Otomotif – Produk Teknologi yang Memadati Jalan Raya

Ilustrasi otomotifIngin mempunyai mobil terbaru? Jangan beli sekarang! Begitulah sebuah pesan yang Anda dapatkan jika berharap mendapatkan produk otomotif terbaru.

Mengapa pesannya seperti itu? Bukankah jika menginginkan mobil baru, berarti harus segera membeli? Mengapa harus menunda waktu pembelian?

Otomotif memang bidang usaha yang sangat dinamis. Proses produksi dan kreativitasnya sangat tinggi sehingga setiap saat Anda akan mendapati produk baru. Di sepanjang jalur jalan raya, Anda selalu menemukan mobil keluaran terbaru. Sebagai produk release baru, mobil terlihat begitu menawan dan membuat setiap orang ingin berusaha memilikinya.

Dari sekian banyak produsen mobil, mereka benar-benar menguasai bidang otomotif. Tidak hanya performa yang mereka benahi setiap saat, tetapi secara teknis mesin juga mengalami perombakan setiap kali muncul produk baru. Mereka pun selalu menjanjikan sebuah produk unggulan. Selalu ada sesuatu pada produk baru yang dijanjikan sebagai keunggulan dibandingkan produk lainnya.

Perkembangan Teknologi yang Pesat

Perubahan pola kehidupan masyarakat sangat terkait dengan perkembangan teknologi. Hal ini karena teknologi merupakan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kehidupan manusia. Teknologi terus berusaha untuk memberikan tingkat pelayanan yang terbaik. Begitu juga halnya dengan teknologi otomotif.

Perkembangan teknologi otomotif memang sangat pesat di negeri ini. Tidak heran jika di jalanan banyak dijumpai berbagai produk otomotif yang terbaru. Mereka bergerak di sela-sela produk lama otomotif sehingga sangat jelas terlihat keunggulannya. Mobil-mobil terbaru nampak begitu mewah dan elegan dibandingkan mobil-mobil yang lama.

Di negeri ini, di mana-mana terjadi kemacetan jalan yang sangat membingungkan. Tidak ada jalur jalan raya yang tidak macet, apalagi ketika para pegawai pulang kantor atau ketika anak-anak pulang sekolah, maka jalanan penuh dengan kendaraan yang  berderet.

Jarak antar kendaraan sedemikian dekatnya sehingga tidak mungkin lagi keluar dari jebakan kemacetan tersebut. Produk otomotif ini memang sedemikan rupa sehingga jalur jalan tidak mampu mengimbangi peningkatannya.

Perlu Pemikiran Pengaturan Produk Otomotif

Tentunya jika kondisi ini tidak segera diatur, maka beberapa tahun ke depan, kendaraan tidak dapat lagi melaju di jalan raya. Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan, mobil di jalan raya, maka deretannya semakin dekat. Bahkan lampu merah tidak perlu lagi sebab tidak dapat memutuskan rangkaian deretan kendaraan.

Produk teknologi otomotif tersebut pasti memadati jalan raya tanpa jarak lagi. Lantas kenyamanan apa yang Anda dapatkan jika sudah seperti ini?

Tentunya dalam hal ini perlu kebijakan khusus terkait dengan produk teknologi otomotif yang sedemikian deras menggerojok masyarakat. Satu produk belum Anda beli, sudah muncul produk baru dengan segala keunggulannya, menurut produsennya.

Jika tidak ada kebijakan khusus, maka jalan raya akan menjadi tempat parkir terpanjang di dunia. Hal ini karena mobil yang ada di jalanan tidak dapat melaju, melainkan hanya merandek pelan. Sangat tidak efektif.

Tingkat produktivitas pabrik seharusnya diberikan kebijakan sehingga selama ini, seakan-akan memproduksi kendaraan secara bebas. Jumlah pertambahan kendaraan di jalan raya sudah tidak berimbang dengan pertambahan panjang jalan yang harus disiapkan untuk mereka. Akibatnya, produk teknologi otomotif ini justru menjadi ancaman atas kondisi masyarakat yang tidak aman dan nyaman.

Selain itu, perlu adanya kebijakan penggunaan kendaraan di jalan raya. Artinya, agar angka  pertambahan kendaraan tidak terlalu bebas, maka perlu kiranya ada pembatasan kelayakan jalan bagi kendaraan. Seharusnya, jalan raya dialokasikan untuk kendaraan yang memang layak jalan.

Hal ini sangat signifikan dengan upaya mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya. Perlu Anda ketahui bahwa produk teknologi otomotif selama ini memegang rekor penyebab kecelakaan di jalan raya. Dan, semua itu karena ketidaklayakan komponen ataupun kendaraan tersebut.

Otomotif, Teknologi yang Sangat Membantu Hidup

Kita memang tidak dapat mengingkari bahwa dengan adanya produk teknologi otomotif ini, mobilitas kehidupan Anda sangat terbantu. Anda dapat memanfaatkan produk teknologi otomotif ini untuk kenyamanan hidup. Bukankah, Anda hidup mencari segala hal yang nyaman?!

Oleh karena itulah, maka Anda seharusnya benar-benar dapat memberdayakan produk teknologi otomotif ini sebagai bagian integral kehidupan yang dinamis. Anda jadikan produk ini sebagai sarana untuk mengembangkan dan meningkatkan pola kehidupan yang lebih baik.

Dengan pemanfaatkan produk teknologi otomotif ini, setidaknya Anda dapat memperpendek jarak, mempercepat waktu, dan menyamankan kehidupan. Semoga, ke depannya Anda dapat mengelola hal ini sebaik-baiknya.

Tips Hemat Bahan Bakar Otomotif

Otomotif kerap dituduh sebagai salah satu penyebab utama terkurasnya cadangan minyak bumi yang ada di dunia ini. Hal ini terkait dengan kebutuhan bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor yang setiap harinya menembus jumlah puluhan ribu kiloliter. Hal ini terkait kebutuhan manusia akan kendaraan bermotor yang sangat tinggi, sehingga seperti menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia pada saat ini.

Selain guna memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bahan bakar minyak juga dibutuhkan untuk mendukung kegiatan olahraga otomotif, seperti balapan mobil atau motor. Itulah mengapa, banyak kalangan yang berpendapat agar kegiatan olahraga otomotif sebaiknya dikaji ulang atau dihentikan. Hal itu sebagai salah satu cara untuk menghemat persediaan cadangan minyak bumi agar bisa bertahan lebih lama.

Di sisi lain, dengan makin sedikitnya jumlah minyak bumi dunia, berdampak pada selalu naiknya harga minyak. Masyarakat pengguna kendaraan pun mau tidak mau harus merasakan imbas dari kondisi ini. Mereka harus semakin pandai untuk mencari strategi agar melambungnya harga bahan bakar tidak menyebabkan kacaunya keuangan keluarga. Khususnya, agar kendaraaan bermotor yang mereka miliki tidak terlalu boros dalam konsumsi bahan bakarnya.

Selain itu, penemuan berbagai kendaraan berbahan bakar non minyak pun kiranya patut diapresiasi. Sebab, jenis kendaraan ini selain ramah lingkungan juga tidak akan menguras cadangan minyak dalam perut bumi. Beberapa jenis bahan bakar alternatif yang dikembangkan untuk bahan bakar kendaraan di antaranya adalah gas, panas bumi serta energi listrik.

Tips Hemat Bahan Bakar

Bagi pecinta otomotif, menghemat bahan bakar merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan sebagai siasat untuk menghadapi harga bahan bakar minyak yang makin melambung. Dengan demikian, hobi mereka di dunia tersebut tidak terganggu dengan adanya fluktuasi harga minyak dunia tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan para pecinta otomotif, khususnya mobil untuk menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan mereka. Di antaranya adalah :

  1. Gunakan beberapa suplemen penghemat bahan bakar yang banyak dijual di pasaran. Meski pun untuk penggunaan suplemen ini, belum bisa menjadi jaminan bahwa penggunaannya tidak memiliki dampak terhadap kondisi mesin. Karena dengan menghemat bahan bakar sama artinya nafas untuk mesin menjadi dibatasi.Sebaiknya, sebelum menggunakan suplemen penghemat bahan bakar ini, Anda berkonsultasi dengan ahli otomotif idependen untuk memastikannya.
  2. Jangan berkendara dengan membawa beban yang berlebihan. Hal ini akan meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil Anda. Sebaiknya, beban yang diangkut tidak melebihi kapasitas maksimal yang dianjurkan.
  3. Kendarai mobil dengan kecepatan konstan dan jaga kestabilan putaran mesin. Hal ini akan menjaga konsumsi bahan bakar tetap terjaga dengan normal.
  4. Servislah secara rutin mobil Anda. Perawatan mobil secara berkala akan menjadikan mesin tetap bersih dan menghindarkan terjadinya residu pembakaran yang berupa kerak menempel pada bagian mesin mobil. Adanya kerak ini akan menyebabkan bahan bakar menjadi terbakar secara tidak sempurna dan berakibat pada borosnya konsumsi bahan bakar.
  5. Hindari pengereman secara mendadak atau juga menarik gas secara mendadak. Perubahan putaran mesin secara mendadak ini akan menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
  6. Tidak perlu menarik gas secara berlebihan pada saat kendaraan berhenti di lampu merah. Selain tidak memiliki manfaat, hal ini juga akan memicu emosi dari pengendara lain serta menjadikan bahan bakar yang hilang menjadi tidak bermanfaat.

Speak Your Mind

*