Musim Dingin Tiba, Siapkan Segala Perlengkapan Musim Dingin

Perlengkapan Musim Dingin РMusim dingin tiba. Apa saja yang sudah Anda siapkan? Sebenarnya, untuk negara seperti Indonesia yang beriklim tropis, persiapan perlengkapan musim dingin tidak terlalu ribet dan banyak. Musim dingin di negara tropis bukan benar-benar musim dingin bersalju dan bersuhu sangat dingin, melainkan musim hujan. Ketika musim hujan tiba, negara beriklim tropis memiliki persiapan yang lebih sederhana, misalnya mempersiapkan payung dan jaket.

Perlengkapan Musim Dingin

Musim dingin tidak boleh dianggap remeh, karena dari segi kesehatan musim dingin dapat menyebabkan berbagai penyakit. Tubuh yang lemah pada saat musim dingin akan mudah terserang penyakit. Misalnya saja penyakit flu atau batuk. Oleh karena itu akan menjadi sebuah tindakan yang bijaksana apabila kita telah mempunyai berbagai persiapan untuk menghadapi musim dingin. Bila di Indonesia musim dingin ditandai dengan serinnya terjadi hujan. Hujan yang terus menerus dapat mengakibatkan beberapa kerugian pada seseorang atau keluarga yang belum bersiap-siap untuk menghadapinya.

Berbeda dengan negara-negara yang memiliki 4 musim, turunnya salju membuat cuaca dingin lebih ekstrem, bahkan nyaris beku. Tentu saja, persiapan untuk musim dingin pun harus lebih baik, tidak hanya jaket yang diperlukan, Anda akan membutuhkan longjohn, syal, topi, sarung tangan, tutup telinga, kaos kaki wool, sepatu hangat. Selain pakaian, Anda perlu stamina kuat dan siap menghadapi cuaca dingin yang bisa saja cukup ekstrem.

Persiapan Pakaian

Selama musim dingin, kita tidak dapat terus menerus berdiam diri di rumah. Pastinya setiap individu mempunyai berbagai aktivitas untuk dikerjakan di luar rumah, seperti halnya bekerja, belanja ataupun belajar di sekolah dan kampus. Keluar rumah di musim penghunjan harus disertai berbagai perlengkapan musim dingin terutama adalah pakaian. Pakaian adalah pelindung utama bagi tubuh terhadap cuaca yang ekstrim, baik itu dingin ataupun panas yang menyengat.

Bagi yang menginginkan berpergian ke luar negeri di musim dingin, sebaiknya memperhatikan dahulu kondisi cuaca tempat yang dituju tersebut. Karena setiap wilayah negara di dunia memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan negara lain. Sebab itu akan menjadi keuntungan bagi kita untuk mengetahui dahulu kondisi cuaca tempat tujuan berpergian. Musim dingin di Jepang tentunya berbeda dengan musim dingin di negara Amerika Serikat. Dan juga budaya masing-masing negara menentukan model pakaian yang cocok untuk melewati musim dingin.

Siapkan keperluan Anda sebaik mungkin, mulai dari pakaian musim dingin. Pilih bahan pakaian dari wool, polyester, atau jaket bulu angsa yang hangat, namun lembut. Yang harus diperhatikan ketika memilih baju hangat adalah selain fungsinya menghangatkan, harus tetap nyaman dipakai, tidak gatal maupun lembap.

Selain baju hangat (sweater, jaket), ada pakaian musim dingin yang dinamakan longjohn. Pakaian ini merupakan setelan panjang hangat yang biasa digunakan di negara dengan 4 musim, khususnya ketika musim dingin bersalju tiba. Pilihlah yang berbahan lembut dan nyaman dikenakan. Perhatikan pula ukurannya, harus pas dan tidak mengganggu gerak tubuh ketika dikenakan.

Jangan lupa, lengkapi juga kebutuhan musim dingin Anda dengan kaos kaki berbahan wool, syal, topi atau kupluk, sarung tangan dan tutup telinga yang menyerupai earphone dari bahan wool, nylon atau poliester yang memiliki bulu-bulu halus dan hangat untuk melindungi telinga dari hawa dingin. Cek kembali persiapan Anda memasuki musim dingin, terutama ketika Anda akan bepergian ke negara-negara dengan 4 musim yang sedang bersalju.

Persiapan Kesehatan

Yang tidak kalah penting dari pakaian adalah persiapan kesehatan Anda. Coba lakukan berbagai tips berikut ini.

1. Cek kesehatan Anda sebelum bepergian

Sebenarnya tips ini selalu dilakukan oleh setiap orang ketika akan melakukan kegiatan, mulai dari bepergian ke tempat yang jaraknya jauh maupun dekat. Kesehatan sangat menentukan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan berlangsung. Cek kesehatan tidak harus pergi ke dokter terlebih dahulu, namun dengan memperhatikan sekaligus merasakan apakah kondisi kita fit atau tidak pada saat akan melakukan perjalanan.

Melakukan aktivitas di luar rumah akan terasa berat apabila tubuh kita tidak sehat. Sehingga saat badan terasa tidak enak atau sakit maka lebih baik Anda mengurungkan niat untuk keluar rumah atau bepergian jauh. Segera istirahatkan tubuh Anda di rumah, ataupun mengobatinya dengan obat-obat alami sekaligus memakan makanan penambah energi.

Penyakit yang sering menyerang kita saat musim dingin adalah flu atau pilek. Hidung terasa buntu dan badan meriang adalah gejala seseorang menderita penyakit flu. Bila terserang flu maka segera istirahatkan total tubuh Anda di tempat tinggal, hindari aktivitas yang dapat membuat badan letih atau lemas kekurangan energi. Maka dan minumlah sesuatu yang dapat menghangatkan dan memulihkan kondisi badan, seperti meminum minuman jahe hangat, memakan bubur ayam yang baru dimasak, ataupun meminum air jeruk hangat pun dibolehkan.

2. Lakukan olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh dan peningkatan kualitas fisik

Berolahraga di musim dingin menjadi sesuatu yang jarang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Kenapa? Wajar saja karena di musim dingin, seseorang akan lebih nyaman berada dalam ruangan atau rumah demi menghindari air hujan atau salju yang sangat dingin. Tetapi bila kita tidak berolahraga dapat menurunkan stamina atau kondisi tubuh selama musim dingin.

Lakukan olahraga yang dapat dimainkan di musim dingin, otomatis kita mencaroi olahraga indoor atau dalam ruangan. Olahraga indoor sangat bervariasi dan banyak jumlahnya. Misalnya di Indonesia maka telah dibangun lapangan futsall di mana-mana, khususnya di kota-kota besar. Sehingga oleharaga sepak bola mini ini akan dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi tubuh kita selam musim dingin tiba. Bila Anda tidak begitu suka dengan olahraga futsall maka alangkah baiknya melakukan olahraga lainnya seperti voli, bulutangkis, ataupun tenis meja. Berkeringatlah selamat musim dingin!

3. Konsumsilah makanan dengan kecukupan gizi yang baik (4 sehat 5 sempurna)

Makanan adalah hal yang urgen dalam menjaga kesehatan tubuh, apalagi di waktu musim dingin dimana tubuh butuh asupan energi untuk menjaga kehangatan badan. Maka makanlah makanan yang dimasak sendiri di rumah, hindari makanan cepat saji. Selain rendah gizi makanan cepat saji umumnya mengandung kolesterol yang tinggi.

4. Perbanyak minum air mineral sebanyak satu gelas setiap satu atau dua jam walaupun tidak haus

Air putih sangat penting untuk metebolisme tubuh kita. Jangan sampai kekurangan air putih kapan pun. Jaga rutinitas meminum air putih setiap harinya, setidaknya delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral. Selebihnya dapat meminum minuman yang bervariasi, seperti susu sampa teh tarik.

5. Hindari terpaan udara dingin apabila memungkinkan

Keluar rumah sewaktu musim penghujang memang harus waspada, terutama bila ada angin kencang yang datang. Cermati kondisi cuaca di hari kita akan bepergian, bila dirasakan terlalu berat untuk dilewati maka sebaiknya mendiamkan diri di rumah saja. Bila berkeinginan keluar rumah, maka pakailah pakaian tebal dan dapat melindungi tubuh dari air hujan atau salju.

6. Cukup istirahat dan tidur lebih kurang 6-8 jam sehari

Istirahat yang cukup pada malam hari di musim dingin. Dengan cuaca yang berat maka salah satu upaya untuk mempertahankan kesehatan adalah dengan istirahat yang cukup. Hindari kerja yang berat dan lemburan selama musim penghujan, karena saat tersebut adalah waktu yang sangat riskan bagi tubuh untuk terserang sakit.

7. Batasi kegiatan yang tidak perlu agar tubuh tetap sehat

Aktivitas yang tidak perlu harus diminimalisir, misalnya begadang semalaman untuk nonton televisi atau video, bermain game sampai larut malam, atau sekedar cangkrukan di warung atau cafe. Isi waktu di musim dingin kegiatan yang bermanfaat atau yang menghasilkan uang tentunya. Ingin tahu cara termudah dalam membangun bisnis di internet, kunjungi saja www.asianbrain.com.

Persiapan Mental

Jangan salah, selain persiapan fisik, persiapan mental diperlukan. Udara yang dingin terkadang membuat orang cenderung lebih cepat stres, seperti halnya jika udara terlampau panas. Untuk menghindari stres karena udara dingin dan ekstrem, isi otak dengan kegiatan, seperti membaca atau menonton acara atau film komedi, surfing internet, dan lain-lain. Jangan bengong atau justru terlampau banyak tidur mengisi hari-hari Anda di musim dingin. Tetaplah beraktivitas asal jangan berlebihan sehingga menguras tenaga.

Speak Your Mind

*