Menyiapkan Menu Makanan Untuk Keluarga

Ilustrasi Menu Makanan KeluargaMenyiapkan Menu Makanan untuk keluarga bisa jadi masalah besar pada kondisi seperti ini: ada lebih dari empat anggota keluarga, masing-masing anggota keluarga memiliki selera yang berbeda-beda, dan semua anggota keluarga cepat bosan dengan menu makanan tertentu.

Pada situasi keluarga yang seperti itu, seorang rumah tangga harus dengan cermat memilih dan menyusun menu yang tepat, dan juga memasak menu masakan yang cukup bervariasi.

Namun sayangnya, beberapa ibu rumah tangga menemui kesulitan dan tekanan dalam melakukan hal tersebut, apabila mereka tidak bisa menyewa seorang pembanturumah tangga, dikarenakan pemasukan bulanan yang pas-pasan.

Apabila Anda adalah salah satu dari ibu rumah tangga, tersebut, Anda harus mencari pertolongan, yang akan membantu Anda menyiapkan menu makanan untuk seluruh anggota keluarga Anda. Dan, artikel ini akan cukup membantu karena topik menyiapkan Menu Makanan untuk keluarga adalah pembahasan utama artikel ini.

Dalam menyiapkan menu makanan untuk keluarga Anda, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama, pilihlah menu yang sehat dan bergizi tinggi, agar Anda dan keluarga bisa melalui aktivitas harian dengan sehat dan fit. Pada dasarnya, makanan apapun yang Anda pilih untuk keluarga atau siapapun, Anda harus memperhatikan hal tersebut, terutama pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

Kedua, apabila Anda memiliki lebih dari tiga anggota keluarga, dan semuanya memiliki makanan yang berbeda-beda, Anda harus menyiapkan menu makanan yang bervariasi. Menu makanan yang bervariasi artinya menu makanan yang berbeda tiap hari atau tiap beberapa hari sekali.

Ketiga, siapkan menu makanan yang mungkin disukai oleh seluruh anggota keluarga, dan Anda harus menyiapkan bahan makanan untuk makanan tersebut. Dan yang terakhir, Anda harus mengetahui jadwal makan bersama keluarga, agar masakan Anda tidak terbuang sia-sia. Berikut ini adalah Menu Makanan secara umum, yang bisa Anda siapkan untuk seluruh keluarga.

Menu yang pertama adalah menu makanan sederhana, yang terdiri dari sayur asam, tempe tahu atau ayam goreng, dan juga pelengkap, seperti sambal kecap, sambal terasi dan krupuk Bandung. Walaupun sayur asam terdengar sangat sederhana dan kuno, tapi sayur ini memang benar-benar sehat; Anda hanya harus mencari tahu sayur apa yang anggota keluarga Anda sukai, dan memasukkannya dalam sayur asam buatan Anda.

Bila anggota keluarga Anda suka sayur kangkung, contohnya, Anda harus memasak sayur asam kangkung untuk seluruh keluarga. Tempe dan ayam goreng juga merupakan masakan simpel dan praktis; namun, apabila Anda memasaknya dengan resep khusus, kedua masakan tersebut akan menjadi masakan yang istimewa.

Menu yang kedua adalah Menu Makanan yang tidak begitu sederhana, namun butuh beberapa lama untuk membuatnya. Contoh masakan dengan kategori ini adalah sayur sop dan perkedel kentang atau jagung. Anda hanya harus mengganti isian sayur sop dengan sayuran atau pelengkap yang disukai oleh anggota keluarga Anda.

Pada umumnya, sayur sup yang sehat adalah sayur sup yang di dalamnya terdapat wortel, kubis atau kol, bunga kol, sosis daging sapi atau ayam, dan makaroni; beberapa sayur sop sehat juga memasukkan rumput laut di dalamnya.

Menu Makanan untuk keluarga ketiga yang harus Anda coba adalah menu masakan yang rumit, dan butuh waktu agak lama untuk membuatnya, yaitu daging atau ayam masak pedas dan sayur lodeh. Daging atau ayam pedas biasanya disebut ‘ayam bulu’ di daerah asalnya, yaitu Pulau Sulawesi.

Maka, proses memasaknya mungkin agak berbeda dengan masakan Jawa atau daerah lain: ayam dikukus atau diungkep bersama bumbu seperti bawang merah dan putih, jahe, kunyit, daun jeruk, daun bawang, dan bumbu lain. Yang terakhir, Anda harus selalu ingat bahwa penampilan makanan pada meja makanan adalah penting, terutama apabila Anda memiliki anak yang masih kecil. Maka, Anda harus mempercantik masakan Anda dengan garnish sayuran atau buah-buahan.

Menu Makanan untuk Keluarga Sehat

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang bukan pekerjaan mudah. Seorang ibu melahirkan memang merupakan sebuah kepastian, memberikan kasih sayang adalah kewajiban mutlak, dan mampu menyiapkan menu makananan sehat untuk anak adalah sebuah prestasi.

Menu makanan untuk keluarga yang sehat menjadi hal penting saat anak sedang dalam tahap pertumbuhan. Di masa-masa keemasannya, salah satu hal yang akan membantu menghubungkan sel-sel otaknya dengan baik adalah asupan gizi yang juga baik. Asupan gizi yang disebut baik adalah asupan gizi yang seimbang. Seimbang antara vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lemak.

Zat-zat gizi tersebut bisa Anda temui pada daging-dagingan, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Jika menu yang Anda sajikan melulu daging, tanpa menyertakan sayur, maka menu makanan yang Anda sajikan tidak tergolong dalam menu makanan sehat. Selain tidak tergolong sehat, menyajikan daging secara menerus, akan membuat anak semakin jauh dari sayur.

Jika menelisik sampai pada cerita ini, terlihat bahwa kebiasaan anak untuk tidak mau mengonsumsi sayur, sebenarnya bermula dari perilaku Anda sebagai orangtua. Kebiasaan untuk tidak menyajikan menu makanan sehat setiap harinya perlahan “mendidik” lidah anak untuk hanya cocok pada satu menu saja, yaitu daging.

Maka dari itu, menjadi seorang ibu yang kreatif dalam menyajikan menu makanan, terutama menu makanan sehat, adalah sebuah tuntutan. Jika Anda mampu, sebuah prestasi tertinggi dalam berkontribusi mencerdaskan anak melalui makanan, sudah Anda raih.

Menjadi seorang ibu yang kreatif dalam menyajikan menu makanan sehat untuk anak tidak perlu pendidikan tinggi. Tapi bukan berarti Anda tidak mencari tahu informasi-informasi penting mengenai hal ini. Maksudnya, informasi mengenai menu makanan sehat tidak harus Anda dapatkan dari pendidikan formal, Anda bisa mencarinya di mana saja, di koran, internet, bahkan buku pelajaran anak Anda.

4 Sehat 5 Sempurna

Idealnya, menu makanan yang seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu. Itu semua terangkum dalam falsafah 4 sehat 5 sempurna atau yang kini terangkum dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang. Namun seperti apa makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu yang seimbang dan baik untuk kesehatan tubuh? Mari ulas satu per satu.

Makanan pokok berfungsi sebagai sumber karbohidrat. Oleh karena itu syarat utama makanan pokok adalah harus mengandung jumlah karbohidrat yang cukup. Sebagian orang di dunia memilih memakan nasi atau umbi-umbian sebagai makanan pokok.

Kedua makanan tersebut memang mengandung banyak karbohidrat. Hanya saja nasi (beras) mengandung lebih banyak glukosa sehingga konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan. Selain beras dan umbi-umbian, gandum pun bisa dijadikan makanan pokok kaya serat. Hanya saja gandum relatif mahal bagi sebagian orang.

Makanan pokok sebaiknya didampingi oleh lauk pauk sebagai makanan pendamping utama. Lauk pauk merupakan sumber protein utama bagi tubuh. Yang lazim dikonsumsi sebagai lauk pauk adalah ikan, daging, telur, unggas, serta berbagai olahan kedelai seperti tahu dan tempe.

Sebagian besar sumber protein didapatkan dari hewan. Apabila Anda adalah seorang vegetarian, bukan berarti Anda akan kekurangan protein. Banyak olahan tumbuhan yang juga mengandung protein sehingga baik untuk tubuh.

Makanan pendamping lainnya adalah sayur mayur. Sayuran segar berwarna hijau baik untuk tubuh karena kaya akan serat, vitamin, dan juga protein nabati. Keseimbangan jumlah lauk pauk dan sayuran harus dijaga, agar kebutuhan protein terpenuhi tanpa mengabaikan kebutuhan serat dan vitamin. Dalam memilih sayur mayur, sebisa mungkin hindari sayur yang ditanami menggunakan pestisida. Zat-zat kimia dalam pestisida mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

Selain sayur, buah-buahan juga bisa menjadi sumber vitamin yang baik. Buah-buahan segar, jika dikonsumsi secara teratur, membantu mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung serat dan mineral. Salah satu buah-buahan yang ekonomis dan baik untuk tubuh adalah pepaya dan pisang. Keduanya mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Komponen 4 sehat 5 sempurna yang terakhir adalah susu. Susu dianggap sebagai pelengkap atau penyempurna. Susu mengandung kalsium dan zat-zat lain yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Akan tetapi jika susu sapi atau kambing terlalu mahal atau Anda alergi terhadap laktosa, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai yang juga sangat menyehatkan.

Jadwal Makan Menu Makanan Seimbang

Selain memperhatikan asupan jenis makanan yang dimakan, porsi dan waktu makan juga patut diperhatikan. Direktorat Gizi Masyarakat Republik Indonesia pun sudah berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat mengenai hal ini. Kepedulian Direktorat Gizi Masyarakat dirangkum dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang yang isinya sebagai berikut:

  1. Makanlah aneka ragam makanan
  2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
  3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
  4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi
  5. Gunakan garam beryodium
  6. Makanlah makanan sumber zat besi
  7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 4 bulan
  8. Biasakan makan pagi
  9. Minumlah air bersih, aman, dan cukup jumlahnya
  10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur
  11. Hindari minum minuman beralkohol
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
  13. Bacalah label pada makanan yang dikemas

Speak Your Mind

*