Mengisi Waktu dengan Bermain Games

Ilustrasi games
Waktu luang terkadang sangat menyenangkan tetapi terkadang menjadi cukup membosankan. Kala tidak tahu lagi apa yang baik yang bisa dilakukan, orang-orang yang bertabur fasilitas hidup akan mencari dari gadget mereka yang terhubung ke internet. Inilah dunia tanpa batas yang menyediakan hampir semua yang dibutuhkan oleh manusia. Salah satu kegiatan yang mungkin bisa mereka lakukan untuk mengisi waktu luang tersebut adalah dengan bermain games.

Makin Beragam

Kalau dulu fasilitas bermain berabgai permainan atau games sangat terbatas. Sekarang orang  bisa bermain permainan apa saja dimana saja dan kapan saja. Bahkan mereka bisa membuat permainan sendiri yang mereka lakukan melalui berbagai aplikasi di gadget mereka. Ada yang menjual permainan yang diciptakannya itu ada juga yang hanya untuk koleksi pribadi. Anak-anak muda banyak membaut permainan ini.

Bahkan salah satu anak usia sekolah menengah atas di Bandung sukses membuat permaian tentang koruptor yang digambarkan seperti tikus-tikus serakah. Lalu tikus-tikus itu dikejar. Pengejarnya ini merupakan perwujudan dari KPK. Orang-orang yang sangat kreatif juga bekerja pada perusahaan yang khusus memproduksi berbagai permainan yang diperuntukan bagi berabgai kalangan termasuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Permainan otu ada yang sangar rumit, ada juga yang tidak rumit dan sangat mudah dimainkan bahkan oleh balita sekalipun.

Jangan ditanya kalau seseorang telah begitu kecanduan memainan berbagai permainan tertentu di internet. Seorang pemuda pecandu permainan ini ada yang ditemukan telah tak bernyawa di kamarnya. Ternyata setelah diusut, ia telah bermain game selama beberapa hari tanpa makan dan minum serta istirahat yang cukup. Kecanduan ini sangat berbahaya. Kehidupan nyata bisa menjadi sangat jauh karena tidak merasa mempunyai kehidupan nyata.

Para penggila permainan ini akan melakukan banyak hal untuk mendapatkan uang agar bisa terus bermain. Ia mungkins aja akan mencuri barang milik keluarganya. Orangtua harus sangat waspada ketika berhadapan dengan anak-anak yang tidak mampu mengendalikan diri mereka ketika berhadapan dengan permainan di internet. Prestasi sekolah akan menurun dan anak mungkin tidak peduli. Yang ada di otaknya adalah bagaimana ia bisa bermain sepuas mungkin. Hal ini sangat tidak menyenangkan. Tetapi kalau orangtua hanya marah-marah, anak akan semakin jauh. Ajak anak diskusi terus-menerus agar otaknya menyerap informasi lain selain permainan yang sedang digandrunginya.

Permainan  yang Menyenangkan

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, maka mencari kegiatan untuk menghabiskan waktu luang itu tidaklah sulit. Anda bisa melakukan hobi dan waktu luang itu akan terisi kegiatan yang menyenangkan. Bermain permainan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa memainkannya di komputer, bermain Playstation, PSP, maupun melalui di ponsel. Anda bisa bermain sendiri, berdua, bertiga maupun beramai-ramai.

Dan di zaman internet ini, Anda bisa bermain games-games online dan berkompetisi dengan sesama pemain dari seluruh dunia. Tempat bermain online juga beragam. Anda bisa bermain di rumah, di warnet, di tempat rental playstation, maupun di kantor. Tentu bermain di kantor bukanlah hal yang baik. Anda harus hindari itu sebisanya. Jangan sampai kecanduan merugikan kehidupan nyata dan hanya membuat waktu terbuang percuma.

Kepositifan dalam Permainan

Bermain permainan di internet dalam porsi yang tepat akan dapat memberikan hasil yang positif untuk Anda. Saat Anda bermain, tujuan utamanya bukan saja sekadar untuk mengisi waktu atau menghabiskan waktu luang. Jauh dari itu, bermain permainan bisa memberikan beberapa dampak positif bagi Anda. Beberapa dampak positif tersebut adalah:

* Memberi penyegaran untuk otak. Menghabiskan waktu sejenak untuk bermain games terbukti dapat memberikan penyegaran untuk otak. Rutinitas yang Anda hadapi setiap hari cenderung memicu stress.

Belum lagi berbagai masalah yang datang bertubi-tubi dapat membuat pikiran Anda menjadi lelah. Salah satu obat yang dapat Anda mencoba adalah dengan bermain permainan di inetrenet.  Lupakan sejenak rutinitas dan masalah Anda. Nikmatilah waktu Anda dengan bermain games atau permainan.

* Melatih kesabaran. Ada permainan yang menuntut kesabaran Anda. Tiap permainan itu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Saat bermain games, Anda diuji untuk tetap sabar dalam melewati setiap level dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda tersebut.

* Melatih untuk berpikir cepat dan mengambil keputusan yang tepat. Para ahli telah melakukan pengujian terhadap dampak permainan perang seperti counterstrike terhadap kerja otak. Hasilnya, mereka yang setelah bermain permainan tersebut lebih dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Di dalam permainan tersebut, Anda harus mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Dan sebagai dampaknya, otak menjadi terlatih pula saat mengambil keputusan dalam kehidupan nyata.

* Melatih kemampuan berbahasa. Hampir seluruh permainan yang ada saat ini adalah produksi luar negeri. Walau ada beberapa yang sudah diproduksi lokal, namun hanya sebagian kecil saja.

Dengan bermain permainan tersebut, otomatis kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris juga terasah. Apalagi permainan yang Anda mainkan adalah yang berjenis petualangan (RPG= Role Playing Games).

Ada banyak jenis permainan yang bisa Anda mainkan. Secara umum permainan tersebut terbagi dalam kelompok action (petualangan), RPG, kartu, permainan papan (board games), permainan strategi,  menembak, puzzle, olahraga, dan lain-lain. Semua bisa dimainkan sesuai dengan yang Anda gemari. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bermain karena saat ini banyak tersedia permainan gratis yang bertebaran di internet.

Permainan yang ada di internet pada dasarnya adalah sebuah sarana yang dibuat untuk memberikan hiburan pada manusia yang memainkan atau menggunakannya. Jenisnya beragam, mulai dari yang menggunakan perangkat khusus untuk bermain atau banyak disebut dengan mesin ding dong, perangkat play station atau juga menggunakan media komputer. Semua jenis tersebut pada dasarnya memiliki sebuah kesamaan tujuan, yakni sebagai media hiburan.

Seiring perkembangan teknologi, kini semakin banyak jenis permainan yang berkembang di tengah masyarakat. Bahkan kini mulai berkembang pula jenis permainan yang bernama game online. Jenis permainan ini, pada dasarnya menggunakan alat bantu komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Perbedaan jenis game online dan game lainnya, terletak pada beberapa hal. Seperti pada game online ini bisa dimainkan oleh banyak orang dari tempat yang berbeda-beda di seluruh dunia dalam waktu yang sama. Sementara untuk games non online, untuk memainkannya, para pemain harus berada di satu tempat dalam waktu yang sama pula.

Beragam usia yang menggemari jenis games satu ini. Jika dahulu, aneka permainan didominasi oleh anak-anak yang memainkannya, kini semua golongan usia yang menggemari jenis games online. Bahkan tak jarang ada penggemar games online yang tingkat kesukaan bermainnya sudah berada dalam taraf kecanduan. Sehingga mereka lebih senang menghabiskan waktunya untuk berada di depan komputer dan bermain games daripada mengerjakan aktivitas lainnya.

Mencegah Kecanduan Games

Para orangtua harus menyadari fenomena yang terjadi saat ini, khususnya yang berhubungan dengan jenis games online ini. Bagi mereka yang memiliki anak yang sudah menggemari permainan berbasis internet ini, mereka harus meningkatkan kewaspadaan dalam mengawasi anak-anaknya. Hal ini demi mencegah kemungkinan seorang anak menjadi kecanduan game online dan melalaikan kewajiban sebagai seorang anak sekaligus sebagai pelajar.

Untuk mencegah seorang anak mengalami kecanduan terhadap permainan online ini, orangtua haruslah:

1. Mengatur jadwal seorang anak bermain games. Jangan ijinkan seorang anak bermain di luar jadwal yang sudah ditentukan. Hal ini untuk melatih seorang anak berdisiplin serta tidak terganggu pemikirannya oleh aneka permainan.

2. Berikan anak kesibukan seperti mengajaknya berolahraga atau berekrasi. Dengan demikian, tidak akan banyak waktu seorang anak yang kosong. Sebab, kecanduan games tersebut biasanya berawal dari banyaknya waktu kosong yang tidak diisi dengan kegiatan positif.

3. Berikan pemahaman seorang anak tentang dampak yang bisa ditimbulkan jika terlalu sering bermain games di depan komputer. Sehingga, akan memunculkan kesadaran seorang anak dampak bermain games secara berlebih. Hal ini lebih efektif daripada sekedar memberikan  larangan.

4. Sesekali, temani anak bermain games dan jika perlu ikutlah bermain bersama mereka. Hal ini akan memudahkan proses komunikasi dengan anak sehingga lebih mudah untuk mengetahui tingkat kegemaran seorang anak bermain games. Sehingga ketika sudah muncul gejala kecanduan kita akan cepat mengetahuinya.

Speak Your Mind

*