Nike Ardilla: Bintang Kehidupan Artis Bandung

Ilustrasi artis bandungSiapa yang tak kenal artis Bandung bernama Nike Ardilla?. Jawabnya, tentu sebagian besar masyarakat di tanah air mengenalnya. Mulai dari usia anak-anak, orang dewasa hingga orang tua sekalipun juga mengenal sosok dara cantik ini. Ia sangat terkenal di kalangan teman seprofesinya sebagai Lady Rocker.

Mengenal Nike Ardilla

Lady Rocker ini dilahirkan di Bandung, Jawa Barat, pada 27 Desember 1975. Terlahir dengan nama Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi. Sedari kecil, Nike sudah memiliki bakat menyanyi. Ibundanya kemudian mencoba menyalurkan potensi Nike. Ibunda dari Lady Rocker ini selanjutnya mengikutkannya dalam berbagai lomba dan festival menyanyi di Bandung.

Hingga suatu ketika, Deddy Dores, melihat potensinya. Selain memiliki suara bagus dengan oktaf tinggi, Nike Ardilla juga cantik dan masih sangat muda. Maka, lengkaplah sudah potensi yang dimiliki mojang priangan ini. Apalagi, ditambah dengan bentuk tubuhnya yang proporsional juga menjadikannya tampak sebagai sosok gadis sempurna.

Deddy Dores yang sudah berpengalaman dalam mengorbitkan artis penyanyi, ternyata memiliki feeling tepat dalam mengolah potensi Nike. Maka, artis Bandung ini pun diorbitkannya sebagai penyanyi rock. Pilihan ini sebenarnya bukan suatu pilihan yang mudah bagi karier Nike. Karena, pada waktu itu di Indonesia sudah bercokol banyak lady rocker yang mumpuni dan berpengalaman, seperti Nicky Astria, Atiek CB, dan Ita Purnama Sari.

Namun demikian, di luar dugaan, bak anak panah yang lepas dari busurnya, begitu diorbitkan, nama Nike Ardilla langsung melesat tinggi. Jauh melampaui lady rocker seniornya. Dia menjadi sangat fenomenal. Sebagai seorang pendatang baru, artis Bandung ini langsung berhasil meraih puncak popularitas dalam sekejap.

Nike Ardilla menunjukkan potensinya dengan baik. Ia termasuk sosok yang menambah warna di dunia artis. Meski saat ini dunia artis tidak seperti masanya, tapi banyak artis muda yang belajar banyak dari pengalaman Lady Rocker ini. Ia menunjukkan bahwa potensi yang terus dilatih dan ditingkatkan kualitasnya, tentu akan memberikan dorongan positif untuk lebih berkarya.

Awal Karir: Melesat Bak Meteor

Meraih puncak popularitas dalam sekejap sebenarnya lebih pada memaksimalkan potensinya dari kecil. Lady Rocker ini melesat bak meteor di awal karir sebagai artis tanah air. Nike Ardilla memiliki beberapa karya yang telah ditunjukkan kepada sebagian besar masyarakat di tanah air.

Mulanya dari adanya album pertama Nike bertajuk “Seberkas Sinar” yang diluncurkan pada 1989. Album ini langsung menyabet “HDX Award” kategori Triple Platinum dan “BASF Award” pada tahun itu juga. Prestasi yang luar biasa dan berhasil ditunjukkan dengan album pertama Nike tersebut. Padahal, pada faktanya tidak semua artis yang mengeluarkan album pertama meraih prestasi senada layaknya Nike.

Sementara itu, lagu Seberkas Sinar juga mendapatkan “Panasonic Award” untuk kategori lagu terlaris. Nike Ardilla berhasil meraih kategori penyanyi dengan suara terbaik. Penghargaan yang diberikan sesuai dengan apa yang ia upayakan secara optimal. Karenanya artis Bandung satu ini juga menjadi idola masyarakat tanah air.

Kedua penghargaan itu telah diterimanya pada 1989 juga. Lagu Seberkas Sinar sempat menduduki tangga lagu teratas di Indonesia dan Malaysia selama lebih dari setahun. Namun, itu masih belum seberapa. Belantika musik Indonesia sempat dibuat heboh karena MTV ternyata juga menayangkan video klip lagu ini di Amerika pada 1990.

Tahun berikutnya, Nike kembali merilis album keduanya yang bertajuk “Bintang Kehidupan”. Album ini pun langsung mendapat sambutan yang luar biasa. Bahkan, produser rekaman kehabisan kategori untuk memberikan penghargaan atas sukses album ini. Nike semakin menunjukkan keseriusan dan kemantapannya di dunia seni terutama seni suara.

Album “Bintang Kehidupan” pada mulanya berhasil menyabet anugerah “BASF Award”, anugerah kaset emas “HDX Award”, Triple Platinum “HDX Award”. Namun, respons publik dari dalam dan luar negeri yang sangat luar biasa terhadap album ini, membuat “Bintang Kehidupan” meraih penghargaan 25 kali Triple Platinum dan “Anugerah Cakera Platinum Berkembar 9” karena album ini  bisa terjual 2,5 juta kopi di Malaysia.

Lady Rocker ini menjadi sosok artis Bandung dengan beragam prestasi. Mulai dari prestasi di dalam negeri dan luar negeri. Ia satu-satunya anak yang membanggakan juga bagi orang tua terutama Ibunya. Ibu dari Nike yang tidak salah menyalurkan potensi anak tercintanya. Hingga akhirnya, Nike terus belajar dan berlatih sampai berhasil meraih kesuksesan karir yang menjadi bagian dari perjalanan hidupnya.

Awal karir Nike yang gemilang hingga menjadi kunci kesuksesan untuk perjalanan karir selanjutnya. Berbagai penghargaan di dalam dan luar negeri juga menjadi pendorong tersendiri bagi Nike dalam melanjutkan perjalanan karirnya saat itu. Album demi album terus dirilisnya hingga akhir hidupnya.

Prestasi Nike Ardila di Asia

Prestasi Lady Rocker ini juga menjadi sorotan dunia termasuk wilayah Asia. Album keduanya berjudul Bintang Kehidupan mendapat penghargaan di tingkat nasional dan internasional khususnya wilayah negara-negara Asia. Hal itu ditunjukkan dengan lagu Bintang Kehidupan yang berhasil memenangkan “Asian Song Festival” . Ajang bergengsi tersebut diselengarakan di Shanghai, Cina. Selain itu, lagu album kedua berjudul Bintang Kehidupan, juga mendapat penghargaan sebagai album rekaman terbaik versi Zinsuco Award dari Jepang.

Pada waktu itu, nama Nike Ardilla sudah mulai bisa disejajarkan dengan nama-nama penyanyi terkenal di dunia. Mereka diantaranya adalah Celine Dion, Janet Jackson, dan penyanyi rock dunia lainya. Prestasi yang membanggakan bagi artis termasuk Nike. Apalagi di dunia internasional telah mengenal namanya karena potensi menyanyi yang dimilikinya.

Perjalanan hidupnya tidak berlangsung lama. Tuhan memiliki rencana yang lebih baik untuk pelantun lagu Bintang Kehidupan ini. Nike Ardilla meninggal pada 19 Maret 1995. Nike meninggal karena kecelakaan. Namun, beberapa rekaman suaranya masih diproduksi dan diedarkan. Hal tersebut juga tetap menarik perhatian sebagian masyarakat tanah air khususnya.

Berikut ini merupakan album Nike Ardilla yang berhasil dirilisnya selama perjalanan hidup yang ia lampaui, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Seberkas Sinar (1989)
  • Bintang Kehidupan (1990)
  • Nyalakan Api (1991)
  • Matahariku/Izinkanlah (1991)
  • Biarkan Aku Mengalah (1993)
  • Biarkan Cintamu Berlalu (1994)
  • Sandiwara Cinta (1995)
  • Mama Aku Ingin Pulang (1995)
  • Suara Hatiku  (1996).

Album Nike yang luar biasa karena masyarakat senantiasa menantinya bernyanyi karena karakteristik suara dan gayanya. Jika dibandingkan dengan artis pada masa sekarang, tentu terdapat perbedaan. Perbedaan itu juga dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi dan informasi. Apalagi artis Bandung kini juga memadati dunia seni tanah air.

Nike Ardilla semasa hidupnya juga pernah menunjukkan kemampuannya di dunia film Indonesia. Hal itu juga dilakukan oleh artis Bandung lainnya saat ini. Jadi, sudah menjadi hal wajar jika saat ini artis yang berada di dunia seni suara juga merambah ke dunia seni peran ataupun akting.

Itulah ulasan yang sebenarnya menjadi kelebihan salah satu nama artis yang melegenda terutama di dunia seni suara. Potensi, kemampuan serta keinginan kuat yang terus dilatihnya setiap waktu menjadikan mereka sukses menjalani karir keartisannya. Artis yang dijadikan sosok publik figur masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Semuanya membutuhkan profesional hingga kesabaran cukup besar menghadapi fakta kehidupan.

Seperti halnya ulasan di atas bahwa menjadi artis memang tidak mudah. Alasannya tentu karena ia sebagai publik figur. Mereka harus rela dan memberikan keleluasaan bagi para pencari berita mengenai dirinya. Sebab, segala kegiatan dan kehidupannya pun menjadi santapan masyarakat. Begitupula kehidupan pribadinya, baik Nike ataupun artis lainnya tetap menjadi sorotan media massa.

Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, menjadikan sosok artis mudah mengorbitkan dirinya sendiri maupun diketahui berita pribadinya melalui beragam sumber media. Media online utamanya termasuk media yang mudah untuk mencari tahu segala hal tentang artis.

Selain itu, menjadi sosok artis yang kebanyakan diidolakan masyarakat segala umur, hendaknya tetap menjaga karakteristik diri mereka. Hal tersebut mempengaruhi para penggemar dan pengidolanya. Jika karakteristik pribadinya baik, tentu akan menjadi kenangan dan contoh baik bagi orang lain. Namun sebaliknya juga harus diwaspadai.

Dengan demikian, demam artis Bandung ataukah artis dari negara lain, sebaiknya diseleksi dengan baik oleh para penggemar ataupun masyarakat.

Speak Your Mind

*