Menyajikan Makanan Sehat untuk Diet

Ilustrasi makanan sehat untuk dietMakanan sehat untuk diet memiliki berbagai nutrisi dalam rasio yang berbeda. Makanan terbaik untuk diet sehat harus mencakup berbagai jenis makanan yang tinggi protein, serat, vitamin dan mineral penting. Beberapa makanan memberikan jumlah tinggi nutrisi tertentu, sehingga menjadikan sumber yang baik dari nutrisi tersebut.

Resep sehat harus mengandung semua nutrisi penting dalam jumlah yang tepat. Definisi makan sehat berbeda dari orang ke orang, tergantung pada usianya, aktivitas fisik nya, kondisi tubuh dan jenis kelamin.

Setiap bulan, ada ribuan orang mengetikkan kata “Makanan Sehat Untuk Diet” di mesin pencari Google. Demikian pula, kata “makanan diet” dan “makanan sehat untuk diet” juga diketikkan ribuan orang yang tentunya sedang mencari tahu tentang topik tersebut.

Rupanya, semakin tinggi kesadaran orang untuk beralih ke makanan sehat. Kesadaran itu mungkin juga bersumber dari semakin banyaknya penyakit yang muncul di zaman modern ini. Berbagai penelitian juga menghasilkan temuan yang menyimpulkan bahwa kebanyakan penyakit berawal dari makanan.

Di dunia maya, banyak sekali blog yang dapat menjadi sumber inspirasi Anda dalam menyajikan makanan sehat untuk diet. Tak sedikit blogger yang berbagi pengetahuan soal makanan diet. Sebut saja, misalnya, DietAsyik.com. Blog diet yang satu ini mengedepankan masalah diet dengan keseimbangan nutrisi sebagai isu utama yang diangkat dalam blognya.

Para pakar gizi memang berpendapat bahwa pengertian diet sehat bukan berarti Anda harus memantang makanan-makanan tertentu, namun menyantap makanan dengan nutrisi seimbang. Tubuh Anda membutuhkan minimal 40 nutrisi setiap harinya. Kebutuhan ini tak mungkin bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi satu atau beberapa jenis makanan saja.

Makanan yang Sehat dan Bermanfaat

Diet sehat diperlukan untuk memfungsikan tubuh manusia. Beberapa fitur dari makanan diet yang dijelaskan di bawah ini:

Makanan yang harus menjadi sumber yang kaya nutrisi penting. Tingkat gizi harus lebih tinggi dari jumlah kalori dalam makanan. Nutrisi penting hadir dalam makanan sehat meliputi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, fitonutrien, asam lemak omega-3 esensial dan serat.

Diet sehat harus penuh seluruh makanan kaya mineral alam dan garam. Makanan olahan dengan bahan kimia sintetik dan buatan dan dengan bahan-bahan iradiasi harus dihindari, karena sangat berbahaya bagi tubuh. Penggunaan makanan organik diusulkan karena menjadi makanan tanpa bahan kimia yang merugikan.

  • Makanan idealnya harus terdiri dari item yang tersedia umumnya seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, buah-buahan kering dan kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak dan ikan. Tambahan lain, seperti minyak zaitun, bumbu dan rempah-rempah juga harus disertakan.
  • Banyak makanan sehat yang mudah tersedia di pasar lokal. Makanan bergizi yang sulit untuk di dapat, bisa diganti dengan yang tersedia secara lokal.
  • Diet sehat harus mencakup banyak produk pertanian segar seperti keju susu, yogurt dan cottage.
  • Terakhir, pecinta makanan tidak perlu khawatir karena ada banyak resep makanan diet sehat yang memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan selera Anda tanpa mengorbankan kualitas. Makanan ringan yang sehat adalah pilihan yang sangat baik untuk anak-anak karena mereka selalu lapar!

Berikut jenis-jenis makanan sehat untuk diet yang harus Anda cukupi asupannya setiap hari:

a. Karbohidrat Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga. Untuk tujuan diet, pilihlah karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat seperti beras merah dan roti gandum. Kurangi karbohidrat sederhana (simple) seperti roti, mie, dan beras putih.yang lebih cepat menimbulkan rasa lapar sehingga merangsang nafsu makan atau ngemil berlebihan.

b. Protein Protein adalah zat yang kaya asam amino dan mikronutrien. Fungsi protein adalah sebagai zat pembangun seluruh bagian tubuh Anda, termasuk otot, rambut, tulang, dan kuku. Protein juga dibutuhkan untuk regenerasi dan perbaikan sel-sel tubuh Anda.

Diet tinggi protein dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena meningkatkan metabolisme, membantu mengurangi nafsu makan, dan mengurangi kebutuhan kalori. Walhasil, Anda tetap berenergi meskipun asupan kalori berkurang, sehingga secara alamiah tubuh akan membakar lemak untuk mendapatkan energi.

Tahukah Anda, empat puluh gram protein pertama yang Anda konsumsi setiap hari berguna bagi perbaikan sistem kekebalan tubuh? Karena itu, pastikan kecukupan asupan protein dalam menu makan Anda sehari-hari, terutama saat sarapan. Kekurangan protein berakibat terganggunya proses regenerasi jaringan otot bahkan sel otak Anda, sehingga Anda mudah jatuh sakit.

Unggas, ikan segar, dan daging tanpa lemak merupakan makanan kaya protein. Jika Anda mengkhawatirkan kolesterol dan lemak pada protein hewani, pilihlah sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan produk kedelai yang relatif bebas lemak dan kolesterol.

c. Serat Kebanyakan orang beranggapan bahwa manfaat serat hanya terbatas untuk mencegah sembelit. Padahal, hasil penelitian dari  para pakar kesehatan menyimpulkan bahwa serat merupakan unsur penting makanan, lebih dari sekadar untuk melancarkan buang air besar.

Serat makanan (dietary fiber) adalah unsur makanan yang tak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Program diet Anda akan lebih mudah dengan serat, karena serat membantu membuat perut kenyang. Serat juga melindungi Anda dari penyakit jantung. Menurut sejumlah penelitian, serat bahkan dapat membantu mencegah kanker, terutama kanker payudara.

Anda membutuhkan sekitar 25-30 gram serat setiap hari. Jumlah tersebut dapat diperoleh dari aneka makanan tinggi serat seperti gandum, biji-bijian, buah dan sayur, kacang polong dan kacang-kacangan lain, tepung beras, tepung gandum, apel, jeruk, stroberi, dan lain-lain.

d. Lemak Makanan berlemak bisa bikin langsing ketimbang makanan rendah lemak? Ini bukan berita bohong, lho! Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa mereka yang rutin menyantap makanan kaya lemak tak jenuh ternyata lebih sehat dan lebih langsing ketimbang mereka yang rutin menyantap makanan rendah lemak!

Temukan lemak tak jenuh pada makanan-makanan seperti minyak ikan dan minyak zaitun.

e. Vitamin dan Mineral Secara umum, tiap hari terjadi tiga proses alamiah di dalam tubuh Anda, yakni pembakaran (tenaga), pembangunan (pertumbuhan), dan pengaturan. Untuk mendapatkan tenaga, tubuh perlu karbohidrat, protein, dan lemak. Untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel, dibutuhkan protein.

Terakhir untuk mengatur agar semua proses ini terjadi, harus ada vitamin dan mineral. Itulah kenapa buah dan sayur sangat penting bagi tubuh. Ada zat-zat vitamin dan mineral tertentu yang hanya bisa didapat dengan mengonsumsi sayur dan buah. Walaupun pada daging juga terdapat vitamin dan mineral, namun jumlahnya cuma sedikit.

Mengapa Anda Harus Makan Makanan Sehat

Diet makanan yang sehat bermanfaat bagi tubuh dengan:

  • Mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan pemulihan dari penyakit dengan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan metabolisme dan memungkinkan konversi efisien makanan menjadi energi.
  • Meningkatkan proses pembakaran lemak.
  • Mempertahankan sistem pencernaan yang sehat dan mengurangi masalah pencernaan.

Makanan Terbaik untuk Diet Sehat

Beberapa makanan bergizi yang dapat ditambahkan ke diet seimbang Anda sangat mudah tersedia. Kombinasi yang berbeda dari makanan dapat membantu dalam meningkatkan rasa sehingga meningkatkan nafsu makan Anda.

Orang-orang percaya bahwa makanan bergizi biasanya hambar, bagaimanapun, itu benar-benar tidak benar. Anda dapat menikmati menjadi salah satu resep makanan diet sehat dan manjakan diri dengan olahan ayam (dengan keju rendah lemak tentu saja!) Atau hidangan pasta yang elegan. Anda pula dapat menambahkan bahan berikut ke dalam resep masakan jika perlu.

  • Sayuran hijau
  • Selada gelap berdaun hijau
  • Buah-buahan segar dan berries
  • Camilan sehat
  • buah-buahan kering dan kacang-kacangan
  • Gandum roti dan pasta
  • ikan basah fresh dari laut
  • susu rendah lemak atau minuman kedelai
  • Minyak goreng sehat seperti canola dan minyak zaitun

Makanan untuk diet sehat hadir menjaga tubuh tetap sehat dan menjamin kehidupan yang bebas dari penyakit. Latihan fisik harus dimasukkan bersama dengan diet seimbang untuk mendapatkan hasil yang positif.

Itulah jenis-jenis makanan yang harus Anda perhatikan asupannya untuk menjalani diet yang sehat. Di samping makanan, perhatikan pula asupan air. Usahakan minum air putih minimal dua liter sehari untuk menjaga kesehatan Anda!

Speak Your Mind

*