Menyulap Kamar Menjadi Sebuah Kantor Pribadi

Ilustrasi Kantor PribadiKamarku Kantorku”. Bila selama ini selalu ada jargon “rumahku kantorku” maka sekarang ada jargon baru yaitu “kamarku kantorku”. Kedengaran aneh memang, bagaimana mungkin sebuah kamar yang notabene digunakan sebagai tempat beristirahat dialihfungsikan menjadi sebuah kantor tempat mengais rejeki.

Tidak ada yang aneh sebenarnya. Apalagi di zaman seperti ini, tak ada sesuatu yang tidak mungkin. Dari sampah saja bisa disulap menjadi uang, apalagi hanya sekedar kamar. Sudah tentu bisa disulap menjadi kantor tempat melakukan aktivitas.

Apa yang melatarbelakangi ide menjadikan kamar sebagai kantor?

Banyak dari kita akan senang kemewahan bekerja dari rumah. Bagi Anda yang memilikinya akan tahu apa artinya: jam fleksibel, kebebasan, dan ruang yang nyaman untuk bekerja. Ruang di rumah Anda bahwa Anda bekerja dari dan cara itu dirancang memainkan peran yang sangat penting dalam produktivitas dan kinerja.

Bahkan jika Anda seorang minimalis dan ingin berdamai dengan persyaratan kecil Anda, kantor Anda masih perlu untuk menginspirasi Anda untuk melakukannya dengan baik.

Banyaknya lahan yang sudah dipergunakan sebagai kantor membuat lahan yang tersisa semakin sempit. Salah satu alternative yang bisa dilakukan adalah dengan menyulap kamar dan rumah menjadi kantor pribadi .

Mengapa kamar dan mengapa bukan ruangan yang lain?

Sebenarnya kita juga bisa mempergunakan ruangan yang lain untuk kantor, misalnya: ruang tamu, ruang keluarga, atau halaman. Namun ketiga ruangan tersebut bersifat tidak permanent dalam artian, sewaktu-waktu bisa tergeser bila ada sesuatu yang terjadi. Ruang tamu yang dijadikan ruang kantor misalnya, akan bergeser fungsinya bila ada tamu yang datang. Begitu pula dengan ruangan yang lain.

Kamar tidur dinilai sebagai ruangan yang paling privasi yang bisa dengan bebas diperlakukan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Kamar tidur bisa dijadikan kantor mini, di mana semua kegiatan bisnis dioperasikan di situ.

Beberapa keuntungan memanfaatkan kantor di kamar, yaitu:

  • Menghemat tempat.
  • Tak perlu pindah bila ada sesuatu terjadi, misalnya tak perlu pindah bila ada tamu yang sedang berkunjung karena ruangan yang dipakai adalah ruang privasi.
  • Lebih fleksibel karena diri sendiri yang akan mengatur jadwal.
  • Kreativitas lebih terasah, karena kreativitas akan muncul bila gelombang otak berada dalam kondisi rileks dan tidak tertekan.

Cara Desain Kamar Kantor

Apakah Anda ingin menerapkan gaya desain modern atau gaya desain tradisional, ada beberapa tips penting untuk diingat ketika merancang kantor rumah Anda. Anda harus tahu bahwa dekorasi adalah aspek terakhir dari rancangan, dan bahwa ada banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih warna dinding. Dan Furniture Dasar nya ada dalam pilihan :

  • Dengan lokasi kantor rumah Anda memutuskan, saatnya untuk turun ke persyaratan mebel kantor rumah Anda. Berikut ini harus dipertimbangkan dalam bagian ini.
  • Pertama dan terutama meja. Tidak peduli apa pun jenis pekerjaan yang Anda lakukan dari rumah kantor Anda, Anda akan memerlukan meja untuk mengakomodasi desktop atau laptop. Selain itu Anda mungkin membutuhkan printer dan peralatan tambahan dengan komputer Anda.
  • Pastikan meja Anda memiliki ruang lapang untuk semua kebutuhan. Tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan, Anda mungkin perlu sebuah meja dengan laci untuk menampung file dan perlengkapan kantor lainnya. Jika mungkin, berinvestasi dalam tabel portabel yang dapat dipindahkan sekitar setiap sekali-sekali ketika terasa monoton.
  • Sementara menentukan meja, juga harus mempertimbangkan apakah Anda akan menghibur klien di kantor / kamar. Dalam kasus seperti itu, Anda akan membutuhkan meja kantor yang tepat yang memungkinkan Anda untuk nyaman berinteraksi dengan klien Anda.
  • Lemari tambahan akan diperlukan untuk menyimpan semua materi Anda. Jika Anda bisa, mendapatkan lemari dinding dipasang karena ini akan membebaskan ruang lantai untuk perabotan lainnya.
  • Banyak orang yang beroperasi dari kantor rumah seperti rak buku yang rumit di dalam ruangan. Tidak hanya memenuhi kebutuhan penyimpanan Anda, juga menambah nilai ke ruang dalam hal estetika. Pertimbangkan penyimpanan CD jika Anda memiliki kebutuhan dalam pekerjaan Anda.
  • Dapatkan sendiri sebuah papan memo yang Anda dapat memasang tepat di atas meja Anda, untuk mengingatkan diri Anda dari peristiwa-peristiwa penting, hal yang harus dilakukan, atau hanya untuk memasang kutipan inspirasi untuk membuat semangat.
  • Sebuah papan pengumuman juga merupakan tambahan yang menarik untuk ruang Anda, di mana Anda dapat memasang informasi penting, foto, dan karya seni yang menarik lainnya.
  • Jika Anda adalah seorang individu kreatif yang membuat kerajinan, seorang desainer interior, atau seniman, Anda akan membutuhkan meja tambahan untuk membuat produk Anda atau sketsa, cat, dll Tergantung pada ukuran ruangan Anda akan mampu mengakomodasi persyaratan .
  • Bagi Anda yang membuat kerajinan, yang menjadi pembungkus hadiah profesional, menjahit, dll bisa mendapatkan diri dinding dipasang rak untuk menahan gulungan Anda pita, gunting dan alat-alat lainnya yang diperlukan untuk pekerjaan Anda. Dalam kasus seperti ini akan menjadi lebih dari sebuah studio daripada ‘kantor’.

Ingat, penempatan furnitur harus sedemikian rupa sehingga tidak penuh. Harus ada ruang yang cukup bagi Anda untuk nyaman berjalan-jalan. Jangan menaruh furnitur di ambang pintu. Sebaiknya, furniture semua harus merapat di dinding untuk menghindari gundukan dan tumpukan yang menghalangi.

Cahaya dan Ventilasi

Kedua faktor ini sangat, sangat penting ketika Anda mempertimbangkan ide-ide desain apapun untuk kantor rumah Anda. Untuk menjaga pikiran segar dan bekerja, mendapatkan ventilasi yang memadai di dalam ruangan diperlukan.

Sementara ventilasi buatan secara alami disediakan untuk, menghirup udara segar selalu diperlukan untuk menjaga pikiran aktif. Sama halnya dengan cahaya. Anda tidak ingin beralih pada cahaya di hari ketika Anda memiliki kemampuan untuk membuat sebagian besar cahaya alami yang tersedia. Sebuah tip penting adalah jangan pernah menempatkan meja Anda terhadap cahaya.

Apakah Anda harus menulis, bekerja pada komputer, atau membuat hal-hal secara manual, duduk terhadap cahaya selalu menimbulkan kendala utama. Jauhkan lampu di meja Anda untuk fokus tambahan, dan memastikan pencahayaan yang tepat di seluruh ruangan. Lantai dipasang lampu tidak hanya dapat memenuhi persyaratan ringan namun juga berfungsi sebagai aksesoris yang unik di kantor rumah.

Bisnis apa saja yang bisa dilakukan dengan berkantor di kamar?

Bisnis yang bisa dilakukan dengan berkantor di kamar tentunya bisnis online atau yang berhubungan dengan tulis-menulis dan tentunya bersifat individual atau tak membutuhkan karyawan.

Beberapa bisnis yang mungkin bisa dilakukan dengan hanya berkantor di kamar yaitu: bisnis online (apapun bisnisnya), penulis, penerjemah, broker, dan penyiar radio local dengan segala peralatan siaran yang diletakkan di kamar.

Hanya dengan bermodal modem dan laptop serta sedikit mendesain ulang kamar tidur, maka kamar yang biasa dipergunakan sebagai tempat tidur tersebut bisa berubah bentuk menjadi kantor dengan seperangkat alat yang mendukung kerja.

Hanya dengan bermodal itulah setiap orang bisa menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah. Semua bisa melakukannya. Mudah bukan.

Namun demikian, pemilik kantor mini yang memanfaatkan fasilitas kamar juga harus berhati-hati dalam memanajemen diri mereka sendiri. Bila tidak, yang terjadi bukannya bekerja tapi bersantai-santai dan tidak produktif dalam menghasilkan karya.

Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa dilakukan bila sudah memiliki kantor di kamar:

  • Tetapkan jadwal ketat, misalnya berkantor dari jam 8 sampai dengan jam 5 sore dengan jam istirahat di siang hari selama 1 jam. Pada dasarnya sama saja dengan kantor-kantor yang lain, hanya tempatnya saja yang berbeda.
  • Bila perlu gunakan juga pakaian yang cukup resmi, karena hal tersebut akan mempengaruhi kondisi psikologis.
  • Kondisikan seolah-olah seperti di kantor pada umumnya.

Siapa saja yang bisa melakukan dan menciptakannya?

Setiap orang bisa melakukannya yaitu membuat kantor pribadi di kamar. Terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif di tengah kesibukannya sebagai seorang ibu dan istri. Seorang mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan pun bisa melakukannya. Pada dasarnya siapa saja yang mengingingkannya bisa melakukannya.

Berkantor di kamar merupakan salah satu alternative yang bisa dilakukan bagi siapa saja yang ingin berkantor sendiri tapi tak punya lahan.

 

Speak Your Mind

*