Menu Berbuka Puasa Yang Spesial

Ilustrasi Menu Berbuka PuasaBulan puasa akan segera tiba, dan semakin banyak orang (termasuk di dalamnya ibu rumah tangga), mencari-cari Menu makanan untuk berbuka puasa yang bervariasi. Apabila anda termasuk dalam orang atau ibu rumah tangga yang sedang mencari menu berbuka puasa, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

 

Menu Berbuka Puasa

 

Bukan puasa adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim. Karena di dalam bulan puasa ini, umat muslim diberikan kewajiban yang harus dilakukan yaitu ibadah puasa. Hal ini seperti yang memang telah diperintahkan oleh Allah di dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi,

 

Hai orang orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang orang sebelumnya agar kalian bertaqwa. Ayat inilah yang menjadi dasar hukum bagi pentingnya ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 

Ibadah puasa merupakan sebuah ibadah yang dapat dikatakan sebagai ibadah yang sangat spesial. Karena tak seperti ibadah lainnya yang dapat diketahui dengan kasat mata oleh orang lain, ibadah puasa ini hanya akan diketahui dengan diri sendiri dan juga Allah SWT, Sang Maha Mengetahui.

 

Untuk itulah maka pahala ibadah puasa juga merupakan suatu hal yang juga berbeda. Karena Allahlah sendiri yang akan memberikan imbalan atas ibadah puasa yang telah dilakukan oleh umat manusia. Hal ini terlihat dari hadist Qudsi yang memiliki arti sebagai berikut.

 

“Semua amalan anak adam adalah untuknya,kecuali puasa,ia adalah untukKu dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dari hadist ini sangatlah jelas bahwa memang pahala puasa hanya Allahlah yang menentukan.

 

Itulah salah satu dari sangat banyaknya keistimewaan yang ada di dalam bulan Ramadhan yang diisi dengan ibadah puasa. Dan hal lain yang lebih istimewa lagi dari bulan puasa adalah saat untuk berbuka.

 

Saat berbuka ini adalah salah satu kebahagiaan yang diterima oleh setiap muslim yang telah menjalankan ibadah puasa.

 

Pada bulan ramadhan, menyiapkan makanan untuk berbuka puasa adalah sebuah hal yang sangat spesial. Dan inilah yang membuat menu makanan untuk berbuka puasa juga menjadi suatu hal yang istimewa pula.

 

Dalam ajaran agama Islam, ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan dalam menyambut buka puasa atau mengenaimakanan apa saja yang dianjurkan untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

 

Salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai menu untuk buka puasa adalah kurma. Hal ini seperti yang ada di dalam hadist yang berbunyi, “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air. (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

 

Maka dari itu, buah kurma menjadi begitu sangat spesial untuk dihidangkan di dalam menu berbuka puasa. Selain tentunya ada jenis makanan lain yang sangat beragam yang memang banyak dipilih sebagai menu makanan untuk berbuka puasa.

 

Pertimbangan Memilih Menu Buka Puasa

 

Melihat dari hadits Rasul yang mengatakan bahwa menu makanan beliau untuk buka puasa adalah kurma di atas maka memang banyak dimunculkan menu makanan untuk buka puasa yang beragam jenisnya.

 

Namun di dalam pemilihan menu untuk buka puasa ini harus dipertimbangkan akan banyak aspek. Karena dalam waktu satu hari penuh, perut dalam keadaan yang kosong namun tetap digunakan untuk menjalankan aktivitas keseharian.

 

Maka dari itu, haruslah dipilih jenis makanan yang tepat untuk dapat mengisi perut yang telah kosong tersebut. Namun justru tak akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan sendiri. Inilah pertimbangan utama dalam memilih jenis makanan yang akan digunakan untuk buka puasa. Selain memang ada beberapa pertimbangan lain yang ada. Berikut adalah beberapa pertimbangan tersebut.

 

Pertama, carilah menu makanan untuk berbuka puasa yang sehat dan bergizi, karena ini akan sangat berguna bagi kelangsungan ibadah puasa anda dan keluarga. Dengan menu makanan untuk berbuka puasa (dan juga menu sahur) yang sehat dan bergizi, anda akan secara tidak langsung menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, aktivitas anggota keluarga anda selama bulan puasa berlangsung akan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun.

 

Kedua, anda disarankan untuk mencari dan menyusun Menu makanan untuk berbuka puasa yang bervariasi, agar anggota keluarga anda tidak bosan dengan menu yang ‘itu-itu saja’. Hal ini harus anda perhatikan bila anda memiliki anggota keluarga yang masih belajar puasa. Dengan memasak menu buka puasa yang bervariasi, dia tidak akan merasa bosan dengan menu buka dan sahur yang disajikan.

 

Ketiga, anda harus menyusun menu buka puasa selama seminggu atau beberapa hari ke depan, agar anda bisa menyiapkan bahan-bahan masakan untuk hari berikutnya. Apabila memungkinkan, susunlah menu makanan selama sebulan penuh; ini sangat disarankan bila anda adalah orang sibuk, yang tak punya banyak waktu. Anda juga harus mengingat bahwa menu untuk berbuka puasa yang baik adalah yang mengandung air atau kuah.

 

Contoh Menu Buka Puasa

 

Ada banyak menu pilihan yang dapat Anda pilih untuk menu makanan berbuka puasa ini. Apabila anda masih sangat kesulitan untuk mencari menu makanan untuk berbuka puasa yang memenuhi kriteria dia atas, berikut ini adalah Menu makanan untuk berbuka puasa yang bisa anda siapkan untuk seluruh keluarga.

 

Mari kita sebut Menu makanan untuk buka puasa yang pertama dengan sebutan menu hari pertama. Menu hari pertama adalah terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup (yang biasanya berupa kudapan atau makanan kecil).

 

Makanan pembuka yang harus anda siapkan di menu buka puasa hari pertama ini adalah kurma madu, air putih, dan kolak pisang. Membuat kolak pisang sangat sederhana, yaitu masukan santan, masukan essens vanila, gula kelapa, gula pasir, sedikit garam, dan terakhir, masukan pisang raja.

 

Menu utama adalah sayur asam, tempe dan ayam goreng, dan sambal terasi. Menu-menu tersebut memang terlihat sangat sederhana dan ‘jadul’; namun, apabila anda memasaknya dengan bumbu yang benar dan tepat, maka masakan tersebut akan terasa jauh lebih enak dibandingkan dengan menu restaurant manapun.

 

Menu kudapan adalah berupa snack atau crackers, disarankan untuk dikonsumsi sesudah solat tarawih, atau sebelum tidur. Menu makanan untuk berbuka puasa yang kedua, adalah menu buka puasa hari kedua, yang juga terdiri dari menu pembuka, menu utama, dan menu penutup. Anda bisa menyiapkan kurma madu, air putih, dan kolak kacang hijau.

 

Membuat kolak kacang hijau hampir sama dengan kolak pisang goreng; anda hanya harus merebus kacang hijaunya hingga empuk terlebih dahulu. Menu utama adalah daging masak pedas, sayur cah kangkung, dan krupuk terasi. Pada hari ketiga di bulan puasa, anda bisa memasak Menu makanan untuk berbuka puasa yang juga mengandung kuah dan sedikit gorengan, yaitu cah kangkung dan tumis udang dan daging.

 

Memasak tumis udang dan daging sama dengan memasak tumis sayur, hanya anda harus mengganti sayuran dengan udang dan daging (yang sebelumnya sudah direbus). Menu makanan untuk berbuka puasa di hari keempat adalah yang agak berat, dan membutuhkan waktu yang agak  lama untuk memasaknya, seperti ayam atau ikan bumbu pedas.

 

Sebagai tambahan, anda sebenarnya bisa menemukan banyak sekali Menu makanan untuk berbuka puasa yang sangat bervariasi, sehat dan bergizi. Dengan adanya menu-menu dari dunia maya tersebut, anda akan dapat membuat keluarga betah berbuka puasa di rumah.

 

Itulah beberapa contoh dari jenis makanan yang dapat digunakan untuk menu berbuka puasa yang dapat dipilih dan dijadikan sebagai sajian untuk buka puasa. Buka puasa adalah sebuah moment atau peristiwa yang spesial dan tak terjadi di setiap hari dalam kehidupan kita, untuk itu sangat patut untuk membuatnya juga menjadi hidangan yang juga spesial.

 

Beberapa pilihan makanan yang ada di atas memang dapat disajikan dengan keistiwemaan makanan untuk menyertai moment yang juga istimewa. Kita dapat mengkombinasikannya sesuai dengan keinginan atau selera dari diri kita sendiri ataupun juga dari anggota keluarga kita. Sehingga akan terciptakan menu makanan yang benar-benar spesial dan istimewa.

Speak Your Mind

*