Menyingkap Misteri Raksasa Laut

Ilustrasi raksasa lautSiapa yang tidak kenal Nessy ? Monster raksasa penghuni danau Lochness ini ternyata tidak sendiri. Ada ‘teman’ sesama makhluk raksasa yang ditemukan di laut.

Laut menyimpan misteri tersendiri. Bagian dunia yang luasnya lebih dari 2/3 ini tidak memungkinkan semuanya dapat dijelajahi manusia. Ada tempat-tempat tertentu yang sulit dijangkau.

Selain itu, teknologi saat ini belum dapat menjelajahi laut-laut terdalam dunia. Daerah-daerah palung laut dengan kedalaman ribuan meter mustahil untuk dijangkau dengan kapal selam penjelajah. Tekanan yang tinggi, oksigen menipis dan kegelapan yang menyergap betul-betul menjadi tantangan tersendiri.

Tidak mustahil, di daerah-daerah tak bertuan tersebut terdapat makhluk-makhluk laut raksasa yang tidak terusik.

Berikut beberapa penampakan Raksasa Laut yang dilaporkan dari berbagai belahan dunia :

‘Pulau’ Kraken yang Misterius

Kraken adalah makhluk misterius raksasa yang mendiami perairan sekitar Iceland dan Norwegia. Panjangnya diperkirakan mencapai 16 km dan menyamai pulau kecil. Pilot dan pelaut yang sering melintasi kawasan ini melaporkan tentang penampakan ‘pulau’ misterius. Pulau ini sering menghilang begitu saja. Karenanya mereka mempercayai itu adalah makhluk raksasa laut yang nampak di permukaan laut. Ketila makhluk tersebut pergi, maka ‘pulau’ itu pun lenyap tak terlihat.

Si Cumi Collosal

Pada tahun 2007 ditemukan bangkai cumi raksasa yang terdampar di pantai Kanada. Para ilmuwan menamakannya Cumi Collosal. Nama latinnya Mesonychoteuthis hamiltoni. Ukurannya 18-20 meter, dengan berat  498 kg itu. Sayangnya tidak ada penemuan makhluk serupa dalam keadaan hidup.
Ancaman si Tentakel Besar

Tahun 1955, sebuah koran Kanada memberitakan penemuan pelaut John Squires. Pelaut ini menemukan sesuatu menabrak kapalnya. Menggunakan pengait kayu, dia memeriksa benda tersebut. Sebuah tentakel besar tiba-tiba muncul dari dalam laut dan membuatnya ketakutan.

Raksasa Laut dari Laut Terdalam

Marina Trench adalah laut terdalam di dunia. Di sanalah, sekelompok peneliti Jepang menemukan monster laut raksasa sepanjang lebih dari 60 meter. Mereka memperkirakan makhluk tersebut adalah hiu tidur. Sejenis hiu terbesar di dunia. Makhluk ini diperkirakan bersembunyi di kedalaman laut selama jutaan tahun. Karena itu sangat sedikit fakta yang diketahui tentang raksasa laut ini.

Speak Your Mind

*