Menguak Khasiat Jus Tomat

Ilustrasi khasiat jus tomatSiapa yang tak kenal tomat? Buah yang satu ini memiliki warna merah yang menggoda dan tampak segar. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan.

Tapi, selain untuk dimasak, kita bisa membuat minuman jus dari buah yang satu ini. Sayang, rasa jus tomat yang masam kadang tidak disukai oleh kebanyakan orang, apakah Anda termasuk?

Jangan buru-buru membenci minuman yang satu ini, karena mungkin Anda belum tahu apa saja khasiat jus tomat yang sebenarnya mengandung banyak manfaat.

Kandungan Jus Tomat

Buah tomat sendiri memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak, antara lain vitamin A (1500 SI/100gr tomat masak) dan vitamin C (40 mg/100gr tomat masak).

Selain itu, tomat juga memiliki kandungan gizi lain seperti kalori, kalsium, protein, lemak dan juga karbohidrat. Selain itu, tomat juga memiliki beberapa zat penting seperti tomatin, lycopene, dan asam klorogenat.

Jadi, jika kita meminum jus tomat, kita juga mengkonsumsi berbagai zat yang sangat berguna bagi kesehatan. Mulailah menyukai tomat! Sudah banyak bukti bahwa jus tomat ini benar-benar bermanfaat.

Khasiat Jus Tomat

  • Mengobati berbagai penyakitDengan kandungan gizi yang sangat banyak, mengkonsumsi jus tomat secara rutin dan teratur bisa menghindarkan bahkan mengobati berbagai penyakit. Contohnya adalah gangguan pencernaan, gangguan empedu, diare dan bisa mencegah kolera.Bahkan banyak pakar kesehatan yang menyimpulkan bahwa meminum jus tomat bisa menyembuhkan fungsi liver yang sedang mengalami gangguan.
  • Mencegah penyakit kankerJus tomat memiliki kandungan lycopene yang cukup banyak. Zat lycopene ini sendiri adalah zat antioksidan yang sangat baik dan efektif. Zat lycopene terbukti mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Misalnya, kanker prostat, lambung, maupun kanker usus besar.Kandungan asam klorogenat yang ada dalam jus tomat pun bisa melemahkan zat penyebat kanker atau biasa disebut sebagai zat nitrosamin yang memiliki efek negatif pada tubuh.
  • Menambah daya tahan tubuhSalah satu khasiat jus tomat yang lain adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa buah tomat itu sendiri memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi.Dengan meminum jus tomat, vitamin-vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita tentu memberi efek positif bagi daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh meningkat, tubuh akan selalu menjadi sehat dan bugar, tentu penyakit pun tidak mudah menyerang.
  • Menyehatkan mataSeperti yang banyak kita ketahui, mata yang berfungsi sebagai organ vital membutuhkan vitamin A untuk tetap sehat dan bisa melihat dengan sempurna. Kita tentu tidak ingin mata kita mengalami gangguan seperti rabun dekat ataupun rabun jauh.Meminum jus tomat yang penuh dengan vitamin A, tentu berpengaruh sangat besar bagi kesehatan mata. Jadi, bila Anda ingin mata selalu sehat tanpa ada gangguan rabun sampai usia lanjut, rajin-rajinlah meminum jus tomat sejak dini. Manfaatnya sudah jelas teruji.

Jus tomat mungkin memang agak masam bila dibandingkan dengan minuman jus dari buah lain, tapi setelah Anda mengetahui berbagai khasiat jus tomat yang mengandung banyak zat-zat berharga, Anda tentu tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jenis minuman yang satu ini, bukan?

Rasa masam yang tajam dan tidak Anda suka hanyalah masalah kecil yang bisa disiasati dengan cara menambah gula atau pemanis yang lain dengan jumlah secukupnya. Jadi, tunggu apa lagi? Minum jus tomat sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Mengapa Harus Tomat

Dengan meningkatnya kesadaran tentang makanan sehat dan minuman, orang sudah mulai mengkonsumsi jus buah untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Sekarang pergeseran perlahan-lahan berubah dari jus buah biasa untuk jus buah sayuran, seperti tomat.

Tomat adalah buah, tetapi secara luas digunakan saat memasak sayuran dan sup. Ini juga merupakan unsur penting dari saus tomat yang sangat umum dan populer. Tomat merah segar bisa melayani dengan segala macam kebaikannya, dan bila di takar terdapat rasa, tajam asam-manis dan menambahkan rasa yang berbeda untuk setiap makanan olahan kita, entah itu nasi goreng, mie rebus, capcay, sup bening dsb.

Tomat karena tinggi pada berbagai vitamin dan mineral serta serat makanan penting. Meskipun disarankan untuk makan buah utuh, bukan dari jus, Anda bisa mengkonsumsi jus tomat, karena lebih enak.

Ada berbagai fakta gizi tentang tomat. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa, tomat mengandung enzim yang mencegah platelet darah dari clopping bersama-sama dan membentuk gumpalan darah.

Jus tomat juga kaya antioksidan lycopene, yang dikenal menjadi penjaga efektif melawan kanker payudara, kanker prostat, penyakit arteri koroner, dan aterosklerosis. Tomat yang tinggi kalsium, vitamin C, karbohidrat, dan fosfor. Tomat membantu membersihkan racun dan kontaminasi lainnya dari tubuh dan bertindak sebagai stimulan lembut untuk ginjal.

Tomat juga kaya vitamin A, yang menjaga tubuh dari segala jenis penyakit mata. Konsumsi tomat yang teratur dapat mencegah rabun dekat, rabun senja, dan penyakit mata lainnya yang disebabkan karena kekurangan vitamin A.

Jus tomat sangat ideal bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan, karena mengandung sedikit kalori dan jumlah lemak diabaikan. Khasiat jus tomat macam ini juga ideal untuk pasien diabetes, seperti tomat dikenal untuk mengurangi dan mengendalikan persentase gula dalam urin. Hal ini membantu penderita diabetes untuk mengurangi berat badan dan menjaga kadar gula dalam tubuh.

Jus tomat juga efektif dalam menyembuhkan morning sickness, pembentukan gas yang berlebihan dalam usus, penyakit gastro-intestinal, gangguan pencernaan, jus dll tomat segar, dicampur dengan merica dan garam, dapat membantu dalam mengurangi rasa memuakkan dan dapat berfungsi sebagai minuman lezat juga. Jus tomat juga membantu dalam mencegah masalah nyeri sendi dan gangguan pernapasan juga.

Nilai Gizi

  • Protein 1,3 mg
  • Kalori 26,8 mg
  • Kalsium 14,9 mg
  • Magnesium 16,4 mg
  • Fosfor 35,8 mg
  • Jumlah lemak 0,3 mg
  • IU vitamin A 1.241
  • Vitamin C 18,9 mg
  • Diet serat 1,8 gm
  • Besi 0,4 mg
  • Karbohidrat 5,8 mg
  • Kalium 3,53 mg
  • Mangan 16,4 mg
  • Gula 3,9 mg

Cara Membuat Juice Tomat

Sangat mudah untuk membuat jus tomat di rumah untuk mendapatkan semacam khasiat jus tomat, daripada membeli jus tomat kalengan dari pasar. Jus tomat buatan sendiri memiliki manfaat kesehatan yang lebih ngefresh, dan pula tomat yang di beli dan merupakan pilihan sendiri bisa dikondisikan lebih murah dibandingkan dengan jus kalengan atau siap pakai, karena mengandung bahan pengawet yang berbahaya.

Untuk membuat jus tomat buatan sendiri, pertama-tama Anda perlu membeli tomat segar, atau jika Anda menanam tomat, pilih tomat yang paling matang dari kebun Anda. Kemudian cobalah mencuci tomat secara menyeluruh, dari lapisan luar karena umumnya mengandung pestisida kecuali yang diambil dari kebun sendiri yang Anda biarkan tumbuh liar.

Setelah mencuci, ada dua cara untuk mendrill tomat ke dalam jus. Anda dapat merebus tomat, kupas kulit tipisnya, dan kemudian menggiling tomat kupas dan saring untuk menghilangkan biji, atau jika Anda pingin jus mentah, ya sudah giling saja langsung tomat segar yang sudah dicuci dalam blender.

 

Speak Your Mind

*