Nilai Dapat Mengantar Manusia Menuju Sukses

Ilustrasi Nilai ManusiaManusia adalah pribadi yang kompleks yang dengan atau tanpa sadar membawa nilai manusia dalam dirinya. Nilai, yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan value, berarti sesuatu yang baik yang dicita-citakan manusia. Tidak seorang manusiapun yang hidup tanpa hal ini.

Manusia dibekali dengan kemampuan yang tinggi untuk beradaptasi dan menyerap segala sesuatu yang dikenalkan lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun masyarakat. Manusia membawa banyak prinsip yang mulia dan murni dalam hati mereka.

Hanya saja hidup yang berat dan keras terkadang mengalihkan manusia dari sisi mereka yang asli. Tidak seorang manusia pun yang rela menjadi jahat dan tidak terpuji karena mereka sesungguhnya memiliki karakter yang berada jauh dari apa yang mereka bayangkan.

Pilihan manusia dalam hidupnya ditentukan oleh nilai-nilai yang dibawanya sejak kecil. Komponen jiwa yang satu ini juga akan mempengaruhi cara berfikir dan kepribadian manusia. Hal tersebut tentunya sangat berkaitan erat dengan kesuksesan, karena setiap orang meraih sukses dengan kepribadian yang kuat dan dedikasi yang tinggi terhadap hidup.

Nilai itu sendiri mereka dapatkan karena kebersihan hati untuk menerima dan belajar. Nilai-nilai yang manusia kuasai dari alam, lingkungan social, dan yang paling utama adalah dari agama kemudian mereka olah menjadi kepribadian yang unggul untuk nantinya mewariskannya kembali pada anak cucu mereka dan generasi selanjutnya.

Betapa berartinya nilai yang telah Tuhan titipkan pada manusia. Adapun nilai-nilai luhur yang manusia miliki secara alami adalah hal-hal yang telah diajarkan nenek moyang manusia. Namun demikian, jauh sebelum manusia dapat mendengar dan belajar, mereka telah memiliki nilai-nilai dalam hati mereka yang telah dititipkan Tuhan untuk dilaksanakan dalam menempuh kehidupan.

Tidak Dari Nol

Manusia tidak hidup benar-benar dari nol. Maksud dari pernyataan ini adalah bahwa manusia sesungguhnya telah dibekali dengan nilai dan kemampuan untuk menyaring nilai-nilai yang dikeluarkan oleh masyarakat. Uniknya, nilai-nilai dalam satu bangsa dengan bangsa lainnya bisa berbeda.

Hal ini dikarenakan karena nilai sangat erat kaitannya dengan agama dan budaya. Oleh karena itu, manusia dengan latar belakangan agama yang berbeda akan memiliki pandangan yang berbeda walaupun tujuannya tetap sama. Tidak manusia yang tidak ingin berlaku sopan dan santun.

Begitu pula nilai-nilai berlaku. Tujuannya tetap sama hanya saja tata caranya yang berbeda. Selain daripada itu, nilai juga dapat membawa manusia untuk menjalani hidup dengan cara yang berbeda dengan semangat yang berbeda-beda.

Seperti telah kita tahu bersama, setiap dasar dan kepribadian yang diterapkan di suatu negara akan diterapkan dalam segala hal di dalam negara tersebut. Bagi negara yang tidak mengindahkan nilai-nilai secara utuh dan memeliharanya, kekalahan dan sukses tidak akan mudah  dicapai.

Bagi negara yang pandai dan disiplin dalam memegang nilai-nilai, maka sudah dapat dipastikan negara tersebut akan meraih sukses dalam segala bidang. Manusia membawa nilai dalam sistim politik, sistem pendidikan, cara pandang, cara memperlakukan tetangga dan teman, dan bahkan cara bermain bola.

Semua mengandung kepribadian yang didasarkan dari nilai-nilai. Jadi, barang siapa yang kurang pandai memegang nilai-nilai tidak akan bisa meraih kemenangan puncak seperti dalam taraf piala dunia. Hal ini terdengar lucu. Tetapi sesungguhnya, secara sederhana memang demikian yang terjadi.

Jika suatu negara menerapkan permainan yang kotor, tidak bersemangat, dan selalu ingin menang dengan mudah, maka hampir dapat dipastikan bahwa negara tersebut akan kalah di babak-babak awal. Hal ini berlaku juga dalam semua sistem dan segala lapisan sosial dan masyarakat pada bangsa tersebut.

Nilai sesungguhnya adalah hal yang abstrak dan hanya dirasakan oleh hati masing-masing manusia. Tetapi begitu pentingnya komponen ini sehingga dapat menentukan nasib suatu bangsa. Kesuksesan juga sangat bergantung dari bagian yang satu ini. Maka peliharalah komponen ini dan mulailah sukses sejak dini dengan kebajikan-kebajikan.

Nilai Manusia Dari Konsistensinya Menuju Sukses

Konsistensi adalah perwujudan dari keteguhan dalam tujuan, yang dapat menempa bakat menjadi jenius. Lihatlah video Lionel Messi mengalahkan semua pemain gelandang dan pemain belakang untuk mencetak gol sendirian, atau menonton Nadia Comaneci mencetak sepuluh putaran sempurna pertama, dengan rutinitas sempurna di palang besi, menonton Vincenzo Montella saat dia menunggu bola muntahan di depan gawang lawan, melihat Michael Jordan terbang menuju ring mencetak dunk yang paling indah.

Dan Anda tengah melihat para jenius di tempat kerja masing masing, yang telah menyempurnakan bakat dan keterampilan untuk mengubah nya menjadi naluri.

Tidak diragukan lagi bahwa atlet adalah penerima talenta yang Tuhan berikan, tapi kemudian ada banyak anak-anak berbakat seperti di luar sana yang tidak hanya si Jordan, Zuckerberg, atau Messi. Apa yang membedakan mereka adalah konsistensi dan tekad yang tak tergoyahkan, yang akhirnya menyebabkan keberhasilan. Mempertahankan posisi mereka di atas kinerja yang konsisten diperlukan, membuat mereka menjadi legenda dari permainan. Nilai manusia mereka teruji.

Konsistensi sebagai Kunci Sukses

Ada banyak orang yang saya kenal, yang bisa memiliki dunia pada kaki mereka, atas dasar bakat semata-mata mereka. Sayangnya, sebagian besar dari mereka hilang kecelakaan hari ini sebagai meskipun bakat, mereka tidak pernah memiliki konsistensi dan disiplin yang diperlukan, yang menempa bakat mentah menjadi karir yang hebat. Sangat sedih melihat hadiah besar seperti menyia-nyiakan diri, karena kurangnya kemauan untuk bekerja keras.

Banyak orang bingung dengan konsistensi, apakah dengan gaya kaku atau bias dalam melakukan sesuatu. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Ketika saya berbicara tentang konsistensi sebagai kunci sukses, apa yang saya bicarakan adalah upaya disiplin, hari demi hari, bekerja menuju pencapaian tujuan Anda, dan bukan KAKU!.

Saya tidak mengakui dogmatisme dan kekakuan dalam pendekatan untuk pekerjaan. Singkatnya, saya mendefinisikannya sebagai usaha gigih lah. Toh, jika Anda memerlukan strategi yang tepat untuk sukses, apa yang sebenarnya membuatnya bekerja adalah – eksekusi tanpa cela. Bagi olahragawanadalah mempersiapkan segala kemungkinan yang mungkin mereka hadapi selama pertandingan. Seorang pemain tenis tidak bisa melakukan strategi dan merencanakan permainan, saat lawan telah melayani bola yang menuju ke arahnya.

Dia hanya bereaksi terhadap servis yang berdasarkan nalurinya yang diperoleh selama latihan. Ketika dia memukul kembali dengan sempurna, apa yang Anda lihat adalah hanya upaya ulang dan mengulang sampai akhirnya terekam dalam jiwa.

Konsistensi adalah semua tentang membangun rutinitas harian Anda sendiri berdasarkan tujuan jangka panjang dan berpegang teguh pada itu. Sukses bukanlah tujuan, tetapi perjalanan di mana Anda melewati ratusan tujuan perjalanan dan apa yang membuat di jalur itgu adalah konsistensi.

Setiap hari Anda lebih dekat dengan setiap langkah kecil yang diambil. Begitulah cara kemenangan dilakukan. Hidup adalah serangkaian momen dan investasi baik dalam setiap satu dari mereka terikat untuk membawa impian Anda lebih dekat dengan kenyataan.

Konsistensi tujuan menentukan nilai manusia. Ini bukan hanya tentang bakat. Ini tentang bagaimana tetap konsisten Anda menerapkan diri Anda setiap hari untuk bergerak ke arah pencapaian tujuan Anda. Berfokus pada ‘Right Now’ dan memberikan semua yang Anda punya, dengan tekad tidak dan menolak untuk kalah.

 

Speak Your Mind

*