Menyambut Kelahiran The First Baby

Ilustrasi babyBayi (dalam bahasa Inggris: Baby) adalah sosok yang paling dinanti setiap pasangan yang telah menikah. Setiap pasangan tentunya mendambakan lahirnya bayi yang sehat sempurna. Saat sang ibu mengabarkan bahwa dirinya hamil pada kehamilan pertama, seluruh anggota keluarga ikut sibuk, tidak hanya suami.

Saat kelahiran sudah di ambang mata, seluruh keluarga menanti anggota keluarga baru itu. Saat bayi sudah keluar dari rahim ibu dan membuka mata serta mengeluarkan tangisan pertamanya, seluruh anggota keluarga berbahagia. Kehadiran bayi menciptakan kebahagiaan yang luar biasa pada keluarga kecil maupun keluarga besar kedua pasangan.

Tentu saja, setiap pasangan menginginkan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat. Lalu, bagaimana kita merasa yakin bahwa bayi yang kita lahirkan dalam keadaan sehat? Ada tanda-tanda yang bisa dilihat secara langsung untuk melihat apakah bayi yang baru dilahirkan dalam keadaan sehat atau tidak.

Bayi yang baru lahir, kepalanya tidak bulat sempurna. Biasanya, bentuk kepalanya agak lonjong. Hal tersebut adalah hal yang wajar karena bayi baru keluar dari jalan yang sangat sempit. Sebagai orang tua, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Kepala bayi bagian tengah biasanya lunak, hal itu dikarenakan tulang tengkoraknya belum bersatu sempurna. Hal tersebut bukanlah suatu kelainan, justru malah menguntungkan karena kepala bayi masih fleksibel sehingga bayi lebih mudah dilahirkan.

Tulang tengkoraknya yang lunak akan tertutup seiring pertumbuhan tulang tengkorak bayi. Dengan adanya daerah lunak tersebut, otak bayi akan tumbuh dengan baik.

Bercak merah  gelap di sekitar mata bayi tidak membahayakan bayi. Bercak ini akan hilang seiring dengan pertumbuhan bayi. Setiap bayi akan lahir bersama tali umbilikal. Tali yang tergantung di pusar bayi ini akan copot dalam waktu lima sampai sepuluh hari. Tali tersebut copot dengan sendirinya. Jadi, tidak perlu dipaksa copot, dibiarkan saja.

Bayi yang baru lahir pun perlu dimandikan. Bagi ibu yang baru memiliki bayi biasanya masih sangat khawatir jika harus memandikan bayi karena melihat tubuh bayi yang begitu lemah. Namun, sang ibu dapat memandikan bayi dengan hati-hati sehingga bayi dapat merasa nyaman ketika dimandikan.

Yang harus disiapkan pada saat akan memandikan bayi, yaitu bantal dan handuk, bak bayi, kain waslap, bola kapas, handuk bertopi, popok bersih, alkohol, produk kulit bayi, sabun bayi, shampoo bayi, gunting kuku, dan sikat halus. Nah, setelah semua perlengkapan disiapkan, sang ibu siap memandikan bayi dengan sangat hati-hati. Selesai mandi, bayi pun akan merasa segar dan badannya tumbuh dengan sehat sempurna.

Speak Your Mind

*