Mitsubishi Kuda Bensin, MPV Masyakarat

Ilustrasi mitsubishi kuda bensinMitsubishi kuda bensin merupakan salah satu produk awal Mitusbisi untuk kelas multi purpose van atau MPV. Selain di Indonesia, jenis ini juga diproduksi di Taiwan dan Filipina, meski menggunakan nama yang berbeda yaitu Mitsubishi Adventure.

Masuknya Mitsubishi Kuda bensin sejak  11 September 1997, menambah marak persaingan kendaraan berkelas MPV setelah sebelumnya hanya terjadi persaingan antara Isuzu Panther dan Toyota dengan Kijangnya. Hal ini karena proporsi ketiga jenis mobil ini memiliki kemiripan yang saling mendekati.

Namun di antara merek-merek yang bentuknya saling mendekati ini, masing-masing sudah memiliki pangsa pasar sendiri. Selain itu, peminat yang masih banyak tidak menjadikan ketiga merek tersebut saling berebut pasar. Juga, masyarakat memiliki beberapa alasan dalam menempatkan pilihan mobil jenis MPV sebagai mobil pilihan utama masyarakat Indonesia saat ini.

Alasan Memilih MPV

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia masih menggemari mobil jenis MPV. Di antaranya adalah :

  1. Masyarakat Indonesia banyak menggemari jenis mobil ini karena modelnya yang fleksibel serta sesuai dengan kondisi sosiologis masyarakat Indonesia. Dengan bentuk yang besar, mampu menampung jumlah penumpang yang lebih banyak daripada jenis sedan.
  2. Mobil jenis MPV yang bertubuh tinggi dirasa pas dengan kontur jalan di Indonesia yang kondisinya belum stabil. Masih banyak jalan rusak dan berlubang yang lebih sesuai jika dilintasi oleh mobil bertubuh tinggi daripada mobil yang berbadan rendah seperti sedan.
  3. Mobil jenis MPV lebih tangguh menempuh berbagai macam medan seperti saat banjir. Juga daya tampung barang yang lebih banyak sangat menguntungkan para penggunanya. Apalagi saat ini banyak mobil jenis ini yang menyediakan fasilitas modifikasi ruang mobil yang bisa digunakan sebagai pengangkut barang dengan melipat kursi penumpang.
  4. Harga jual dari mobil jenis MPV yang lebih tinggi, terkait dengan banyaknya permintaan dari masyarakat akan mobil jenis ini. Sehingga masyarakat akan mudah untuk menjual kembali tanpa takut mengalami penurunan harga yang signifikan jika memiliki mobil jenis MPV.
  5. Mudah dibisniskan. Bisnis penyewaan mobil yang akhir-akhir ini marak, banyak menggunakan mobil jenis MPV sebagai armada. Sehingga mobil jenis ini merupakan mobil yang mendominasi sebagai armada di berbagai persewaan mobil karena tingginya permintaan dari masyarakat.

Speak Your Mind

*