata anda menjelang tidur dan saat bangun pagi. Alangkah lebih baiknya teh yang digunakan adalah teh yang dipakai sehari sebelumnya. Jadi setelah anda menggunakan teh celup, anda jangan dulu membuang kantung teh tersebut.

Anda simpan di tempat sejuk atau di dalam kulkas, kemudian besok paginya Anda bisa menggunakannya sebagai kompresan mata. Lakukan kebiasan ini tiap hari secara intensif.

Kebiasaan ini dipercaya dapat menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang disebabkan mata lelah dan kurang tidur. Lain halnya jika itu faktor keturunan, lingkaran hitam pada mata akan sulit dihilangkan karena itu berkaitan dengan genetika bukan mata yang lelah.

Lingkaran Hitam pada Mata dan Kecantikan

Lingkaran hitam pada mata memang sangat menggangu penampilan. Mata kita terlihat seperti kelelahan dan kurnag tidur. Padahal tidak semua yang memiliki keluhan lingkaran hitam pada mata ini dikarenakan kurang tidur atau kelelahan.

Tidak sedikit juga lingkaran hitam pada mata kita itu terjadi karena kita tidak memperhatikan perawatan area mata bagian bawah. Selama ini kita selalu fokus pada bagian kelopak mata. Padahal bagian kantung mata juga perlu mendapat perhatian.

Setiap wanita tentu saja ingin terlihat cantik bukan? Mungkin Anda pun juga demikian. Namun, bagaimana bisa terlihat cantik jika ada lingkaran hitam pada mata? Untuk itu, sebaiknya Anda mulai memperhatikan perawatannya, supaya tidak membentuk selamanya di kantung mata Anda yang indah.

Ada satu kebiasaan yang bisa memicu terjadinya lingkaran hitam pada mata. Biasanya pada saat merias garis mata bagian bawah, kita biasanya mengaplikasikan eye liner bagian bawah dengan menarik kantung mata ke arah bawah. Itu merupakan kebiasaan yang bisa memicu lingkaran hitam pada mata.

Dengan menarik bagian kantung mata, lama-kelamaan kantung mata akan terlihat kentara. Bila kantung mata terlihat kentara dan kita tidak merawatnya, maka kantung ini akan mudah sekali terlihat, dna bila mata kita sudah kelelahan akan cepat sekali menghitam. Jadi, ini harus Anda perhatikan pada saat akan mengaplikasikan eye liner.

Lalu bagaimana caranya mengaplikasikan eye liner yang baik sehingga tidak menimbulkan kantung mata yang berlebihan? Jika sebelumnya pada saat mengaplikasikan eye liner dengan menarik kantung mata bagian bawah. Nah, sebaiknya diubah kebiasaan itu dengan menarik ke arah samping.

Jadi Anda tarik dibagian bawah ujung mata, tepatnya di atas tulang pipi ke arah samping. Mata Anda akan terlihat seperti menyipit, lalu Anda bisa mengaplikasikan eye liner pada bagian garis bawah mata. Cara seperti ini tidak akan merangsang kantung mata menjadi melebar ke bawah, sehinga kantung mata tidak terlihat kentara.

Cara mengaplikasikan eye liner seperti itu juga bisa membuat pipi tetap terjaga keelastisannya, alias tidak kendur. Jadi, selain tidak mempertegas kantung mata yang bisa memicu terjadinya lingkaran hitam mata, juga bisa membantu Anda terlihat awet muda.

Anda tentu saja ingin terlihat awet muda bukan? Nah, jika ingin tampil awet muda dan bebas dari lingkaran hitam di bagian bawah mata, sebaiknya rubah kebiasaan menarik kantung mata ke arah bawah, tetapi tariklah ke arah samping atau menyamping.

Bukankah merawat lebih baik daripada mengobati? Nah begitu juga dengan lingkaran hitam di bagian bawah mata ini. Lebih baik kita memperhatikan kebiasaan merias bagian mata dengan cara yang baik, daripada sibuk melakukan berbagai cara supaya bisa menghilangkan warna hitam pada bagian bawah mata.

Sebaiknya juga kebiasaan baik tersebut diterapkan sejak dini sebelum semuanya terlambat dan mata Anda tidak enak dipandang. Mata adalah jendela hati, dan orang bisa melihat pesona dan daya tarik kita dari mata. Bagaimana jadinya bila ada lingkaran hitam pada bagian bawah mata? Mungkin orang tidak akan nyaman menatap mata Anda.

Speak Your Mind

*