Model Muda Jangan Hanya Bermodal Fisik

Ilustrasi model mudaMaraknya industri media saat ini, baik media cetak maupun media elektronik mendorong munculnya banyak model muda. Mulai dari anak-anak berusia SD, remaja, hingga dewasa muda. Remaja adalah bagian terbesar dari para model muda ini. Fenomena ini sesuai dengan karakter remaja yang ceria, terbuka, dan selalu ingin mencoba hal baru.

Proses Munculnya Model Muda

Perhatikanlah halaman-halaman iklan dan mode di majalah atau sinetron-sinetron dan iklan-iklan yang ditayangkan di televisi. Semua dihiasi oleh wajah cantik dan tampan para model muda ini. Sepertinya setiap hari bermunculan model-model muda. Ada yang muncul lewat berbagai ajang lomba model atau pencarian bakat.

Ada pula yang muncul karena mengikuti audisi atau casting yang diadakan oleh production house, produser, dan lain-lain. Ada pula yang muncul karena kebetulan. Ditawari menjadi model ketika sedang mengantar teman casting atau bertemu talent hunter ketika sedang berada di salon atau sedang hang out di mal. Hasilnya, hampir setiap hari  wajah-wajah model muda yang cantik dan tampan ini bermunculan di layar kaca. Mereka mengambil bagian dalam gemerlap dunia hiburan. Mereka ikut menawarkan gemerlap itu pada pemirsa.

Berapa lama para model muda ini dapat bertahan? Wajah cantik / tampan dan postur tubuh ideal memang menjadi modal utama untuk menjadi model. Namun, kecantikan dan ketampanan itu tak bisa dijadikan sebagai satu-satunya modal, mengingat wajah-wajah cantik dan tampan selalu datang setiap hari.

Lihat saja, betapa banyak model muda yang hanya bertahan satu dua tahun lalu menghilang begitu saja. Lihat pula, betapa banyak model muda yang tak dapat dibedakan dari model lainnya. Sepintas terlihat sama saja.

Yang Mesti Disiapkan Model

Agar dapat eksis lebih lama dan tak mudah tergusur oleh pendatang baru yang yang tak kalah cantik dan tampan, para model muda harus:

  • Memiliki ciri khas
    Ciri Khas ini membuat seorang model muda tampak berbeda dari model lain. Mungkin dari gaya berpakaian, gaya rambut, gaya bicara, dan sebagainya.
  • Memperkuat karakter
    Karakter yang lemah akan membuat seorang model muda tersingkir dengan mudah. Bersikap dan berperilaku positif, menghindari perilaku sensasional yang negatif.
  • Meningkatkan kemampuan / skill
    Jika ingin bertahan, para model muda harus mau meningkatkan kemampuan atau skill mereka. Kursus akting, kursus kepribadian, hingga kuliah di jurusan yang dapat menunjang karir. No pain no gain.
  • Konsisten
    Dalam bidang apa pun, kesuksesan hanya dapat diraih dengan adanya konsistensi. Kesuksesan tidak datang dalam sekejap mata. Tanpa sikap konsisten, rasa bosan akan cepat datang, bahkan jauh sebelum kesuksesan itu berada dalam genggaman.Kalau bisa menjadi model yang eksistensinya tetap kokoh selama bertahun-tahun seperti Indah Kalalo, Karenina, atau Tamara Bleszinsky, mengapa harus berpuas diri menjadi model sesaat?

Belajarlah dari Agnes Monica

Siapa yang tak mengenal Agnes Monica. Artis kelahiran 1 Juli 1986 ini adalah artis, penyanyi, presenter, model, bintang iklan dan bintang sinetron ini adalah salah satu contoh model muda yang tidak hanya mengandalkan wajah saja.

Ia tidak termasuk model atau artis yang terkenal sebentar saja. Ia memulai karirnya sebagai penyanyi dan presenter cilik. Ia pernah dua kali berturut mendapatkan penghargaan sebagai bintang sinetron terfavorit di acara Panasonic Awards. Yaitu, pada tahun 2002 dan 2003. Agnes Monica bukan saja populer di Indonesia, namun juga di negara-negara lain. Salah  satunya adalah Taiwan. Buktinya, ia pernah ditawari main film di negara tersebut.

Agnes Monica bukanlah model yang temporer. Artinya, hanya dikenal sesaat oleh publik. Ia  adalah artis yang sudah terkenak sejak kecil sebagai penyanyi cilik populer dengan lagu Si Meong, Bala-Bala dan Yess. Tak hanya sampai di situ saja, ia juga menjadi presenter dalam program anak-anak Video Anak Anteve dan Tralala-Trilili di RCTI.

Ia bukanlah penyayi cilik yang ketika berusia remaja menjadi tidak populer, seperti Enno Lerian atau Jhosua. Semakin remaja, Agnes makin populer. Ia masuk dalam beragam dunia hiburan. Salah satunya menjadi model muda Indonesia. Bahkan di tahun 2002 ia ikut serta dalam pembacaan puisi di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki dengan judul Opera Negeri Kaum Terdakwa. Ia membaca puisi bersama tokoh-tokoh negeri ini.

Semasa sekolahnya dulu, Agnes memang anak yang pintar. Ia selalu juara kelas. Meski ia sibuk dengan menyanyi, namun pelajaran sekolahnya tidak pernah ketinggalan. Ia juga terus mengasa diri dengan mengikuti berbagai kursus atau les, dari les piano hingga bahasa Inggris.

Demikian juga di saat ia remaja, ia terus mengasah kemampuannya hingga banyak sekali hasil usahanya yang membuat namanya harum. Ketika ia menjadi penyanyi, ia tak sungkan-sungkan untuk belajar kemampuan vokal di Elfa Seciora dan Bertha. Sungguh, keseriusan Agnes menjadi penyanyi dan model bukan hanya mengandal fisik saja, tapi ia mengandal talenta yang dimilikinya.

Hingga akhirnya, ia mampu menjadi penyanyi yang Go International. Ia mengikuti jejak Anggun C. Sasmi. Namun Agnes tetap memilih diri memiliki kewargenaraan Indonesia. Berbeda dengan Anggun yang sempat berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Prancis. Karir Agnes tidak sampai di situ saja. Ia juga terpilih sebagai Duta Anti Narkoba di sepuluh negara Asia dan delapan negara di luar Asia.

Inilah yang diajarkan oleh Agnes Monica. Jika ingin menjadi terkenal dan tetap menjadi model muda yang berbakat, maka kuasailah apa yang mampu menunjang profesi Anda. Agnes coba mengajarkan melalui belajar bahasa Inggris, tarik suara dan piano. Agnes menilai inilah yang dapat menaikkan karirnya, dan ternyata terbukti bahwa karirnya memang naik.

Maka dari itu, hendaklah para model muda Indonesia jangan hanya menganggarkan fisik dan kecantikan semata. Tapi buktikan dengan kemampuan yang ada. Bila Anda sudah terkenal, cobalah untuk tidak berpikir singkat dengan apa yang dimiliki saat ini. Anda model muda, maka tak akan beberapa lama lagi bakal ada yang menjadi pesaing.

Karena itu, timbulkan kemampuan-kemampuan baru yang tetap membuat orang tertarik melirik Anda. Bila ini tidak dilakkan, maka Anda bakal hanya memiliki keharuman nama yang sebentar. Hanya menambah kemampuan yang mampu membuat kita terkenal dan selalu dibutuhkan produser.

Kembali belajar dari Agnes Monica sebagai contoh kongkrit. Lihat saja saat ia menjadi bintang film dalam Pernikahan Dini. Ternyata, ia juga merangkap sebagai penyanyi soundtracknya. Sungguh, pemilihan dirinya sebagai penyanyi karena kemampuannya yang berlebih dibandingkan model muda yang lain.

Demikian halnya dengan Anda yang sudah menekuni diri ingin menjadi model muda. Anda bisa mengawalinya mulai saat ini dengan meningkatkan kompetensi. Atau Anda yang membaca artikel ini, barangkali, sudah menjadi model muda, maka tingkatkanlah kemampuan Anda. Jangan bangga dengan apa yang sudah diraih saat ini. Tapi cobalah untuk meningkatkannya. Hidup ini terus berputar. Hanya orang yang sungguh-sungguh meningkatkan kemampuan yang bakal berada di posisi teratas.

Karena itu, model muda tak hanya mengandalkan fisik, tapi juga mesti mengandalkan kemampuan yang lain, seperti bahasa, memainkan alat musik. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*