Menu Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Ilustrasi Makanan BerkolesterolKita harus pandai-pandai memilih dan memilah makanan yang akan kita konsumsi termasuk jenis makanan berkolesterol karena setiap makanan akan memberikan pengaruhnya masing-masing kepada diri dan tubuh kita.

Bagaimana makanan dapat berpengaruh pada diri seseorang? Sesungguhnya makanan sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Seseorang perlu makan untuk hidup, orang hidup perlu makan. Namun diharapkan tidak sembarangan makan, sebaiknya pilih makanan yang mengandung nutrisi yang cukup dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan yang kita konsumsi haruslah makanan yang akan membuat tubuh kita sehat dan mampu menyuplai cukup energi kepada tubuh untuk melakukan segala aktivitas.

Terdapat berbagai jenis makanan yang ada saat ini. Baik makanan yang menyehatkan maupun makanan yang justru memberikan pengaruh buruk bagi tubuh kita.  Kita pun harus menjadi manusia yang bijak dalam memilih makanan yang akan kita makan.

Kita mengenal makanan empat sehat lima sempurna, makanan inilah yang mengandung cukup nutrisi untuk tubuh kita karena makanan ini mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air. Kita pun disarankan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang seperti ini.

Selain jenis makanan yang menyehatkan ini, juga terdapat jenis makanan yang jika kita konsumsi secara terus-menerus justru akan membuat sistem tubuh kita menjadi terganggu, salah satu makanan ini adalah makanan berkolesterol.

Makanan berkolesterol adalah jenis makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak. Jika kita gemar memakan makanan berkolesterol ini maka darah kita akan tersumbat oleh banyaknya lemak yang ada dalam sistem peredaran darah kita. Maka akan menyebabkan banyak penyakit menyerang kita. Makanan berkolesterol merupakan penyebab utama beberapa penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi dan juga stroke.

Setiap makanan memiliki kadar kolesterol yang berbeda-beda. Semakin tinggi kadar kolesterol yang dimiliki oleh suatu jenis makanan maka semakin besar peluangnya untuk menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh kita. Untuk pengetahuan bersama, berikut diberikan daftar makanan beserta kandungan kolesterolnya:

Makanan yang boleh dikonsumsi, karena mempunyai kadar kolesterol yang tidak terlalu tinggi :

  1. Daging beef pilihan tanpa kulit ; 50
  2. Daging ayam pilihan tanpa kulit ; 50
  3. Ikan sungai biasa ; 55
  4. Daging sapi pilihan ; 60
  5. Daging kelinci ; 65
  6. Daging babi pilihan tanpa lemak ; 60
  7. Daging kambing tanpa lemak ; 70
  8. Ikan ekor kuning ; 85
  9. Daging asap ; 98

Daftar makanan yang boleh dikonsumsi sering, karena kandungan kolesterol nya sangat rendah bahkan tidak ber kolesterol ;

  1. Putih telur ayam ; 0
  2. Teripang ; 0
  3. Ubur-ubur ; 0

Daftar makanan berkolesterol tinggi, jadi disarankan jangan mengkonsumsi terlalu sering ;

  1. Daging asap ; 98
  2. Iga sapi ; 100
  3. Burung dara ; 110
  4. Ikan bawal ; 120
  5. Daging sapi ; 105
  6. Daging sapi berlemak 125
  7. Lemak kambing ; 130
  8. Lemak sapi ; 130
  9. Daging sapi berlemak ; 130

Daftar makanan yang mempunyai daftar kolesterol yang sangat tinggi, jadi jangan terlalu sering untuk di konsumsi :

  1. Sosis daging ; 150
  2. Kepiting ; 150
  3. Keju ; 140
  4. Santan Kelapa ; 185
  5. Belut ; 185
  6. Kerang / siput ; 160
  7. Udang ; 160

Daftar makanan yang mempunyai daftar kolesterol yang amat tinggi dan disarankan untuk tidak mengkonsumsi ;

  1. Jeroan kambing ; 610
  2. Lemak babi ; 200
  3. Telur ayam ; 500
  4. Susu sapi ; 250
  5. Kerang putih /remis / tiram ; 450
  6. Susu sapi krim ; 280
  7. Jeroan babi ; 420
  8. Coklat (cacao) ; 290
  9. Mentega / margarine ; 300
  10. Jeroan sapi ; 380

Daftar makanan yang mempunyai daftar kolesterol yang sangat tinggi, maka disarankan

  1. Telur burung puyuh ; 3640
  2. Kuning telur ayam ; 2000
  3. Cumi-cumi ; 1170
  4. Otak sapi ; 2300
  5. Otak babi ; 3100

Dari daftar makanan di atas, maka terlihat bahwa makanan yang enak-enak mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Karena itu kita sering sekali tergoda untuk makan makanan yang disebutkan di atas dengan sedikit menghilangkan rasa sadar diri bahwa makanan tersebut adalah makanan berkolesterol yang dapat mendatangkan penyakit dalam tubuh kita.

Saat ini banyak sekali orang yang gemar makan makanan fast food atau makanan cepat saji. Jenis makanan ini adalah makanan yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Sebut saja pizza,burger, atau makanan cepat saji lainnya. Memang makanan ini terasa lebih lezat dan kita lebih tergoda untuk memakannya. Bahkan makan makanan seperti inu telah berkembang menjadi sebuah gaya hidup.

Walau pun makanan cepat saji tergolong makanan yang enak tapi kita harsulah sanggup untuk menahan diri agar tidak makan secara berlebihan. Kita pun harus meningkatkan kesadaran diri akan hal ini setiap saat.

Bagi orang-orang yang memang sudah menderita beberapa penyakit memang sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan berkolesterol. Namun bagi kita yang masih sehat, kita masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan berkolesterol ini dalam jumlah yang masih wajar dan tidak terlalu sering, karena jika sudah mengkonsumsinya secara terus-menerus maka kita pun akan terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh makanan berkolesterol ini.

Lalu bagaimana mengendalikan kolesterol yang sudah ada di tubuh Anda, berikut adalah cara untuk mengendalikan kadar kolesterol yang ada di dalam darah:

1. Mengetahui kadar kolesterol

Kadar kolesterol seseorang tidak boleh lebih tinggi dari 200 mg/dl dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di bawah angka 180 dan HDL (kolesterol baik) di atas angka 40. Kita bisa mengetahuinya dengan melakukan pengecekan di rumah sakit atau di balai-balai kesehatan.

Informasi tentang kadar koesterol kita ini memang kita butuhkan. Jika kita sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kita dapat melakukan tindakan pencegahan untuk tidak selalu makan makanan yang berkolesterol tinggi.

2. Menjaga keseimbangan berat badan

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah adalah mengurangi berat badan. Dengan mengurangi sekitar 2,5 – 4,5 kg berat badan juga dapat memperbaiki kadar kolesterol di dalam darah.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan badan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan kita. Kita sebaiknya makan makanan yang mengandung cukup nutrisi dan kalori yang kita butuhkan. Janganlah berlebihan dalam makan sehingga nanti hanya akan membuat timbuanan lemak dalam tubuh.

3. Aktivitas fisik rutin

Olah raga secara rutin adalah salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Jenis olah raga ringan seperti jalan kaki bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kadar HDL. Kegiatan olah raga ini bisa dilakukan selama 30 menit setiap hari, lima hari seminggu.

Kita tak harus melakukan olahraga yang berat. Kita dapat melakukan jenis olahraga yang ringan yang dapat kita lakukan setiap harinya. Misalnya adalah jalan-jalan. Kita dapat melakukannya di pagi hari sambil santai selama beberapa menit. Kita tak akan pernah tahu bagaimana kegiatab kecil dan sederhana ini dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh kita.

4. Lemak baik

Untuk menurunkan kolesterol Anda bisa menurunkan lemak dengan cara mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, contohnya selai kacang, minyak zaitun dan kanola, serta kacang kacangan.

Jenis makanan ini mengandung jenis lemak yang baik untuk tubuh. Memang sejatinya lemak adalah salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, sama halnya dengan karbohidrat. Namun jika jumlah lemak yang kita konsumsi terlalu banyak maka justru akan menyebakan hal buruk dalam tubuh.

Terdapat berbagai jenis lemak yang terkandung dalam makanan juga kadar lemak yang dimiliki oleh masing-masing makanan berbeda-beda. Untuk itu kita harus mengetahui makanan mana yang masih baik untuk kita konsumsi dan makanan mana yang harus kita hindari. Termasuk jenis makanan berkolesterol tinggi yang harus kita hindari.

Ilustrasi makanan berkolesterol 

Kolesterol merupakan zat lemak yang secara normal diproduksi oleh hati dan terkandung dalam darah. Kolesterol bermanfaat bagi tubuh, namun dapat menjadi masalah bila jumlahnya terlalu berlebih. Pada umumnya, kolesterol berlebih diperoleh akibat konsumsi makanan berkolesterol tinggi. Kolesterol dapat dikurangi dengan mengatur pola makan.

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol diproduksi oleh hati. Kolesterol juga masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan. Ada dua macam kolesterol, yaitu:

  • Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL). Kolesterol ini dikenal sebagai kolesterol “jahat” karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penyakit jantung. Kolesterol ini banyak terdapat dalam produk yang berasal dari hewan, seperti daging, susu, dan telur. 
  • Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL). Kolesterol ini merupakan kolesterol “baik” yang membantu fungsi tubuh serta melindungi terhadap penyakit jantung. Kolesterol ini ditemukan pada alpukat, kacang, buah, dan sayur.

Dampak Kolesterol LDL

Kolesterol LDL dapat menimbulkan plak yang menghambat pembuluh darah sehingga jantung kesulitan memompa darah. Seseorang yang memiliki kadar LDL tinggi berisiko menderita penyakit jantung koroner.

Selain itu, bila penyumbatan darah terjadi di otak maka akan berakibat stroke dan kelumpuhan. Efek samping lain tingginya kolesterol LDL adalah gangguan fungsi pada organ tubuh misalnya gagal ginjal dan diabetes.

Makanan Berkolesterol LDL Tinggi

Pada umumnya, makanan berkolesterol tinggi (LDL) terdapat pada:

  • Produk hewani, misalnya telur, daging, susu dan produk olahannya.
  • Makanan yang diproses, misalnya biskuit, pastry, muffin, kue berkrim, dan sebagainya.
  • Makanan yang digoreng.

Berikut ini tabel beberapa makanan berkolesterol tinggi (LDL)

Makanan Porsi Kandungan Kolesterol
Telur rebus 1 225 mg
Krim keju 1 ons 27 mg
Mentega 3,5 ons 250 mg
Beefsteak 3,5 ons 70 mg
Ayam 3,5 ons 60 mg
Hati sapi 3,5 ons 300 mg
Es krim 3,5 ons 45 mg

Mengurangi Kolesterol LDL

Untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah, kita harus mengatur dan selektif memilih makanan. Berikut ini tips mengurangi kolesterol.

  • Mengonsumsi sayur dan buah.
  • Memilih makanan berbahan dasar beras atau gandum misalnya nasi, pasta, mi, roti gandum, dan sereal.
  • Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai, kacang merah, dan kacang polong.
  • Memperbanyak konsumsi ikan segar.
  • Bila terpaksa mengonsumsi daging, pilih bagian yang tidak berlemak dan hilangkan kulitnya.
  • Menggunakan minyak yang sehat misalnya minyak sayur, minyak kedelai, dan minyak zaitun.
  • Memilih susu rendah lemak dan yoghurt.
  • Mengurangi konsumsi keju dan es krim.
  • Mengurangi konsumsi makanan fastfood seperti hamburger, pasta krim, dan pizza.
  • Mengurangi konsumsi snack misalnya keripik kentang.
  • Mengurangi konsumsi kue dan biskuit (cokelat atau krim

Speak Your Mind

*