Nge-share dengan Rapidshare

Ilustrasi rapidshareBagi Anda yang suka share file, baik itu unggah (upload) atau unduh (download) program komputer, hasil foto komik kesukaan, file lagu, file video dan lain-lain, tentunya tak kan asing dengan website yang satu ini. Rapidshare.com , atau sering disingkat dengan RS.

Rapidshare didirikan pada bulan Oktober 2006, web hosting dari Jerman yang di operasikan di Swiss. Kini rapidshare menjadi salah satu situs yang paling banyak pengunjungnya, dengan jutaan berkas file tersimpan di server, menjadikan rapidshare salah satu situs penyimpan file terbesar didunia.

Perbandingan dengan Situs Share Lainnya

Komputer tentunya menyimpan banyak file, seperti dokumen Word, spreadsheet Excel, MP3 dan video. Sekarang, bagaimana jika crash hard disk? Maka pemilik komputer harus selalu memiliki salinan lain dari data yang di butuhkan, sehingga Anda tidak depresi dalam kasus crash di komputer.

Ada solusi backup online yang memungkinkan untuk menyimpan file di web. Ada juga situs penyimpanan gratis yang memungkinkan Anda menyimpan file bagi mereka yang tidak selalu ingin membuat cadangan.

Namun, Anda akan membutuhkan kecepatan upload cepat dan koneksi yang handal untuk membuat cadangan file secara online, setiap hari. Ada juga beberapa tindakan pencegahan yang perlu Anda ambil, ketika menggunakan layanan ini. Selalu diingat bahwa jika crash server situs, atau jika perusahaan dot com bust berjalan, Anda dapat kehilangan semua data Anda.

Jadi, ingatlah untuk membuat yang lain cadangan dari semua file penting di CD atau DVD. Selain itu, situs-situs penyimpanan file online tidak aman, sehingga Anda harus mengenkripsi file Anda sebelum meng-upload. Meskipun Anda mungkin telah mengambil semua langkah-langkah untuk menjaga data Anda aman, ada kemungkinan bahwa hacker akan mengakses file Anda.

File Penyimpanan

Jika Anda menyimpan film di hard disk Anda, dan jika Anda kehabisan ruang, menggunakan situs penyimpanan. Menurut sebuah artikel PC World (2006), situs terbaik adalah iBackup, situs penyimpanan terbaik adalah GoDaddy dan situs berbagi terbaik 4shared.

  • GoDaddy memungkinkan Anda untuk membuat link ke File Folder Online, di komputer Anda ‘My Network Places’ (yang ditemukan di Windows Explorer). Anda bahkan dapat memampatkan file dan mengenkripsi mereka untuk keamanan. Anda dapat menyinkronkan File Folder online Anda dengan folder desktop, yang berarti menciptakan hubungan antara folder dan file.
  • Streamload ini MediaMax adalah salah satu situs yang menempatkan semua foto dalam satu folder dan semua lagu dalam folder lain. Anda juga dapat memilih untuk bermain banyak lagu sekaligus, seperti dalam daftar putar. Satu-satunya kelemahan MediaMax adalah kesulitan yang dihadapi, ketika mengupload banyak file pada suatu waktu.
  • IBackup tidak perlu pengguna, yang melihat (menonton / menggunakan) file bersama, untuk memiliki akun.
  • XDrive memungkinkan pengguna untuk melihat file audio dan video pada ponsel. Namun, kadang-kadang xDrive memberikan Anda kesalahan.
  • FirstBackup tidak memungkinkan Anda untuk menjadwalkan backup, ketika komputer Anda sedang tidur.
  • ElephantDrive hanya bekerja dengan Windows dan Mac atau Linux tidak, karena situs ini dibangun dengan menggunakan kerangka Bersih dan. Bukan teknologi Java.
  • Box.net memungkinkan Anda untuk menandai file atau folder dengan kata kunci.
  • Simdesk memungkinkan Anda berkolaborasi dengan kelompok-kelompok lain dalam bisnis Anda. Anda juga dapat berbagi printer di LAN kantor dan mencetak file, ketika Anda di rumah atau di jalan.
  • FlipDrive memiliki antarmuka yang sederhana dan kompres file sebelum men-download, sehingga hirarki file disimpan. Namun, Anda tidak dapat men-download versi resolusi tinggi gambar.
  • Solusi Storage online bekerja seperti account FTP dan Anda dapat menggunakan Novell Netdrive untuk memetakan drive online.

File Sharing

Anda dapat berbagi file dengan melampirkan nya ke sebuah email dikirim ke penerima. Namun, ini membuntu bandwidth dari kedua pengirim dan koneksi penerima. Alternatifnya adalah dengan menggunakan salah satu situs file-sharing.

4shared memungkinkan Anda untuk mengontrol privasi file, dengan menandai mereka sebagai hitungan publik atau swasta dan juga menjaga dari jumlah file yang telah di-download.

  • Groove Virtual Office memungkinkan Anda untuk berbagi Word, file PowerPoint dan Excel. Anda dapat menyisipkan tanggal penting dalam kalender bersama, dan mengirim email saat Anda berada di dalam Groove. Anda dapat menyesuaikan izin untuk memilih pengulas dokumen dan mengikuti revisi.
  • WebEx mengakuisisi Intranets.com dan WebOffice adalah situs berbagi sepenuhnya berbasis browser. Secara otomatis mengirim email kepada para hadirin, mengingatkan mereka bahwa mereka harus hadir pada pertemuan tersebut.
  • Rapidshare memungkinkan Anda untuk berbagi file dan file tetap di server, asalkan mereka di-download setidaknya sebulan sekali.
  • YouSendIt memiliki antarmuka yang sederhana dan mengirim email ke penerima yang berisi pesan dari pengirim. Pengirim juga menerima email konfirmasi yang memberitahukan bahwa file tersebut telah di-upload. Ada juga daftar kontak, yang memiliki nama-nama semua penerima.

Masa depan penyimpanan file online dan backup adalah bahwa pengguna akan mendapatkan lebih banyak ruang dan lebih untuk menyimpan data mereka, melalui perusahaan dot com. Data akan dihaluskan dari berbagai sumber, dan data akan tersedia dari mana saja.

Akun Premium vs Free User

Pengguna premium acount adalah pelanggan rapidshare yang berbayar, karenanya ada beberapa keistimewaan yang bisa dilakukan oleh pengguna akun ini, seperti:

  • upload file hingga 2 GB
  • webspace 500 GB
  • trafik 80 GB per bulan
  • bisa unduh dengan menggunakan download manager
  • kecepatan mengunduh tidak dibatasi

Pengguna free user, yaitu pengguna rapidshare yang tak berbayar alias gratisan. Tentu saja ada beberapa keterbatasan bagi pengguna akun ini, diantaranya:

  • untuk proses unduh harus menunggu beberapa detik/ menit, tergantung dari berapa besar ukuran file tersebut
  • untuk unggah (upload) pun harus menunggu beberapa waktu
  • IP address yang sama tidak dapat mengunduh sebuah file dalam waktu bersamaan (baca: harus antre).
  • unggah ukuran file maksimal 200 MB
  • kecepataan unggah/ unduh yang sangat terbatas.

Tips Menggunakan Rapidshare

  • Bagi Anda yang suka bagi-bagi file, ringkaslah dulu file Anda dengan aplikasi seperti winrar atau winzip, agar ukuran file tidak terlalu besar dan menjadi lebih mudah, lancar dan aman saat meng-unggah.
  • Untuk aktivitas unduh file, pastikan dulu yang kita unduh tidak mengandung virus. Hal ini bisa kita hindari dengan mengunduh file dari link yang diberikan oleh pihak yang bisa dipercaya saja, seperti teman terpercaya, dari forum internet, web resmi atau lainnya. Bisa saja lho file yang diunduh mengandung virus, seperti Trojan, dan ini akan membahayakan komputer Anda.
  • Pastikan juga file yang diunduh tidak terproteksi oleh password, atau Anda telah terlebih dahulu mengetahui pasword file tersebut dari orang yang sang peng-unggah file. Tak jarang ketika sudah cape unduh file, ketika hendak di-extract, menggunakan winzip atau winrar, malah tidak terproses dan meminta password.
  • Untuk memudahkan pencarian file di rapidshare, Anda dapat mencari file yang diinginkan dengan mengunjungi http://rapidlibrary.com
  • Bagi Anda yang ingin mengunduh dengan sedikit lebih nyaman, cobalah menggunakan software khusus seperti jDownloader (http://jdownloader.org/home ). Untuk menggunakan program ini, aplikasi java sudah harus terinstall di komputer Anda. Dengan Downloader, mengunduh bisa relatif lebih cepat. Software ini dapat secara otomatis mengulang unduh file Anda jika koneksi terhenti.

 

Speak Your Mind

*