Meraih Sukses Bisnis dari Rumah

Bisa menjalankan bisnis dari rumah adalah keinginan banyak orang. Baik yang telah bekerja maupun yang masih menjadi pengangguran. Jenuh dengan rutinitas kerja dari pagi hingga sore hari, perjalanan pergi pulang ke tempat kerja yang melelahkan, konflik dengan atasan atau teman kerja, gaji yang tidak memadai, adalah sebagian alasan orang ingin meninggalkan pekerjaannya dan berhasrat membangun usaha sendiri.

Bayangan menjadi wirausawahan yang tertanam di banyak benak adalah menjadi bos untuk diri sendiri, independen dan dapat mengatur hidup sendiri, tidak tertekan dalam kubangan berbagai peraturan, serta pendapatan tanpa batas yang dapat diraih. Namun, kenyataannya, untuk menjadi wirausahawan sukses dibutuhkan kerja keras dan disiplin tinggi, juga perangkat pendukung yang memadai. Belum lagi risiko gagal. Dibutuhkan mental tahan banting untuk menjadi wirausahawan sukses.

Namun, jangan lantas surut ketika menyadari berbagai upaya keras yang harus dilakoni ketika mulai menentukan pilihan berbisnis dari rumah. Beban berat yang harus dipikul, kesiapan fisik, psikis, dan materi harus disiapkan untuk meretas jalan menjadi wirausahawan. Dengan formula yang tepat, memiliki usaha sendiri akan memberikan Anda segalanya: kenyamanan, kecukupan finansial, kepuasan, dan prestise.

Kunci Sukses Bisnis dari Rumah

Banyak hal harus dikerjakan ketika Anda mulai membangun usaha sendiri, diantaranya yaitu :

  • Lakukan riset Ini adalah hal mendasar yang harus Anda kerjakan pertama ketika hendak membangun usaha. Jangan bayangkan sebuah penelitian rumit sebagaimana yang biasa dilakukan lembaga-lembaga penelitian. Cukup lakukanlah pengamatan terhadap produk atau jasa yang ingin Anda pasarkan, tersediakah pasar untuk itu, lokasi mana yang paling strategis, persaingan yang ada, pemasok yang dapat Anda ajak bekerja sama, kisaran harga yang sudah ada di pasaran, dan sebagainya. Jangan pernah memulai usaha tanpa melakukan riset karena hal ini dapat berakibat pada kegagalan.
  • Buat perencanaan yang matangBerdasarkan riset yang Anda lakukan, buatlah perencanaan yang matang tentang jenis usaha yang Anda pilih, perencanaan keuangan, tempat yang cocok, skala usaha yang sesuai, pasar yang akan Anda masuki, dan bagaimana pengelolaan usaha ini nantinya.
  • Pastikan kecukupan modal AndaSemua bisnis memerlukan modal keuangan yang mencukupi. Pastikan Anda memiliki sumber-sumber keuangan untuk mencukupi kebutuhan modal yang Anda butuhkan.
  • Pastikan semua perlengkapan dipenuhiSuatu usaha membutuhkan perlengkapan-perlengkapan. Pastikan kebutuhan akan perlengkapan ini terpenuhi demi kelancaran kegiatan bisnis Anda.
  • Persiapkan fisik dan mental AndaMemulai usaha sendiri membutuhkan kerja keras dan mental tahan banting. Pastikan Anda memiliki kedua hal ini.

Bisnis Jasa yang Dapat Dijalankan dari Rumah

Menjalankan bisnis dari rumah memberikan sejumlah keuntungan, seperti tidak memerlukan dana untuk membeli atau menyewa tempat, dapat Anda jalankan kapan pun, dan dapat mengurus rumah tangga sembari bekerja. Beberapa bisnis jasa rumahan berikut ini dapat Anda jajaki kemungkinannya.

  • Persewaan perlengkapan bayiIni merupakan usaha yang menjanjikan. Membeli perlengkapan bayi cukup menguras uang, sementara penggunaannya sebentar saja. Jadi, banyak orang lebih suka menyewa daripada membeli.
  • Jasa penitipan anakJika Anda menyukai anak-anak, jenis usaha ini dapat Anda pilih. Makin banyaknya wanita karier membuat prospek usaha ini sangat bagus.
  • Jasa pembersihanOrang-orang makin sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah mereka. Banyak juga kantor yang tidak memiliki SDM khusus untuk menangani pekerjaan ini. Jadi, tersedia pasar yang luas untuk jenis usaha ini. Untuk jasa ini, Anda tidak perlu terjun langsung dalam pekerjaan pembersihan, tetapi dapat merekrut karyawan.
  • Persewaan alat pestaPesta tidak selalu diselenggarakan di gedung serbaguna atau hotel. Pesta rumahan pasti memerlukan alat-alat yang bisa didapat dengan menyewa. Anda dapat menjadi salah satu pemain di bisnis jasa ini.
  • Jasa pemberian pelajaran tambahan untuk anak sekolahBanyak orang tua khawatir dengan keberhasilan akademis anak-anaknya. Mereka pun berusaha mencarikan guru privat untuk anak-anak mereka atau mengikutkan mereka berbagai les pelajaran tambahan. Ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Sebagaimana pada jasa pembersihan, Anda tidak harus menjadi pengajar jika memang tidak mampu. Anda bisa bekerja sama dengan para guru atau mahasiswa yang ingin mencari tambahan penghasilan.
  • Kursus keterampilanKeterampilan Anda dapat bernilai ekonomi. Anda dapat menjual keterampilan dengan memberikan kursus. Misalnya, menjahit, menyulam, kecantikan, musik, atau memasak. Banyak orang berminat mengikuti kursus semacam ini, sekadar menambah keterampilan atau ingin menjadikannya keahlian yang dapat mendatangkan penghasilan.
  • Taman bacaanJika Anda hobi membaca dan memiliki koleksi bacaan yang banyak, Anda dapat membuatnya menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Daripada hanya memenuhi ruangan di rumah Anda, lebih baik Anda menyewakan buku, majalah, atau koran koleksi Anda.

Sekarang Saatnya Menjalankan Bisnis dari Rumah

Anda merasa harga sewa lahan usaha begitu mahal? Mengapa tidak mencoba menjalankan bisnis dari rumah saja?

Ya, sekarang sudah saatnya menjalankan bisnis dari rumah. Semua orang bisa menjalankan bisnis dari rumah masing-masing. Beragam keuntungan bisa Anda peroleh dengan menjalankan bisnis dari rumah, keuntungan yang utama adalah tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk menyewa toko atau kantor.

Kelebihan Bisnis dari Rumah

Selain bisa menghemat modal untuk menyewa kantor atau toko, fleksibelnya jam kerja juga merupakan sebuah kelebihan yang akan Anda peroleh. Menjalankan bisnis dari rumah juga dapat menghemat pengeluaran biaya transportasi. Anda tidak harus bolak balik rumah kantor atau rumah toko lagi. Bayangkan, berapa biaya yang dapat Anda hemat per harinya.

Bagi Anda yang sudah mempunyai anak, Anda tetap bisa menjalankan bisnis tanpa harus mengorbankan si kecil sendirian di rumah. Dengan menjalankan bisnis dari rumah, Anda-lah yang bertanggung jawab atas gaji atau pendapatan Anda sendiri. Andalah bosnya.

Pasar Online

Jika rumah saya jauh dari keramaian, bagaimana cara mamasarkan produk saya? Pertanyaan ini sering muncul ketika akan memulai menjalankan bisnis dari rumah. Sebenarnya, pada era internet seperti sekarang, pasar online merupakan pasar paling subur untuk memasarkan produk Anda. Memasarkan barang dengan cara online sebenarnya susah-susah gampang, tergantung bagaimana Anda melihat celah dan peluang.

Sebagai contoh, coba lihat berapa banyak jumlah teman di akun jejaring sosial Anda. Anda bisa memasarkan produk Anda kepada mereka. Selain menggunakan jejaring sosial, Anda juga bisa membuat website untuk memasarkan produk. Jadikan website sebagai toko Anda.

Bisnis yang Dapat Dikerjakan di Rumah

Bisnis yang bisa Anda kerjakan di rumah dan Anda pasarakan melalui internet, di antaranya:

  • Bisnis pembuatan aksesoris dan pernak pernik unik
  • Bisnis jasa fotografi
  • Bisnis jasa desain
  • Bisnis pembuatan website
  • Bisnis pembuatan kue ulang tahun
  • Bisnis konveksi atau jasa sablon

Selain itu, ada juga bisnis yang benar-benar online. Anda tidak harus membuat produk untuk dijual. Anda hanya memanfaatkan peluang yang sudah ada, seperti:

    • PTC atau Pay To Clik, Anda akan dibayar untuk setiap iklan yang Anda klik.
    • Affiliate, di sini Anda bisa memasarkan dan mempromosikan barang orang lain. Anda akan mendapat penghasilan dari komisi dari setiap barang yang laku.
  • PPS atau Pay Per Post, tugas Anda di sini adalah membuat sebuah review. Anda dibayar setiap memuat review di blog Anda.

Bisnis di Rumah Secara Online

Melakukan bisnis di rumah pada sepuluh tahun yang lalu mungkin dianggap sebagai pekerjaan nomor dua. Bahkan, orang yang bekerja dari rumah terkadang dianggap sebagai orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan itu berarti sebuah kekurangan. Tapi itu masa yang telah lewat. Sekarang makin marak orang yang mencari uang dengan melakukan bisnis dari rumah yang dijalankan secara online.
Beberapa orang – jika belum bisa dikatakan banyak – yang berhenti bekerja sebagai orang kantoran dan memulai bisnis sendiri di rumah. Beberapa yang lain sengaja memindahkan kantornya dari gedung yang disewa ke rumahnya. Apakah motivasi mereka untuk melakukan hal tersebut?
Inilah dua alasan utama mengapa orang melakukan bisinis di rumah :

1. Kenyamanan antara Lingkungan Kerja dan Keluarga

Menciptakan lingkungan kerja yang mendukung gaya hidup dalam keluarga. Dengan bekerja di rumah sendiri, kita bisa menentukan waktu kerja sesuai dengan keadaan keluarga kita, terutama jika kita sudah mempunyai anak. Jadi kita bisa mengantar anak sekolah, menjemput, membantu mengerjakan PR di sela-sela kerja kita. Kita juga bisa beristirahat dan bersantai dengan anak sesuai keinginan. Artinya, dengan pengaturan jadwal yang disesuaikan dengan kebiasaan hidup dalam keluarga, bisnis dari rumah akan sangat menyenangkan.

2. Pertimbangan  dari Segi Keuangan

Bisnis di rumah mempunyai keuntungan yang sangat penting dari segi keuangan, terutama untuk penghematan. Membuka kantor dengan menyewa sebuah tempat di kota besar memerlukan biaya puluhan juta yang harus dikeluarkan. Dan pembayaran ini akan terus kita lakukan selama kita masih menyewa tempat tersebut. Sebagian orang akan mengatakan bahwa biaya tersebut akan lebih baik jika digunakan untuk mempersiapkan membuka bisnis dengan kantor di rumah.

Perlengkapan untuk Bisnis di Rumah

Untuk menjalankan bisnis di rumah yang dilakukan secara online, kita membutuhkan sejumlah perlengkapan yang mendukungnya. Bahkan, perlengkapan tersebut berfungsi sebagai sarana utama demi kelangsungan bisnis kita. Perlengkapan tersebut antara lain sebagai berikut.

    • Komputer yang tersambung ke jaringan internet. Melalui internet, kita bisa memasang atau memaparkan usaha kita ke seluruh dunia. Memiliki web sendiri tentu sebuah keharusan. Karena dengan web sendiri, kita akan dianggap profesional oleh konsumen. Miliki juga akun email bisnis yang digunakan untuk berkomunikasi.
    • Pesawat telepon atau handphone. Alat ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan pesanan konsumen yang lebih suka menghubungi kita lewat telepon daripada email.
    • Faksimili. Walaupun sudah ada email dan telepon, terkadang faksimili masih tetap dibutuhkan. Jangan lewatkan untuk mengadakan alat tersebut.
  • ATK (alat tulis kantor). Bagaimanapun efisiennya kita dalam menggunakan teknologi yang ada, alat-alat kantor seperti pulpen, kertas, printer, dan lain-lain akan tetap dibutuhkan. Tapi jangan berlebihan. Karena data atau arsip-arsip yang berkaitan dengan bisnis, sekarang bisa disimpan secara online.

Nah, jika ingin mempunyai waktu lebih banyak dengan keluarga, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis di rumah secara online. Ingatlah bahwa setiap tahun, pengguna internet kian bertambah. Itu berarti bahwa peluang berwirausaha secara online semakin terbuka. Jika Anda masih bingung dan ingin belajar tentang berbisnis di rumah secara online, Anda bisa belajar di Internet

Speak Your Mind

*