Menjaga Tubuh Agar Terhindar Dari Sakit

Ilustrasi SakitSakit adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa kondisi kesehatannya terganggu. Penyakit sendiri pada dasarnya adalah proses fisik atau patofisiologis yang berlangsung dan mampu menyebabkan keadaan yang abnormal pada tubuh atau pikiran. Sakit dengan penyakit sendiri berbeda.

Seseorang dapat saja merasa sehat atau tidak ada penyakit, namun jika kemudian dia merasa tak sehat, itulah yang disebut sakit. Dengan cara serupa, maka seseorang yang kondisi fisiknya tidak sehat bisa saja mengidap penyakit, namun dia tidak merasakannya.

Misalnya saja seseorang mengidap tekanan darah tinggi atau terkena ancaman serangan jantung ataupun stroke, namun dalam keseharian, orang tersebut masih merasa sehat atau tidak merasakan sakit. Pada model biopsikososial dijelaskan perbedaan antara persepsi pasien atas pengaruh penyakit terhadap dirinya, persepsi pasien terhadap kesehatan dengan persepsi pasien terhadap dirinya sendiri.

Dalam keadaan sakit, seseorang akan mengalami penurunan kondisi tubuh dan mungkin merasakan tubuhnya tidak mampu melakukan aktivitas yang berlebihan. Bisa juga dalam keadaan ini, seseorang akan merasa tidak enak dalam mengkonsumsi hidangan apapun, karena semua makanan akan terasa pahit di mulut.

Hal ini sangat wajar terjadi, karena pada dasarnya, tubuh akan memberi sinyal terhadap dirinya sendiri. Kondisi mulut yang terasa pahit merupakan suatu indikasi yang diberikan oleh tubuh sebagai tanda bahwa kondisi tubuh tidak fit atau tidak semestinya.

Seseorang yang sedang sakit, tubuhnya juga akan lemas dan mudah lelah, serta tidak mampu melakukan aktivitas yang berlebihan. Jika dalam tiga hari kondisi tidak membaik, sebaiknya segera ke dokter. Dokter akan mendiagnosa kondisi tubuh pasien sehingga kemudian dapat ditentukan tindakan penyembuhan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Dokter juga akan memberikan multivitamin dan obat untuk mengembalikan kondisi tubuh yang sedang sakit. Jika kondisi seseorang telah terlanjur parah atau sakit tidak kunjung sembuh, mungkin diperlukan juga perawatan inap di rumah sakit.

Dengan melakukan perawatan inap di rumah sakit, kondisi seseorang yang sakit akan lebih cepat membaik, karena dikondisikan dengan makanan dan minuman yang teratur, demikian pula obat – obatan, multivitamin serta perawatannya.

Dokter juga terbagi atas beberapa keahlian khusus misalnya, dokter spesialis mata, dokter anak, dokter telinga hidung dan tenggorokan, dokter ahli penyakit dalam dan lain – lain. Dengan bervariasinya keahlian para dokter tersebut, kita harus berpikir positif bahwa penyakit yang diderita akan sembuh.

Tentunya kita juga harus menjaga kondisi tubuh dengan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, diusahakan empat sehat lima sempurna. Kemudian banyak mengkonsumsi air, istirahat yang cukup serta berolah raga secara teratur. Hal terakhir ini yang mungkin jarang dilakukan oleh orang di masa kini. Aktivitas kerja dari pagi hingga malam membuat Anda sudah merasa sangat lelah saat berada di rumah.

Karena itu mungkin beberapa orang malas untuk berolahraga. Pada dasarnya, berjalan kaki telah merupakan olahraga, namun tentunya diperlukan juga olah tubuh yang mampu menggerakkan seluruh bagian tubuh. Olahraga akan mengalirkan asupan oksigen dalam darah, sehingga kondisi seluruh sel dalam tubuh akan lebih optimum.

Olahraga bagi anak – anak, remaja dan dewasa serta manula tentu berbeda bobotnya. Selain itu, perlu juga disesuaikan dengan aktivitas seseorang. Jika Anda cenderung duduk diam selama bekerja, maka berjalan kaki merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi Anda. Namun tentunya pemanasan yang menggerakkan seluruh tubuh atau bagian tubuh yang lain juga diperlukan.

Pilihan yang lebih baik adalah senam. Senam merupakan gerakan kebugaran yang memiliki gerakan beragam yang menggerakkan seluruh bagian tubuh. Senam dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi kesehatan dan fisik Anda. Remaja dan pra remaja dapat memilih senam high impact, sementara orang dewasa cukup dengan senam low impact. Dengan hidup yang lebih sehat, sakit dan penyakit akan jauh dari diri kita.

***

Apakah Anda takut disuntik? Kalau jawabannya “ya”, sekarang bayangkan jarum suntik. Apa yang ditakuti dari jarum suntik pastilah rasa sakit. Ternyata, kesakitan yang kita rasakan dipicu oleh pikiran kita. Orang yang takut disuntik akan lebih besar rasa sakitnya kalau matanya melihat jarum suntik.

Pikiran mempunyai andil yang besar terhadap rasa sakit itu. Semakin pikiran tidak nyaman, maka kita makin merasa sakit. Sebagai contoh, sewaktu flu atau badan kecapekan, kita ingin melakukan apa saja jadi malas karena rasanya badan sakit semua. Suhu badan meningkat, hidung tersumbat, mulut pahit, persendian ngilu, demam—pokoknya sakit di sekujur tubuh.

Anehnya, keadaan yang sedemikian menyiksa itu seolah-olah seperti hilang tak terasa karena kehadiran teman yang lama diharapkan kedatangannya. Mengobrolkan hal-hal yang membangkitkan rasa gembira dapat menyulap sakit menjadi hilang. Demikian pula sebaliknya, jika sewaktu sakit memikirkan hal yang tidak menyenangkan, kita akan semakin merasa sakit.

Di pedesaan sering ditemui petani yang berangkat ke sawah pada pagi buta. Mereka memang pekerja keras yang tak kenal lelah. Pada saat sakit pun, mereka tidak merasakannya. Mereka, para petani itu, tetap berangkat ke sawah, mencangkul, menyabit rumput, mengerjakan apa saja dengan tetap bersemangat.

Kegembiraan dan semangat kerja itu membuang rasa sakit. Jadi, rasa sakitnya hilang sendiri karena tidak dirasakan dan akhirnya juga sembuh. Baru-baru ini, sebuah penelitian tentang hubungan antara rasa sakit dan pengaruh pikiran dilakukan di Jepang. Beberapa orang diberi pengaruh pada pikiran mereka dengan gambar-gambar yang bisa memengaruhi pikiran mereka. Sebagian gambar dapat memicu kesedihan, sedangkan sebagian yang lain menimbulkan perasaan senang.

Dalam penelitian tersebut, beberapa orang tersebut diberi tusukan jarum pada jari mereka dengan tusukan yang sama. Ternyata, bagi mereka yang menikmati gambar-gambar yang membuat pikiran mereka senang, tusukan jarum itu hampir tidak menimbulkan rasa sakit. Sementara itu, bagi mereka yang terpengaruh gambar yang tidak menyenangkan, tusukan jarum itu semakin membuat mereka merasa sakit.

Nah, semakin tahulah kita bahwa tubuh kita terpengaruh oleh pikiran kita. Apa yang kita pikirkan akan memiliki efek terhadap kondisi tubuh kita. Rasa sakit ternyata juga merupakan pengaruh dari pikiran kita. Pastinya, dengan demikian kita harus benar-benar menjaga agar pikiran kita selalu baik. Pikiran yang senang, pikiran yang positif, akan lebih membahagiakan hati. Itulah pikiran yang sehat. Pikiran yang sehat akan membuat tubuh menjadi sehat pula. Demikian pula sebaliknya.

Ada beberapa keadaan pikiran dan perasaan tertentu yang dapat menimbulkan beberapa macam penyakit. Menurut seorang peneliti Jepang, Dr. Masaru Emoto, perasaan cemas yang diakibatkan oleh pikiran yang tidak sehat akan menimbulkan resonansi pada lambung sehingga membuatnya tidak sehat.

Tubuh yang Sakit Berasal dari Pikiran yang Tidak Sehat

Berikut ini kami tampilkan beberapa penyakit yang berhubungan dengan keadaan pikiran kita.

    • Perasaan cemas yang berulang-ulang dapat membahayakan lambung kita. Pikiran dan perasaan cemas yang menimbulkan rasa perih di bagian perut kita itulah yang biasa kita alami. Ternyata akibatnya bisa serius jika terjadi berulang-ulang.
    • Orang yang sering mengalami stres juga membahayakan tubuhnya sendiri karena stres dapat mengganggu pencernaan, menyebabkan mudah mencret dan seputar masalah pencernaan lainnya.
    • Perasaan khawatir yang sering dirasakan dapat menyebabkansakit punggung.
    • Mereka yang mudah tersinggung, yang pikirannya tidak bisa ditenangkan, dapat mengalami insomnia, susah tidur.
    • Orang yang sering merasa gelisah dan kebingungan dapat mengidap penyakit di bagian bawah tulang belakang.
    • Sakit ginjal ternyata penyebabnya adalah bahwa orang yang bersangkutan sering merasa takut.
    • Sering marah-marah dapat memicu hepatitis.
    • Orang yang tidak sabar dapat mengalami diabetes.
    • Perasaan sedih juga sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan leukemia yang hingga kini belum ada obatnya.
  • Perasaan tidak rela orang lain senang, yang biasa kita sebut iri atau dengki, ternyata merupakan penyebab kulit bernanah.

Demikian beberapa keluhan yang pemicunya adalah pikiran kita sendiri. Semakin sering berpikiran negatif, itu berarti sama saja dengan kita memasukkan racun ke tubuh kita. Tidak perlu ragu lagi bahwa sebagian besar penyakit itu berasal dari diri sendiri, bukan dari luar dan tersangkanya adalah pikiran kita sendiri.

Tips Agar Pikiran Tetap Sehat dan Bebas dari Sakit

Berikut ini tips agar pikiran kita tetap sehat dan bebas dari sakit.

    • Bangunlah setiap pagi dengan perasaan syukur. Pikirkan kemungkinan yang baik yang selalu tersedia untuk Anda. Percayalah akan hal itu. Yakinlah bahwa kehidupan selalu menyediakan peluang baik yang cukup untuk kita semua, termasuk Anda. Tataplah awal hari dengan pikiran positif seperti ini, maka Anda akan selalu bersemangat dan sehat.
    • Untuk mendapatkan itu, bawalah pikiran sehat ke alam tidur Anda. Sebelum tidur, bersihkan segala hal yang mungkin menjengkelkan atau mengecewakan Anda. Boleh jadi, pada hari itu ada kejadian-kejadian yang kurang berkenan di hati Anda. Itu semua harus dibuang atau dimaafkan untuk dilupakan selamanya. Pasalnya, bila terbawa ke alam tidur, hal-hal yang menjengkelkan atau mengecewakan itu akan mengendap secara permanen di alam bawah sadar. Hal itu akan memengaruhi perasaan dan pola pikir menjadi tidak sehat alias negatif.
    • Supaya benar-benar bisa bangun pagi dengan pikiran sehat dan perasaan penuh syukur, setelah membersihkan diri dari segala macam kekecewaan, masukkanlah keyakinan yang baik dan positif ke alam tidur Anda—mungkin tentang harapan Anda yang sedang berproses menuju keberhasilan yang nyata atau kenangan baik yang mengesankan Anda, yang pernah Anda alami. Setidaknya, yakinlah bahwa Allah selalu menyediakan kehendak baik untuk Anda. Syukurilah itu dan bawalah hingga tertidur lelap. Dengan begitu, Anda akan bangun tidur dengan perasaan syukur dan penuh pikiran positif.
    • Apa pun yang Anda alami sepanjang hari, fokuskan perhatian Anda pada sisi positifnya saja. Jangan sampai terbawa pada hal-hal yang dapat memengaruhi Anda menjadi berpikiran negatif. Dalam apa pun yang kita alami dan yang kita hadapi, selalu ada sisi positifnya, sekalipun tampaknya sangat buruk. Dengan berfokus pada syukur dan pikiran positif, pikiran kita menjadi sehat.
    • Sekalipun dalam keadaan sakit, usahakan Anda tetap sehat dalam pikiran Anda. Artinya, Anda tetap bisa berpikir sehat (positif) sekalipun badan sedang tidak sehat. Dengan demikian, rasa sakit akan berkurang dan perlahan kesembuhan berangsur-angsur terjadi dengan mudah.
  • Seringlah menyebut nama-nama Allah yang baik. Asmaul Husnaadalah kumpulan energi positif untuk pikiran dan perasaan kita. Semakin sering ingat atau berzikir atau bertafakur dengan nama-nama itu, kita akan semakin meresap energinya ke diri kita. Dengan begitu, kita akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Demikian hubungan nyata antara pikiran dan tubuh. Semoga keterangan singkat ini dapat menghilangkan penyakit yang mungkin sedang Anda derita, sekalian Anda dapat membantu orang lain untuk mengatasi penyakit dan mendapatkan kesembuhan dengan mudah. Karena keterangan ini sangat penting, berbagilah informasi penting ini untuk menolong siapa saja, terutama mereka yang terdekat di hati Anda.

Sampai di sini, semoga Allah berkenan membimbing kita setiap hari, setiap langkah, agar senantiasa menapak di jalan-Nya yang baik, positif, dan penuh harapan. Bersyukurlah dalam segala hal dan selalu berprasangka baiklah, maka sakit bukan lagi hal yang mengancam kita.

Sakit Kepala – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala adalah sakit yang paling umum diderita oleh masyarakat kita, mulai dari pusing, migren, dan kepala nyut-nyutan, yang biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya jika Anda seorang pegawai kantoran, maka pekerjaan yang menumpuk dan seringnya berada di depan komputer dapat memicu sakit kepala. Kemudian, jika Anda pekerja lapangan, sering terkena sinar matahari dan angin luar, serta lupa makan biasanya juga akan membuat Anda sering merasa sakit kepala.

Banyak orang yang menganggap bahwa sakit kepala yang diderita adalah penyakit sepele. Cukup dengan meminum obat pusing atau tidur, maka sakitnya akan hilang. Padahal, banyak sekali orang yang mengalami sakit parah, bahkan kematian dengan didahului menderita sakit kepala. Untuk itu, mari sedikit kita ulas mengani sakit kepala ini.

Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala sendiri dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu primer dan sekunder. Sakit kepala primer biasanya dialami oleh seseorang karena psikis atau stres, sedangkan sakit kepala sekunder dapat diderita karena seseorang terkenan virus atau pun penyakit seperti kanker otak, meningitis, encephalitis, dan pendarahan bagian dalam sub-arachnoid.

Jenis sakit kepala primer umumnya dipicu oleh keadaan atau rasa khawatir, gundah gulana, dan rasa takut yang biasa disebut juga sebagai penyakit psikis. Biasanya penderita akan merasa sakit pada bagian belakang kepalanya hingga leher bagian atas.

Seringkali penyakit kepala primer dan sekunder salaing berhubungan karena pengaruh psikis sangat besar terhadap daya tahan tubuh seseorang. Banyak sekali hal yang dapat dihubungkan dengan penyakit kepala, tetapi yang terutama penyebabnya adalah rasa stres berlebihan. Jika telah mengalami sakit kepala yang tiada henti, maka jangan malas untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena bisa saja sakit kepala Anda merupakan gejala penyakit serius.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab utama sakit kepala adalah keadaan psikis yang tidak normal. Namun, jangan pula Anda remehkan karena bisa jadi penyakit kepala datang dari keadaan fisik yang sangat membahayakan. Berikut ini merupakan beberapa jenis gangguan sakit kepala beserta gejalanya.

Sakit kepala pasca-trauma yang biasanya muncul akibat dampak dari kecelakaan, yaitu penderita mengalami cedera pada kepalanya. Biasanya rasa sakitnya akan muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah kecelakaan.Sakit kepala akibat tegang biasanya diawali dengan tegangnya otot di leher, bahu, dan tengkorak karena adanya tekanan emosional.

Biasanya penderita akan merasakan sakit kepala pada tulang leher bagian belakang, kemudian sakitnya mulai merambat ke depan hingga pada bagian ke kedua sisi kepala.Sakit kepala karena migren adalah sakit kepala yang hebat pada salah satu sisi kepalanya. Sakit ini akan merambat pada salah satu mata. Kebanyakan sakit migren ini diderita oleh wanita karena penyebab yang paling kuat adalah faktor perubahan hormonal.

Sakit kepala karena alergi biasanya dipicu oleh makanan atau sesuatu yang dapat menimbulkan alergi. Biasanya pendertia akan mengalami mata berair, hidung meler, dan kerongkongan menjadi sakit.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Ringan

Jika sering merasa sakit kepala karena letih atau stres, berikut ini beberapa cara yang dapat mengusir ketegangan Anda sehingga bisa mengatasi sakit kepala yang sering muncul.

    • Seringkali rasa sakit kepala muncul akibat dehidrasi, misalnya ketika cuaca sedang panas-panasnya, tanpa terasa kepala akan menjadi pusing. Untuk itu, duduklah sebentar dan minum air putih secara perlahan. Rilekskan tubuh dan jangan banyak bergerak hingga sakit kepala Anda mereda. Inilah salah satu keajaiban dari air putih. Untuk itu, demi kesehatan, dianjurkan agar Anda meminum air putih sebanyak minimal 8 gelas setiap harinya. Hal ini untuk menjaga tubuh agar tidak kehilangan cairan dan terhindar dari dehidrasi.
    • Radiasi komputer adalah salah satu penyebab besar Anda merasakan sakit kepala. Untuk itu, sangat tidak baik jika Anda menghabiskan waktu berlama-lama di depan komputer. Sesekali, menjauhlah dari monitor dan cari udara segar di luar ruangan. Jika Anda bekerja yang mengharuskan berada di depan monitor terus menerus, usahakan untuk mengistirahatkan mata Anda selama 1 jam. Cobalah untuk melihat pemandangan di luar kantor Anda.
    • Ketika sakit kepala datang menyerang secara tiba-tiba, pejamkan mata sambil menarik napas perlahan. Dengan memejamkan mata, Anda dapat meredakan otot mata yang menegang sehingga menimbulkan sakit kepala.
    • Ketika Anda merasa sakit kepala karena stres dan lelah, cobalah untuk berendam di air hangat. Kehangatan yang masuk ke dalam pori-pori akan membuat tubuh lebih segar dan sakit kepala Anda hilang.
    • Cobalah untuk menekan batang hidung Anda secara perlahan. Gunakan jari telunjuk beserta ibu jari. Pemijatan juga dapat Anda lakukan secara bergantian pada pelipis, namun jangan menekannya terlalu kuat.
    • Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan mengompres kepala Anda. Gunakan handuk kecil atau kain lembut yang telah dibahasi dengan air dingin atau air yang diberi es batu. Tempelkan handuk atau kain pada leher Anda di bagian belakang. Efek relaksasi yang ditimbulkannya dapat mengurangi sakit kelapa Anda.
    • Meditasi dapat menolong Anda untuk mengurangi ketegangan otot yang menimbulkan sakit kepala karena stres berlebih. Caranya adalah dengan memejamkan mata dan menarik napas selama lima detik, kemudian membuangnya secara perlahan. Konsentrasikan pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan. Anda bisa melakukan meditasi di rumah saat keadaan sepi atau tenang.
    • Dengan memakan sup panas, Anda bisa mencoba berbagai macam resep mengenai sup hangat kesukaan Anda. Kemudian tidurlah pada suasana yang tenang.
  • Secangkir teh hitam hangat juga dapat menghilangkan sakit kepala Anda. Agar lebih segar, tambahkan perasan air lemon.

Selain cara di atas, ada beberapa tanaman herbal yang dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa sakit kepala yang berkepanjangan.

    • Feverfew merupakan tanaman dengan aroma seperti jeruk nipis. Fungsinya adalah sebagai antiperadangan serta dapat bekerja seperti ibuprofen. Tumbuhan ini dipercaya dapat menjadi herbal untuk sakit migrain. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dapat menghambat berbagai zat kimia yang menjadi penyebab ketegangan pembuluh darah pada kepala. Akan tetapi, jangan sembarangan mengonsumsinya.,Untuk lebih amannya, konsultasikan dosis yang tepat dalam mengonsumsi herbal dari tanaman ini.
    • Peppermint merupakan herbal yang telah dipercaya selama ratusan tahun sebagai salah satu solusi untuk mengatasi sakit kepala. Hebatnya, semua bagian pada tanaman ini dapat berfungsi sebagai obat, baik flavonoid, kandungan minyak, phenolic acids, dan triterpenes. Caranya, Anda dapat memijatkan minyak peppermint mulai dari ubun-ubun, menuju kening, dan mengarah pada leher bagian belakang. Papermint juga dapat dijadikan teh yang berfungsi untuk meredakan migrain. Caranya dengan menuangkan air mendidih sebanyak satu cangkir pada wadah yang berisi 1-2 sendok teh daun peppermint kering. Tututp dan diamkan selama 10 menit. Saringlah air campuran tersebut dan dapat langsung diminum.
  • Tahukah Anda bila cabe merah dapat meningkatkan ketahanan terhadap penyakit? Hal itu dikarenakan adanya kandungan komponen capsaicin pada cabe merah. Untuk itu, mengonsumsi cabai merah sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada kepala.

Jika semua cara di atas hanya dapat sedikit menanggulangi dan tidak bermanfaat banyak atau rasa sakit di kepala Anda semakin menjadi, segera periksa ke dokter. Segera antisipasi jika sakit kepala itu merupakan gejala dari penyakit yang parah.

Speak Your Mind

*