Menulis Proposal, Gampang kok!

Ilustrasi menulis proposalMenulis Proposal pada intinya adalah menyampaikan gagasan / ide / rancangan kegiatan yang akan ditawarkan pada pihak lain dengan harapan pihak lain tersebut mendukung kegiatan atau mau bekerjasama dengan Anda. Sehingga isi dari proposal sebaiknya menggambarkan bahwa kegiatan atau apa yang ditawarkan tersebut baik dan bermanfaat bagi pihak yang menerima proposal.

Mengenal Jenis-Jenis Proposal

Secara umum ada beberapa jenis proposal yang sangat populer, diantaranya yaitu;

Proposal kegiatan

Setiap kegiatan resmi di masyarakat atau pun di lingkungan lembaga pendidikan yang akan diadakan biasanya di susun proposal kegiatannya terlebih dahulu. Proposal ini berisi rancangan kegiatan yang akan di adakan. Tujuan dari penyusunan poroposal ini selain agar kegiatan terencana dengan baik juga berfungsi sebagai sarana fundrising.

Proposal skripsi

Proposal skripsi ini berisi tentang gambaran kegiatan penelitian yang akan dilakukan, mulai dari tujuan, latar belakang, metode, pendanaan, hingga waktu yang digunakan.

Proposal bisnis/usaha

Proposal bisnis / usaha ini bertujuan untuk menjual ide usaha kepada pihak lain dengan harapan ide tersebut diterima dengan kompensasi bantuan modal usaha. Proposal pengajuan kredit

Proposal pengajuan kredit ini biasanya dibuat oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengajukan suntikan modal usaha dari koperasi atau bank yang menyediakan bantuan dana untuk UKM.

Proposal penelitian

Proposal penelitian ini biasanya disusun oleh mahasiswa, peneliti, dosen yang akan melakukan penelitian pada topik tetentu. Proposal peneletian ini selain memaparkan rancangan penelitian yang akan dikerjakan juga berisi tentang gambaran pembiayaan yang diperlukan.

Proposal sponsorship untuk iklan media

Setiap media baik media komunitas maupun media komersial membutuhkan pendanaan untuk keberlangsungan hidupnya. Dan sebagian besar dana tersebut diperoleh dari pemasangan iklan. Oleh karena itu penawaran kerjasama (sponsorship) untuk iklan ini membutuhkan perencanaan yang matang. Untuk menggambarkan kondisi media dan penawaran kerjasama biasanya disusun sebuah proposal sponshorship. Sehingga pihak sponsor bisa memutuskan apakah mereka memasang iklan atau tidak pada media tersebut.

Menulis Proposal Kegiatan

Hal-hal yang perlu dipahami dalam menulis proposal kegiatan adalah;

Gambaran kegiatan

Dalam menulis proposal kegiatan Anda harus mampu meyakinkan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan ini perlu, penting dan mendesak. Hal ini dijelaskan pada bagian latar belakang. Latar belakang antara lain berisi alasan-alasan secara praktis maupun teoritis tentang pentingnya untuk melakukan kegiatan ini dan hal-hal yang melatar belakangi kegiatan ini perlu dilaksanakan.

Tujuan

Bagian ini memuat hal-hal postif yang ingin dicapai dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Panitia penyelenggara

Pihak-pihak yang terlibat langsung dan bertanggung jawab penuh dalam penyelenggaraan kegiatan. Ditulis secara jelas posisi setiap person dalam kepanitiaan.

Alokasi dana

Alokasi dana harus dihitung secermat mungkin, karena bagian ini akan menjadi fokus perhatian pihak donatur dan sponsor unruk memutuskan memberikan bantuan atau tidak. Penyusunan anggaran atau alokasi dana ini juga bermanfaat dalam mengatur keuangan kepanitiaan nantinya.

Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan dan schedule kegiatan juga harus tergambar dengan jelas.

Lima hal di atas merupakan informasi yang dibutuhkan dalam menulis proposal nantinya.

Komponen-komponen Penyusun Proposal

Komponen-komponen penyusun proposal diantaranya yaitu:

  1. Cover; memuat judul, nama dan alamat organisasi atau kepanitiaan.
  2. Penawaran kerjasama atau gambaran kegiatan; tercantum dalam latar belakang, tujuan, bentuk kegiatan, waktu pelaksanaan dan susunan kepanitiaan)
  3. Anggaran kegiatan; memuat alokasi dana yang tersedia dan yang dibutuhkan dalam kegiatan.
  4. Paket sponsor (jika ada)
  5. Surat perjanjian kerjasama (jika diperlukan)

Nah menulis proposal, gampang kok!

Speak Your Mind

*