Modifikasi Minuman Hangat dari Jahe

Minuman Hangat biasanya menjadi pelengkap hidangan terutama saat kondisi cuaca dingin. Salah satunya yang banyak dihidangkan adalah minuman yang terbuat dari jahe. Jenis tanaman akar-akaran ini bisa diolah menjadi beragam minuman yang nikmat terutama jika disajikan dalam kondisi hangat.

Baik itu melalui pengolahan maupun dengan cara langsung diseduh atau dicampur dengan jenis minuman lainnya. Rasanya yang begitu menggoda cukup mengundang selera serta cocok disajikan dengan berbagai jenis makanan apapun.

Wedang Jahe

Minuman berbahan dasar jahe termudah yang bisa dibuat adalah wedang jahe. Cara membuatnya cukup mudah. Ambil jahe secukupnya, lalu bersihkan dari kulit ari yang menempel. Sesudah bersih, tumbuk jahe namun jangan sampai hancur. Lantas masukkan jahe ke dalam gelas dan masukkan gula sesuai selera, dan seduh dengan air panas. Minuman hangat siap tersedia.

Ada pula cara lain dalam membuat wedang jahe. Caranya, jahe tidak usah dikupas. Cukup dibersihkan lalu bakar di pengapian sekitar 5 menit. Jaga jangan sampai jahe hangus terbakar. Setelah dirasa cukup, ambil jahe yang dibakar tersebut lalu pukul-pukul sampe pecah. Dan masukkan ke dalam gelas yang sudah terdapat air dan gula. Akan lebih nikmat, jika gula yang dipakai adalah gula jawa. Lalu hidangkan.

Jika enggan repot, saat ini sudah banyak pula tersedia ramuan jahe dalam bentuk serbuk. Sehingga Anda cukup menyeduh jahe dalam kemasan tersebut dengan air panas. Namun tentunya, aroma dan rasa yang didapat jelas berbeda jika Anda menggunakan jenis jahe alami. Namun semua tergantung selera Anda dalam memilih jenis minuman favorit.

Susu Jahe

Jenis minuman ini sangat cocok khususnya bagi mereka yang sedang masuk angin. Mengapa? Sebab ramuan ini selain menjadikan tubuh lebih hangat juga akan menyebabkan tubuh terasa rileks. Dengan demikian, susu jahe juga akan berfungsi sebagai zat perangsang bagi mereka yang ingin segera tidur nyenyak tanpa bantuan obat-obat tidur.

Membuat susu jahe ini cukup mudah. Segelas susu (sebaiknya susu putih) cukup dicampur dengan seruas jahe yang sudah dibakar. Lalu aduk hingga aroma jahe merata ke dalam minuman susu. Ramuan ini bisa pula diminum oleh mereka yang memiliki alergi terhadap aroma susu. Karena pengaruh jahe yang bersifat menetralisir rasa susu, akan bisa mengurangi rasa mual akibat minum susu bagi mereka yang alergi terhadap minuman susu.

Minuman Hangat – Pas untuk Udara Dingin

Minuman hangat rasanya cukup menjadi kegemaran bagi siapapun. Mulai dari muda hingga tua, baik laki-laki maupun wanita. Semua akan mudah menyukai minuman hangat ini. Terutama memang saat udara di sekitar cukup mendukung.

Konsumsi Minuman Hangat Agar Tubuh Juga Hangat

Udara dingin di musim kemarau bisa saja membuat tubuh menggigil. Bahkan, saat musim hujan, dingin terasa akan lebih menyayat kulit hingga seperti terasa menyayat tulang. Ketika udara tengah seperti itu, minuman hangat bisa menjadi salah satu “jalan keluar” yang paling baik.

Terlebih jika Anda menikmati minuman hangat tersebut dengan membungkus tubuh berlapis-lapis menggunakan sweater atau jaket. Memakai kaos kaki, syal, berdiam di depan perapian, atau memilih tiduran dengan kehangatan selimut. Udara dingin akan tertaklukkan!

Tidak bisa tidak, manusia terlebih manusia yang tinggal di kawasan tropis, memang cenderung lebih tidak tahan terhadap udara dingin. Terbiasa dengan hawa yang hangat, membuat masyarakatnya menjadi tidak terbiasa. Minuman hangat pun kemudian menjadi semacam “penyelamat” saat udara memang sedang tidak bersahabat dengan badan.

Tubuh memang dilapisi lemak untuk tetap menjaga temperatur tubuh berada pada angka normal. Setidaknya menyesuaikan dengan keadaan suhu di sekitar. Lemak bisa didapatkan dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Selain menghasilkan lemak, makanan dan minuman juga berpengaruh secara langsung. Seperti minuman hangat.

Anda pasti mengerti maksud “berpengaruh secara langsung” yang dihasilkan dari minuman hangat. Ya, saat Anda mengonsumsi minuman hangat, tubuh akan dengan tiba-tiba merasakan hangat bukan? Pertama di tenggorokan, kemudian kehangatannya mulai menjalar dan terasa di perut. Sensasi seperti itu memang hanya bisa Anda rasakan ketika menikmati minuman hangat, apapun jenisnya.

Minuman Hangat Khas Indonesia Kaya Rempah-rempah

Sebagai bangsa yang hidup dengan dua iklim, Indonesia memiliki tanah yang subur. Berbagai rempah tumbuh dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Termasuk makanan dan minuman. Dalam penyajian minuman hangat, rempah-rempah juga tidak ketinggalan ikut “andil” dalam membuat minuman hangat semakin hangat.

Dalam hal ini, Indonesia patut berbangga. Berbagai rempah-rempah yang bisa digunakan untuk pembuatan minuman dan makanan tersedia dengan leluasa. Keberadaan rempah-rempah pun kemudian menjadi keunikan tersendiri dari kuliner Indonesia. Pun dengan minuman hangat khas Indonesia.

Manfaat yang dimiliki oleh rempah-rempah yang terdapat dalam minuman hangat khas Indonesia tidak usah lagi diragukan. Selain tentu saja menghangatkan, rempah-rempah seperti jahe, sangat baik untuk tubuh. Mulai dari memperlancar sistem pencernaan, hingga mengobati berbagai penyakit seperti diare, masuk angin hingga mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

Kehadiran jahe dalam minuman hangat khas Indonesia bukan lagi hal yang asing. Kenyataannya, jenis rempah tersebut memang memiliki khasiat yang luar biasa. Jahe seperti memiliki kekuatan untuk menghangatkan tubuh, apapun caranya. Entah itu dicampurkan ke dalam makanan dan minuman, atau hanya sekadar dioleskan ke permukaan kulit sebagai obat luar.

Minuman Hangat Khas Indonesia

Minuman hangat sangat tepat untuk segera mengurangi rasa dingin yang ditimbulkan oleh udara. Ketika musim penghujan tiba, minuman hangat maupun makanan hangat pasti akan cukup banyak diminati. Beruntungnya, Indoensia memiliki variasi yang cukup banyak untuk bisa memuaskan semua masyarakatnya. Berikut ini adalah minuman hangat khas Indonesia yang sangat mudah ditemui.

1. Minuman Hangat – Teh

Jenis minuman yang satu ini datang dari tradisi masyarakat Jepang. Berakar dari kebiasaan masyarakat Jepang itulah, teh menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Teh memang jenis minuman yang cocok diminum kapan pun, dalam situasi apapun. Disajikan dingin atau hangat tetap enak. Membuatnya pun sangat mudah sebab sudah banyak teh celup yang bisa disajikan dengan cepat.

Minuman teh yang dicampur es batu dan gula akan berhasil melepaskan dahaga Anda. Sementara teh yang disajikan hangat sangat pas dinikmati saat cuaca sedang dingin. Jika suka, Anda bisa menambahkan jeruk lemon sehingga rasanya sedikit asam. Minuman hangat yang satu ini pasti akan membuat Anda tenang.

2. Minuman Hangat – Kopi

Selain teh, kopi kerap menjadi alternatif yang baik untuk menghangatkan tubuh, terutama bagi kaum pria. Minuman hangat berwarna hitam pekat ini memng sudah sangat terkenal, bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Dalam perkembangannya, minuman hangat ini memiliki banyak variasi, salah satunya adalah kopi ginseng. Kandungan ginseng di dalamnya mampu membuat badan menjadi hangat dan mencegah masuk angin.

Selain ginseng, minuman hangat yang umumnya berampas ini juga bisa dicampurkan dengan susu. Rasanya akan jauh lebih nikmat, dan biasanya akan cukup digemari oleh kaum wanita. Menikmati secangkir kopi susu beserta biskuit saat udara sedang dingin adalah salah satu kenikmatan dunia.

3. Minuman Hangat – Jeruk Hangat

Jeruk hangat pun cukup nikmat diminum di saat udara terasa dingin. Selain mendapatkan kehangatan, kita pun mendapat efek segar dari jeruk. Minuman hangat yang satu ini juga sangat mudah disajikan. Ambil jeruk, lalu peras, pisahkan dengan bijinya, campurkan dengan gula dan air hangat, aduk lalu siap dikonsumsi.

Minuman hangat yang terbuat dari jeruk ini juga bisa dinikmati secara dingin. Kesegaran dari perasan jeruk, ditambah manisnya gula merupakan perpaduan yang pas untuk siang hari Anda.

4. Minuman Hangat – Bandrek

Jika ingin minuman hangat yang benar-benar tradisional, Anda bisa memilih bandrek yang terbuat dari rebusan air jahe dan gula merah. Sudah pasti hangatnya terasa tidak hanya di perut. Sejak masuk tenggorokan, hangatnya telah membuat nyaman.

5. Minuman Hangat – Bajigur

Bajigur pun sebagai minuman hangat tradisional lainnya dapat menjadi pilihan sebab bajigur lebih enak diminum selagi hangat. Begitupun dengan bandrek. Minuman hangat khas Indonesia ini terbuat dari santan kelapa dan gula merah. Selain manis dan hangat, minuman ini memberikan sensasi gurih saat dikonsumsi.

Minuman hangat khas Indonesia ini merupakan khas tanah Sunda. Keberadaannya kini menjadi satu hal yang langka. Pedagang bajigur sudah mulai jarang. Ketika didagangkan, bajigur juga biasa ditemani penganan lain, seperti pisang rebus, kacang rebus, dan getuk.

6. Minuman Hangat – Susu

Jika Anda tidak suka kopi, bosan juga dengan teh, dan tidak mau ribet jika harus membuat jeruk hangat. Bahkan, bandrek dan bajigur pun tidak mau. Anda dapat meminum susu. Minuman hangat yang satu ini juga cukup praktis.

Akan lebih nikmat jika minuman hangat ini terbut dari susu murni. Susu murni sapi sangat nikmat diminum selagi hangat dalam cuaca dingin. Anda bisa juga mengkombinasikan antara kopi dan susu, atau teh dan susu. Rasanya pasti lebih nikmat ketimbang minuman tersebut “berkarier secara solo”.

8. Minuman Hangat – Makanan Sereal

Cuaca dingin tidak hanya menyebabkan tubuh ingin kehangatan, tetapi terkadang terasa lapar. Jika malas untuk makan berat, Anda bisa minum makanan sereal. Hangat dan cukup menahan rasa lapar atau mengganjal perut kita. Minuman hangat sekaligus bisa mengenyangkan ini akan menjadi “penyelamat” tubuh kita dari masuk angin.

9. Minuman Hangat – Coklat Hangat

Pilihan lain bisa juga cokelat hangat. Cokelat selain nikmat, dapat mengurangi stres dan mampu menyehatkan jantung. Minuman hangat tentulah yang kita inginkan jika cuaca sedang dingin dan tubuh menggigil.

Kehangatan dari minuman, bahkan, mampu membuat kita tertidur sejenak karena nikmatnya kehangatan yang disalurkan dari berbagai jenis minuman hangat itu.

Entah apa yang dimiliki oleh minuman hangat. Satu hal yang pasti adalah, selain kehangatan, kita juga akan merasakan ketenangan dan kenyamanan sesaat setelah mengonsumsi jenis minuman tersebut. Menikmati secangkir minuman hangat saat hujan, akan semakin membuat perasaan Anda tenang dan melayang.

Speak Your Mind

*