Menyanyikan Lagu, Relaksasi Efektif Pikiran

Ilustrasi menyanyikan lagu
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai menyanyikan Lagu, ada satu pertanyaan yang menggelitik dan perlu mendapatkan jawaban. Pertanyaan ini sebenarnya dapat bersifat retoris sebab tidak perlu dijawab tetapi sebab jawabannya sudah kita ketahui. Pertanyaannya adalah, siapa dari kita yang tidak suka menyanyikan sebuah lagu pun? Mungkin saja tidak berani bernyanyi di depan orang banyak dan hanya berani bernyanyi sendiri.

Mendendangkan Isi Hati

Menyanyikan sebuah lagu adalah satu bentuk kegiatan yang menyenangkan hati. Dengan bernyanyi, maka segala keruwetan hati dapat terobati sebab syair lagu dan irama musik yang rancak. Irama musik dan syair yang sesuai dengan kondisi hati sungguh merupakan sebuah langkah terapi yang efektif. Tidak heran jika banyak orang yang bersenandung saat hatinya senang atau memasang musik saat merasa hatinya gundah.

Bahkan ada yang tidak bisa terlepas dari suara musik ini. Kapanpun dan di manapun, ada saja suara musik. Ketika sedang berkendara pun banyak yang memutar musik sebagai bagian dari mengatasi rasa nyantuk dan merasa tidak sendiri. Kalau terlalu sepi, mengendarai mobil dalam jarak yang cukup jauh, akan membuat kantuk lebih cepat datang. Padahal jarak yang jauh itu membutuhkan konsentrasi yang lama. Sedikit saja tidak berkonsentrasi, kecelakaan bisa terjadi.

Dengan mendengarkan musik dan sesekali ikut berbendang, hati pun menjadi senang. Ada juga yang lebih suka memutar CD mengaji daripada CD lagu. Memang berbeda konteks tetapi keduanya menjadikan hati tenang. Lagu yang didengarkan memang bukan lagu yang tidak perlu didengarkan semisal lagu-lagu yang tidak mempunyai arti yang baik. Lagu dengan arti yang tidak baik ini tentu saja akan mempengaruhi suasana hati. Bisa saja malah lagu tersebut mempengaruhi cara berpikir.

Orang yang masih berpikir jernih, akan menggunakan logikanya ketika mendengarkan lagu. Mereka akan memilih penyanyi dengan suara yang bagus dan sesuai dengan musik yang disenanginya. Ikut bernyanyi bersama dengan dendang lagu yang sedang didengarkan akan mengubah mood. Dunia memang penuh dengan dendang musik. Dengarkanlah lagu alam dari suara angin dan suara hujan. Msuik alam ini juga akan memberikan ketenangan hati dengan caranya.

Bernyanyi itu tidak susah kalau hanya dinikmati oleh diri sendiri. Bernyanyi yang dinikmati oleh orang lain, itu yang membutuhkan teknik yang baik. Bakat alam saja masih belum cukup. Latihan dengan pengetahuan tentang musik yang cukup baik, akan membuat seorang penyanyi menjadi lebih tahu jenis lagu dan musik yang cocok dengan karakter suaranya. Tidak semua orang bisa menyanyikan semua jenis lagu dengan jenis musik yang berbeda.

Terkadang satu lagu sangat pas dibawakan oleh seorang penyanyi, tetapi tidak pas dibawakan oleh penyanyi yang lain walaupun ia dikenal dengan penyanyi profesional. Sebenarnya tidak perlu ragu untuk bernyanyi asal tidak terlalu percaya diri bernyanyi di depan banyak orang. Boleh berdendang dengan lagu apa saja yang penting membuat senang hati. Gerakan badan saat bernyanyi juga bagus asal tidak terlalu mencolok.

Semua Bisa

Menyanyikan sebuah lagu merupakan kegiatan universal. Artinya setiap orang boleh dan dapat melakukan kegiatan ini. Bahkan tanpa pelatihan khusus, mereka dapat bergabung untuk menyanyikan lagu. Anak-anak kecil hingga kakek-nenek yang renta-pun masih antusias untuk ikut menyanyikan lagu. Apalagi, untuk saat sekarang ini fasilitas untuk kegiatan tersebut sudah tersebar pada setiap rumah. Tinggal menyalahkan fasilitas karaoke, lalu lagui demi lagu pun didendangkan.

Melepas Keruwetan Hati
Pernah Anda merasakan keruwetan hati yang begitu dalam? Pernahkan Anda merasa tidak dapat melakukan kegiatan karena hati yang sedang sumpek? Setiap orang pasti mengalami kondisi seperti itu. Hal ini sangat manusiawi sebab kehidupan memang rangkaian masalah yang harus kita hadapi. Cara menenangkan hati yang ruwet pun bisa dengan bernyanyi. Tidak jarang ketika mendendangkan lagu yang tepat dan pas dengan suasana hati, air mata pun akan mengalir.

Setiap orang yang hidup tidak dapat lepas dari permasalahan. Dan, pernahkah Anda menyanyikan sebuah lagu berulang-ulang ketika merasa sumpek dan ruwet hati? Apa yang Anda rasakan ketika mendendangkan lagu tersebut? Terasa ada sesuatu yang membuat hati menjadi lebih tenang, bukan? Ada yang malah berteriak-teriak ketika sedang berdendang. Teriakan itu adalah ekspresi kegundahan hati. Mungkin saja teriakan itu tidak memecahkan masalah. Tetapi paling tidak bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Dengan pikiran yang lebih tenang itu, pemecahan masalah bisa dilakukan dengan lebih baik tanpa melibatkan emosi yang terlalu meletup-letup. Kalau pemecahan masalah dengan emosi yang berlebihan, masalah itu mungkin tidak bisa terpecahkan malah akan semakin ruwet. Inilah mengapa banyak juga orang yang mencari ketenangan dengan mendatangi tempat karaoke. Kalau tempat karaoke untuk keluarga, masih bisa dipahami karena lebih aman dan tidak ada alkohol dan wanita pendamping yang nakal.

Tentunya berbagai pengalaman dapat kita peroleh saat mendendangkan lagu tersebut. Pada saat kita mendendangkan lagu, maka pada saat tersebut syaraf-syaraf kita mengendur sebab ada sesuatu yang indah. Musik dan syair lagu seringkali merupakan alat terapi yang efektif bagi jiwa sebab sifat refreshing yang melekat pada alunan musik mengendurkan syaraf yang tegang.  Oleh karena itulah model refreshing yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang adalah dengan menyanyikan lagu dan mendengarkan musik.

Pada saat syaraf mengendur itulah, terjadi penurunan ketegangan sehingga kerja syaraf menjadi lebih ringan. Syaraf tidak lagi tertekan dan merasa nyaman.  Saat kita mendendangkan lagu dan mendengarkan alunan musik, maka saat itulah seluruh syaraf  menjadi fresh. Ini merupakan satu kondisi yang tidak dapat kita pungkiri. Bahkan ketika ibu mengandung, disarankan untuk secara intens memperdengarkan lagu dan musik kepada bayi yang ada di dalam kandungannya.

Mendendangkan lagu memang dianggap langkah paling efektif untuk mengendurkan syaraf dan menjadikan semua syaraf nyaman. Dan, kenyamanan inilah yang sebenarnya kita harapkan dapat meningkatkan efektivitas kerja syaraf.  Jika syaraf bekerja secara baik dan maksimal, maka kehidupan kita akan terasa lebih baik dan tidak tertekan oleh sebuah kondisi yang tidak diinginkan, merugikan kehidupan kita sendiri.

Hiburan yang Mengasyikkan

Hiburan adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak dapat abaikan begitu saja. Dengan hiburan, maka segala keruwetan pikiran dan hati dapat kita lepaskan. Pada saat itulah seluruh masalah mengalir keluar dari pikiran dan hati kita. Hingga pada saatnya, masalah tersebut tidak ada dalam pikiran dan hati. Menyanyikan lagu memang satu kegiatan relaksasi yang paling efektif untuk meregangkan ketegangan hati.

Kondisi kehidupan sekarang ini memang sedemikian rupa sehingga setiap orang berada pada situasi yang rawan. Setiap langkah yang harus diayunkan selalu berhadapan dengan situasi yang dapat menyebabkan stress.  Oleh karena itulah, maka hiburan merupakan kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Salah satunya dengan mendendangkan lagu yang disukainya.

Untuk dapat memperoleh hiburan ini, sebenarnya kita tidak perlu repot-repot sebab dimana saja kita dapat mendendangkan lagu. Pada saat  kita merasa stress, maka pada saat itulah kita membutuhkan hiburan.  Dengan lagu, maka perasaan kita menjadi nyaman. Apalagi jika lagu yang dinyanyikan adalah lagu dari penyanyi idola kita dan syair lagunya terkait dengan kenangan atau kejadian yang kita alami.

Berdendang dengan lagu kesenangan merupakan keasyikan tersendiri bagi setiap orang.  Bahkan, setiap saat orang bersenandung lirih. Hal ini mereka lakukan pada berbagai kegiatan, bahkan ketika sedang melakukan pekerjaan. Mereka menyanyikan lagu dalam senandung lirih. Dan, yang paling banyak dilakukan adalah pada saat mandi.

Tetapi setidaknya kita sangat menyadari bahwa hiburan dengan menyanyikan lagu merupakan kegiatan refreshing yang banyak dilakukan. Hal ini karena semua orang mampu melakukan hal ini. Kita tidak membutuhkan biaya yang besar hanya untuk melaksanakannya. Setiap saat kita dapat melakukannya, tanpa harus mencari tempat khusus walaupun sekarang banyak tempat-tempat karaoke.

Oleh karena itulah, untuk dapat menciptakan kehidupan yang nyaman dan membahagiakan, maka hiburan dengan mendendangkan lagu sangat perlu kita lakukan. Pada jaman sekarang, kita membutuhkan hiburan, tetapi juga memperhitungkan segala keperluan yang terkait dengan pendanaan. Dan, menyanyikan lagu kesukaan merupakan langkah refreshing murah meriah yang paling efektif.

Speak Your Mind

*