Menguji Kecepatan Internet dengan Speedtest

Ilustrasi speedtest

Antisipasi Penipuan Lewat Speedtest

Jika merasa internet yang Anda gunakan lambat alias lelet, maka tidak ada salahnya melakukan pengujian menggunakan Speedtest. Speedtest adalah website yang menyediakan jasa untuk mengecek kecepatan internet yang Anda miliki.

Dengan melakukan pengujian ini, Anda akan mengetahui seberapa besar sebenarnya kecepatan yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider) Anda. Dengan pengujian ini, Anda akan mendapatkan informasi apakah kecepatan internet yang Anda dimiliki sesuai dengan yang dibayarkan.

Ada kalanya ISP melakukan kecurangan terselubung dalam menawarkan jasa koneksi internet. Di dalam internet, ada istilah CIR (Committed Information Rate) yang berarti kecepatan minimal yang harus dipenuhi ISP dalam layanannya sesuai kontrak antara Anda dan ISP. Tentu saat berlangganan layanan internet, Anda harus menanyakan tentang hal ini. Misalnya, ISP menawarkan kecepatan 512 KBps.

Ini bukan berarti Anda akan memperoleh kecepatan penuh 512 KBps. Hal ini terjadi karena sering ISP membagi satu koneksi internet untuk beberapa pelanggan. Jadi dengan mengetahui CIR dari ISP tersebut dan koneksi yang dipunya, Anda bisa melakukan speedtest untuk mengetahui apakah kecepatan internet yang diberikan sudah sesuai perjanjian.

Cara Menguji Speedtest

Untuk menguji kecepatan internet, buka browser Anda dan arahkan ke alamat speedtest di http://www.speedtest.net. Ingat bahwa alamat Speedtest bukan dot com tapi dot net.

Setelah website speedtest terbuka, Anda bisa mulai melakukan pengujian dengan melakukan klik di gambar peta. Anda bisa mulai melakukan pengujian dengan memilih lokasi dalam negeri dulu. Misal, Anda memilih server Jakarta atau Bandung untuk memulai pengujian.

Saat Anda memilih salah satu titik, misalnya Jakarta, speedtest akan mulai menguji kecepatan internet Anda. Speedtest akan mulai dengan melakukan test ping ke server yang bersangkutan yang Anda pilih. Setelah itu, speedtest akan mulai menguji kecepatan download.

Kecepatan download adalah kecepatan saat Anda akan mengambil file (download) dari internet. Karena daerah yang dipilih adalah Jakarta, maka kecepatan download yang diukur adalah sampel dari server yang ada di Jakarta.

Setelah kecepatan download diukur, speedtest akan mengukur kecepatan upload jaringan internet Anda. Kecepatan upload adalah kecepatan Anda dalam mengirimkan file (upload) ke internet. Tentu karena pilihan server Jakarta, kecepatan upload yang diukur adalah kecepatan upload ke server yang lokasinya ada di Jakarta.

Speedtest akan menampilkan hasil dari kecepatan yang diukur. Anda akan melihat seberapa cepat koneksi internet untuk download dan upload. Speedtest juga akan menampilkan nama ISP Anda dan server tujuan test yang dilakukan. Anda bisa melakukan pengujian lanjutan dengan memilih server yang berada di luar Indonesia.

Dari hasil ini, Anda bisa melakukan komparasi apakah kecepatan yang diberikan ISP sudah sesuai dengan janji mereka di awal. Anda tidak akan dibohongi lagi. Dari hasil speedtest ini, Anda bisa menagih janji ISP jika memang tidak sesuai kenyataan.

Namun yang perlu Anda ketahui sebelumnya adalah apakah ada tanda bintang yang berarti syarat dan ketentuan berlaku sebelum Anda melayangkan protes.

Speak Your Mind

*